Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau

Mengusung Tema “Indonesia Mendongeng”, Nestlé DANCOW Persembahkan 15 Dongeng Indonesia untuk Stimulasi Perkembangan Karakter

Bunda dan Ayah, siapa yang di rumah sudah membiasakan kegiatan mendongeng pada Si Buah Hati

Wah, kalau sudah, itu bagus sekali! Mengingat kegiatan mendongeng yang biasanya dilakukan saat sebelum tidur bisa jadi salah satu momen istimewa yang tak hanya penuh kenangan dan kehangatan, tapi juga mampu memperkuat ikatan antara orang tua dan putra-putrinya.

DANCOW Dongeng Aku dan Kau

Ya, melalui mendongeng, sejak dini Si Buah Hati bisa diajak berimajinasi, meningkatkan pemahaman terhadap cerita, membantu anak memperkaya kosakata, meningkatkan rasa percaya diri, membantu mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit dan menangkap pesan nilai moral yang ada.

Oia, mendongeng tidak hanya menjadi hiburan yang mengundang tawa tetapi juga jadi media untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak. Di mana studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter. 

Melalui dongeng, Bunda dan Ayah dapat memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal.

Karenanya, berkomitmen untuk mendukung Bunda dan Ayah memastikan tumbuh kembang optimal Si Buah Hati, Nestlé DANCOW hadirkan kembali Dongeng Aku Dan Kau dengan tema “Indonesia Mendongeng” yang mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai nilai budaya Indonesia yang penting untuk diperkenalkan kepada Si Buah Hati sejak usia dini.

Tapi, mengapa sih dongeng? Apa saja manfaatnya? Bagaimana tips mendongeng yang efektif? Dan, apa itu "Indonesia Mendongeng"?

Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau

Dongeng Bantu Anak Mengenal Kebudayaan Indonesia


Nah, terkait peluncuran program "Indonesia Mendongeng", Nestlé DANCOW menghelat Virtual Press Conference "DANCOW Dongeng Aku Dan Kau", pada hari Kamis, 2 September 2021.

Di mana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia yang diwakili Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI, pada kesempatan ini menyampaikan dukungan,

“Kami senang dan menyambut baik Program DANCOW Dongeng Aku Dan Kau: Indonesia Mendongeng ini yang sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang bercita-cita agar setiap anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi mendongeng untuk guru (PAUD) dan orang tua.” 

Lebih lanjut Pak Hasbi menyebutkan jika mendongeng cerita rakyat bisa membantu anak berkenalan dengan kebudayaan Indonesia lewat cara yang menyenangkan. 

Mengingat cerita rakyat merupakan bagian dari kekayaan ragam budaya Tanah Air yang bisa berfungsi lebih dari sekadar hiburan bagi Si Buah Hati. 

Melalui cerita rakyat, perkembangan kognitif anak akan berkembang karena mereka bisa mendengarkan serta memahami cerminan berbagai kebudayaan yang merefleksikan keunikan budaya Indonesia yang sangat beragam.

Cerita rakyat,  menurut Pak Hasbi, juga dapat memberikan kepercayaan diri pada anak juga pandangan hidup yang berkaitan dengan moralitas. Ini akan terkait mengingat dalam era globalisasi, kebudayaan sudah mulai terkikis. 

Maka untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, dongeng dengan berbasis cerita rakyat bisa dikenalkan sejak dini sehingga anak bisa mengenal budaya. Harapannya, anak akan belajar mengapresiasi karya sastra dan mengembangkan kesadaran tentang kebudayaan.

Pak Hasbi lebih lanjut menegaskan jika dongeng bisa jadi strategi memberi nasihat pada anak tanpa terasa menggurui. Bahkan peran dongeng tak berhenti sampai di situ. Karena anak yang sering mendengar dongeng akan bertambah perbendaharaan katanya, kemampuan berkomunikasinya serta punya wawasan baru.

Karenanya, Kemendikbudristek mendorong orang tua untuk mendongeng sebab memberikan banyak manfaat bagi anak. Dalam pendidikan anak usia dini, mendongeng merupakan bagian kegiatan dalam pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan literasi anak sejak usia dini. 

Sehingga Kemendikbudristek mendorong kegiatan mendongeng jadi bagian dari budaya literasi yang berkembang di dalam keluarga dan satuan pendidikan.

"Lewat mendongeng kita mampu membangun aktivitas yang membentuk anak kita agar mendapat rangsangan tumbuh kembang optimal," pungkas Pak Hasbi.

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI

Tanamkan Nilai Moral kepada Anak Lewat Mendongeng


Memang, kegiatan mendongeng memiliki manfaat bagi anak terutama dalam merangsang kreativitas dan kecerdasan anak. Mendongeng juga merupakan bagian dari pendidikan bersama antara anak dan orang tua yang saling mencerahkan. 

"Dongeng dapat melatih panca indra, kemampuan emosi dan menanamkan nilai moral. Apalagi Indonesia punya banyak cerita dongeng yang sarat nilai luhur bangsa," demikian ditegaskan Fery Farhati Baswedan, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta dan Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta, pada sambutan di acara ini.

Ibu Fery menegaskan akan pentingnya mendongeng untuk tumbuh kembang anak karena bisa menanamkan nilai moral lewat cerita yang disampaikan. Karenanya, orangtua harus memahami bahwa anak-anak punya kebutuhan yang sama saat pandemi maupun sebelumnya.

Oleh karena itu, diingatkan Ibu Fery, orang tua berperan penting dalam membuat anak merasa bahagia, mendapat gizi cukup dan stimulasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Sementara, Atalia Praratya Kamil, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, mengatakan, "Kegiatan mendongeng bisa menjadi langkah sederhana menanamkan kebiasaan baik literasi sejak dini. Apalagi dengan masih rendahnya tingkat literasi di negeri ini."

Ditegaskan Ibu Atalia bahwa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak agar mereka menjadi orang yang kreatif, inovatif, solutif yang bisa bersaing di kemudian hari.

Tak hanya itu, Ibu Atalia juga mengingatkan jika kegemaran membaca bukanlah bawaan lahir. Tapi merupakan pembiasaan sejak kecil secara terus menerus. Maka, mendongeng bisa jadi langkah pertama untuk membiasakannya.

Kemudian, Nur Asia Uno, Ketua Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak, dalam kesempatan yang sama juga menegaskan jika pembentukan karakter anak dan keluarga sangat penting agar generasi penerus memegang nilai luhur bangsa ketika mereka beranjak dewasa.

"Banyak pilihan dongeng asli Indonesia yang menarik, yang diperlukan adalah kemampuan orangtua meluangkan waktu demi Si Buah Hati. Maka dari itu mari kita sebagai orangtua mendukung tumbuh kembang anak melalui mendongeng ini," tegas Ibu Nur.

Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta

Atalia Praratya Kamil

Ketua Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak


Manfaat Mendongeng Bagi Anak


Sementara, Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis pada kesempatan ini menjelaskan, jika mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Di mana aktivitas ini akan mengeratkan hubungan orang tua dan putra-putri yang akan menorehkan kenangan manis untuk mereka nanti. 

"Manfaat membacakan dongeng untuk tumbuh kembang Si Buah Hati sangat baik," jelas Mbak Ratih. 

Diingatkan juga oleh Mbak Ratih jika membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita. Karena mereka akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Membuat mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda dan Ayah yang akan ia kenang sampai usia mereka dewasa.

Nah, berikut beberapa manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang Si Buah Hati menurut Mbak Ratih:

  • Mengembangkan koordinasi otot dan mengoptimalkan indra sensorik
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental Si Buah Hati
  • Menjadi fondasi perkembangan kognitif
  • Merangsang daya imajinasi dan kreativitas Si Buah Hati
  • Mengembangkan problem solving skill
  • Meningkatkan kecerdasan moral Si Buah Hati
  • Dasar kemampuan interaksi sosial
  • Meningkatkan kepercayaan diri Si Buah Hati
  • Meningkatkan literasi emosi anak
  • Meningkatkan kemampuan berbicara
  • Memberikan kosa kata dan pengetahuan baru
  • Merangsang minat baca anak

Oia, meski cerita dongeng umumnya sederhana, namun orang tua juga perlu menyesuaikan buku dongeng dengan usia anak. Orang tua tetap harus selektif dalam memilih cerita dongeng. 

"Pilih cerita dan tampilan buku yang sesuai dengan usia anak. Jadi di sini untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, Bunda dan Ayah pilih cerita yang ada di sekitar lingkungan anak, hal-hal yang sudah dikenali oleh anak, familiar untuk anak," kata Mbak Ratih.

Pilihlah cerita yang menghibur agar anak senang saat dibacakan dongeng yang menginspirasi, mendidik, juga mengandung nilai-nilai moral.

Misalnya, dongeng "Keong Kecil dan Rumahnya", "Kancil dan Kerbau", "Balas Budi Sang Rusa", yang ada di Dongeng Aku Dan Kau. Menurut Mbak Ratih, semuanya menarik dan cocok untuk anak usia 1 sampai 3 tahun.

Sementara untuk usia 3 sampai 5 tahun, anak biasanya sudah sangat tertarik mempelajari lingkungan di sekitarnya secara lebih luas. Sehingga tepat untuk mulai lebih mengenalkan karakter sesama manusia juga cara berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Misalnya ada di dongeng "Pangeran Pararasan si Lembut Hatinya" dan "Si Kurus dan Harimau Loreng".

"Sedangkan untuk anak usia 5 tahun ke atas yang biasanya sudah mulai masuk usia sekolah, perlu diberi fantasi dengan dongeng yang sesuai dengan umurnya. Mereka sudah bisa dan mulai berminat terhadap kisah dongeng yang lebih kompleks, melibatkan sebab akibat, hingga cara kerja sesuatu pemecahan masalah. Seperti di buku dongeng Aku Dan Kau yang terdapat di dongeng Asal Mula Kota Salatiga", pungkas Mbak Ratih.

Sementara, pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni (Kak Aio) menuturkan jika dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu Si Buah Hati dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari. 

"Seperti kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan Si Buah Hati tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama," jelas Kak Aio.

Yang utama, Kak Aio sangat menyarankan orang tua meluangkan waktu untuk mendongeng dan bukan sekadar mendongeng saat waktu luang.

Ratih Ibrahim, M.M

Psikolog Klinis

Indonesia Mendongeng DANCOW 2021

Ariyo Zidni

Tips Mendongeng dari Meisya Siregar


Sementara pada kesempatan yang sama, Meisya Siregar, Brand Ambassador DANCOW Nutritods mengatakan meski sudah berpengalaman mendongeng untuk dua anak sebelumnya, ia menemui tantangan baru saat mendongeng untuk si bungsu Bambang.

Meisya mengaku ada tantangan saat mendongeng untuk Muhammad Bambang Arr Reybach, anak ketiganya. "Setiap anak itu punya karakter beda. Jadi, kita harus tahu dulu timing yang tepat ketika mendongeng itu seperti apa," tutur Meisya.

Bambang, dikatakannya, tidak mau duduk dengan tenang mendengar dongeng karena lapar atau mengantuk hingga lebih fokus dengan aktivitas lain. Membuat Meisya belajar pemilihan waktu agar Bambang tertarik mendengar dongengnya.

Menurut Meisya, waktu terbaik mendongeng untuk Bambang adalah menjelang tidur sehingga paling fokus mendengar dengan posisi favorit dalam pelukan Bunda Meisya.

Meisya selanjutnya juga memerhatikan ekspresi dan intonasi seperti apa yang disukai Bambang saat ia mendengar dan berupaya terus meningkatkan kemampuannya mendongeng karena bermanfaat untuk tumbuh kembang sekaligus meningkatkan ikatan orang tua dan anak. Naik turun intonasi suara yang tepat, menurut Meisya, membuat Bambang mudah mencerna dongeng yang didengarnya. Intonasi mesti seekspresif mungkin.

Mendongeng, kini jadi salah satu kegiatan favorit Bambang. Menurut Meisya, Bambang juga kritis karena kerap mempertanyakan alasan jalan cerita dan tokoh di dalam dongeng.

Oia, saat mendongeng, Meisya juga lebih memilih posisi Bambang sejajar dengan dirinya, bukan berhadapan. Alasannya agar Bambang sama-sama melihat gambar yang ada di buku.

"Bambang suka mendengar cerita seputar hewan, terutama kucing. Meski belum bisa baca, ia tahu huruf-huruf, jadi andalannya adalah gambar. Dia lihat gambar lalu berimajinasi dan ilustrasinya melalui voice over aku. Voice over itulah yang memegang peranan penting harus berintonasi karena ada beberapa dialog yang berbeda-beda," tutur Meisya lagi.

Enggak itu saaja, Meisya juga kerap menambahkan bahasa percakapan sehari-harinya dengan Bambang saat mendongeng. Tak lupa, saat bercerita, Meisya selalu menatap mata anaknya.

DANCOW Dongeng Aku dan Kau

Tentang DANCOW Dongeng Aku Dan Kau 


Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan. Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif. 

Nah, agar stimulasi yang diberikan melalui mendongeng dapat diterima anak secara maksimal, orang tua juga perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi serta aktivitas Si Buah Hati dan lingkungan penuh cinta dari Bunda dan Ayah.

Karenanya, Lydia Sahertian, selaku Brand Manager DANCOW Nutritods mengatakan jika sebagai ahli tumbuh kembang Toddler dan Prasekolah, Nestlé DANCOW percaya bahwa stimulasi sejak dini sangatlah penting, dan mendongeng kepada Si Buah Hati memberikan manfaat positif bagi kemampuan kogntif, bahasa, emosional, dan perilaku sosial Si Buah Hati. 

"Maka, kami kembali menghadirkan Dongeng Aku Dan Kau dengan dongeng-dongeng asli Indonesia yang sangat disukai anak-anak seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh."

Di mana melalui 15 cerita dongeng asli Indonesia ini, DANCOW mengajak para orang tua untuk lebih aktif lagi membacakan dongeng kepada Si Buah Hati untuk mempererat hubungan emosi, memberikan stimulasi, serta menjadikan dongeng Indonesia sebagai tradisi tak ternilai bagi Bunda/Ayah dan Si Buah Hati.

Oia, apa saja judul Dongeng Aku Dan Kau? Ini dia:

  • Usia 1+ 
Kancil dan Kerbau, Mengapa Anijing Tidak Bertanduk, Buaya Tembaga, Balas Budi Sang Rusa, Keong Kecil dan Rumahnya

  • Usia 3+ 
Pangeran Palasara Si Lembut Hati, Ibu Kami Seekor Kucing, Kisang Burung Kekekow, Si Kurus dan Harimau Loreng, Biwar Si Pemberani

  • Usia 5+
Pangeran Arya dan Guling Kecilnya, Asal Mula Nama Salatiga, Suwidak Loro, Kluntung Waluh, Kilip dan Putri Bulan


Brand Manager DANCOW Nutritods

Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau 2021

Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau

Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau


Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Dongeng Aku Dan Kau?


“Dengan membeli Nestlé DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800 gr atau 1 kg semua varian (bertanda khusus), orang tua bisa mendapatkan buku Dongeng Aku Dan Kau secara gratis. Berbagai kegiatan Indonesia Mendongeng juga akan didukung berbagai keseruan secara digital diantaranya mewarnai karakter via website DANCOW, tepatnya ada di  www.dancow.co.id/dpc/dongengakudankau”, ujar Ibu Lydia.

Well, ini tentunya sejalan dengan misi Nestlé DANCOW Nutritods yang merupakan susu pertumbuhan yang berkualitas dan bergizi diformulasikan secara khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak Indonesia usia 1-5 tahun di masa Toddler dan Prasekolah. 

Di mana di masa tumbuh kembang yang pesat ini, anak membutuhkan perlindungan tambahan melalui nutrisi seperti vitamin A, C, D dan zat besi. Nestlé DANCOW Nutritods hadir dengan 0g Sukrosa, bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus, Serat Inulin, dan tinggi Vitamin D. Turut dilengkapi dengan Protein, Kalsium, Minyak Ikan, serta Omega 3 & 6 untuk membantu mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang optimal bagi Si Buah Hati.

Yes, Nestlé DANCOW Nutritods diformulasikan secara khusus bagi anak Indonesia di usia Toddler & Prasekolah bersama program Nutritods 101 Academy yang didukung oleh para Nutritods Council Expert yang menjadi mitra terpercaya bagi Bunda untuk bantu lindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati guna mengasah stimulasi Si Buah Hati serta mengedukasi orang tua dalam menghadirkan lingkungan penuh cinta untuk tumbuh kembangnya yang optimal. 

Oia, jangan lupa, ada juga DANCOW Parenting Center yang hadir untuk membantu Bunda dan Ayah dalam mendukung tumbuh kembang optimal Si Buah Hati dan dapat diakses melalui https://www.dancow.co.id/dpc yaa...

See, banyak sekali manfaat dari mendongeng untuk tumbuh kembang Si Buah Hati! 

Jadi mulai sekarang yuk mulai rutin mendongeng untuk Si Buah Hati, di antaranya 15 Dongeng Indonesia persembahan Nestlé DANCOW Dongeng Aku Dan Kau ini!💛


Dongeng Aku Dan Kau 2021

Happy Parenting

signature-fonts

37 comments

  1. Replies
    1. Aku dan kau suka Dancow...sampai anak-anak pun masih minum susu ini. Dulu pernah ngumpulin buku dongengnya, yang saya ingat banget tentang Pangeran Palasara memelihara anak burung di atas kepalanya...hehhe

      Delete
  2. Aku suka mendongeng juga mba untuk anak anak aku. Maklum mereka anak usia dini. Jadi seneng banget kalau aku cerita. Kalau si kecil udah seneng lihat gambar. Ngomong ngomong program Dancow ini bagus juga ya mba. Bisa mengajak orang tua untuk suka mendongeng ke anak anak mereka. Berarti kalau beli Dancow bertanda khusus hadiahnya buku dongeng ya mba. Mantep dapet susu dan dapet buku juga 😍

    ReplyDelete
  3. Banyak banget manfaat mendongeng bagi tumbuh kembang anak ya mak. Mendongeng termasuk salah satu yg disarankan utk menstimulasi kecerdasan literasi anak. Senang sekali dancow ikut mendukung budaya mendongeng utk anak ini.

    ReplyDelete
  4. Susu yang paling disukai oleh anak-anak saya sejak kecil itu susu Dancow. Bahkan sudah besar pun, mereka masih suka. Dulu waktu mereka kecil, Dancow juga udah memberi bonus buku cerita untuk setiap pembelian susu 400 gr. Dan dari dulu buku ceritanya memang menarik.

    Emang bener ya, kalau menasehati anak itu lebih baik lewat mendongeng, supaya mereka gak merasa digurui. Pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dan bonding bersama anak pun bisa semakin erat.

    ReplyDelete
  5. Menanamkan nilai moral melalui dongeng itu memang mengena sekali sebab dulu saya waktu kecil juga ditanamkan tentang nilai moral melalui dongeng dan untuk usia mereka cara ini sangat efektif.

    ReplyDelete
  6. Wah aku tertohok nih mba Dian. Aku masih kurang banget meluangkan waktu untuk mendongeng buat anak-anak nih. Kalau sebatas cerita-cerita sih sering ya. Sambil menjelang tidur atau lagi abis mandi gitu atau abis maem. Tapi belum sampai yang mendongeng full satu cerita gitu. Kayaknya harus mulai lagi ya meski terlambat. Btw aku juga suka kasih Dancow untuk anak-anak sejak mereka mulai disapih loh. Enak katanya hehehe

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak Dian, suka dengan ulasan lengkapnya. Apalagi pengalaman dari mbak Meisya memang benar setiap anak punya timing saat mendongeng. Kegiatan ini salah satu hal yang Dewi suka banget untuk membangun bonding dan memberikan mereka pelajaran nilai moral tanpa harus menggurui:)

    ReplyDelete
  8. keren nih Dancow Dongeng

    sejak anak-anak saya masih SD dan sekarang udah sarjana semua, berarti udah lama banget

    apalagi sekarang, menggaet narasumber yang visioner

    ReplyDelete
  9. Keren nih infonya...
    beneran deh, dulu mamaku sering dongeng kalau mau tidur. kami waktu itu 6 bersaudara nyimak sekali apa yg diceritakan mama.
    sampe sekarang masih inget, sangat memotivasi dan memgisnpirasi isi ceritanya. semoga ibu2 skr rajin mendongeng ke anak2nya.
    beneran deh, ngaruh banget ke pikiran kami semua beradikkakak.

    ReplyDelete
  10. Ketika anak-anak kecil pun, saya biasa beli Dancow, dan mendapatkan hadiah buku. Anak-anak merasa bahagia sekali saat tahu ibunya membawa buku Dancow, dan tidak sanar lagi untuk mendengar ceritanya.

    ReplyDelete
  11. Keren ya inovasi nestle melalui produk susu Dancow untuk menciptakan anak-anak Indonesia yang kreatif dan lebih dekat dengan dongeng sebagai warisan budaya bangsa. Apalagi mendongeng juga bagian dari kegiatan literasi dan melatih public speaking anak-anak sejak dini. Patut didukung kegiatan positif semacam ini.

    ReplyDelete
  12. Setuju sekali kak Dian, dengan membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita ya ..

    ReplyDelete
  13. Aku dan Kau suka Dancow, duuh familiar dan legend banget susu ini, dari jamannya anakku kecil minum juga DAncow. Btw salut sama programnya Dabcow yang mengajakkita semua untuk belajar mendongeng bagi anak2, terutama dongeng cerita rakyat.
    Soalnya kerasa sama aku, dulu sering didongengin sama Mbah,sampe sekarang masih menempel cerita2nya.
    Dan salut juga nih, setiap usia, ada dongengnya yang berbeda yaa.

    ReplyDelete
  14. setuju dengan Meisya, untuk mendongen baiknya menjelang tidur karena anak fokus mendengarkan..anak-anakku juga gitu di rumah kalau mau bobo malam, dan aku ambil buku lalu dongeng pasti mereka antusias banget dengerinnya jadi habbit deh kalau ga cerita pasti pada nanyain deh

    ReplyDelete
  15. Wah Dancow kembali hadir dengan dongeng rakyatnya,
    Jadi penasaran 15 ceritanya itu apa aja. Indonesia ini begitu banyak kisah dan cerita rakyat yang dimana memiliki makna dan pesan kebaikan
    Selain itu juga mengenal kan budaya Nusantara sejak dini

    ReplyDelete
  16. Inti dari mendongeng agar sampai ke anak memang kita sebagai orangtua harus meluangkan waktu ya mba bukan mencari waktu luang untuk mereka. Jadi benar-benar tidak terganggu acara dongengnya. Soalnya dongeng kalau sudah ke distract suka buayar inti dongengnya.

    ReplyDelete
  17. Kenapa aku jadi salfon meisya siregar berhijab hehehe, sebegitu banyak manfaat mendongeng mulai dari interaksi sampe ke penanaman pesan moral semoga bisa terus dilakukan, perbanyak banyak tips mendongeng untuk anak supaya ortu makin kreatif dalam mendongeng. tapi yang lebih penting sih konsisten dilakukan sih

    ReplyDelete
  18. Ini tuh bikin auto flash back ke masa kecil mam. Jaman aku kecil paling suka sama dongeng Pangeran Palasara, dan salah satu yang bikin haru adalah dongeng Kluntung Waluh. Harus beli Dancow dulu ya, untuk dapat bukunya?

    ReplyDelete
  19. Sebagai generasi dengan kesadaran untuk membangun karakter baik pada anak-anak, dongeng menjadi penting sekali dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan. Menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan pesan agar lebih mudah diterima. Aku setuju dengan Pak Hasbi bahwa dongeng adalah jalan menasihati tanpa menggurui, sehingga terasa lebih nyaman bagi anak dan orang tua.

    ReplyDelete
  20. Waktu anak-anak saya masih kecil, saya selalu menyempatkan mendongeng sebelum mereka tidur. Memang seru banget aktivitas ini. Manfaatnya sangat banyak. Sampai sekarang pun saya masih kangen dengan kegiatan mendongeng

    ReplyDelete
  21. Bagus nih programnya dancow. Saya ketampol dengan kalimat ini "meluangkan waktu untuk mendongeng dan bukan sekadar mendongeng saat waktu luang."

    Anak pertama dan kedua dulu, rajin banget buat ndongengi mereka kalau malam sebelum tidur. Nah buat anak ke 3 nih, saya jarang banget mendongeng. Ceritain cuma kalau pas lagi longgar saja, nggak mengalokasikan waktu khusus

    ReplyDelete
  22. Gendish senang sekali mbak kalau dibacakan dongeng. Beneran kegiatan mendongeng bisa jadi bonding antara anak dan orangtua. Nah, kalau buku cerita Aku dan Kau jadi ingat waktu SD aku selalu minta dibelikan susu biar bisa dapetin seri cerita lengkapnya

    ReplyDelete
  23. bagus ini mak, ide mmebaca dongeng untuk anak, aku aja suka dibacaiin dongeng ama anak, hehehe. aku udah berkunjung ke webnya, banyak pilihan cerita sesuai umur, keren

    ReplyDelete
  24. Kayaknya dari anakku kecil dulu juga Dancow selalu ngasih bonus, kalo nggak CD dongeng ya buku dongeng ya. Salu sama Dancow yang konsisten dan selalu concern terhadap tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  25. wah menarik sekali program dari Dancow mendongeng Aku dan Kau. Benar mbak, mendongeng itu bisa menanamkan karakter yang baik dan nasehat tanpa menggurui kepada anak, sehingga apa yang kita sampaikan akan sampai kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Btw Saki juga sekarang minum susunya Dancow, pasti senang sekali dia kalau dapat buku dongengnya. makasih informasinya ya mbak.

    ReplyDelete
  26. Dongeng emang media yang paling tepat untuk menanamkan hal hal baik pada anak ya mbak
    aku masih ingat, duly papaku juga sering dongenin aku

    ReplyDelete
  27. Programnya bagus banget nih Dancow memberikan buku dongeng gratis untuk pembelian susu Dancow jadi anak akan terbiasa didongengin oleh orang tuanya ya...

    ReplyDelete
  28. Jadi inget Bapakku dulu suka banget dongengin anak2anya. Makanya sekarang akupun sering dongeng buat anakku. Sekarang anakku udah SD tapi masih senang aja kalau di dongengin, cuma emang jadi lebih menantang karena dia sekarang selalu minta didongengin cerita baru.

    ReplyDelete
  29. Mendongeng tuh memang banyak banget ya manfaatnya, itupun yang aku rasakan selama ini. Ini programnya bagus mba. Apalagi ada Ibu Atalia juga ya

    ReplyDelete
  30. Sepakat mbak mendongeng memang banyak manfaatnya buat tumbang anak. Alhamdulillah bisa beli susu dancow dapat hadiah buku Dongeng ya. Asyik

    ReplyDelete
  31. Waw.. Seru banget bacanya..

    Memang mendongeng tuh aktivitas yg bikin anak excited sm imajinasi. Sk sedih jg krn akhir2 ini jarang bacain dongeng buat anak. Fokus sm yg lbh kecil heu heu

    ReplyDelete
  32. Manfaat mendongeng tu emang banyak banget ya.. Alhamdulillah sih waktu anak2 masih kecil tugasku tuh dongeng buat anak2..hehe..

    ReplyDelete
  33. kalau beli bukunya aja tanpa beli susunya bisa ga ya mak
    seru ya hadir lagi seneng kalau souvenirnya yang kayak gini berguna daripada mainan gitu menurutku kepake banget buat anak dan bisa tt ajari anak membaca dan ngenalin budaya dan kebaikan dalam dongend

    ReplyDelete
  34. Oh...mantap banget ini yaa, kak..Manfaat mendongeng untuk pertumbuhan anak.
    Jadi pengen beli Nestlé DANCOW, agar mendapat inspirasi mendongeng. Karena biasanya aku mengandalkan buku digital untuk aku baca dan aku ceritakan kembali dalam versiku.
    Yah, penuh dengan bumbu di sana sini siih..

    ReplyDelete
  35. wah jadi inget jaman kecil suka baca buku cerita hadiah dari susu dancow.. ternyata emang banyak banget ya mak manfaat mendongeng untuk anak.. Jadi inget dah lama ngga bacain dongeng untuk anak-anak nih.. hehehe

    ReplyDelete
  36. Masya Allah banyak banget manfaat mendongeng untuk anak, ya. Setuju dengan Kak Aio bahwa perlu meluangkan waktu khusus untuk mendongeng.
    Btw, bisa pilih buku dongengnya enggak sih waktu beli Dancow? atau bukunya ada di dalam kotak? penasaran sama cerita-ceritanya.

    ReplyDelete