Rekomendasi Mobil MPV Terbaik 2021

Gaeees, mobil jenis MPV merupakan salah satu yang banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Nah, saya akan mencoba merekomendasikan beberapa yang mungkin cocok buat kamu punya.

Tapi sebelumnya, sudahkan dirimu tahu apa sih yang dimaksud mobil MPV itu?

Rekomendasi Mobil MPV

Apa Itu Mobil MPV?


Jadi MPV itu merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle atau kendaraan roda empat yang multifungsi. Selain bisa digunakan mengangkut penumpang, mobil ini juga bisa dipakai untuk mengangkut barang.

Maka wajar saja jika umumnya mobil MPV berukuran besar dan biasanya memiliki jumlah kursi yang banyak. Selain itu, terdapat juga ruang bagasi yang berguna untuk menyimpan barang-barang.

Ini membuat mobil MPV menjadi mobil yang sangat cocok untuk keluarga besar. Jadi, bukan hanya keluarga inti saja yang bisa masuk, om, tante, kakek, dan nenek pun juga bisa menjadi penumpang di dalamnya. Maka dari itu, mobil MPV sering disebut sebagai mobil keluarga. Di mana desain, body hingga kekuatan mesinnya pun dirancang untuk kebutuhan kendaraan keluarga serta mengutamakan segi kenyamanan penumpangnya.

Enggak itu saja, MPV juga punya ciri:

  • Dirancang elegan, velg ukuran standar,  cocok dikendarai di jalan halus perkotaan
  • Mampu mengangkut penumpang lebih banyak sekitar 8 orang, kabin lebih luas
  • MPV hanya dilengkapi mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc
  • MPV biasanya dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar yang lebih irit
  • Karena fokusnya untuk kenyamanan berkendara, fitur keamanan mumpuni bukan jadi tujuan
  • Harga mobil MPV, biasanya di kisaran ratusan juta, masih di bawah harga SUV

Lalu Apa Saja Rekomendasi Mobil MPV Terbaik 2021?


Well, berikut ini beberapa rekomendasi mobil MPV terbaik 2021!

Toyota Calya

Toyota Calya adalah mobil MPV yang memiliki desain mungil dan sporty. Dari harga cenderung murah namun memiliki fitur-fitur yang sangat memanjakan.

Jangan salah, meski mungil mobil yang satu ini punya banyak keunggulan lho. Fiturnya semakin lengkap terutama jika kamu membeli yang baru. Oia, Calya irit bahan bakar berkat dukungan mesin 3NR-VE 1.2L 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-I berteknologi Electronic Fuel Injection, serta memiliki tempat duduk yang nyaman yang bisa kamu atur sendiri sesuka hati.

Harga: mulai dari Rp 146,2 juta.


Wuling Confero

Wuling Confero adalah mobil MPV yang tergolong mewah dan elegan berkat adanya aksen eksterior Front Grille dan Bumper yang lebih stylish. Mobil ini memiliki dimensi 4530 mm x 1691 x 1730 mm dengan mesin 1,5L 4-silinder.

Wuling Confero tergolong murah jika dibandingkan dengan pesaingnya, di mana kamu bisa mendapatkannya dengan harga kurang dari 200 juta rupiah. Meski begitu, tak membuat kualitas mobil Wuling Confero jadi murahan. 

Mobil ini menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan pesaingnya meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Sebab Wuling memiliki fasilitas manufaktur sendiri di Indonesia. Hal ini jelas berpengaruh ke harga mobil Wuling, lantaran tidak terkena pajak produk CBU (completely built-up) atau impor dari luar negeri. Tak hanya itu, pabrikan asal China ini juga memboyong beragam supply-chain suku cadangnya

Harga: mulai Rp 169,8 juta
Wuling Confero

Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan mobil MPV 5 pintu yang memiliki dimensi 4190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm. Mulai diproduksi dari tahun 2003 dan masih terus ada di jalanan Indonesia sampai saat ini.

Mobil ini sebenarnya mempunyai desain yang sederhana. Namun meski begitu, soal performa tak perlu diragukan lagi. Mobil Toyota Avanza juga memiliki kabin luas yang mampu menampung hingga tujuh orang.

Tak hanya itu saja, Toyota Avanza adalah mobil yang irit bahan bakar. Hal ini tidak terlepas dari mesin Dual VVT-i 4 silinder baik kapasitas 1,5 liter dan 1,3 liter yang sama-sama membuat hemat. Tak heran mobil MPV satu ini laris manis hingga dijuluki mobil sejuta umat!

Harga: mulai dari Rp 187,6 juta.


Suzuki Ertiga

Salah satu mobil MPV terbaik  lainnya berasal dari brand otomotif besar, Suzuki, yaitu Suzuki Ertiga. Mobil ini sudah sangat ternama juga terus mengalami pembaharuan dari masa ke masa,

Mobil Suzuki Ertiga memiliki desain new front chrome grille yang berkelas plus dibekali banyak teknologi yang mumpuni. Salah satunya adalah teknologi projector headlamps yang terang sehingga kamu bisa nyaman berkendara di malam hari karena jalanan jadi terang benderang berkat teknologi ini.

Suzuki Ertiga juga merupakan salah satu mobil MPV paling irit. Hal ini tidak terlepas dari peran dari teknologi VVT (Variable Valve Timing). Di mana berdasarkan hasil pengetesan, dalam jarak tempuh 12 km hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar saja, irit bukan?

Harga: mulai dari Rp 199,4 juta.


Mitsubishi Xpander

Salah satu mobil MPV terbaik yang bisa kamu pakai adalah Mitsubishi Xpander. Merupakan mobil keluarga dengan banyak fitur unggulan yang membuat kamu bisa merasakan perjalanan yang aman dan nyaman. 

Mitsubishi Xpander punya desain yang low layaknya seperti mobil SUV, namun sebenarnya adalah mobil MPV dengan ground clearance yang sangat tinggi. Mac Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakangnya adalah dua suspensi yang berperan dalam meredam getaran ketika melewati jalanan berkontur tak rata dan sanggup menjaga tingkat keseimbangan secara maksimal.

Tak hanya itu saja, mobil yang satu ini juga memiliki ruang kabin yang nyaman dan elegan. Mampu menampung hingga tujuh orang dan desain interiornya membuat penumpang bisa masuk dan keluar mobil dengan lebih mudah.

Harga: mulai dari Rp 223,7 juta.


Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova merupakan mobil MPV legendaris yang terus mengalami pembaharuan. Itulah alasan mengapa mobil ini termasuk salah satu daftar mobil MPV yang layak dibeli. 

Mobil ini memiliki dimensi 4735 x 1830 x 1795 dengan ground clearance yang cukup bagus yaitu 178.

Toyota Kijang Innova  punya banyak keunggulan, apalagi untuk yang Kijang Innova 2021. Fiturnya semakin lengkap dari generasi sebelumnya dan luas kabinnya juga semakin lega membuat lebih nyaman berkendara.

Mobil ini juga mudah perawatannya. Hal ini disebabkan karena sparepart-nya sangat mudah ditemukan sehingga tidak menyulitkan ketika hendak melakukan perbaikan. Tapi ingat, service mobil sebaiknya dilakukan di bengkel resmi saja ya untuk menjaga performa terbaiknya.

Harga: mulai dari Rp 321,1 juta.


Nissan Serena

Selanjutnya, ada Nissan Serena sebagai salah satu mobil MPV terbaik tahun 2021. Mobil dari merek Nissan ini menjadi satu-satunya MPV di Indonesia yang memiliki two-tone body color.

Nissan Serena sangat cocok digunakan olehmu yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan mesinnya yang memang lebih cocok untuk jalanan di kota-kota besar. Untuk diketahui, mobil Nissan Serena dibekali dengan mesin empat silinder MR20 CVTC berkapasitas 1.997 cc yang mampu menghasilkan tenaga 150 PS dengan torsi 200 Nm.

Keunggulan lain dari Nissan Serena adalah kabin yang luas, suspensi yang empuk dan nyaman, serta banyaknya fitur interior yang membuat mobil ini semakin canggih saja.

Harga: mulai dari Rp 465,2 juta.


Nah, itulah rekomendasi mobil MPV terbaik 2021 beserta harga terbarunya. 

Jadi, dirimu mau pilih yang mana?💖


Happy Sharing

signature-fonts

1 comment