Tinari Cafe Garden, Restoran Konsep Taman Pertama di Trans Jawa

Tinari Cafe Garden adalah restoran dengan konsep taman dan kebun pertama yang ada di rest area sepanjang Trans Jawa. Berlokasi di Rest Area KM 360 B (arah Jakarta) Jalan Tol Semarang - Batang cafe ini bisa jadi persinggahan, melepas penat pun menyantap sajian yang nikmat.

Dan, long weekend minggu lalu, saya menyinggahi Tinari Cafe Garden ini saat arah balik dari Kediri ke Jakarta. Road trip yang singkat, padat dan berkesan, diantaranya karena menyinggahi beberapa rest area yang kini makin berbenah diri. Salah satunya Sinergi 360 - Rest Area KM 360 B  Semarang - Batang ini.


Tol Semarang - Batang


Tentang Rest Area KM 360 B Semarang - Batang


Well, penyediaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area di Jalan Tol merupakan pemenuhan aturan Pemerintah yang diisyaratkan kepada setiap penyelenggara (operator) jalan tol untuk mengurangi tingkat kecelakaan akibat kelelahan pengendara dan kondisi kendaraan yang optimal.

Saat ini TIP tidak hanya di gunakan sebagai tempat tempat istirahat saja, namun juga di gunakan sebagai meeting point dan pusat bisnis bagi perusahaan. Sebagai gambaran, dengan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol merupakan suatu potensi bisnis yang luar biasa bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis di TIP.

Nah, PT. Jasamarga Rest Area Batang merupakan Perusahaan Sinergi BUMN dari PT. Jasamarga Properti, PT. PP Properti, PT. PP (Persero), dan PTPN (Persero) untuk menyelenggarakan dan mengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan KM 360 B secara mandiri dan profesional.

Di mana rest area ini diklaim berfasilitas terlengkap se-Indonesia karena memiliki 51 fasilitas penunjang sarana. Ada tempat makan, area bermain anak, cafe, gerai UMKM, SPBU, Masjid, spot foto, dan lainnya. Dengan luas 7,6 hektar, rest area juga dilengkapi dengan ATM, kolam hias yang luas, mini zoo, klinik kesehatan, juga fasilitas pengelolalan sampah plastik untuk mendukung program go green.

Rest Area juga memiliki lahan parkir berkapasitas 400 kendaraan yang dibagi menjadi lahan kendaraan kecil dan besar serta parkir khusus bagi kaum disabilitas dan wanita.

Oh ya, infonya tersedia juga genset berdaya lama 2x24 jam untuk antisipasi pemadaman arus listrik mendadak.

Wah, lengkap bangets ya!!

Bahkan, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberi gelar sebagai rest area terlengkap di Indonesia saat ini berdasarkan surat keputusan Nomor 9723/R.MURI/XI/2019 atas rekor sebagai Rest Area dengan Fasilitas Terbanyak!!


Sinergi 360

Rest Area Semarang-Batang

Tinari Cafe Garden Restoran dengan Konsep Taman dan Kebun Pertama di Rest Area 


Yup, saya sudah puluhan kali mudik. Mudik minggu lalu itu adalah yang kesekian kali setelah Trans Jawa resmi beroperasi. Mulai saat awal dibangun, beberapa sesi selesai, hingga full Jakarta-Surabaya, sudah saya coba bersama keluarga. Maka menyinggahi rest area bukan hal baru bagi saya.

Hingga hapal, mending mampir di rest area yang ini saja karena bersih atau yang itu sebab ada kuliner enak di situ. 

Tapi....kini enggak perlu begitu. Hampir semua rest area makin berbenah untuk memanjakan pengguna tol yang lelah. Tak ayal, berbagai fasilitas dan layanan pun jor-joran disajikan. Membuat saya sebagai pengguna makin bahagiaaaa!!

Seperti ketika rehat pertama kami di rest area di Ngawi. Suami sudah usul kalau nanti maksi di rest area di Batang saja.

"Yang di tengah Alas Roban itu, lho. Bagus, di tengah pepohonan di hutan lokasinya!"

Baiquelah...biar enggak kelewatan, jelang tempatnya, saya pun bersiap mengingatkan.

Dan, sampai di tempat, setelah parkir dan ke toilet yang bersih, kami pun celingukan cari tempat makan. Berhubung pandemi, jadi berusaha memilih tempat makan yang tidak ada kerumunan dan (harapannya) menjalankan protokol kesehatan, sama seperti saat memilih penginapan.

Akhirnya terliha lah Tinari Cafe Garden dengan tempat yang asri karena konsep taman dan kebun yang dimiliki. Fixed, akhirnya belok ke sini.

Dan ternyata, enggak bikin kecewa, baik tempat, makanan maupun layanannya!! Apalagi protokol kesehatan terlihat dijalankan! Tersedia tempat cuci tangan dengan sabunnya plus ada hand sanitizer, semua crew bermasker dan ada jarak aman untuk tempat duduk.

Trans Jawa

Rekor MURI Rest Area

Tinari Cafe Garden di Rest Area

Manfaat Rest Area



Tinari Cafe Garden Tempat Istirahat Tepat untuk Melepas Penat


Menuju ke lokasi cafe dari arah tengah ada jalanan dengan hiasan payung di atap yang pas buat pepotoan. Menuju gerbangnya, ada bunga-bunga juga pepohonan mengitari saung tempat makan. Ada juga semacam panggung di tengah taman, sepertinya ada pertunjukan ditampilkan di waktu tertentu. 

Sementara di bangunan utama tertata beberapa set bangku kayu, yang berbentuk potongan batang pohon dan juga kursi rotan. Di sekitar areanya, selain tanaman juga ada aneka hiasan. Ada sepeda jadoel tergantung di dindingnya. Lampu ber-kap bambu, ulegan batu, cobek gerabah...dan printilan unik yang makin bikin cantik. 

Awalnya, saya kira ini dijual, saya tanyakan ke crew ternyata hanya untuk pajangan. Padahal saya naksir cobek tanah liatnya tuh huhuhu.

Oh ya, beberapa kursi sudah terisi oleh rombongan (keluarga) seperti saya. Syukurnya ada jarak cukup antar kursi dan tempatnya terbuka membuat saya enggak khawatir menempati set kursi di sebelahnya.

Tempat ini seperti oase di tengah panasnya lokasi rest area yang meski baru pukul 10 lewat, sudah cetar teriknya karena pohon-pohon yang ada belum cukup tinggi jadi penyejuknya.

Lokasi dalam cafe nyaman apalagi ada alunan musik yang nyaris bikin saya ketiduran di bangkunya kwkw. Syukurnya perut yang minta diisi berteriak minta jatah, terusir deh itu lelah!

Oh ya, menu di Tinari Cafe mulai dari harga 5K untuk minuman dan 40K untuk makanan. Harga yang hemat mengingat ini lokasinya di rest area. Malah murah menurut saya mengingat tempat dan layanannya.

Nah, untuk menu, saya dan suami memesan Ayam Goreng sementara anak-anak Chicken Katsu. Untuk minumnya, kami pesan Kunyit Asam Hangat, Root Beer, dan Ice Mango Lychee (kalau enggak salah, saya lupa namanya, maaf haha)

Ayam Gorengnya bumbunya meresap, enak banget, mana tersaji anget...jadi makin mantep! 

Sayangnya, enggak ada menu sayur di sini, mungkin karena di rest area ya, jadi susah belanja. Padahal kami sekeluarga pemakan sayur. Pasti makin mantap kalau ayamnya dimakan sama sayur asem, aneka lalapan, ca kangkung atau lainnya.

Sementara menu anak-anak, Chicken Katsu-nya sepertinya homemade, rasanya lumayan juga saya icip dikit. Sedangkan untuk minumnya, kunyit asam mantap, yang lainnya biasa saja rasanya.

Semua sajian sayangnya enggak barengan keluar, jadi ayamnya duluan kemudian katsu yang lumayan lama nunggu. Di luar layanan ramah crew Tinari Cafe Garden, kecepatan pelayanan perlu ditingkatkan. Karena saat saya makan bukan ramai sekali pengunjungnya. Jadi seharusnya bisa lebih cepat lagi pelayanannya. 

Mesti diingat jika pembeli yang datang makan bukan untuk beneran "ngopi", "njamu" atau makan sesuatu. Tapi mereka masih harus melanjutkan perjalanan, seperti saya yang masih 400-an km lagi untuk sampai rumah di Jakarta. Jadi jika makanan tersaji segera pasti akan lebih hemat waktunya!

Tapi, apapun, makan siang sambil merenggangkan badan, di tengah suasana taman dengan musik mengalun adalah paduan sempurna! 

Beneran enggak nyangka kalau ini berlokasi di tengah-tengah lintasan Trans Jawa!


Trans Jawa

Tol Semarang-Batang

Rest Area Arah Jakarta


Tinari Cafe Garden Recommended untuk Disinggahi!


Well, lintasan tol yang kini semakin panjang di Indonesia termasuk Trans Jawa, tidak hanya menjadi 'angin segar' bagi perekonomian nasional. Tapi sekaligus menjadi ancaman serius bagi penggunanya bila tidak berhati-hati serta menjaga kebugaran stamina saat berkendara.

Nah, kehadiran rest area KM 360 B Tol Semarang - Batang menjawab kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas yang lengkap serta nyaman untuk disinggahi.

Jadi, jika teman-teman sedang dalam perjalanan dari arah Jawa Timur menuju Jakarta melalui Trans Jawa, bisa singgah di Rest Area KM 360 ini. One Stop Resting Point deh pokoknya, semua ada!

Baiklah....., tetap berhati-hati dalam berkendara dan semoga selamat sampai di tujuan ya!

See Ya!💖



Happy Traveling

signature-fonts

15 comments

  1. Tempatnya asik banget, ya ampun. Ini sih bukan istirahat aja. Tapi bisa juga refreshing biar ga penat selama perjalanan

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuunnn ini sih DESTINASI WISATA bukan rest area :D
    Gokiill sih, pemandangan, ambience-nya buaguuus pol mbaaa
    Makanannya kayaknya juga tampak endeusss, walopun rada lama ya penyajiannya.
    Kapan2 pengin road trip jugaaa

    ReplyDelete
  3. hebat mbak Dian, sepanjang mudik ke Kediri dapat banyak oleh oleh tulisan

    saya kacau nih, saat jalan cuma rencana nulis tapi ngga kunjung terwujud

    Tinari cafe nya saya catet ah, kali aja "jalan" lagi bareng anakku :)

    ReplyDelete
  4. Semakin nyaman sekarang kalau mau mudik ya. Selain jalan tol nya yang sudah full. Juga tip nya yg sudah dibenahi. Seperti bukan di rest area saja ya itu lihat di foto-fotonya...

    ReplyDelete
  5. Wah, kemarin karena berangkat malam hari sepertinya tidak terlihat view kecenya. Boleh nih, nyoba mampir kalau pas waktu mudik di siang hari. Serasa makan di pulau tersendiri, hehehehe

    ReplyDelete
  6. wah kalo rest areanya bagus kaya gini mah, nyetir berasa fresh lagi setelah break sejenak di cafe ini yaa

    ReplyDelete
  7. Cantik banget tempatnya, kalau pas di Semarang mau mampir ah, nyaman banget ya rasanya

    ReplyDelete
  8. Mbak, ini rest area apa tempat piknik?
    Duh kalau rest areanya nyaman gini, bisa betah berlama-lama istirahat di sini

    ReplyDelete
  9. Mantep ya Tol Trans Jawa. Ada banyaj rest area kece bisa memanjakan lidah dan mata XD

    ReplyDelete
  10. Itu rest area yang bener-bener bisa melepas penat selama berkendara. Lokasinya asik banget, makanannya mah kelihatan nikmat. Jadinya melakukan perjalanan dan mampir ke situ bikin pengalaman yang berbeda

    ReplyDelete
  11. Bagus banget nih lokasi cafe nya... Luas dan lega bisa menjadi tempat favorit nih kalau nongkrong ya. Tempatnya instagramble juga ya..

    ReplyDelete
  12. Wowww itu serius Rest Area. Baru tau lho ada yang semenarik ini, lha..lama beristirahat juga asik2 aja Tempat nya kece banget !!
    Udah gitu fasilitas penunjangnya lengkap juga.

    ReplyDelete
  13. Mba pas balik dari solo ke JKT, aku ada diksh tau Ama suami rest area baru yg katanya bagus bgt. Bahkan ada jembatan nyambung ke rest area di seberangnya. apa ini rest area yg sama yaa? Aku ngeliat sih memang ada jembatan penyambungnya kalo mau ke sebrang arah sebaliknya.

    Tapi waktu itu aku ga jd mampir, Krn pgn bgt lumpia Semarang. Jd nya ga stop, bablas lgs ke Semarang kota. Ntr 19 dec aku balik LG ke Jogja nih. Kayaknya pas balik mau mampir ah ke rest areanya :).

    ReplyDelete
  14. wah suka banget sama masjidnya mba Dian, tempatnya juga hoomey dan adem banget ya, bikin segala penat saat di perjalanan jadi menguapppp.

    ReplyDelete