Tips Memilih Paper Cup

Paper cup atau gelas kertas untuk minuman panas seperti kopi, teh atau cokelat panas dengan desain yang kekinian, membuat penikmat kopi seperti saya jadi makin menikmati minuman yang disajikan. 

Ya, dewasa ini paper cup tak hanya  digunakan sebagai kemasan minuman tapi juga memiliki fungsi  estetika dan kenyamanan yang mewakili identitas produk yang dijual.

Well, kemasan sebuah produk memang mempunyai peran krusial dalam penjualan karena merupakan hal pertama yang dilihat pelanggan. Selain akan menarik konsumen untuk membeli, kemasan yang baik akan meningkatkan nilai jual produk itu sendiri. 

Bahkan, kemasan bisa menjadi ikon yang melekat sehingga orang akan selalu ingat.


Tjetak Paper Cup


Tentang Paper Cup

Nah, salah satu kemasan yang kini makin dibutuhkan di pasaran seiring bertumbuhnya berbagai gerai minuman kekinian adalah paper cup. Sejenis gelas yang terbuat dari bahan baku kertas yang sudah dilapisi material food grade sehingga cocok untuk minuman dingin ataupun panas.

Paper cup tidak dibuat dari sembarang kertas, namun menggunakan kertas tebal atau yang dikenal dengan kertas food grade. Yang mana pada dasarnya bahan tersebut memiliki tekstur yang kokoh, tahan panas, dan tidak gampang bocor. 

Well, kemasan ini sangat sering digunakan untuk wadah minuman seperti kopi, teh, susu, dan jenis minuman lainnya, karena:

✔ Aman

Paper cup hampir tidak memiliki kandungan berbahaya sehingga lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan gelas berbahan plastik atau styrofoam. Selain itu paper cup tidak ada risiko pecah jika terjatuh seperti gelas kaca atau porselen. Sementara, pemakaiannya yang sekali pakai juga akan mengurangi risiko penularan penyakit.

✔ Ringan

Karena berbahan kertas, paper cup jadi ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana

✔ Murah

Bahan paper cup mudah didapat juga gampang dibuat sehingga harganya lebih hemat

✔Customized Design

Paper cup bisa didesain warna maupun bentuknya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita

✔Recycle

Dibandingkan gelas berbahan plastik, paper cup lebih ramah lingkungan karena lebih mudah didaur ulang


Pesan Paper Cup Tjetak



Tips Memilih Kemasan Paper Cup

Nah, mengingat produk yang bagus dan berkualitas belum tentu akan laku keras jika tak dikemas secara pas, maka pemilihan paper cup sebagai kemasan perlu diperhatikan agar mampu mendongkrak penjualan.

Maka, beberapa faktor berikut ini bisa jadi pertimbangan, yakni:


1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Saat menentukan menjual sebuah produk tentu kita sudah tahu target pasarnya siapa. Apakah anak-anak, kaum muda atau usia dewasa. Dari sini kita bisa sesuaikan kemasan produk kita agar sesuai dengan target pasar yang jadi sasaran. 

Paper cup dengan gambar kartun yang lutjuuu pas untuk menarik hati anak-anak. Sementara paper cup dengan desain unik yang menarik akan membuat kaum muda tertarik.


2. Faktor Kenyamanan

Tak hanya isi, kemasan juga menentukan pelanggan membeli produknya lagi. Maka pastikan jika paper cup sebagai wadahnya punya desain yang nyaman sehingga membuat pelanggan mudah menikmati minumannya, praktis saat dibawa, mudah dipegang dan lainnya.


3. Ukuran

Pastikan, ukuran paper cup kita sesuai target pasar yang dituju juga ukuran produk yang kita jual itu. Misalnya jika sasaran pembeli adalah anak-anak maka ukuran kecil lebih disarankan. Demikian juga jika ukuran produk kita ada beraneka, pastikan paper cup sesuai peruntukannya, sehingga kemasan pas untuk produknya.


4. Identitas

Sebelum memilih desain paper cup yang pas, pikirkan sesuatu yang beda dan istimewa sehingga bisa menjadi identitas produk kita. Ini akan menjadi ciri khas produk yang membedakan dengan produk sejenis di pasaran.


5. Edisi Khusus

Jika sudah punya desain baku bagi paper cup kita, sesekali saat momen istimewa, bisa juga kita buat edisi khusus sesuai momen yang ada. Misalnya, saat Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru atau peristiwa lainnya. Ini akan menjadi kemasan edisi terbatas yang menarik pelanggan di momen spesial.


Well, pemilihan paper cup atau gelas kertas untuk minuman panas seperti kopi, teh atau cokelat panas dengan desain yang kekinian, memang tidak bisa sembarangan. Diperlukan kreativitas tinggi agar paper cup bisa mewakili produk yang kita jual sehingga hasilnya akan optimal.

Yess, salam semangat dan semoga bermanfaat!💖


Life Happens, Coffe Helps

signature-fonts

27 comments

  1. suka banget liat paper cup yang lucu2 desainnya. pada kreatif, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...bisa dipesan desainnya sesuai keinginan dan kebutuhan kita

      Delete
  2. oalaaaahh dari dulu saya berusaha meraba-raba bahan cup yang lumayan keras tapi ga sekeras plastik gitu, rupanya terbuat dari kertas juga ya mbak..

    ReplyDelete
  3. Habis minum kopi.Paper cup juga bisa digunakan bahan recyle yang cakep dan memiliki nilai jual.

    ReplyDelete
  4. Sejak minuman semakin beragam, kebutuhan paper cup menjadi keniscayaan ya
    Di satu sisi industry kopi dll berkembang di sisi lain penangannan sampah (termasuk recycle nya) stuck di tempat

    ReplyDelete
  5. Biasanya yg gambarnya lucu dan gemesin paling disukai dan jadi pilihan kalau diperbolehkan memilih.
    Mau buang juga kalau gambarnya bagus jadi sayang ya hehehe

    ReplyDelete
  6. Ada rencana mau buat cafe sih, bahkan paper cup juga diperhatikan banget yah, langsung kucatat nih

    ReplyDelete
  7. Yg terpenting sih paper cup bisa didaur ulang ya. Jd bisa dipke lagi atau dijdiin barang lain.

    ReplyDelete
  8. Desain memang sangat penting karena itu menjadi bagian terdepan saat konsumen melihatnya pertama kali. Kalau unik, pasti deh suka dan mudah diingat

    ReplyDelete
  9. Oiya soal paper cup ini penting banget sih kualitasnya, ak pernah tuh beli kopi di supermarket, ya ampun paper cupnya meletat meletot kan bahaya banget kalo isinya minuman panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang engak bagus kualitasnya..kuatir tumpah dan kena kita

      Delete
  10. Seiring dengan berkembangnya kreatifitas dan skill ilustrasi, kemasan jadi menarik ya Mbak. Gak cuma untuk box makanan, tapi juga untuk gelas. Apalagi yang menggunakan kertas gini. Cakep-cakep banget. Saya seringnya sih tak bersihkan dan simpan buat koleksi hihihi

    ReplyDelete
  11. Pernah di sebuah tempat wisata, welcome drink-nya pake paper cup. Tapi mungkin pakainya yang kurang tebel ya. Jadinya meletat-meletot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau bukan kualitas bagus jadi meletat-meletot waktu diisi

      Delete
  12. Saya kadang ragu kalau gelasnya paper cup. Meski ya sipakai saja kalau adanya itu. Memang baiknya bawa tumbler sendiri. Hihihi
    Ternyata paper cup masih tergolong aman bagi tubuh dan lingkungan. Asal tidak berlebiham, tentunya.

    ReplyDelete
  13. Makasih tips memilih paper cup-nya mbasay kuu... Yepp bener banget, kl buat pasar anak², paper cupnya yg berwarna-warni trus gambarnya lucu² yaa...

    ReplyDelete