Tips Hemat Menggunakan Dompet Digital

Genks, adakah dompet digital di ponsel pintarmu? Well, sekarang hampir semua orang memiliki setidaknya satu dompet digital di ponsel pintar mereka, sebut saja Gopay, DANA, OVO, LinkAja, dan lainnya. Yang mana, keberadaan dompet digital ini dimanfaatkan terutama untuk kulineran, belanja pakaian, beli aneka printilan dan memenuhi keperluan di keseharian. Sayangnya, jika tak bijak menggunakan, kemudahannya membuat kita bisa lupa daratan.

Tips Hemat Dompet Digital

Tentang Dompet Digital

Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja.

Nah, berdasarkan sejarah, jauh sebelum dompet digital ada, sistem barter merupakan sistem pembayaran pertama yang berkembang di Indonesia. Sistem barter ini sudah ada sejak tahun 6000 Masehi yang konon diperkenalkan oleh suku Mesopotamia. Barang-barang yang menjadi alat barter di antaranya tengkorak manusia dan garam.

Kini, uang menjadi alat pembayaran yang dinilai sah. Mata uang kertas/logam ini dikeluarkan oleh bank sentral sebagai alat pembayaran yang sah yang bisa digunakan untuk menilai suatu harga barang. Sehingga, jika kita menginginkan suatu barang, maka kita bisa menggunakan sejumlah uang yang sesuai dengan harga barang tersebut.

Kemudian, perkembangan teknologi membawa perubahan pada semua aspek di kehidupan manusia, tidak terkecuali untuk urusan pembayaran. Beberapa tahun belakangan, masyarakat akrab dengan e-wallet alias dompet digital.

Dompet digital memperkenalkan masyarakat pada metode pembayaran cashless atau non-tunai yang praktis, lebih aman, dan menguntungkan. Metode pembayaran ini semakin populer sejak menawarkan banyak promo dan potongan harga di banyak merchant. Ini membuat kita jadi tergoda, ujung-ujungnya belanja melulu dan bisa-bisa membengkak deh pengeluaran. Huhuhu

Nah, Berikut Ini Tips Hemat Jajan Menggunakan Dompet Digital!


Kemudahan yang dompet digital berikan termasuk penawaran diskon dan cashback menjadi magnet utama menarik konsumen. Saking mudah dan menyenangkannya, tidak sedikit pengguna yang mengaku menghabiskan sebagian besar penghasilan mereka di dompet digital. 

Agar dompet digital tidak mencekik kantong, yuk simak beberapa tips hemat menggunakan fasilitasnya berikut ini!

1. Kenali Kebutuhanmu


Tips hemat pertama, kamu bisa membuat peta penghasilanmu sendiri. Pisahkan antara uang kebutuhan pokok, menengah hingga uang darurat. Setelahnya, sisa uang yang kamu punya dari memangkas 3 kebutuhan tersebut bisa disimpan pada dompet digital.

Kamu bisa menyimpan pada satu dompet digital atau lebih sesuaikan saja dengan kebutuhan belanja. Oia, demi kemudahan dan keamanan alangkah baiknya jika hanya mengaktifkan satu dompet digital saja.

Bagaimana? Bukankah cara ini bisa membantumu mengelola keuangan dengan baik? Sementara, di sisi lain kamu juga dapat memanfaatkan dompet digital seperti biasanya.

2. Pelajari Terms and Rules


Tips hemat selanjutnya bersifat lebih teknis karena kamu harus memastikan sendiri kualitas dari dompet digital yang akan kamu gunakan. Masing-masing dompet digital memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk menggunakan fasilitasnya.

Kamu yang sehari-harinya bekerja secara mobile pastikan memilih dompet digital yang telah bekerjasama dengan sejumlah aplikasi belanja online. Perhatikan juga besaran limit saldo bulanan dan ketentuan serta peraturan lainnya karena makin banyak yang kamu tahu makin baik nantinya.

3. Batasi Saldo Dompet Digital


Memindahkan seluruh gaji atau penghasilan dalam sebulan pada satu aplikasi dompet digital bukanlah cara yang dianjurkan. Risiko paling parah, kamu bisa kehilangan banyak saldo ketika kalap belanja. Hindari kemungkinan buruk tersebut dengan hanya mengisi saldo secukupnya saja.

Cara ini juga akan menghindarkanmu dari sikap konsumtif dan boros. Kamu juga tidak menjadi ketergantungan dengan dompet digital yang terinstal di smartphone.

4. Buat Jadwal dan Rincian Belanja


Membuat jadwal dan rincian belanja pada dasarnya akan membantumu mengelola pengeluaran dompet digital dengan sangat tepat dan efisien. Cara ini juga mempermudah kamu mengetahui limit saldo e-wallet yang sesuai. Contohnya, hitunglah pengeluaran transportasi dalam sebulan kemudian isi saldo e-wallet berdasarkan perhitungan tersebut.

Selain anggaran transportasi, kamu mungkin butuh belanja pulsa atau kuota data. Tambah saldo sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan usahakan tidak melebihi batas perhitungan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Tips hemat ini secara tidak langsung mengajarkan kamu menghilangkan sifat konsumtif.

5. Hindari Menghubungkannya dengan Credit Card


Salah satu fitur menarik yang e-wallet tawarkan adalah koneksi mudah dengan kartu kredit. Manfaat yang diberikan dari fitur ini mungkin banyak namun imbasnya bisa membuatmu semakin boros dari waktu ke waktu.

Walau kamu sangat tertarik dengan promo yang diberikan, usahakan untuk tidak menghubungkan kartu kredit dengan e-wallet. Yakin deh, fitur ini tidak cocok bagi kamu yang tidak mampu mengatur hasrat jajan dan belanja dengan baik.

6. Belanja pada Dompet Digital dengan Promo Terbaik


Setiap e-wallet memiliki kebijakan terkait biaya administrasi pada saat top up saldo. Oleh karena itu, hindarilah pengeluaran tidak perlu dengan mengisi saldo dompet digital berulang kali dalam satu waktu.

Tips lainnya, kamu bisa bisa belanja atau jajan menggunakan e-wallet yang menawarkan diskon atau cahsback terbesar. Langkah ini sangat sesuai jika kamu memasang lebih dari satu e-wallet pada smartphone.

Bagaimana, Masih Tertarik Menggunakan Dompet Digital? 


Bila jawabannya masih, simak dan jalankan tips hemat yang telah  saya sampaikan sebelumnya dengan baik, yaaa. Yuk, jadi konsumen yang cerdas sekaligus modern dengan tidak menghamburkan banyak uang ketika menggunakan dompet digital! 

Semoga bermanfaat!💖


Happy Sharing

signature-fonts

17 comments

  1. Yuk, bijak menggunakan dompet digital!

    ReplyDelete
  2. Jadi, tanpa kartu dan tanpa uang tunai kita bisa melakukan pembayaran secara online nih lewat smartphone aja :) Zaman sekarang semua memang serba digital ya sehingga praktis deh. Iya ya ga usah dihunungkan dengan kartu kresdit biar ga boros hahaha :D Wah bener tuh kudu bikin rincian belanja apa aja supaya ga keluar jalur, namanya juga emak2 harus bisa irit tapi kualitas produk yang dibeli teteuuup mau yang terbaik hihihi :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk sharing tips tips menggunakan Dompet Digital. Kadang banyak promo di dompet digital yang memerlukan kebijaksanaan untuk mengatur antara keinginan dan kebutuhan. Salam sehat Bu.

    ReplyDelete
  4. Memang kalo mau keuangan aman jaya sentosa, pengendalian diri mutlak dilakukan ya Mbaaa
    aku punya bbrp dompet digital, dan biasanya aku top up kalo bener2 perlu banget.
    Soale, kalo lihat notif promo, auto kalap pengin jajan2 gitu via ojol.
    makasiii tipsnya mba Dian.

    ReplyDelete
  5. Biasanya dompet digital diisi saan ada promo discount pembayaran bahan kebutuhan

    ReplyDelete
  6. nah aku biasanya isi dompet digital klo ada perlu aja, biasanya buat jaga-jaga klo paket data abis sih hehe

    ReplyDelete
  7. Yang harus paling keras diupayakan adalah "Kenali Kebutuhanmu" ... ini nih yang paling bisa menahan biar gak bobol pertahanan hehehe.

    ReplyDelete
  8. Aku cuma punya gopay, itu pun sebab ikutannya gojek. Diisi utk PP sekolah zaman prapandemi dan gofood an.

    ReplyDelete
  9. saya tertarik mbak. dan kebetulan udah lama juga pake dompet digital. thanks tipsnya.. sangat membantu dan mengingatkan...

    ReplyDelete
  10. Dompet digital emang mudahin banget, tapi sayang kalo gak bisa ngaturnya emang bikin repot. Apalagi kalau udah konek ke cc

    ReplyDelete
  11. Hahaha, mantap ini tips nya. Saya sejak kenal sama dompet digital, pengeluaran lansung bengkak,,, boros sekali.. kita harus bijak soal ini.. bagus ini tips nya.

    ReplyDelete
  12. Bener, pake dompet digital tuh secara ga sadar jadi sering belanja, karna gampang banget.
    Aku juga lebih suka cashless dibanding pakai cash biasa jadinya. Thank you tipsnya btw !

    ReplyDelete
  13. Nah itu dia kadang aku juga suka membatasi sih saldo yang ada didompet digital, biar gak kebablasan aja kalau lagi belanja online. Apalagi kalau diliat-liat mau akhir tahun gini banyak banget diskon yang menggila hha

    ReplyDelete
  14. Aku sendiri udah jarang banget, bahkan kayaknya enggak pernah keluar bawa uang cash. Hampir semua transaksi pakai dompet digital. Tips hematku kurleb sama sih, yang penting enggak dihubungkan ke CC, dan isi sesuai kebutuhan bulanan.

    ReplyDelete
  15. kalo saya sih pake dompet digital buat nerima transferan aja wkwkw.. gak pernah buat belanja" gitu, masih agak gaptek soalnya.. dan juga emang lebih nyaman pakai uang cash

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk yang kurang bijak menggunakan dompet digital kak, sempat install beberapa Dan sekarang hanya menyisakan 2. Aih boros banget, Suka kalap apalagi kalau pakai dompet digital tertentu Suka banyak diskon jadinya mau hemat malah kalap wkwkw

    ReplyDelete
  17. Iya niih tp krn bnyk promo jadinya ampir Pake semua haha

    ReplyDelete