Bahaya Masker Scuba

Bahaya masker scuba, bagaimanakah penjelasannya? Yup, di tengah pandemi Covid-19 ini, bahaya masker scuba menjadi topik perbincangan yang cukup menyita perhatian kita. Masker scuba, adalah salah satu jenis masker non medis dan juga earloop

Masker ini terbuat dari kain khusus. Kain scuba sendiri adalah kain yang sudah umum digunakan. Terutama sebagai bahan pembuatan berbagai jenis pakaian serta barang lainnya. 


Mengapa Masker Scuba dilarang


Seperti halnya sarung tangan, moused, pakaian olahraga hingga bra, kain scuba pada dasarnya hampir serupa dengan kain polyester. 

Saat ini penggunaan kain scuba sudah jauh lebih luas. Diantaranya sudah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker. 

Tak dapat kita pungkiri, sebagian besar orang merasa nyaman dengan menggunakan masker satu ini. Namun, apakah kita pernah terbayangkan, jika masker scuba ternyata tingkat keamanannya sangatlah rendah?

Bahaya Masker Scuba, Mengapa Demikian?


Mengingat masker kini menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, maka pemilihan masker harus kita lakukan dengan benar. Tentu saja masker yang dipilih harus mampu memberikan perlindungan maksimal. 

Sehingga kita dapat selalu terjaga dan penerapan protokol kesehatan pun berjalan dengan maksimal. Akan tetapi, penting untuk kita cermati. 

Penggunaan masker scuba ternyata menyita perhatian para ahli. Yang mana mereka meragukan efektivitas dari penggunaan masker scuba ini. 

Kabar ini mulai tersebar, ketika PT KCI memberikan larangan kepada calon penumpang KRL yang menggunakan masker scuba. Alasan dari pelarangan ini karena masker scuba tidak efektif dalam menahan droplet. 

Inilah mengapa bahaya masker scuba dapat terjadi karena tidak dapat memberikan perlindungan kepada kita dari penularan COVID-19. Berikut ini adalah kejelasan lebih lanjut mengapa masker scuba seharusnya tidak kita gunakan.

Memiliki Kenampakan yang Tipis 


Tujuan dari menggunakan masker adalah agar kita dapat terlindungi dengan baik. Terutama dari paparan debu, bakteri hingga virus, seperti COVID-19 ini. 

Namun, bagaimana bila masker yang kita gunakan tidak memberikan perlindungan sama sekali? Sudah pasti akan merugikan diri sendiri. 

Begitu pula dengan bahaya masker scuba ini. Dinilai bahaya karena masker ini memiliki kenampakan yang terlalu tipis. Sehingga kurang efektif dalam memberikan perlindungan terutama untuk menangkal COVID-19 ini.

Masker scuba tersusun atas satu lapis saja maka tidak heran bila terlalu tipis. Dengan demikian kemungkinan untuk tembus sangat besar, karena tidak dapat menyaring partikel berukuran kecil. 

Mudah Sekali Melar 


Bahaya masker scuba yang tidak dapat memberikan perlindungan maksimal juga karena bahannya mudah sekali melar. Ketika kita menggunakan masker scuba, akan terjadi peregangan bahan. 

Hal tersebut mengakibatkan kerapatan porinya berubah menjadi besar. Bukan hanya itu saja, ketika masker scuba ini melar, maka membuat permebilitas udara menjadi lebih meningkat. 

Oleh karena itulah, kesempatan partikular virus untuk menembus masker dapat lebih tinggi. Hal yang tak boleh kita lewatkan lagi, seringkali masyarakat salah dalam penggunaan masker scuba ini. 

Tak jarang dari mereka menggunakan masker ini dengan menariknya sampai ke dagu. Tentu saja ini dapat membuat bahaya masker scuba semakin lebih besar. 

Ketika masker yang kita gunakan melar atau longgar, maka dapat menurunkan tingkat perlindungannya. Sebab, masker tidak mampu menutupi hidung lebih rapat. 

Itulah beberapa alasan mengapa masker scuba ini dilarang penggunaannya. Menggunakan masker scuba sama dengan kita tidak menggunakan masker, karena tidak ada jaminan perlindungan. Sehingga percuma saja kita menggunakan masker ini dengan tujuan untuk melindungi diri dari penularan COVID-19 ini. 

Nah, untuk informasi lebih jelasnya lagi, yuk akses informasi bahaya masker scuba ini di https://www.harapanrakyat.com/ !!💖

Semoga bermanfaat!


Salam Sehat

signature-fonts

1 comment