Yuk Jadi #PahlawanSenyum Bersama Pepsodent Siwak!







"Adik-adik cita-citanya apa?"
"Mau jadi dokter!"
"Jadi TNI!"
"Jadi Pilot!"
"Jadi Polisi!"
"Pinteeer! Semoga cita-citanya tercapai yaaa. Jangan lupa rajin belajar dan berdoa!"
"Aamiiiiiin...!"


Keceriaan anak-anak yatim piatu membahana saat acara gathering Pepsodent Siwak dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) bersama Panti Asuhan Andalusia, Rabu 4 Maret 2020 bertempat di Pepsodent Dental Expert Center di Mal Gandaria City Jakarta.

Senang rasanya melihat senyum ceria mereka dan semangatnya saat ditanya cita-cita. Sebuah asa memang boleh digantungkan oleh siapa saja termasuk anak-anak yatim yang bisa saja tak berpunya orangtua dan harta. Namun usaha teriring doa telah membuktikan banyak hal bisa terwujud jadi nyata. Hingga tentunya menjadi harapan kita semua senyum ceria mereka tetap mengembang saat ini sampai nanti. 

Dan karena setiap senyuman begitu berarti, maka mari kita jadi #PahlawanSenyum untuk anak-anak ini!!



#PahlawanSenyum

#PahlawanSenyum Pepsodent Siwak


Baru-baru ini, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat muslim sejak dulu kala. Peluncuran Pepsodent Siwak diiringi dengan ajakan pada masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang diselenggarakan bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang membina ribuan panti asuhan di seluruh Indonesia

Mekanismenya, dari tiap kemasan Pepsodent Siwak yang terjual, 2,5% dari labanya akan didonasikan untuk program kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di beberapa panti asuhan yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, siapapun dapat menjadi “Pahlawan Senyum” dengan membantu membebaskan sebanyak mungkin anak Indonesia dari permasalahan gigi dan mulut yang ada.

Misi mulia Pepsodent adalah untuk meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut anak-anak yatim piatu yang selama ini mungkin masih kurang menjadi prioritas. Selain itu, program mulia ini juga ingin menggugah kepedulian masyarakat Indonesia untuk berbagi dengan anak-anak yatim piatu melalui cara yang dekat dengan keseharian.

Nah, Pepsodent bekerja sama dengan BAZNAZ dan Yayasan Unilver Indonesia akan menyalurkan donasi ke panti asuhan dalam bentuk:
  1. Edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut
  2. Fasilitas cek gigi dan mulut gratis dengan dokter gigi profesional secara berkala
  3. Penyediaan produk: Paket Pepsodent
  4. Perbaikan fasilitas tempat sikat gigi 

Ya, Pepsodent Siwak memang tidak hanya mengedepankan kualitas dan kehalalan produknya, tapi juga mengusung nilai-nilai kebaikan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia

Lalu apa saja sih kebaikan yang dimiliki Pepsodent Siwak ini?


Pepsodent Siwak

Tentang Pepsodent Siwak



Pepsodent mempersembahkan Pepsodent Siwak untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang mayoritasnya adalah muslim akan produk berkualitas yang halal serta mengandung bahan bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Dengan kandungan ekstrak siwak yang dilengkapi mint alami, inovasi ini dapat merawat kekuatan gigi sekaligus memberikan kesegaran nafas yang lebih tahan lama serta memberikan kebersihan dari luar dan dalam.

Ya, selama ini kita sudah diteladankan dalam ajaran agama Islam bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW karena menyangkut kesehatan diri sendiri serta adab dalam berhadapan dengan orang lain. Di masa Beliau, siwak menjadi bahan yang diandalkan karena beragam kandungannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Nah, di era modern seperti sekarang, kandungan siwak yang terkandung di dalam pasta gigi pun dapat memudahkan kita untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam merawat kesehatan gigi dan mulut

Tapi, mengapa Siwak?

Karena berbagai kandungan di dalam kayu siwak secara klinis terbukti berkhasiat antara lain:
  • Fluoride: mencegah gigi berlubang dan merangsang remineralisasi
  • Kalsium: memperlambat demineralisasi dan merangsang remineralisasi pada enamel
  • Melindungi dari gigi berlubang dengan membentuk lapisan pada enamel gigi
  • Silica: bahan alami yang membangtu menghilangkan plak dan noda pada gigi
  • Vitamin C: membantu memperbaiki jaringan lunak yang rusak

Pepsodent Siwak


Sementara untuk keunggulannya, Pepsodent Siwak itu:
  1. Mengandung Siwak: terkenal dengan manfaatnya sebagai anti bacterial alami, pencegah gigi berlubang dan dapat mencegah timbulnya karang gigi
  2. Mengandung Mint: memberikan kesegaran napas tahan lama
  3. Halal Top Brand Awards Winner: menjadi bagian dari Pepsodent yang merupakan merk pasta gigi yang telah menerima Halal Award 2019 dari LPPOM MUI pada kategori Halal Top Brand.

Siwak, menurut narasumber acara: Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Business Beauty Personal Care & Home Care dan pakar kesehatan gigi dan mulut menuturkan,“Berbagai penelitian modern membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang."

Selain itu, siwak juga bisa menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan dan peradangan gusi, dan menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut. Dengan begitu banyaknya manfaat, penggunaan siwak kini sudah mendunia. Bahkan sejak 1984, World Health Organisation merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.


Pahlawan Senyum Pepsodent Siwak


Soraya Larasati dan Kebiasaan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Bahan Alami



Sementara Soraya Larasati, seorang artis sekaligus ibu dua orang anak yang menjadi narasumber acara menyebutkan, jika selama ini untuk diri dan keluarganya dia lebih memilih produk pasta gigi yang halal dan kaffah. Apalagi menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, maka jika produk yang digunakan sesuai dengan syariah tentu hati lebih tenang dan merasa aman.

Sedangkan untuk tips memotivasi anak-anaknya agar rajin menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, selama ini Laras memakai cara pemberian "reward stamp" jika anaknya melakukan apa yang menjadi aturan. Misalnya enggak lupa sikat gigi maka akan dapat satu stamp prestasi.

Selain itu, meski tidak melarang anak-anaknya mengonsumsi makanan manis, Laras tetap membatasi dan selalu mengedukasi bagaimana caranya membersihkan mulut dan gigi dengan baik dan benar.

Laras juga mengingatkan pada anak-anak panti asuhan yang hadir untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Karena kesehatan gigi dan mulut akan berdampak pada kesehatan tubuh yang akan membuat mereka bisa belajar dengan lancar. Ia juga mendoakan cita-cita mereka terkabul semua.


Pepsodent Siwak


Tips Merawat Gigi dan Mulut



Oh ya, Dokter Mirah di kesempatan ini juga memberikan tips agar gigi dan mulut sehat terawat, yakni:
  1. Sikat gigi 2x sehari
  2. Perhatikan cara sikat giginya: arah dari merah ke putih
  3. Sikat gigi jangan cepat-cepat, minimal 2 menit biar sehat
  4. Kontrol 6 bulan sekali ke dokter gigi sekaligus untuk membersihkan karang gigi

Kemudian, di acara yang diselingi games seputar kesehatan gigi dan mulut ini juga ada banyak pengetahuan dibagikan pada para Emak Blogger dan anak-anak Panti Asuhan Andalusia, diantaranya tentang mitos atau fakta beberapa pernyataan yang disampaikan pembawa acara seputar kesehatan gigi dan mulut:

1. Siwak mengandung anti virus (mitos)
Faktanya: siwak terkenal dengan manfaatnya sebagai anti bakteri alami, pencegah gigi berlubang serta pencegah pembentukan plak dan karang gigi

2. Gigi susu yang berlubang tidak perlu ditambal toh nanti akan tanggal (mitos)
Faktanya: jika gigi susu yang berlubang tidak segera ditambal, maka akan beresiko mengalami berbagai kondisi seperti adanya rasa sakit, bengkak pada gusi, ompong secara dini, hingga gigi bertumpuk

3. Dengan hanya menyikat gigi saja, maka gigi akan terhindar dari proses pembentukan lubang gigi/karies (mitos)
Faktanya: proses terjadinya gigi berlubang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: karbohidrat, air liur, bakteri, waktu, kebersihan gigi dan fluoride


See, enggak susah sih sebenarnya merawat kesehatan gigi dan mulut. Yang utama konsisten melakukannya dan dibiasakan sejak dini! Diantaranya, dengan mengunjungi dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Dan kalau mau yang lengkap..kap..kap layanan dan fasilitasnya, bisa ke Pepsodent Dental Expert Center (PDEC)

#PahlawanSenyum

Tentang Pepsodent Dental Expert Center


Pepsodent Dental Expert Center (PDEC) merupakan pusat kesehatan gigi dan mulut pertama dan satu-satunya di Indonesia persembahan dari Pepsodent yang sudah diresmikan sejak tanggal 5 Juli 2013. Melalui konsep dental edutainment dengan tema fun, friendly, & free, PDEC mengajak para pengunjung untuk mendapatkan fasilitas edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk segala kategori usia. Sarana edukasi yang disediakan antara lain giant mouth, miniauditorium, 3D mapping video, 3D hologram video, the little dentist, story telling, dental puppet, dan brush the monsters. 
Setelah mendapatkan edukasi, pengunjung berkesempatan untuk mempraktikkan cara menyikat gigi yang baik dan benar di area yang sudah disediakan. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulutnya, para dokter gigi profesional siap untuk membantu melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan teknologi terkini serta dengan peralatan yang tentunya steril. Salah satu jenis pemeriksaan khusus yang bisa dilakukan yaitu deteksi dini adanya lubang gigi dengan alat ¬Early Caries Detector
Hasil pemeriksaan dan rekomendasi perawatan akan langsung dapat dikirim saat itu juga ke alamat e-mail masing-masing pasien. Bagi yang ingin melakukan kunjungan sekolah ataupun komunitas, pengunjung dapat segera agendakan jadwal kunjungan di bagian receptionist ataupun menghubungi kontak PDEC yang sudah tercantum. Semua rangkaian fasilitas ini dapat diperoleh secara gratis dan berbagai hadiah menarik dapat diperoleh melalui program yang rutin akan diinformasikan lewat akun instagram @PepsodentDentalExpertCenter.


Pepsodent Siwak

Pepsodent Siwak

Pepsodent Siwak


Yuk Jadi #PahlawanSenyum Bersama Pepsodent Siwak!



Nah, sebagai penutup acara gathering, para Emak Blogger dan anak-anak Panti Asuhan Andalusia diajak berpasangan lalu diberikan selembar postcard dan pulpen dan diminta menuliskan doa dan harapan untuk pasangannya.
Saya berpasangan dengan Wiwin, seorang gadis manis yang saat saya ajak makan bersama, menolak, karena sedang puasa. Dia yang selama acara kebanyakan diam dibandingkan teman-temannya, bercita-cita ingin jadi ilmuwan dan merasa kebingungan mau nulis apa. Saya bilang tulis apa saja terserah kamu. Dan inilah wishes alias doa kami berdua:

Saya: 
Dear Wiwin,
Assalamualaikum Wiwin, semoga cita-citanya menjadi ilmuwan tercapai ya. Sehat selalu, makin pintar, solehah, dimudahkan segala doa dan harapannya. Aamiin

Wiwin:
Kepada Bunda Dian
Assalamualaikum, kepada Kak Dian. Semoga perkenalan kita menjadi silaturahmi sampai akhir hayat dan aku berharap semoga kakak keluarganya Sakinah Mawaddah Warahmah apapun keinginan kakak semoga terkabul


#PahlawanSenyum

Pepsodent Siwak


Setelahnya kami diminta saling memberikan kartunya...dan saya pun memeluk erat Wiwin di momen mengharukan ini. Asli, mata saya berembun karenanya. Sambil agak terisak, karena ingat anak sulung saya di rumah yang sepantaran dengannya. Doa saya semoga Wiwin dan anak-anak panti asuhan lainnya tetap bisa tersenyum setiap hari sampai nanti.

Untuk itu, mari kita lebih peduli...!!

Seperti Pepsodent yang juga peduli dengan mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi menjadi ‘Pahlawan Senyum’ dengan menyukseskan program donasi #PahlawanSenyum ini. Tunjukkan kepedulian, perhatian dan kasih sayang kita untuk anak yatim piatu dan mari kita dukung mereka memulai kebiasaan baik merawat kesehatan gigi dan mulut, sedari dini!


Pepsodent Siwak
Kumpulan Emak Blogger




Salam Sehat

Dian Restu Agustina







64 comments

  1. yaa Allaah aku juga ikut berembun bacanya

    peluk erat untuk anak anak panti asuhan ini, semoga pepsodent siwak akan selalu memperhatikan anak anak ini amiiin yra

    ReplyDelete
  2. wah sekarang pepsodent ada yang siwak ya, kayaknya bakalan beralih kesini nih. Secara siwak kan sikat gigi Rasulullah, dengan pepsodent dibuat modern.. xixixi.

    ReplyDelete
  3. Pepsodent Siwak sudah ada di pasaran belum mbk? Pingin nyobain kesegarannya setelah sikat gigi. Sepertinya akan jadi produk list belanja bulan depan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Mbak...silakan dicoba ya, di minimarket sudah ada

      Delete
  4. Alhamdulillah selama ini aku merasa kepeduluan pepsodent ini sangat membantus kali bagi yang membutuhkan. Siwak yang selama ini dipercaya bisa membantu buat nafas segar pun terkandung di pepsodent

    ReplyDelete
  5. Jadi pahlawan senyum itu gampang ya ternyata caranya. Aku kemarin ini nangis habis nulis pesan di postcardnya :)

    ReplyDelete
  6. Terharu lihat adik-adik Panti Asuhan kemarin semoga apa yang mereka cita-citakan tercapai. Alhamdulillah juga berkat Pepsodent Skwak kita bisa bersedakah dan jadi #PahlawanSenyum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Iya bisa jadi #PahlawanSenyum kita untuk membantu mereka

      Delete
  7. Ikut terharu baca surat dari Wiwin. Doanya begitu tulus dan menyeluruh. Semoga anak-anak itu juga bisa selalu berbahagia ya, Mbak

    ReplyDelete
  8. Acaranya inspiratif ya, selain mensosialisasikan kebaikan dari pepsodent siwak, juga mengajak masyarakat untuk berbagi, dengan berdonasi melalui pembelian pepsodent siwak..

    ReplyDelete
  9. Terharu banget baca isi kartunya...
    Keren nih acara dan programnya pepsodent :)

    ReplyDelete
  10. Aku sudah ganti Pepsodent varian ini, ntah kenapa aku langsung tergerak pengin ganti. Berasa terinspirasi sama cerita adik-adik ini. Aku dulu juga ngurus anak-anak panti asuhan, rasanya mak cles pas baca postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bawaannya terharu aja lihat mereka.
      Monggo ikutan jadi #PahlawanSenyum

      Delete
  11. Acara yang keren, banyak ilmu dan bergizi padat nih. Terlebih bareng sama anak-anak panti asuhan, lebih menyenangkan lagi tuh.


    Siwak ternyata banyak banget manfaatnya untuk kesehatan gigi dan mulut, ya. Selain itu, kalau memakai siwak, kita meneladani Nabi Muhammad S.A.W yang selalu bersiwak.

    Pepsodent keren nih, mengeluarkan pasta gigi yang mengandung siwak dan 2.5% dari keuntungannya untuk disumbangkan ke panti asuhan. Mantaap jiwa...

    ReplyDelete
  12. Aduh, ikut terharu baca surat kalian, semoga terwujud semua doa dan harapannya.
    Bulan kemarin aku belanja dah ada Pepsodent siwak, langsung masuk keranjang karena udah lama menanti produk ini di pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      yuk belanja biar ikut jadi #PahlawanSenyum kita

      Delete
  13. Keren ternyata programnya pepsodent ini ya? Pasta gigi sepanjang masa, aku mau cobain yg siwak ini ah...

    ReplyDelete
  14. Ya Allah terharu baca suratnya..semoga Wiwin tercapai cita-citanya dan selalu diberi kebahagiaan dan kesehatan aamiin..keren ya buat kunjungan edukatif, nambah pengetahuan anak-anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Iya programnya keren memang ya. Alhamdulillah

      Delete
  15. Aku belum pernah pakai Presiden siwak. Kapan-kapan pengin coba beli ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, komennya jangan cepet-cepet kenapa, kok Presiden sih..jauh bangets :(

      Delete
  16. Asik banget ya sekarang rangkaian Pepsodent makin lengkap ya mbak..aku tuh jadi pengen coba yang rangkaian siwak ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk coba Mbak, sekalian bisa ikutan #PahlawanSenyum

      Delete
  17. Salut kepada Pepsodent dan BAZNAZ serta Yayasan Unilver Indonesia yang menyalurkan donasi ke panti asuhan. Semoga kesehatan gigi dan fasilitas kesehatan gigi di panti menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kolaborasi yang bagus dan semoga diikuti juga oleh berbagai pihak untuk berbagi dengan anak-anak panti asuhan

      Delete
  18. Kemarin aku tuh mbrebes mili loh mba ngeliat senyum adik-adik panti di akhir acara..

    Yuk jadi #PahlawanSenyum buat adik-adik di panti

    ReplyDelete
  19. Ikut mendoakan Wiwin dan adik-adik panti lainnya, semoga bisa tercapai semua yang dicita-citakannya ya. Aamiin.

    Btw aku mau langsung ganti pasta gigi ke pepsodent siwak nih mbak, udah lama menanti varian ini. Akhirnya bikin juga. Sekaligus bisa ikutan berdonasi ya.

    ReplyDelete
  20. Kyknya aku suka sikat gigi lbh dr 2 kali terutama pas mau sholat atau pas puasa wkwkwk, rasanya gak enak :D
    Penasaran sama Pepsodent siwak kek apa, soalnya blm masuk supermarket deket rumah. Coba cari lg besok. Bagus ya programnya, beli pasta gigi sekaligus berdonasi gtu.

    ReplyDelete
  21. Ternyata dengan membeli Pepsodent varian Siwak kita juga bisa berdonasi ya untuk anak-anak panti asuhan. Jadi pengin beli Pepsodent ini banyak-banyak deh, sekalian untuk persediaan keluarga.

    ReplyDelete
  22. Nyobain juga ah. Giginya jadi sehat dan tebar senyum kalau pakai pepsodent siwak plus bikin nambah pahala juga 😍😍

    ReplyDelete
  23. Suka bngt sama program nya pepsodent siwak ini y jd Pahlawan senyum utk yg yg membutuhkan Gigi sehat Kita dpt plus bisa beramal jg

    ReplyDelete
  24. mulia sekali. 2.5% keuntungannya untuk perawatan gigi, ah sesuai dengan sasaran kesehatan yg dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  25. Pepsodent tuh udah jadi brand yang paling kuat. Bahkan banyak orang yang hilang pasta gigi itu Pepsodent walau merk ya beda,hehe. Saking kerennya tuuuh😍

    ReplyDelete
  26. Membahas mengenai kesehatan gigi itu penting. ditambah pepsodent meluncurkan produk yang mengandung siwak. itu lebih dari sekedar keren.

    Anyway, Yuni nggak bisa nahan air mata baca bagian akhirnya.

    Semoga segala harap dan pintanya terkabul. Aamiin.

    ReplyDelete
  27. Akhirnya pepsodeny punya varian siwaknya juga. Sejuah ini masih cocok dg pepsodent kalau urusan pasta gigi.

    ReplyDelete
  28. Jadi pengen coba neh Pepsodent siwaknya.

    ReplyDelete
  29. Mudah2an kita termasuk orang2 yg perduli anak2 yatim piatu.

    ReplyDelete
  30. Baru yaa Pepsodent ngeluarin produk mengandung siwak? Ternyata anti bakteri yah.
    Btw...aku senyum² nih waktu anak² ditanya mau jadi apa? Dokter, polisi...
    Engga ada yg jadi vlogger yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka anak panti asuhan sepertinya enggak lengket dengan gadget :)

      Delete
  31. Pepsodent ini merk favorit keluargaku sejak kecil mba. Tapi khusus Varian yang siwak ini aku belum pernah coba. Jadi penasaran. Besok ah ke supermarket beli hehehe.

    ReplyDelete
  32. Pepsodent mah pasta gigi sejuta umat ya, Mbak. Tapi saya belum nyobain yg edisi siwak ini. Biasanya yg dari Pepsodent tetap cocok di saya.
    Btw salut dg agenda spt ini, sharing tentang kesehatan gigi & mulut yg melibatkan anak yatim. Wih, Mbak Dian dipanggil Kakak pula :D

    Oke deh, Kak. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  33. Terharu baca suratnya... Dewi selama ini pakai pepsodent juga, tapi baru tahu kalau ada yang siwak. Memang pepsodent tuh pahlawan senyum ya..... Makin semangat beli dan menggunakan pepsodent:)

    ReplyDelete