10 Ide Topik Blog yang Menarik


Temaaaan, dirimu pernah merasa enggak kalau mencari ide topik blog yang menarik itu kadang bisa buat pusing kepala dan bikin kita jadi mati gaya?

Apalagi nih untuk blogger yang sudah berlimpah postingan berbayar atau beruntun job event-nya. Duh, mau nulis organik kok bingung sih! Hm, tema apa yang mau ditulis nih?

#bukansayaπŸ™ˆ

Padahal kalau kita peka, ide tulisan itu bertebaran lho dimana-mana..

Enggak percaya?

Ini dia!...




Ide Topik Blog yang Menarik


1. Bagaimana Cara ...

Satu waktu saya memperpanjang SIM, setelah sebulan sebelumnya STNK. Lalu, saya menuliskan caranya. Dan voila, postingan ini adalah salah satu penyumbang trafik tertinggi di blog saya.

Padahal, saat menuliskannya saya hanya ingin sekedar berbagi. Didasari pada kepuasan kinerja Kepolisian RI khususnya pada pengurusan dokumen kendaraan dan ijin mengemudi ini. Yang mana semua makin mudah dan murah kini.

Dan, siapa sangka artikel berbau "Cara..." bisa sukses mendulang ribuan pembaca.

Nah, kenapa tidak dirimu menuliskan juga, bagaimana: cara mengurus paspor, cara makan buah naga, cara membersihkan perhiasan, cara menghitung pajak penghasilan, cara menurunkan berat badan.....you name it!

Tuliskan pengalaman dan bagikan!


2. Family & Parenting

Dulu kala seorang ibu belajar pengasuhan dari orang tua/ibunya. Pasalnya di masa lalu, anak yang berkeluarga tinggal tak jauh dari rumah ortunya. Tapi kini ketika manusia sudah bermigrasi keman-mana dan dunia digital membuat segala hal bisa dijangkau tangan, maka perolehan informasi didominasi oleh mesin pencari.

Mau tahu cara mengatasi gerakan tutup mulut anak, membuat MPASI yang mudah, menyiapkan anak di hari pertama sekolah, rekomendasi bacaan untuk usia pra sekolah...dan banyak hal lain seputar pengasuhan

Nah, ini tentu peluang bagi kita para emak blogger terutama yang sudah mengalami hal yang sama untuk membagikan pengalaman. Tulis saja pengalaman saat mengajari anak tidur sendiri juga materi parenting lainnya sebagai alternatif postingan organik di blog kita. Apalagi tema seperti ini evergreen alias awet karena sampai nanti informasinya tetap dicari.


3. Ulasan Tempat

Tahun lalu saya punya rutinitas mengantar anak les renang di sport club di dekat rumah. Ini adalah sebuah tempat berolahraga yang lumayan lengkap fasilitasnya. Nah, saya pun menuliskan situasi tempatnya, harga tiket, fasilitasnya apa saja juga cara mengikuti les renang serta cara menjadi member-nya. Dan postingan ini ternyata rameee dikunjungi para pencari informasi.

Maka, jika dirimu mendatangi satu tempat, apakah itu rumah makan, penginapan, taman, klinik kecantikan, apalah..apalah, gali informasi dari tempat ini dan lengkapi dengan cekrak cekrek sana-sini, lalu tuliskan!

Ini enggak hanya berguna untuk menyimpan kenangan, cerita dan foto kita saja tapi juga akan sharing informasi yang bermanfaat buat yang membutuhkan.






4. Aneka Tips

Tips mengatasi telinga sakit saat naik pesawat, tips make up untuk pemula, tips mudah memilih headphone, tips menyapih anak, tips mengambil hati Ibu Mertua...dan lainnya. Artikel berisi solusi sehari-hari dalam beraneka tema bisa kita jadikan bahan postingan. Dan, percaya... ini juga akan membawa pembaca berduyun ke blog kita terutama mereka yang ingin mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi.

Percaya tidak, tips ala-ala saya untuk mengambil hati Ibu Mertua ternyata dibaca ribuan perempuan yang punya masalah yang sama di luar sana. Siapa sangka!

Maka, kenapa tidak jika dirimu punya tips andalan dalam mengatasi sesuatu, dibagikan saja di blogmu! Pasti ada yang perlu...


5. Review Produk

Banyak blogger yang sudah mastah mereview produk hanya jika dibayar saja. Padahal sebenarnya, jika kita mengulasnya sendiri dari semua sisi, baik kelebihan maupun kekurangan akan membuat pembaca merasa dibagi pengalaman pribadi. Apalagi jika kita memang sudah menggunakan produk itu sebelumnya.

Seperti pengalaman saya saat membagikan ulasan skin care yang saya pakai dengan segala yay dan nay alias review jujur apa adanya, ternyata laris manis dibaca sehingga jadi salah satu penyumbang terbesar page views di blog saya.


6. Traveling

Sebuah perjalanan akan menimbulkan kenangan yang mendalam. Tapi, seiring berjalannya waktu, kita seringkali lupa dengan keseruannya. Maka kenapa tidak kita tuangkan cerita perjalanan itu dalam artikel di blog kita. Selain untuk menyimpan kisah dalam untaian kata, juga bisa jadi sumber informasi bagi mereka yang membutuhkannya.

Sertakan info perjalanan menuju ke sana, tempat makan yang ada, wisata apa yang dituju dan info pelengkap seperti harga tiket, akses kendaraan, souvenir dan lainnya.

Dan ta daaa...saat orang mengetikkan kata "wisata hemat ke Dieng..." misalnya, muncul deh artikel kita.






7. Food & Culinary

Setiap insan perlu makan. Pilihannya ada dua: bebikinan atau bebelian. Nah, jika dirimu termasuk anggota komunitas emak-emak doyan masak, kenapa enggak posting resep masakan. Enggak perlu sekelas chef kok penampilan fotonya. Yang dicari pembaca biasanya adalah pengalaman dan keseruannya.

Sertakan bahan dan cara memasak juga tips pengolahan. Bisa juga ditambahkan foto step by step untuk melengkapinya.

Sementara....jika dirimu termasuk komunitas emak-emak pelanggan go food, pemesan masakan tetangga/teman, pembeli setia rumah makan, atau gemar berwisata kuliner, ulas saja makanannya dari segi rasa, harga, dimana/cara beli dan lainnya.

Lengkap kan, dari makanan saja bisa berapa postingan tuh?


8. Beauty

Ayo, siapa yang mau beli foundie merk A atau B Googling dulu? Pengin tahu resep anti aging yang alami atau mau milih sampo anti ketombe tapi cari-cari dulu testimoni, cung?

Nah, ini kesempatan juga bagi kita untuk menulis seputar kecantikan. Bisa beraneka tips tentang perawatan kecantikan wajah, tubuh atau rambut. Bisa juga ulasan produk yang berhubungan dengan perawatan kecantikan. Pokoknya seputar beauty and the beast , tema yang enggak jauh-jauh dari keseharian juga ye kan?


9. Personal Stories

Cerita kehidupan seseorang selalu menarik untuk disimak karena masing-masing orang pastinya punya kisah berbeda. Maka ceritakan saja apa yang pernah terjadi dalam hidup kita baik kisah indah maupun susah. Jika itu indah, pembaca akan terefek rasa positif dan bahagia. Jika kisah susah, pembaca bisa memetik hikmah dan pembelajarannya.

Selain itu kadang ada perasaaan lega lho jika sudah menuangkan dalam cerita., percaya deh! Misalnya cerita saat move on dari gebetan yang pergi tanpa pesan. Atau kisah akhirnya berjodoh dan menikah dengan suami atau istri kita.

Ada banyak kisah pribadi yang bisa dibagi, meski tetap harus kita pilah apakah memang sepantasnya kita sebarkan ceritanya atau malah akan menimbulkan aib belaka.





10. Skill

Saya yakin diantara kita punya keahlian berbeda. Ada yang mahir merajut, bebikinan kerajinan tangan, berkebun, menjahit, ngoprek coding, nulis resensi, kreatif bikin Do It Yourself (DIY)...dan beraneka kebisaan lainnya.

Nah, kenapa enggak kita bagikan saja skill ini dalam postingan kita. Yakin deh, artikel macam ini akhirnya bisa jadi menguatkan branding diri. Misalnya, ooh blog si X itu sering ngulas tentang tanaman hidroponik atau blog si Y tentang segala rupa masalah blog dan solusinya....Bakal ngalir kalau nulis tema skill macam ini, karena pas di hati..


Seee,,ini baru 10 topik menarik, masih banyaaaaak topik lainnya yang bisa dieksekusi.

Jadi, yuks semangat lagi berbagi informasi lewat tulisan yang berguna untuk sesama!

Nah, kalau dirimu punya ide topik lainnya, yuk bagi di sini yaa....!

Oh ya, hampir lupa, tulisan ini merupakan postingan kolaborasi Pasukan Blogger Joeragan Artikel, di mana ada Mbak Damar Aisyah yang menuliskan tentang 5 Modal Menjadi Blogger, Mbak Nurul Fitri Fatkhani menulis Teknik Mereview di Blog dan Mbak Meirida mengulas Hal yang tidak Disukai Pengunjung Blog.

Jangan lupa mampir ke blog mereka juga yaaaa...😍



*all pictures by Pixabay




Happy Blogging


Dian Restu Agustina

















33 comments:

  1. Iyaaaa, aku nih salah satu yg suka galau mo nulis apa. Padahal idenya berseliweran di sekitar kita yaaaa. Tinggal pandai2 memanfaatkan aja ya mbak. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Wah mbakk banyak banget tips dan idenya... Iya yah kdng suka mentok mo nulis apa gt... Eeh baca tulisan ini jd bkn cemunguut lg hi hi. Thx yah mba atas sharing darimu...loveee deh πŸ˜€πŸ˜˜

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat bangettttt artikel ini terutama buat diriku yg sering bingung mo nulis apa�� mksh mb dian

    ReplyDelete
  4. Makasih mbaa infonya. Berguna sekali untuk saya yang baru belajar blogging. Next pos blog, saya berencana untuk isi dengan tema-tema di atas

    ReplyDelete
  5. Kalau saya apa saja tapi yang paling greng itu yang sesuai passion saya mbaaak

    ReplyDelete
  6. Nomor 1 itu emang paling jos... Dan postingan saya macam itu jadi yg paling populer di blog.

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya ide bertebaran di sekitar kita ya, Mbak. Apa saja yang kita kerjakan, kita rasakan dan kita lihat, bisa dijadikan sumber tulisan.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya alhamdulillah ide nggak pernah habis, mbak. Yang riweh itu manajemen waktunya, hihi.

    ReplyDelete
  9. Si duniaibuibu 9 dari 10 ide blog di atas adaaaa, cuma skills aja yg belum masuk, qiqiqi... Bikin tambahan lagi apa ya...

    ReplyDelete
  10. Ide blognya keren-keren, cocok deh. Engga semua sih. Yang engga berani nulis, ya tema beauty itu. Biar saya bagian yang baca blognya aja...

    ReplyDelete
  11. Nah iya bener bangeeet. Jaman sekarang kan kalau mau cari informasi sebentar-sebentar googling, ya. Masih pakai cara tradisional dengan bertanya ke teman, sih. Tapi aku juga pasti juga memanfaatkan internet. Daaan, banyak banget informasi yang aku dapat dari tulisan teman-teman di blog. Semogaaa, teman-teman yang membaca blogku juga bisa memperoleh manfaat. Kalau blog aku sih, malah terlaluh organik, wkwkwkwkwk ...

    ReplyDelete
  12. Waah makasih banget Mbak Di mantul sharingnya. Saya juga baru mau mulai prakteknya, setiap jalan kemana cekrak cekrek buat bahan postingan, hehe tapi tetep ya yang penting eksekusinya. karena kadang ide udah banyak di kepala tapi gak ditulis-tulis.wkwk

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak banget ya ide yang bisa dijadikan bahan tulisan. berseliweran dimana-mana euy. Masya Allah... Terkadang kita aja eh hanya saya yang kurang peka. Padahal mah tertawanya anak-anak aja bisa jadi ide. hehe

    ReplyDelete
  14. Saking banyaknya topi blog, sampek lihatlah blogku yg semakin menggado-gado, wkwkwkwk. Sementara aku biarin dl, sambil memantapkan hati feel-nya mau ke mana gitu, hehe

    ReplyDelete
  15. Astaga jadi gak usah alesan lagi kehabisan ide isi blog ya. Lah ternyata buanyak banget yang bisa ditulis. Semua pengalaman akhirnya jadi tips, bagaimana cara dan lainnya. Ah mba Dian, sukak tulisan ini. Btw sy bagian dari ribuan yang baca cara dekat Ibu mertua versi mba Dian loh hehe.
    Kalo aku sih blog isinya curhat, tapi gak nyangka kalo tema curhat BANYAK pemirsaaaah :D Setelah ini mau ngelist judul tulisan aja. Ngelist judul dulu hehe :)

    ReplyDelete
  16. Bener banget itu semua bun, saya lebih suka sam personal stories sih karena lebih mudah dituliskan. Tapi beberapa yg lain jg sering saya tuliskan. Ttg tutorial apalagi hehe. Makasih bun sharingnya.

    ReplyDelete
  17. Bagaimana cara makan buah naga, hi hi, ternyata banyak yang tak tahu caranya kayak saya juga. Dulu pikir kulitnya harus dikupas sampai Palung anteng saja menaruh buah naga di atas talenan dan membelahnya jadi dua bagian. Saya cuma bisa bengong. Mamah kalah pintar daripada anak bujang semata wayangnya, ha ha.
    Ti[ps 10 cara di atas sangat membantu saya agar bisa isi blog secara bervariasi.
    Saya sedang bersihkan broken link dari pos awal, nemu komem Mbak dan masukkan dalam daftar teman berikut nama dan alamatnya, untuk dihitung berapa banyak temnan saya, ya, he he.

    ReplyDelete
  18. minat banget build blog temanya resep masakan tapi syang saya ga bs masak :D

    ReplyDelete
  19. Terima kasih.... Bermanfaat banget. Soalnya, Suka kehabisan ide, next bagi tips ya, SEO blog. Ditunggu...

    ReplyDelete
  20. Tengkyu banget, mbakku, kadang aku suka mati gaya kehabisan ide. Padahal banyak sebenarnya yang bisa ditulis ya. Makasih banget tipsnya ya mbak, 😍😍

    ReplyDelete
  21. cadass, kesepuluh tema tersebut jika di-break down potensial menjadi blog dgn niche tersendiri jika terspesialisasi aku juga lagi suka tema life-hack gitu kak, banyakin foto dan video mungkin ya biar lebih greget

    ReplyDelete
  22. Sumber tulisan banyak dian, eksekusi nya aja nih yg kudu diperbaiki huhu

    ReplyDelete
  23. Asiiik, main ke sini, nggak perlu ketakutan mau nulis apaan. Banyak topik yang bisa ditulis. Makasih mbak Dian

    ReplyDelete
  24. aih keren pasukan blogger joeragan artikel postingannya mantul semua. makasi masukannya mba. pemacu semangat banget buat yg lagi ngedrop semangat nulisnya :)

    ReplyDelete
  25. aah jadi ingat draft yang tak kunjung publish. Ayo semangat

    ReplyDelete
  26. Nah butuh baca artikel kayak gini kalau lagi mentok nulisnya. Jadi mau nulis lagi deh

    ReplyDelete
  27. Yup! Ide memang bisa dari mana-mana. Saya seringkali gak kesulitan dengan ide. Tetapi, suka riweuh pas mengolahnya hehehe

    ReplyDelete
  28. Terimakasih tipsnya, ternyata banyak cara untuk menggali ide untuk menulis. Seringkali bablas ide ga muncul waktu udah di depan layar, padahal waktu di perjalanan banyak ide muncul :-D

    ReplyDelete
  29. aku selalu suka tulisannya mba Dian, apalagi beragam tipsnyaa :D makasih tipsnya mbaa, nulir artikel "cara, tips, review" itu penontonnya selalu ada hihi

    ReplyDelete