7 Bahaya Pakai Aplikasi MOD

Bahaya pakai aplikasi MOD itu apa saja? Eh iya, sebelumnya dirimu sudah tahu tentang aplikasi MOD, kan? Atau justru sudah familiar dalam menggunakan? Para pegiat teknologi mungkin sudah tidak asing lagi, tapi tidak jarang orang masih awam dengan istilah aplikasi MOD ini. 

Ya, aplikasi ini memang banyak digemari karena "gratiiiis..."!! Namun, tahukah kamu bahaya pakai aplikasi MOD itu? 

Well, MOD memang memudahkan untuk mendapatkan fasilitas aplikasi secara cuma-cuma. Tapi tetap ada bahaya yang bisa merugikan smartphone kita. Apa saja? Lebih lengkapnya yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kerugian Pakai Aplikasi MOD Ilegal

Sekilas Tentang Apk MOD

Nah, sebelum tahu bahaya yang bisa ditimbulkan, kenalan dulu yuk dengan aplikasi MOD! 

Yup, sesuai namanya, MOD diambil dari kata modifiction, merupakan aplikasi yang sudah mengalami modifikasi atau perubahan. Namun, tampilan dan fasilitasnya masih sama dengan aplikasi asli yang berbayar. Sehingga tak heran MOD kadang juga disebut dengan aplikasi bajakan.

Aplikasi yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh kalangan programmer atau hacker ini, kebanyakan mempunyai tujuan untuk membuka fitur premium atau menjadikan fitur berbayar menjadi gratis untuk semua pengguna, sehingga akan merugikan pihak pengembang resminya.

Maka, MOD seringkali dijumpai pada aplikasi yang berbayar, seperti Spotify MOD. Yang mana pengguna dapat menikmati seluruh musik dari aplikasi versi premium tanpa harus membayarnya.

Meski tak hanya yang berbayar saja, aplikasi gratis pun juga memiliki versi MOD-nya. 

Modifikasi aplikasi tersebut bisa berupa pengubahan beberapa file sistemnya seperti ditambah, di-edit, maupun dihapus sehingga menghasilkan versi MOD yang fiturnya berbeda dan lebih unggul daripada aplikasi asli yang dikembangkan oleh developer resmi.

WhatsApp MOD misalnya, yang mengalami banyak perubahan baik dari sisi desain/tampilan, sehingga nampak berbeda sekali dengan aplikasi versi ori!

Wah! 

Lalu, yang didapatkan saat menggunakan aplikasi MOD ini apa saja? Di antaranya:

  • Gratis
  • Enggak ada iklan
  • Fitur lebih canggih
  • Tampilan lebih keren
  • Enggak ada watermark

7 Bahaya Pakai Aplikasi Mod


Tidak bisa dipungkiri apabila saat ini, banyak sekali para pengguna smartphone yang senang menginstal aplikasi MOD dikarenakan aplikasi tersebut memberikan nilai lebih. Seperti bebas dari iklan, embel-embel pro atau Premium, dan juga bisa mendapatkan fitur yang tidak bisa diperoleh ketika menginstal aplikasi trial melalui Google Play Store.

Sekilas menginstal aplikasi ini memang sangat menjanjikan, karena kita akan diberi keleluasaan dalam menggunakan aneka fitur tersebut.

Namun tahukah dirimu, apabila memakai aplikasi MOD ternyata membawa bahaya pada device kita? Namanya saja bajakan, tentunya akan ada kerugian akibat menggunakan aplikasi MOD ini, yakni:


1. Virus berbahaya yang terus mengincar

Seperti yang sudah disebutkan di awal, MOD telah mengalami perubahan oleh pihak ketiga. Modifikasi ini menggunakan proses coding dengan mengubah kode asli dari aplikasi ori yang memungkinkan untuk disisipi virus.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena adanya proses coding yang kurang sempurna. Akibatnya, data lebih rentan terhadap virus dan smartphone akan lebih mudah rusak. Dan, karena dikembangkan oleh pihak ketiga, saat terjadi kerusakan device akibat virus tentu tidak bisa dipertanggungjawabkan nantinya.


2. Rawan terkena banned

Bahaya pakai aplikasi MOD selanjutnya ialah akun kamu bisa terkena banned oleh Google. Bagaimana bisa? Yup, hal itu bisa saja terjadi karena datamu sudah terekam oleh Google.

Data tersebut kemudian ditandai sebagai pengguna aplikasi ilegal. Tidak menutup kemungkinan Google juga akan melakukan banned. Kalau sudah begitu, kamu bisa kesusahan untuk masuk ke berbagai aplikasi Google, seperti Gmail, Google Drive, Google Maps, Google Chrome, dan situs resmi lainnya.

Rugi banget, kan?


3. Tidak ada garansi

Aplikasi yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga umumnya tidak ada garansi maupun lisensi. Nah, jika sudah terjadi masalah yang merugikan, kamu tidak bisa meminta support maupun mengajukan complaint

Menyulitkan bukan?

4. Ada muncul iklan enggak jelas

Tidak ada yang benar-benar gratis bukan di dunia ini? Termasuk aplikasi MOD ini! 

Dalam penggunaannya, bisa saja muncul iklan pop up secara tiba-tiba. Iklan diselipkan untuk kepentingan developernya dikarenakan mereka melakukan modifikasi pada sebuah aplikasi pasti juga tidak ingin merugi.

Nah, kalau iklan muncul di tengah layar, tentu akan mengganggu saat menggunakan aplikasinya, kan?


5. Merugikan aplikasi resmi

Poin ini sudah sangat jelas, ya. Pengguna aplikasi modifikasi akan sangat merugikan aplikasi resmi. Terlebih untuk aplikasi dengan fasilitas premium yang berbayar. Selain merugikan, MOD juga memberikan citra buruk bagi aplikasi asli.


6. Kerahasiaan data tidak aman

Sebagai pengguna media berbasis internet, privasi menjadi salah satu hal sangat krusial. Mengingat sudah banyak kasus penyalahgunaan data pribadi untuk hal negatif.

Sebagai aplikasi yang tidak ada hak cipta, tentu tidak akan mempedulikan kerahasiaan data para pengunanya. Para oknum developer tersebut, nantinya bisa saja mengambil semua data dengan cepat dan perlu diketahui jika mereka bisa melakukan apa saja dari jarak jauh.

Masa sih kamu rela, data pribadimu disalahgunakan? Bukan hanya isi galerimu saja yang dapat dilihat, tapi aktivitas transaksi, atau yang berhubungan dengan keuangan, bisa jadi sudah terekam dan sewaktu-waktu dapat diambil alih oleh hacker ituuuu. Duh, ngeri!


7. Merusak software dan hardware

Aplikasi modifikasi ilegal memang bisa lebih ringan dari versi asli, namun tidak menutup kemungkinan juga lebih berat. Hal tersebut akan membuat processor device bekerja lebih keras dari biasanya dan mengganggu ekosistem software yang lainnya.


Bahaya Pakai Aplikasi MOD


Well, Itulah 7 Bahaya Pakai Aplikasi MOD Ilegal yang Harus Kamu Tahu....


Maka, sebelum menggunakan, pertimbangkan pula kerugian yang bisa kamu terima.... 

Jika dirimu sudah tahu 7 bahaya yang bisa kamu hadapi tadi, maka sangat dianjurkan untuk berhati-hati saat menginstal aplikasi modifikasi. Karena tidak semua baik dan mungkin saja ada developer yang berniat jahat.

Apalagi memodifikasi aplikasi termasuk dalam pelanggaran hak cipta yang jelas-jelas ilegal dan tanpa ijin dari developer aslinya. Di Indonesia, pelanggaran hak cipta sudah diatur pada UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta yang membuat pengembang ilegal dapat terkena hukum pidana.

Tapi, bagaimana kalau kita tidak tahu jika aplikasi itu modifikasi? Nah, cara untuk menghindari 'tertipu'  aplikasi modifikasi ini:

Pertamamenginstal hanya dari Google Play Store. Pasalnya, sebagian besar korban adalah pemakai android, sementara aplikasi berbahaya hampir tidak ditemukan di App Store milik Apple karena ketatnya pengajuan izin aplikasinya.

Kedua, kalau pun terpaksa menginstal aplikasi di luar Play Store, pastikan web sumbernya aman, bukan situs yang abal-abal. Karena kadangkala secara kasat mata memang sulit membedakan aplikasi asli dan hasil modifikasi.

Ketiga, pada prinsipnya jika mengetahui aplikasi yang diinstal bermasalah dan kemungkinan adalah MOD, segera lakukan reset factory untuk menghindari akibat yang lebih jauh lagi!

Well, setelah mengetahui beberapa bahaya yang akan menimpa jika kamu menggunakan aplikasi modifikasi, apakah kamu masih ingin menggunakannya?

Sebaiknya, untuk menghindari hal negatif yang tidak diinginkan terjadi, lebih baik hanya gunakan aplikasi resmi saja yaaa. 💖



Happy Sharing

signature-fonts

11 comments

  1. Emang kita bisa ngindtal aplikasi di luar ngambil dari playstore (kalau android) ya?
    Selama ini saya tahunya kalau mau install aplikasi ya dari playstore (kalau android)
    Ternyata memang menguntungkan ya kalau download aplikasi dari "tempat resmi" seperti playstore kalau dari android ini.
    Meski dari playstore pun kalau yg gratisan tetap ya banyak iklan dan sisi rawan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Teh. Di antaranya Canva MOD yang dipakai beberapa teman-teman itu.

      Delete
  2. Aku baru tau mba. Jadi nama yg tercantum itu pakai embel2 MOD Yaa? Aku dari dulu menentang yg namanya bajakan. Semua aplikasi yg aku pake mostly aku pilih premium walopun berbayar. Krn aku benci iklan. Utk barang2 lainpun begitu. Drpd pake brg impor palsu, aku milih produk lokal yg murah tapi asli. Malu kalo ketahuan pake brg KW. Apalagi aplikasi yg rentan virus.

    Ditambah aku transaksi keuangan juga LBH sering pake hp. Drpd dihack Ama virus yg berasal dr aplikasi ga jelas kan, pake asli aja deh. Btw, ada yaaa orang yg instal wa mod? Bukannya yg asli juga gratis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada disebut kadang juga enggak. Cirinya, aplikasi berbayar jadi gratis atau jauh lebih murah.
      WA ada, kabarnya ada penambahan fitur jadi lebih lengkap. Biasa ada beredar linknya di website program

      Delete
  3. baru tau ada aplikasi MOD , terimakassih banget info-nya

    kebetulan saya jarang install karena memori (HP dan laptop) gampang penuh

    tapi saya kudet dan gampang percaya, kalo sedang butuh aplikasi dan disuruh install pasti saya turuti

    parah banget ya?

    ReplyDelete
  4. Wah, saya baru tau mbak. Bahaya banget, ya? Fatal juga sih kalau menggunakan aplikasi itu dan bisa-bisa disalahgunakan data-data kita oleh developer-nya. Pakai aplikasi yang legal aja lah, taruhannyasegala macam data kita yang ada di smartphone soalnya, kan? Terima kasih infonya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Untuk instal aplikasi di ponsel memang sebaiknya di cek dulu, perlu gak sih instal itu. Lalu pelajari lagi apakah itu aplikasi resmi atau bukan ya.

    Thanx mbak Dian, ini reminder banget jadinya

    ReplyDelete
  6. Setuju mbak, gunakan hanya aplikasi resmi. Sudah jelas perbuatan ilegal itu tidak pernah menguntungkan, pasti merugikan, baik yang pembuat aplikasi asli, maupun pengguna. Kita juga jadi pengguna jangan selalu tergiur dengan yang gratis-gratis, apalagi kayak di MOD ini. Bahaya nya itu astaga. Sama kayak nonton drakor mbak, prinsipku nontonlah di aplikasi resmi, jangan nonton gratisan di aplikasi lain seperti tele atau FB, lewat link-link yang dibagikan. Kita harus idealis dalam menyikapi dan menikmati sebuah karya, bahkan aplikasi.

    ReplyDelete
  7. kalau untuk game, versi mod biasanya tu bikin player mendadak kaya dengan diamond atau battle point. Bocah-bocah tetangga ada yang pake versi mod begini.

    Awalnya memang terlihat menggiurkan banget. Tapi untungnya adikku nggak suka game yang versi mod. Kurang menantang katanya. Jadi terlalu mudah.

    Bagus juga sih. APalagi saat tahu ada dampak yang ternyata bahaya bagi pengguna aplikasi versi mod begitu.

    ReplyDelete
  8. Wah bahayanya banyak juga ya kalau kita install aplikasi MOD ini, selain merugikan pihak lain hal ini juga dampaknya bakalan merugikan diri sendiri. Kalau aku memang lebih baik install yang resmi-resmi saja daripada entar kena masalah juga

    ReplyDelete