Tips Menjadi Mom Blogger yang Produktif Tanpa Mengabaikan Tugas Rumah



Temanss, menjadi seorang Ibu memang tidak mudah, karena tiap harinya dituntut untuk bisa menjadi seorang multi-tasker. Yup, menjadi seorang ibu berarti mesti bisa mengerjakan banyak hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Mulai dari mengurus anak, keperluan rumah, ngerjain printilan itu ini, juga enggak lupa melakukan hobi-hobi yang disukai.

Nah, daftar kegiatan yang banyak ini, jika tidak diakali dengan manajemen dan pengaturan yang tepat, pasti akan membuat teman-teman kewalahan, dan bisa menyebabkan banyak kegiatan malah tak terselesaikan. Jadi, sekarang PR-nya adalah mengatur seapik mungkin kegiatan-kegiatan yang akan dirampungkan, biar semua berjalan lancar dan enggak bakal ada yang ambyaaar!!


Tips Mom Blogger Produktif


Tips Menjadi Mom Blogger, Blogging tanpa Pening


Well, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dengan produktif oleh ibu-ibu di rumah adalah menjajal platform online, salah satunya melalui aktifitas blogging. Mengapa blogging? Karena pengerjaannya bisa fleksibel di mana saja dan kapan saja, maka sangat mungkin untuk disesuaikan dengan pekerjaan di rumah. 

Namun tentu saja aktifitas berselancar di blog ini harus diatur sedemikian rupa, agar tidak membuat kita kewalahan sendiri ya. Pasalnya ketika teman-teman sudah memutuskan untuk menekuni dunia blogging maka harus siap dengan serangkaian proses seperti mencari topik, penulisan artikel, sampai dengan memposting konten itu sendiri.

Nah, bagi buibu yang saat ini tengah semangat-semangatnya mencoba profesi sebagai Mom Blogger alias ibu-ibu yang ngeblog, berikut ini ada beberapa tips menarik yang bisa dilakukan, agar aktifitas bloggingnya tidak membuat seisi rumah berantakan.


1. Niat dan komitmen

Baiklah, sebelum jauh membahas mengenai tahapan teknis dalam menyesuaikan pekerjaan rumah dan kegiatan blogging, hal utama yang harus dipastikan dulu adalah komitmen dan niat yang dimiliki. Teman-teman harus menyadari bahwa komitmen dalam mengerjakan pekerjaan rumah, ditambah dengan aktivitas blogging, pastinya akan menyita waktu dan tenaga yang lebih dari sebelumnya.

Dan komitmen ini sangat berperan untuk menentukan apakah teman-teman akan disiplin dengan kegiatan baru ini nantinya. Jadi, sebaiknya diyakinkan dulu dalam diri, untuk memastikan bahwa kedepannya dirimu tidak akan setengah hati dan malah berhenti di seperempat jalan dari prosesnya atau kebingungan di persimpangan!

2. Tentukan daftar kegiatan

Tahapan yang selanjutnya adalah menentukan daftar kegiatan. Mulai dengan menuliskan kegiatan apa saja yang besok akan dilakukan, dan apa saja keperluan yang harus diselesaikan. Membuat daftar kegiatan ini bertujuan untuk menghindarkan diri dari kelupaan mengerjakan sesuatu.

Sebagai tambahan, biasakan menuliskan kegiatan disertai dengan keterangan urgensinya. Misalnya seperti urgen sekali untuk dilakukan dan harus selesai di hari itu juga, atau bisa dicicil dan dilanjutkan esok hari. Menuliskan keterangan ini akan membantu agar teman-teman tak kewalahan dalam mengatur prioritas kegiatan yang dilakukan.

3. Buat timeline yang pas

Nah, setelah menentukan apa saja kegiatan yang perlu dilakukan, langkah selanjutnya adalah menyusun timeline atau waktu pengerjaannya. Pemberian durasi untuk tiap-tiap kegiatan berguna agar teman-teman tidak teledor dan berleyeh-leyeh mengerjakannya. Akibatnya nanti pekerjaan yang ada malah jadi menumpuk, dan tidak selesai-selesai juga.

Karena itu alangkah baiknya jika diberikan limit dan batasan untuk setiap kegiatan. Hal ini, selain untuk menjaga komitmen saat mengerjakannya, juga sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada prioritas yang terlewatkan.

4. Jangan ketinggalan informasi terbaru

Poin yang satu ini adalah salah satu cara memantapkan kegiatan blogging yang dilakukan. Untuk mengembangkan kemampuan dalam menjajal aktifitas sebagai blogger, jangan lupa untuk terus memperbaharui informasi yang dimiliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pertama adalah memiliki referensi blog yang disukai. Dari sini teman-teman akan menemukan banyak hal-hal baru, mulai dari masalah konten, lalu pengaturan tampilan, tips-tips blogging, dan hal-hal lain. Tak hanya itu, ini akan membantu juga mendapat masukan dan inspirasi baru mengenai cara-cara blogging yang asyik.

5. Pahami aturan main

Dalam dunia blogging, ada banyak aturan main yang harus kita perhatikan mulai dari content marketing, sampai dengan teknik SEO. Dua hal ini sangat penting agar blog yang sudah kita buat bisa dibaca oleh orang lain.

Apalagi jika teman-teman masih benar-benar baru dibidang ini, tanpa mengetahui aturan main, kita akan kesulitan untuk mendapatkan pengunjung. Sudah banyak website yang membahas tentang SEO, jadi...mudah kok dipelajari sendiri. (Juga, teman-teman bisa simak tips ide blog yang menarik berikut ini)


Tips Produktif Blogging


Nah itu dia beberapa masukan yang bisa dijadikan referensi untuk menemukan ritme kegiatan yang tepat sebagai seorang mom blogger, merangkap sebagai seorang ibu rumah tangga. 

Selamat mencoba ya Ibu-Ibu tercintaaah! Tetap semangat berkarya, semoga blognya nanti makin juaraaa ya!

Oh ya jika ingin tahu informasi cara mudah agar blog bisa menghasilkan bagi pemula, silakan ke blognya Mbak Malica Ahmad ya!


With Love


signature-fonts

25 comments

  1. Tips yang kelima itu masih keteteran di saya mbak. Masih belum bisa ikuti aturan mainnya para bloger keceh. Terutama teknik SEO. Harus betul-betul luangkan waktu ini untuk pelajari semua ilmu perblogeran.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sharingnya Mbak Dian, sangat bermanfaat sekali bagi saya yang newbie. Poin pertama mememang menjadi dasar paling kuat ya, biar tetap bisa istiqomah ngeblog. Selanjutnya, terus belajar dan membaca ya Mbak. Semoga bisa mengikuti jejak sukses Mbak Dian di dunia blogging.

    ReplyDelete
  3. waah noted banget tipsnya Mbak. Ingin mulai lagi ngeblog setelah hiatus sekian lama. Baru dari ganti template dan nama domain. PA&DA langsung terjun payung dong hihi...belajar lagi dari 0 tentang dunia blogger yang sekarang makin ramai dan banyak pernak - perniknya. Termasuk dari blog mbak Dian.

    ReplyDelete
  4. Huaaa ... Aku sedang mewek-mewek nih karena di pekan ketiga mulai keteteran. Sepertinya ada kesalahan di awal jadi pekan ini rencananya aku mau menyusun rencana baru agar kegiatan bekerja, pekerjaan sampingan, mendampingi anak-anak sekolah, dan masak-memasak bisa lebih lancar. Di bayanganku sih mungkin akunya bakal capek banget. Tapi badan capek kalau hati tenang karena semua sudah dikerjakan rasa-rasanya jadi lebih baik, kan?

    Doain ya, Mbakku ... Biar lancar semuanya.

    ReplyDelete
  5. wah benera banget tipsnya mba dian, produktif menulis tanpa meninggalkan menjadi IRT ya, karena pekerjaan utamanya tetap jadi IRT, blogger mah sampingan hihi

    ReplyDelete
  6. Aq terus terang keteteran loh mbak. Tapi aq mau tetap pertahankan blogku, mungkin saja saat aw pensiun nanti aq bisa fokus.

    ReplyDelete
  7. Biasanya saya juga punya jadwal untuk menyelesaikan semua pekerjaan, mulai dari pekerjaan rumah hingga kegiatan ngeblog. Namun akhir-akhir ini jadwalnya agak keteteran hihihi, harus mendampingi yang lagi sekolah online :P

    ReplyDelete
  8. Keren tips nya mba. Aku kadang keteteran dgn waktu. Kyk 24 jam itu kurang aja haha. Bener kudu komitmen ya mb dgn waktu. Krn mundur atau molor satu pengaruh ke yg lainnya
    Mksh sharingnya mb...

    ReplyDelete
  9. ibu rumah tangga tetep dijalankan dengan baik, dan passion ngeblog pun juga tetep berjalan, seimbang dan seirama ya mbak

    ReplyDelete
  10. Hihi, podtingannya nendang banget Mb Dian. Diriku banget itu, huhuhu.
    Btw makasih sharingnya Mbak Dian, poin 2 dan 3 sptnya wajib mulai diperbaiki.

    ReplyDelete
  11. Tipsnya siap dijalankan mba Dian 💗. .
    Panutan banget mom blogger satu ini..
    Aku masih belajar biar gak keteteran sambil ngurus lima anak. Jadinya standar yang ditetapkan gak boleh ketinggian ya kan Mba.. bisa runyam bagi waktu sama keluarga.

    ReplyDelete
  12. Panutanquh deh mb Dian ini. Selalu bs bnyk belajar dr mb Dian khusus ny dunia blogging

    ReplyDelete
  13. Informasi terbaru memang nggak boleh ketinggalan, tapi juga bukan soal nge-ghibahin orang ya mbak, haha.. karena ini parenting, berarti soal perkembangan terkini ekonomi, kesehatan, dan pendidikan misalnya ya.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih untuk tipsnya mbak. Selalu suka kalau liat Blog mbak Dian :)
    Aku jadi banyak belajar, untuk bisa mengatur waktu lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  15. Niat memang jadi landasan terkuat ya. Saya sering kena rasa malas. Tapi pas ingat ngeblog ini bukankah keinginan sendiri? Langsung deh semangat itu muncul lagi. Hehehe

    ReplyDelete
  16. catet nih mba, makasih ya sharingnya. Jujur saja saya masih keteteran dalam mengurus blog, mungkin karena managemen waktu saya yang kurang. Mau dicoba ah tips ini :)

    ReplyDelete
  17. Duh, aku masih kewalahan bagi waktu deh. Jadinya jadwal cuma sebatas jadwal aja.Huhuhu… kudu banyak delajar deh ih :(

    ReplyDelete
  18. Emang jadi momblogger pekerjaan ya fleksible yah Mbak. Tapi tetep harus memanage waktu. Btw waktu paling aman bagiku ngeblog adalah malam atau setelah subuh XD

    PS: Mbak Dian aku juga mau dong saling tukar backlink XD

    ReplyDelete
  19. Noted mbak. Aku harus belajar banyak dari mbak nih hehehe. Yang timeline itu agak susah, karena anak kadang rewel dan ga bisa diprediksi wkwk.

    ReplyDelete
  20. Mba DIan mah rajin update postingan blog. Aku sukaaa. Dan menurutku memang kita harus pintar-pintar bagi waktu juga aktifitas sehari hari. Smoga tetap produktf ya mba :)

    ReplyDelete
  21. Worksheet penting banget mbak bagi saya serta time line untuk menentukan jenis dan jadwal pekerjaan sebagai blogger jadi lebih nyaman ngikutinnya.

    ReplyDelete
  22. Sebagai yang masih punya dua anak bayi di rumah, saya termasuk yang masih banyak bolong dan keteterannya. Jadi kalau mau ditekuni benar-benar pun akhirnya saya harus tegas sama skala prioritas yang ada. Kalau saya nggak pakai worksheet sih, tapi pakai to do list aja dengan durasi yang panjang. Jadi saya pun kalau sedang keteteran sama urusan rumah dan anak-anak, tetap ingat list apa yang selanjutnya harus saya selesaikan sesuai jadwal yang suah saya buat.

    ReplyDelete
  23. Yesss bener banget mba, intinya jangan sampai urusan berberes rumah jadi terbengkalai akibat menyelesaikan tulisan yang udah deadline.

    Kalau aku sih biasanya, atur waktu nya. kapan urusan rumah dan kapan tuk urusan hoby ku.
    karena menulis salah satu hoby ku yang sangat aku minati.
    selagi itu positif dan tak mengeyampingkan urusan rumah, menurutku tak ada salahnya apalagi suami juga mendukung.

    ReplyDelete
  24. Kemarin itu sempat penasaran banget sama SEO sampai kalau mau nulis itu dipikirin banget kata kuncinya tapi berhubung nggak konsisten ya masih jelek aja nih pv blog. Heu

    ReplyDelete
  25. Bener nih, sempat terlena dengan kegiatan domestik jadinya blog agak kurang terawat. Saat ini aku lagi coba konsisten lagi supaya blog bisa terawat dengan baik.

    ReplyDelete