Aplikasi yang Bisa Membantu Pekerjaan Saat WFH

Aplikasi yang Bisa Membantu Pekerjaan Saat WFH! WFH (Work From Home) dijalani akhir-akhir ini oleh begitu banyak orang sebagai dampak dari pandemi. Tak hanya  di Indonesia saja, di hampir penjuru dunia banyak yang melakoninya. Hal ini didasari aturan/himbauan dari pengambilan kebijakan untuk #diamdirumah guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Nah, bagi sebagian orang bekerja dari rumah memang sudah menjadi hal yang biasa. Tapi ada juga orang yang belum terbiasa melakukan pekerjaannya dari rumah. Apalagi yag pekerjaannyamembutuhkan pergi ke suatu tempat atau mesti bertemu secara tatap muka. Sementara kini harus melakukan komunikasi jarak jauh dan melakukan pekerjaan dengan bantuan teknologi digital yang tersedia. Tapi tak perlu khawatir ada beberapa aplikasi yang bisa menunjang pekerjaan kita saat Work From Home ini, yakni:


aplikasi yang membantu WFH


WhatsApp

Siapa yang tidak kenal Whatsapp. Aplikasi pesan instant yang saat ini dipakai oleh sekitar 2 milyar warga dunia dan lebih dari 80 juta penduduk Indonesia. Fiturnya cukup mumpuni menjadikan aplikasi ini menjadi terpopuler di dunia. Mulai dari chat, voice call, video call, mengirim file dan grup chat, video call in grup, WA group dan lainnya yang bisa membantu komunikasi kita dengan rekan kerja tetap lancar jaya.


Google Drive

Yang kedua adalah google drive. Aplikasi penyimpanan data berbasis cloud milik Google ini adalah aplikasi yang penting dalam melakukan pekerjaan dari rumah. Kita bisa menyimpan file hasil kerja dan berbagi data file ke sesama karyawan menggunakan aplikasi ini.


Zoom

Bisa dibilang zoom adalah aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk menggelar video konferensi dengan banyak orang karena jumlah user maksimal.bisa mencapai 1000 orang partisipan. 


Google Docs

Google Docs mirip seperti Microsoft Word. Yaitu sama-sama aplikasi pengolah data. Hanya saja memang Microsoft Word secara keseluruhan memiliki fitur yang lebih lengkap. Tapi ada kelebihan lain yang dimiliki Google Docs, yaitu kita bisa berbagi dokumen dengan rekan kerja sehingga memudahkan WFH


Google Sheet

Nah kalau Google Sheet ini lebih mirip Microsoft Excel. Yaitu sama-sama program pengolah data berbasis baris dan kolom. Sama seperti halnya Google Docs, kelebihan Google Sheet adalah bisa berbagi file dokumen. Sehingga kita bisa mengakses, mengedit dan membagikan dokumen kepada rekan kerja secara instan.


Discord

Aplikasi ini sebenarnya lebih familiar di kalangan para gamer. Walaupun demikian aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Fitur pengiriman pesan, panggilan suara dan video call dengan kualitas jernih menjadi keunggulannya.



Skype juga bisa menjadi aplikasi untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau client. Tidak ada bedanya dengan Zoom, Skype juga mendukung panggilan suara, video maupun transfer file antar pengguna. Rapat dengan client juga bisa dilakukan dengan baik menggunakan aplikasi ini. Angka maksimal partisipannya juga lumayan banyak. Yaitu bisa mencapai 250 orang partisipan.


Trello

Ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang dirimu wajib coba gunakan saat Work From Home. Pasalnya dengan Trello kita bisa memantau proyek yang sedang berjalan, siapa yang mengerjakan dan sejauh mana proyek dikerjakan.


Google Calendar
Dengan Google Calendar kita bisa membuat jadwal dengan mudah. Baik jadwal harian, mingguan maupun bulanan dengan sangat detail. Semua kegiatan bisa kita jadwalkan dengan mudah dan bisa diakses dengan perangkat apapun. Kita juga bisa mensinkronisasikan jadwal dengan rekan kerja. Sehingga rekan kerja juga bisa melihat jadwal yang telah kita dibuat.


See, dengan bantuan teknologi digital, tentu urusan pekerjaan kita akan dimudahkan. Tentu melalui bantuan beberapa aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan kita dari rumah. Tetap semangat berkarya, apapun kondisinya. Terus berdoa karena Allah tidak akan menguji hamba melebihi batas kemampuannya! 


#Day10
#BPNRamadan2020


Stay Safe and Healthy!

signature-fonts

1 comment

  1. discord yang belum pernah coba mbak, sepertinya perlu aku kepoin nih

    ReplyDelete