Kelas Online UMKM Skill Academy

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah aktivitas usaha yang mendukung pergerakan perekonomian Indonesia terutama ketika pandemi menerpa. Ya, pandemi telah memaksa masyarakat secara umum berubah dari kebiasaan mereka sebelumnya. Hingga membuat pelaku UMKM meraup berkah dari situasi ini. Tak heran bermunculanlah aneka usaha. Meski, sayang belum diiringi dengan kemampuan mengelolanya. Padahal ada lho kelas online UMKM yang akan membantu kemajuan usaha, seperti Kelas Online UMKM Skill Academy yang bisa jadi solusi!

"Etapiii, skala usaha saya kan masih keciiiiiil banget, apa perlu belajar begini?"

Lah, justru awalnya dari mikro, nantinya bisa naik kelas lho! Apalagi pilihan kelas online UMKM Skill Academy ini beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bukankah kalau kita belajar ilmunya dulu, akan lebih baik karena nanti pada saat diperlukan jadi tahu? 

"Hm, iya juga ya. Lalu, biayanya?"

Jangan khawatir, buat investasi ilmu, enggak seberapa itu! Karena manfaat yang didapat akan berlipat!


Skill Academy

Tentang Skill Academy


FYI, mulai dari kelas bisnis hingga hobi, juga semua keterampilan memang tersedia di Skill Academy. Sementara soal harga, ekonomis dan terjangkau bagi semua! Padahal materi disampaikan langsung lho oleh ahli di bidangnya. Ini membuat kursus online di Skill Academy memungkinkan siapapun untuk berani maju karena pengembangan skill dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Well, Skill Academy yang merupakan inovasi dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan, terbukti telah digunakan oleh 4 juta pengguna selama tahun 2020 lalu. Di mana kehadirannya ternyata bisa menjadi jawaban untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang baik bagi mahasiswa, profesional juga siapa saja.

Ini penting mengingat tingginya persaingan di era globalisasi menuntut individu untuk terus meningkatkan kualitas diri baik secara personal maupun profesional. Sementara terbatasnya waktu, tempat dan tenaga sering menjadi kendala bagi mereka untuk mengikuti kursus di bidang yang diinginkan. 

Apalagi sedang pandemi begini, di mana protokol kesehatan mesti ditaati. Maka pas banget jika pilih kursus online di Skill Academy supaya kita bisa meningkatkan kualitas diri tanpa harus pergi-pergi!



Kelas Online UMKM Skill Academy



Tentang Kelas Online UMKM Skill Academy


Oia, sedikit cerita, beberapa tahun silam saya pernah punya usaha rumahan produksi makanan. Rempeyek dengan beberapa varian bikinan sendiri saya kemas dan jual ke teman atau dititipkan ke warung sekitar. Sekitar setahun usaha ini berjalan lalu saya memutuskan berhenti karena merasa kok segini-gini aja sih untungnya. Hiks! Padahal lumayan lho lakunya, meski masih konvensional jualannya (maklum saat itu belum era marketplace dan layanan pesan antar).

Nah, kalau saya ingat-ingat sih, sebabnya adalah pengelolaan keuangan yang masih asal-asalan. Catatan keuangan yang belum rapi dan pembukuan usaha nyampur dengan keuangan rumah tangga...Sehingga enggak heran yang harusnya terhitung untung saya merasa rugi. 

Hm, coba dulu sudah ada Kelas Online UMKM Skill Academy: "Sukses Mengelola Keuangan UMKM" yang bisa saya ikuti, mungkin saja usaha rumahan saya jadi berkembang kini.

Pasalnya kelas "Sukses Mengelola Keuangan UMKM" ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin mempelajari dasar akuntansi untuk UMKM, pemilik usaha, pebisnis pemula yang ingin lebih lanjut mempelajari akuntansi ataupun pebisnis pemula yang memerlukan dasar dalam akuntansi pembukuan.

Tuh, cucoook kan?

Apalagi yang ngajar mumpuni, Bernard Hasiholan, seorang Head of Finance di salah satu start up teknologi di Jakarta yang memimpin empat tim Finance, Accounting, Tax dan Investor Relation & Legal. Di mana Instruktur jebolan Akuntansi FEB - Universitas Indonesia ini juga memiliki sertifikat Professional Financial Modeller di tahun 2016.

See, pengajar yang ahli di bidangnya bukan?

Dan enggak hanya itu saja, dalam kelas "Sukses Mengelola Keuangan UMKM" ini akan ada 7 topik yang dibahas, diantaranya: Pengenalan Pembukuan, Pembukuan Berbasis Kas, Konsep Dasar Akuntansi dan Pembukuan Berbasis Akrual. 

Juga, kelas akan menyajikan 6 video, 2 dokumen, Pre-Exam, Exam dan Sertifikat

Wah lengkaaap, ya!

Memang harapannya selesai kelas ini, pelaku UMKM akan memiliki pengelolaan keuangan yang baik sehingga usaha yang dikelola tidak mengalami kerugian seperti saya. Mengingat pembukuan menjadi cara untuk mencatat seluruh transaksi yang dilakukan untuk mengetahui besaran pemasukan dan pengeluaran

Eitss...bukan cuma itu, masih ada lagi Bonus Tambahan lho, yaitu: bisa ikutan Career Mentoring untuk mendapatkan panduan Membuat CV, Menulis Surat Lamaran, Menyusun Profil Linkedin dan Menghadapi Interview. Ini perlu juga, siapa tahu selain jadi pelaku UMKM dirimu mau coba juga jadi profesional di luar sana.

Dan untuk semua itu kita hanya perlu daftar dan membeli kelas online seharga Rp 150.000 saja (harga kelas saat ini, hemat Rp 350.000 dari harga normal Rp 500.000). 

Metode pembayarannya pun banyak pilihan, bisa via kartu kredit, Gopay, transfer bank, virtual account dan minimarket (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, Dan+Dan)


Kelas Online Skill Academy


Aneka Pilihan Kelas Online UMKM Skill Academy


Well, meski tidak melibatkan modal besar, UMKM adalah bagian penting dari roda perekonomian negara. Sifatnya yang fleksibel dan tidak menuntut modal besar membuatnya cocok sebagai alternatif usaha, terutama di tengah situasi sulit saat ini. 

Yup, UMKM biasanya lebih paham kebutuhan masyarakat sekitar. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, menggunakan bahan baku yang diperoleh dari lingkungan terdekat atau produsen lokal. Sehingga memberi keuntungan bagi masyarakat setempat yang menjadi pelanggan.

Enggak hanya itu, UMKM juga memberi kesempatan bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tanpa meninggalkan aktivitas harian. Hal ini terlihat dari usaha mikro dan kecil berbasis komunitas, misalnya usaha kerajinan dan kuliner di kalangan ibu rumah tangga.

Tapi, meski skalanya masih kecil pengelolaan keuangan UMKM yang benar tentu akan membuat usaha makin maju dan lancar. Hingga meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti kelas online UMKM Skill Academy pas jadi solusi.

Nah, setelah mengikuti kelas "Sukses Mengelola Keuangan UMKM" ini kita bisa juga lanjut ikut kelas lainnya, seperti: 

  • Bisnis Rumahan/UMKM Harus Tahu: Menentukan Badan Usaha
  • Pahami UMKM dan Pajaknya
  • Kupas Tuntas Pajak untuk UMKM
  • Pentingnya Berkolaborasi dan Berkomunikasi untuk UMKM
  • Membuat Desain Produk UKM 
  • Fleksibel Menentukan Metode Pembayaran


Pelatihan Online UMKM



Tuh, komplit kan? Saya juga jadi mupeng nih pengin merintis usaha dari rumah lagi! Seriusan, jika ingin UMKM-mu berkembang dan maju, ikuti saja Kelas Online UMKM Skill Academy dulu! 

Oia, kepoin info lengkap Skill Academy di sini yaa:

  • Website Skill Academy: https://skillacademy.com/
  • Instagram Skill Academy: https://www.instagram.com/skillacademy.id
  • Youtube Skill Academy: https://www.youtube.com/channel/UCi3PrU13BbwgBN4QDHYCWZg
  • Blog Skill Academy: https://blog.skillacademy.com/
  • Blog Daftarprakerja: https://daftarprakerja.com/

Baiquelah, selamat belajar semoga usaha yang dirintis dan dijalankan bakal lancaar!!💖



Salam Semangat

signature-fonts

23 comments

  1. Skill academy ini memang keren bangetlah. Pernah beberapa waktu lalu ikut2 seminar virtual tentang bisnis. Dan SA ini pernah jadi salah satu bagian dari kartu prakerja... thanks ya infonya...

    ReplyDelete
  2. Di Skill Academy banyak kelas untuk mendalami UMKM ya kak. Bagus nih, Skill Academy ramah untuk pengguna yang ingin berwirausaha.

    ReplyDelete
  3. Ikutan skill academy ini ada batasan umur gak sih?
    Aku lihat-lihat bidang kursusnya menarik banget
    Rasanya aku pengen ikutan daftar deh

    ReplyDelete
  4. Pelatihan nya oke oke kak. Sangat bermanfaat dan dibutuhkan.

    ReplyDelete
  5. Wih, skill academy ini mantep ya,, bisa belajar banyak skill dan melatih kita dalam bidang-bidang tertentu. seru juga baca bisnis rempeyeknya mbak, ternyata perlu banget ya edukasi financial itu. apalagi jika punya UMKM.

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya program dari Skill Academy ini bisa makin mantep ya mbak berwirausaha. Aku juga tertarik pengen ikut SA ini

    ReplyDelete
  7. Dari satu kelas Sukses Mengelola Keuangan UMKM, masih ada 6 kelas lanjutannya yang tak kalah berguna buat meningkatkan skill dibidang UMKM. Tentunya sayang kalau dilewatkan, karena manfaatnya pasti ada, walau usaha kita masih kecil, justru dengan kursus harapannya bisa membuat usaha kita menjadi besar. Terobosan yang sangat baik dari Ruang Guru.

    ReplyDelete
  8. banyak ya pilihan kelasnya. kalau biaya murah, mentornya profesional dan memang punya pengalaman dibidangnya, saya juga pengen ikut nih

    ReplyDelete
  9. belajar di skill academy bisa membuat orang yang di rumah aja mendadak pinter yaaa mbak Dee

    ReplyDelete
  10. terobosan hebat ya mbak Dian?
    Sebelum era digital, ribet banget jika mau nambah skill
    Harus nyari tempat kursus, naik turun kendaraan, sekarang sih tinggal buka gadget dan sreeet...sreeet, pilih dan bayar
    Banyak yang diskon pula
    Cuma Rp 150.000 -200.000 untuk 1 kelas

    ReplyDelete
  11. Aku kepo sekali karena ternyata kelasnya lengkap. Semoga niat ingin buka imkm impianku bisa terwujud yaa

    ReplyDelete
  12. Aplikasi yang bernilai banget selama pandemi. Bisa tetap belajar, nambah ilmu, meski hanya di rumah aja. Kalau ditekuni skill yang sudah didapat, bukan gak mungkin bisa dijadikan sumber nafkah. Apalagi ini kan skala UKM. Sebuah usaha kecil rumahan, minim modal, yang justru adalah sektor usaha real yang membantu perekonomian keluarga.

    ReplyDelete
  13. banyak banget deh kelas-kelas kece dan interaktif di skill academy, saya aja udah pernah bbrp kali ikutan tuh rekomen banget deh

    ReplyDelete
  14. wah bisa juga buat umkm ya mbak kelas yang ada di Skill Academy ini?
    mantap ya, biar umkm bisa semakin berkembang

    ReplyDelete
  15. Pemilik UMKM harus menyempatkan waktu dan berinvestasi ilmu dengan mengikuti kelas Skill Academy dari Ruang Guru ini nih. Saya yang umum juga jadi ingin update ilmu yang dimiliki agar tetap kreatif di masa pandemi seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  16. Penting banget ya mak kelas online umkm ini. Supaya usaha berkembang apalagi pengajarnya mumpuni. Salam mba.

    ReplyDelete
  17. Skill Academy ini memang mengerti sekali kebutuhan UMKM ya Mbak Dian... di zaman digital seperti ini yang namanya technical & soft skill harus dimiliki setiap orang, dari mahasiswa sampai para profesional. Senengnya di Skill Academy itu pengajarnya para ahli dan praktisi di bidangnya ya, kayak Bernard Hasiholan ini. Kereen

    ReplyDelete
  18. Saya tahu Mas Bernard ini head finance-nya RuangGuru. Jadi ya emang udah dikenal banget. Beruntung lah yang bisa ikut kelas beliau.

    Kelas 'Sukses Mengelola Keuangan UMKM' ini banyak topik menarik di dalamnya ya mba. Enak banget pemilik usaha pemula yang bisa ikut kelas ini. Pasti sangat membantu pengembangan usaha mereka ke depan.

    ReplyDelete
  19. Materi di Skill Academy ini keren-keren ya, kayaknya ada banyak macamnya mulai dari pelaku industri hingga content creator kayak kita.

    ReplyDelete
  20. wah cocok nih buat yang mau merintis usaha. saya cuman kepengen aja dari dulu. tapi gak action action. takut memulai karena ilmunya gak ada alias zonk. dengan ikut kelas begini, kita jadi merasa dibelali ilmu kan ya. jadi siap deh memulai usaha

    ReplyDelete
  21. Keren banget Skill Academy nih dengan harga yang terjangkau sudah dapat ikut kelas yang lengkap. Sebagai pemilik online shop kecil-kecilan jadi tertarik daftar kelas online umkm Skill Academy, karena selama ini merasa masih ngasal dalam hal pembukuan yang kasusnya jadi sama kaya mba Dian, alhasil keuangan bisnis tercampir dengan keuangan pribadi sehingga untuk menghitung untung rugi masih susah. Makasih mba Dian atas artikel yang informatif ini.

    ReplyDelete
  22. Di saat pandemi gini, memang bagusnya kelas online dari umkm skill academy juara deh.. soalnya dapat bantuan dari dana prakerja.. saya yakin Indonesia jadi negara maju

    ReplyDelete