Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapatkan Pembahasan Soal di Roboguru, Gratis!

Temaaan, tahu enggak apa yang bikin saya keki saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) itu? Yaitu ketika nemenin anak ngerjain Pekerjaan Rumah (PR). Beneran, ini tantangan banget mengingat meski anak bungsu saya belajar secara online via Zoom Meeting sekitar 3 jam setiap hari, tidaklah cukup bagi guru untuk menyampaikan materi. 

Siswa dituntut untuk mandiri dan menggali sendiri materi secara lebih dalam lagi. Padahal ini pelajaran baru, yang pasti beda pemahamannya dengan materi yang sudah pernah dijelaskan guru. Enggak heran jika dia kurang menguasai sehingga saat ada tugas pun kebingungan cari jawaban. Apalagi mata pelajaran kelas berat seperti Matematika, misalnya. Duh, jangankan dia, baca soalnya saja saya jadi pusing kepala.

Memang sih syukurnya sudah ada si sulung yang bisa dijadikan tempat bertanya. Tapi, dia juga punya PR sendiri, kan? Mana kalau adiknya enggak ngerti-ngerti dia jadi kezel setengah mati dan akhirnya nyerah enggak mau ngajarin lagi hihihi. Tinggal saya deh kebingungan cari solusi sendiri! Hiks!

Nah, sebagai Ibu yang baik hati dan tidak sombong berusaha cari info dong, dimana ya bisa nanya jawaban soal PR dan dapat pembahasan soalnya. Dan kalau bisa sih yang gratis! Maklum hari gini kalau gratis kan lumayan, kwkwkw.

Dan respon dari sesama ibu pejuang PJJ beneran bikin bahagia! Pasalnya berdasarkan info akurat dari mereka, ternyata Ruangguru punya fitur pembahasan soal di roboguru yang gratisss tis tis!

Yesss, Ruangguru menghadirkan inovasi terbaru pada fitur roboguru yang memudahkan para siswa mempelajari solusi soal-soal sulit. Siswa akan terbantu dengan pembahasan soal di roboguru dan PR bisa kelar dengan lancar membuat kepala para ibu enggak jadi ambyar!

Solusi Belajar di Roboguru


Apa Itu roboguru by Ruangguru?


Well, selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi langka. Sementara saat mengerjakan PR, konsep pelajaran terkadang lebih sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka.

Nah, hal ini menjadi tantangan terbesar para siswa selama mengikuti PJJ, di mana mereka menjadi:

  • Kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru
  • Mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif
  • Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas
  • Hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka

Permasalahan ini melahirkan inovasi terbaru Ruangguru melalui roboguru. Salah satu solusi praktis dan efektif dalam membantu siswa untuk menyelesaikan PR di rumah. Di mana siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi, bukan hanya sekedar menyalin jawaban saja.

Oia, para siswa tidak hanya dapat menanyakan solusi soal mata pelajaran saja lho, tetapi juga dapat menonton video konsep yang terkait dengan soal sulit tersebut, sekaligus berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal. Fitur ini akan mendorong para siswa untuk tidak sekedar mengetahui jawaban dari soal, tetapi untuk memahami konsep ajaran dari topik soal tersebut.

Pas benar mengingat sebagian besar sekolah di Indonesia masih memberlakukan PJJ akibat pandemi. Sebuah situasi yang membuat komunikasi antara siswa dan guru semakin terbatas untuk membahas konten belajar maupun tugas sekolah yang bikin siswa merasa kesulitan karena dirasa menumpuk selama PJJ.

Pembahasan Soal di roboguru

Ruangguru Memang Selalu Tahu!


Enggak heran sih karena Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru juga menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Bahkan, Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam dan Thailand.

Ruangguru berharap fitur roboguru ini bisa menjadi solusi yang tepat di saat para siswa berlatih tanya jawab soal, termasuk untuk persiapan ujian. Enggak hanya itu, diharapkan fitur roboguru juga mampu mendukung kegiatan belajar para siswa selama PJJ di tengah berbagai keterbatasan.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Pembahasan Soal di Roboguru?


Caranya mudah:

  1. Ketik "ROBOGURU" kirim ke WA 0815-7815-0000 /download aplikasi Ruangguru, klik roboguru)
  2. Langsung chit-chat di sana
  3. Pilih ingin bertanya solusi untuk soal di jenjang apa dan mata pelajaran apa
  4. Kirimkan foto soal, soalnya tidak bisa kalau tulis tangan, pastikan fotomu tidak buram
  5. Roboguru akan mencari pembahasan dan memberikan video pembelajaran yang sesuai dengan pertanyaan. Jadi, siswa tidak hanya sekadar tahu jawaban dari soal, tapi juga mengerti konsep dari topik soal tersebut!

latihan soal di roboguru


Pembahasan Soal di Roboguru ini Gratissss!


Ruangguru berharap fitur ini bisa menjadi solusi yang tepat di saat siswa berlatih tanya jawab soal, terlebih untuk persiapan ujiannya. Oia, soal yang dapat ditanyakan melingkupi semua mata pelajaran, baik Saintek maupun Soshum. Jenjangnya pun mulai dari SD sampai SMA, maupun soal-soal SBMPTN. 

Lengkap dan tentunya, GRATIS!

Memang andalan fitur roboguru ini, pasalnya:

✔Memakai kombinasi teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC) yang memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal yang sulit dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia

✔Menyajikan video-video pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dengan rekomendasi solusi yang akurat

✔Tersedia untuk semua jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah menengah Atas (SMA) dan sederajat dan semua mata pelajaran utama

✔Tersedia gratis pada WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan

So, buat para siswa (dan orangtua pastinya) yang masih kebingungan dengan PR dan soal-soal latihan, enggak perlu pusing lagi deh! 

Yuk, semangat PJJ, dan kalau menemukan soal yang bikin stuck, tanya saja ke WA roboguru 0815-7815-0000 dan dapatkan pembahasan soal di roboguru, gratissss!!💖


Web: https://roboguru.ruangguru.com/ | IG: @ruangguru
Youtube: Ruangguru Bimbel Online No.1




Salam Semangat

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

32 komentar untuk "Dapatkan Pembahasan Soal di Roboguru, Gratis!"

  1. Udh pake teknologi berdasar image gini, berarti Ruang Guru udh punya database yang cukup komprehensif buat jawabin soal. Btw untuk hasil pencarian solusinya pake User generated content dari pengajar aja or dari siswa lain juga semacam peer learning?

    BalasHapus
  2. Mending anak diajak belajar sama Roboguru deh, dari pada ikut les offline tapi kebanyakan malah anak cuma dapat jawaban saja tanpa tahu asal jawabannya dari mana.

    BalasHapus
  3. Canggihnyaaaa...!
    Sedari awal, aku bertanya2 mbaa, ini piye carane RoboGuru kok bisa kasih solusi jitu?
    Ternytaaa, pakai kombinasi teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC)

    Wah, wah, ini kerenn buanget! Bisa memudahkan para siswa dapat solusi untuk soal-soal yang sulit dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.

    Mantuull!

    BalasHapus
  4. Wah asik Ruangguru ternyata ada fitur pembahasan soal di roboguru daaann gratisss pula. Itung-itung si ibuk sambil ingat2 atau sambil belajar pelajaran wantu sekolah ya bun.

    BalasHapus
  5. anak-anak gen Z sekarang makin mudah ngikut les, tinggal pake roboguru dan gak perlu tatap muka saat pandemi kayak gini. aman

    BalasHapus
  6. Wah, namanya unik deh, RoboGuru :D Ternyata makin ke sini Ruangguru makin melebarkan sayapnya ya demi memajukan pendidikan di Indonesia. Urusan PJJ yang bikin pusing pala berbi sekarang punya solusi :D Alhamdulillaah. Pembahasan soal kayak gini nih yang dibutuhkan anak2 kita, jelas, padat dan mudah dipahami. Coba ah ceki2 dulu, TFS mbak Dian :)

    BalasHapus
  7. Saya kira pesaing dari RuangGuru, eh ternyata produk terbaru dari RuangGuru. Konsepnya unik dan menarik dalam membantu siswa menyelesaikan pekerjaan rumah, semoga menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami soal-soal yang harus dikerjakan.

    BalasHapus
  8. Wah ini keren sekali
    AKu baru tahu lho ada fitur ini di ruangguru
    PAstinya sangat membantu sekali buat mendampingin pembelajaran jarak jauh anakanak kita ya
    Semoga banyak yang terhubung dengan roboguru di ruangguru ini

    BalasHapus
  9. Bagus banget nih fiturnya membantu siswa untuk belajar sering kan bingung mengerjakan soal jadi harus ubek-ubek buku setebal bantal untuk me cari materi yang ditanyakan.. Lamaaa...

    BalasHapus
  10. Yuhuuu menarik nih.
    Bakalan mau lihat deh ini pembahasan soalnya jadi bisa sekalian belajar bekal untuk ajari anak dan les privat

    BalasHapus
  11. Seperti robot yaa bisa segalanya

    BalasHapus
  12. Pantesan dinamakan RoboGuru ya Mbak, ternyata emang cara kerjanya kayak robot pintar. Enak banget bisa analisis soal PR hanya dengan mengirimkannya melalui gambar. Canggih dan praktis, palagi layanannya gratis. Ditambah akses video yang bakalan bikin anak senang, beneran ini solusi buat ortu yg suka drama PJJ sama anak.

    BalasHapus
  13. Baru tau ada program Robo guru dari Ruangguru, semakin lengkap aja ya fitur-fitur nya.

    BalasHapus
  14. Ruang guru semakin berkembang ya! Masa pjj inj memang makin diperlukan inovasi-inovasi pembelajaran daring yang nyaman bagi anak. Roboguru ini memberi salah satu jawabannya.

    BalasHapus
  15. Asik banget 😍😍😍 Ruang Guru selalu hadir dengan inovasi yang mantep kalo soal pendidikan. Apalagi sekarang lagi maraknya pandemi. Sistem pendidikan kacau balau, semuanya di onlinekan. Mau tidak mau, siap tidak siap, pembelajaran online harus dilaksanakan. Terima kasih Ruang Guru yang sudah concern dengan topik ini 🥳

    BalasHapus

  16. Keren banget tim RuangGuru!
    Ternyata, RoboGuru ini dibikin berdasar hasil survei internal Ruangguru kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi, selama rentang waktu Juli hingga Agustus 2020, ditemukan fakta bahwa
    Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat siswa kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru. Selama PJJ, siswa mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Sehingga siswa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas.

    Jadi, walau telah diiluncurkan sejak tahun 2019, keberadaan Roboguru sangat dirasa manfaatnya selama pandemi Covid-19. PJJ membuat siswa mengalami hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka.

    BalasHapus
  17. Senengnya di ruangguru ini banyak sekali latihan soal ya mba jadi anak juga bisa berlatih sesering mungkin. Rasanya memang perlu ada platform seinovatif ruangguru yang bisa membantu orang tua selama PJJ ini

    BalasHapus
  18. Wah keren sekali Ruangguru ini ya mbak selalu Ada inovasi baru Untuk kemajuan belajar murid-muridnya ya mbak. Roboguru keren banget ya mbak

    BalasHapus
  19. Wah terima kasih infonya mbak, sangat membantu sekali ini aplikasi Roboguru disaat pjj begini, apalagi untuk siswa yang sudah sd kelas atas SMP, SMA. Ada pembahasannya juga, jadi tidak instan sehingga anak lebih memahami materi.

    BalasHapus
  20. Ada lagi nih namanya roboguru. Keren euy, ruang guru makin lama makin terdepan banget ngasih fasilitas pembelajaran ya. Semoga bikin anak-anak tambah semangat buat belajar biarpun masih PJJ..

    BalasHapus
  21. Sesuai namanya,roboguru, pintarnya seperti robot. Ruangguru luar biasa. Terima kasih, ananda Dian.

    BalasHapus
  22. Ck ck keren banget ya sekarang semua serba ada online, bahkan sampai pembahasan soal. Tinggal kita aja nih ortu yang membimbing anak

    BalasHapus
  23. Thankiss Mbak Dian tulisan yang sungguh buat nyes aku, haha. Karena anakku udah mau sekolah lagi, pasti banyak daringnya.

    Roboguru, kukira beda dengan ruang guru eeee ternyata bagian dari ruangguru ya, pasti keren ini mah. Solutif!

    BalasHapus
  24. Wiwin | pratiwanggini.net9 Juli 2021 pukul 13.07

    Roboguru nih identik dengan robot ya. Ruangguru makin keren aja, makin bervariasi fiturnya demi membantu para siswa belajar mandiri secara online.

    BalasHapus
  25. Mantap nih mba, bisa jadi referensi ntar kalau di masa pembelajaran baru ini ada soal-soal yang tidak bisa dikerjakan oleh anakku. Selama ini udah lumayan puyeng ngajarin anakku hihihi... terutama kalau pas soal matematika, duh duuuh... emaknya mah mana ngerti kan yaaaa... Pelajaran anak sekarang sulit-sulit tuh.

    BalasHapus
  26. Woo...canggih yaa..
    Zaman sekarang semua belajar secara online. Aga kesulitan memang kalau membahas PR.
    Dengan solusi dari roboguru, anak-anak tidak perlu bingung menanyakan PR mereka yaa..

    BalasHapus
  27. Berarti nggak perlu daftar Ruangguru ya? Saya pingin coba untuk anak2 di rumah

    BalasHapus
  28. memilih bimbel online seperti Ruangguru ini memang pilihan terbaik ya mbak
    banyak sekali fitur yg memudahkan, salah satunya ya Roboguru ini

    BalasHapus
  29. di masa pandemi ni belajar jarak jauh harus diikuti juga dengan tambahan belajar seperti di roboguru ini ya.
    nanti saya mau bukalah untuk anak saya

    BalasHapus
  30. wah roboguru ini membantu banget ya, mbak buat anak-anak yang kesulitan mengerjakan tugas. nggak bingung lagi mau nanya ke mana apalagi nyontek. heu

    BalasHapus
  31. Keren deh Ruang guru. Udah ada fotur Roboguru juga. Menurutku inovasi ruang guru ini sesuai banget dengan kebutuhan masa kini, terutama masa pandemi ini. Bersyukur ada solusi buat pembelajaran lebih efektif ya.

    BalasHapus