Tetap Eksis Menghadapi Persaingan Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Bulan ini tepat 5 tahun saya menekuni profesi blogger. Sebuah profesi yang didasari hobi menulis, yang saya kerjakan di sela kesibukan mengurus rumah tangga agar kewarasan saya tetap terjaga. 

Ya, ngeblog membuat saya punya aktivitas yang bermanfaat dengan aneka suka duka yang saya dapat. Ehh, lebih banyak happy sih apalagi kalau ada cuan yang mengiringi! hihihi

Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Tapiii, belakangan saya merasa insecure dengan bermunculannya blogger baru yang energinya luar biasa dengan performa blog juara sehingga menjadikan mereka serasa nyalip saya.

Entah kenapa saya jadi merasa tertinggal apalagi jika sudah bicara hal berbau digital. Eits, jangan berpikir buruk dulu, bukan berarti saya iri dan benci pada para pendatang baru. Justru, saya senang dengan segala kemampuan yang mereka miliki yang memacu saya untuk mengejar ketertinggalan dan mau keluar dari zona nyaman agar siap menghadapi persaingan.

Rasa cemburu yang memompa semangat untuk meningkatkan kemampuan dan menjadi versi diri yang lebih baik lagi, agar saya bisa tetap eksis menghadapi persaingan di era global!

Well, sebelumnya, saat ngeblog saya tuh hanya fokus ke nulis saja. Perkara apakah tulisan itu bakal terindeks oleh mesin pencari sehingga banyak dibaca orang, dipikir nanti.

Lah ndilalah nulis doang tanpa ada usaha agar artikel saya ada di pejwan ya sama saja pasrah sebelum perang. Mau dong kalau tulisan dibaca oleh banyak orang. Makin banyak yang baca tambah tersebar manfaat pastinya.

Nah, sejatinya hal yang lebih kurang sama juga pernah saya alami saat masih berada di dunia kerja profesional. Dulu, rasanya nano-nano gitu kalau ada anak baru. Bukan karena dia lebih glowing penampilannya ya haha, tapi lebih pada galau karena mereka lebih kekinian kemampuannya dibandingkan saya yang kedaluwarsa.

Jadi, apakah itu pekerja profesional, freelancer seperti blogger, sampai businessman perlu kiat untuk tetap konsisten berkarya dan produktif bekerja agar bisa bertahan dalam menghadapi persaingan. 

Caranya? 

Di antaranya, dengan mengikuti kursus online gratis yang merupakan cara belajar efektif buat siapa saja karena bisa dikerjakan kapan dan dimana saja, di aplikasi belajar online QuBisa!

Aplikasi Belajar Online

Kiat Bertahan Menghadapi Persaingan Ala Aplikasi Belajar Online QuBisa


Jadi nih, waktu pertama kali download aplikasi kursus online gratis QuBisa, saya sempat terpana. Bukan lebay ya, tapi seriusan, jadi iri bener saya sama anak sekarang. Aplikasi ini pas banget buat belajar para fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja. 

Juga, buat pekerja profesional yang ingin meng-upgrade ketrampilan mereka. Enggak itu saja, bisa pula untuk individu yang ingin menjadi pengusaha dan siapa saja...., termasuk dirimu dan saya!

Pantesan di timeline sosial media saya, banyak yang sharing belajar online menggunakan Aplikasi QuBisa, yang bikin saya tergoda untuk mencobanya.

Nah, awalnya saya enggak ambil kursus yang berhubungan dengan aktivitas blogging yang saya tekuni. 

Karena saya sedang mellow bin galau, maka ada sebuah kursus online gratis terkait ini, yakni "Cara Tetap Eksis Menghadapi Persaingan Global" yang disampaikan oleh  Dr. Abdul Latief.

Nah dalam video berjudul 'Rumus Bertahan Menghadapi Masa Depan" yang berdurasi 14 menit, 30 detik ini, Coach Abdul Latief yang seorang praktisi-akademisi-penulis-pembicara publik ini, membagikan cara bagaimana bertahan dari tuntutan masa depan dan persaingan.

Dalam videonya yang inspiratif, Coach Abdul Latief menyebutkan syarat bertahan menghadapi persaingan adalah:

  • Kompetensi
Tingkatkan kompetensi, caranya dengan belajar hal-hal baru, ikut seminar, ikut workshop, baca buku, belajar dari yang lebih ahli, melakukan tolok ukur, menganalisa pasar, menganalisa persaingan dan evaluasi diri.

  • Relevansi
Jika kompetensi sudah ditingkatkan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan waktu dan kebutuhan masa depan? Apakah kompetensi (kemampuan, knowledge, skill, attitude) kita tersebut memiliki relevansi dengan tuntutan zaman, tuntutan pasar, dan kemajuan teknologi? 

Sebagai contoh, Coach Abdul Latief menyebutkan seorang musisi yang setelah menghasilkan album dan hits, lalu di album berikutnya ternyata karyanya kurang diterima. Ini bisa jadi, sang musisi tidak mengikuti perkembangan musik terkini sehingga karya musiknya bukanlah tren yang digandrungi saat ini. 

Itulah perlunya, meski punya kompetensi, diperlukan relevansi - kebutuhan untuk berkembang sesuai dengan zaman.

Lebih lanjut Coach Abdul Latief membagi keterkaitan Kompetensi dan Relevansi ini ke dalam 4 kuadran:

  1. OLD SCHOOL (Kuno): tidak bisa bersaing karena kompetensi rendah dan relevansi juga rendah alias tak lagi relevan, maka bersiaplah untuk menghadapi jurang kehancuran
  2. LEGEND (Legenda): kompetensi tinggi tapi relevansi dengan selera pasar sudah jauh tertinggal
  3. START UP (Novice/Amatir/Pendatang Baru): apa yang dihasilkan sangat relevan dengan tuntutan zaman, tapi tingkat kompetensi masih rendah karena portofolio belum banyak
  4. STAR: selalu meningkatkan kompetensi sesuai dengan tuntutan masa depan. Ada skill baru dipelajari, ada hal baru coba ikuti, sehingga bisa terus bertahan menghadapi persaingan

Menarik sekali!

Di akhir kursus ini Coach Abdul Latief memotivasi semua untuk terus meningkatkan kemampuan diri karena tidak ada kata berhenti untuk belajar. Karena hidup hanya sekali maka hiduplah penuh arti!

Aplikasi Siap Kerja

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Aku Bisa Kamu Bisa


Seriyesss Gaess, baru ikut kelas sebiji di aplikasi QuBisa saja sudah bikin saya termotivasi! 

Belum kelas lainnya yang tinggal pilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Itulah alasan mengapa kursus online gratis QuBisa bisa jadi solusi bagi semua untuk belajar mengembangkan diri, menyediakan cara meningkatkan personal branding, upgrade ilmu, coaching, mentoring dan lainnya, karena:

1. Aplikasi Siap Kerja QuBisa Ada untuk Siapa Saja

QuBisa punya misi mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif. Juga meningkatkan akses untuk Pendidikan & Pelatihan berkualitas bagi semua, dimana saja, kapan saja. Serta sebagai Road Map karier yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan karier sesuai jalur mereka. 

Maka tak heran sudah ada: 350000+ Murid Terdaftar | 400+ Instruktur Terdaftar | 500+ Kursus Terbaik | 750+ Webinar Berkualitas | | 2000+ Total Microlearning

2. Aplikasi Belajar Online QuBisa Solusi untuk Semua

QuBisa menjadi solusi agar pemberi materi dan penerima materi bisa bertukar pikiran dengan cepat dan tepat. Siswa - siswi QuBisa adalah fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja, pekerja profesional yang ingin meng-upgrade ketrampilan mereka, individu yang ingin menjadi pengusaha, dan siapa saja. 

Tetap Eksis Menghadapi Persaingan Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa


3. Aplikasi QuBisa Punya Pilihan Belajar Gratis Maupun Berbayar

Ada aneka pilihan belajar baik yang gratis maupun berbayar, ada program: Digital Milenial, Sukses Milenial, Siap Kerja, Pengembangan Karir, Webinar, Kursus, Microlearning, Belajar Kilat...dan beragam artikel menarik terkaitnya.

Misalnya ada program Keterampilan Sukses Milenial: program yang akan membantu kamu menguasai kemampuan personal dan berbagai bidang karir yang dibagi dalam beberapa kategori, yakni: 

  • Kemampuan Dasar, contoh: Kursus - Cara Belajar Bahasa Korea: Pola Kalimat - Widyanti Tampubolon (Rp 130.000)
  • Agilitas, contoh: Kursus - Strategi Naik Kelas dalam Berkarir - Thomas Purnawan Suhardja (Rp 55.000)
  • Kepemimpinan, contoh: Belajar Kilat - Karir Melejit dengan Time Management - Syahria Harini (Gratis Menonton)
  • Inovasi, contoh: Kursus - Cara Kreatif Jadi Penulis Buku Zaman Now - Nagawati Limantara (Rp 85.000)
  • Keseimbangan Diri, contoh: Belajar Kilat - Merasa Burnout? Ini Cara Mengatasinya - Chintya Kiswandini (Gratis Menonton)

4. Aplikasi Belajar Online QuBisa, Belajar Sesuai Kebutuhan dan Kecepatam

Nikmati akses seumur hidup ke kursus di situs web dan aplikasi QuBisa, kursus online terbesar dan nomor 1 di Indonesia untuk para professional yang senantiasa ingin berkembang. QuBisa, kaya akan konten yang dapat membantu pengguna meningkatkan keterampilan mereka, ada penilaian bakat untuk pengguna, punya solusi Road Map karier, juga tersedia konsultasi karir. QuBisa memberi kesempatan setiap orang dapat menjadi pembelajar.

5. Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Cara Belajar Efektif Dimana Saja dan Kapan Saja

Akses tanpa batas ke seluruh kursus online QuBisa. Belajar gak ribet, dimanapun & kapanpun dari para instruktur ahli di bidangnya. Akses ke video tentang beragam topik atau ingin membangun perpustakaan untuk karier dan pertumbuhan pribadi kamu, bisa di QuBisa!

Oia, akses QuBisa pun mudah saja, tinggal unduh saja aplikasinya dan daftar jadi siswanya! Belajar gak ribet di QuBisa! Beneran cara efektif belajar buat semua, yang hemat waktu, tenaga dan biaya!

Kursus Online Gratis QuBisa

Aplikasi Belajar Online QuBisa


Well, banyak orang yang berniat mengembangkan diri biar kemampuannya enggak cuma segini-segini saja. Tapiii, kendala waktu, tenaga, biaya sering jadi penghalangnya.

Maka, keberadaan aplikasi belajar online QuBisa bisa jadi oase di tengah masalah yang ada. Mau cara meningkatkan personal branding atau ingin upskilling dan reskilling, ada berbagai materi yang menunjang aneka profesi tersedia di aplikasi ini.

Yes, upskilling dan reskilling, kadang-kadang digunakan secara bergantian, dan sering berjalan beriringan, yang sebenarnya adalah konsep yang terpisah. 

Kalau upskilling adalah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki karyawan untuk perubahan besar dalam posisi mereka saat ini. Sedangkan reskilling adalah pelatihan kemampuan baru bagi seseorang sebagai bekal mereka, misalnya untuk posisi berbeda dalam organisasi.  

Sebut saja, untuk blogger seperti saya, bisa reskilling, untuk menambah kemampuan baru sebagai penunjang performa blog bisa dengan ikut kelas 'Belajar Motret Enggak Pakai Ribet Bareng Ahlinya' bersama instruktur Dian Mayori.

Dan, upskilling untuk meningkatkan kemampuan menulis agar lebih SEO friendly dengan mengikuti kursus 'Panduan Mahir SEO Google untuk Pemula' bersama instruktur Su Rahman.

Aplikasi Siap Kerja


Yuk, Unduh Aplikasi QuBisa untuk Tetap Eksis Menghadapi Persaingan di Era Global!


Well, kini dirimu enggak perlu bingung lagi untuk cari solusi dalam mengembangkan diri. Cuz, unduh saja aplikasi serba ada siap kerja QuBisa, di:


Ingin tetap eksis menghadapi persaingan? Aplikasi belajar online QuBisa jadi jawaban! 

Oia, kalau dirimu sudah daftar, bagikan juga pengalamanmu saat belajar bareng QuBisa dengan mengikuti Kompetisi Blog yang diadakan dengan hadiah jutaan rupiah di sana ya! Yuk, ikut..ikut..ikut!

Baiklah, saya mau lanjut belajar bareng QuBisa dulu yaaa. Ingat, ingat, QuBisa: Aku Bisa, Kamu Bisa!

See Ya!💖


Salam Semangat

signature-fonts

69 comments

  1. Yuk, belajar bareng di aplikasi siap kerja QuBisa kita!

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru mau cari bimbingan public speaking. Semoga ada dan harga terjangkau. Bagus lagi kalau dapat yang free hehe

    ReplyDelete
  3. Rasanya kita sehati ya mba Dian.. hihihi

    Saya pertama baca blog mba Dian udah jadi orang pertama yang saya kagumi. Beneran. Kala itu saya masih new comers alias newbie hihihi.
    Tapi makin ke sini kok saya cuma tau nulis ya.. pengen juga belajar coding dan juga lainnya. Aaah pengen cepat buka aplikasi qubisa

    ReplyDelete
  4. Kursus di QuBisa ini bisa banget membantu meningkatkan kemampuan siapapun supaya lebih kekinian ya Mbak Dian.Yang bisa kita pelajari banyak banget di sana, pengetahuan kekinian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, ada banyak kelas pilihan buat upgrade kemampuan

      Delete
  5. Iya ya, Mba.. Skrg makin banyak blogger baru dengan nyawa juara.. Hahaha.. Yg senior kayak kita emang kudu upgrade knowledge di QuBisa yaa biar ga kalah saing. Semangat, Mba!

    ReplyDelete
  6. Aku belum sempat mengikuti kursus online Qubisa nih :) Semakin kepo aja karena sudah banyak bloggers yang ikutan, baik berbayar maupun gratis :) Untuk pengembangan diri tentu bagus sekali, atau bisa juga pilih public speaking dll. Yang menunjang ngeblog pasti banyak ya bisa dipilih :) Meluncurrrr ah :)

    ReplyDelete
  7. Lengkap bangeet yaa Qubisa ini. Segala macam kursus ada. Mana harganya affordable banget.
    Cocok banget buat fresh graduate yang lagi nambah skill buat cari kerja.
    Tapi ini sih cocok buat semua orang yang pengen upgrade skill menurutku ya

    ReplyDelete
  8. Sekarang yang perlu kita sadari adalah skill apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan saat ini. Misalnya untuk seorang blogger adalah SEO. Percuma juga kita capek-capek menulis kalau tidak ada yang baca ya mbak. Jadi belajar SEO semoga artikel kita bisa diangkut sama Google untuk direkomendasikan pada pencari informasi. Nah sekarang untuk belajar hal tersebut tidak susah karena ada tersedia juga di Qubiss. Asik banget deh belajar dari rumah dan waktu bisa kita atur. Kursus sekarang tak harus pergi ke tempat kursus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dari rumah saja dan darimana saja bisa belajar banyak hal bermanfaat

      Delete
  9. aqu bisa..aqu pasti bisa....(hahah pakai nada lho ngetiknya)..
    Eh iya jd "diingetin" utk cobain qubisa. Dari kapan hari mau cobain tp belum jadi2. Ada nih kelas yang aku pengin ikutan.
    Eh aku tu bahkan sampai sekarang kok masih selooow gitu lho mbak ngeblognya. Serasa punya pisau tapi ga diasah dan digunakan optimal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga selow kok mbak..cuma gamau juga segitu terus kemampuannya, biar berekmbang mesti juga belajar

      Delete
  10. iya ya mbak
    dengan adanya Qubisa ini kita bisa mengupgrade skill kita
    banyak pilihan kursus yg bisa diikuti
    klo aq soh pengen ikutan kursus seo di Qubisa, biar bisa bikin artikel yang seo friendly

    ReplyDelete
  11. Saya juga sudah unduh dan pake aplikasi qubisa,, aplikasinya emang keren dan bisa menambah wawasan

    ReplyDelete
  12. Seiring banyaknya blogger pemula yang keren dan pinter-pinter, kita juga terpacu untuk bisa seperti mereka, ya, Mbak. Memang seharusnya kita terus belajar untuk meningkatkan kemampuan. Berkat QuBisa kita jadi lebih mudah belajar meng-upgrade diri,ya.

    ReplyDelete
  13. Iya ya, kalau kesalip itu nggak enak banget. Beberapa aku cek aplikasi QuBisa, pingin nyoba ambil kursus buat nambah ilmu

    ReplyDelete
  14. Keren banget aplikasi ini... Yang butuh nambah skill buat persiapan kerja sangat terbantu nih..Mau gratisan ada..yang berbayar pun ada ya..

    ReplyDelete
  15. Ternyata ada keterkaitan antara kompetensi dan relevansi, aku baru tahu, huehuee sedihnyaa. Aku masuk tingkatan yang mana nih, mba Dian?

    Bener sih di semua bidang profesi, dibutuhkan update informasi atau upgrade ketrampilan. Jadi bisa naik tingkat dan nggak kalah generasi berikutnya yang lebih memiliki semua kompetensi keahlian. Apa aku ikut kursus di Qubisa juga ya, agar tertular semangatnya mba Dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkw..makanya bener juga teorinya ya, yuk semangat upgrade diri kita

      Delete
  16. Aplikasi ini tentunya akan sangat membantu. Apalagi bisa membantu untuk belajar tanpa ribet namun nambah ilmu. Rekomendasi gunakan ini bisa menambah keahlian kita ya mba

    ReplyDelete
  17. Yang saya suka di sini, meskipun Mbak Dian merasa kebalap, kesalip, bahkan merasa kadalaursa karena hadirnya blogger-blogger baru yang lebih enerjik, powerful, dan berkompeten, Mbak Dian malah terlecut untuk belajar dan menimba ilmu lagi untuk meningkatkan kompetensi. Gak banyak lho yang begini. Biasanya cuma merasa ketinggalan tapi nggak mau melakukan apa-apa, ga ada semangat meningkatkan keahlian.

    Setelah beberapa kali membaca ulasan aplikasi QuBisa, ditambah penjelasan Mbak Dian di sini, aku jadi makin pengen membagikan informasi ini ke banyak orang yang aku kenal. Biar ikut menggunakan aplikasi QuBisa dalam rangka meningkatkan kemampuan diri.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ada aplikasi Qubisa ya mbak, jadi bisa belajar bagaimana cara menaikan lagi performa sebagai blogger ya. Saya juga alhamdulillah terbantu banget dengan mengikuti kursus di Qubisa ini mbak. banyak pilihan kelasnya pula. baik yang gratis maupun berbayar.

    ReplyDelete
  19. Apapun profesinya, bisa belajar di QuBisa. Saya waktu itu juga belajar di QuBis tentang Managing Millenials, yang mana cocok di era sekarang untuk saya yang masih ngantor terus.

    Asli ya, pendatang baru di jaman sekarang, keren-keren banget mereka. Fresh dan banyak ilmunya. Kadang saya juga insecure kalau di kantor ada orang baru yang lebih glowing, baik wajah maupun skillnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...yang makin glowing wajahnya bisa bikin semangat skincare-an kita ya

      Delete
  20. Mba Diaaannn, aku padamuuuuu
    Semangatmu itu lho Mbaaaa, semoga nularrr ke aku juga
    Dan yes, sepakat banget kalo kita semua apapun profesi/job title-nya selalu wajib utk upgrading skills.
    belajar terus sampai masuk liang lahat kan
    QuBisa ini pilihan terbaik yak.

    ReplyDelete
  21. Wah saya tergolong blogger baru apa ndam ya hehe? Well saya seneng aplikasi QuBisa ini udah hadir, jadi nggak bingug harus belajar lewat mana dan kapan saja.
    Jadi ndak ada alasan untuk untuk malas ugrade kemampuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, siapa saja mesti semangat meningkatkan kemampuan diri

      Delete
  22. Dengan adanya aplikasi QuBisa ini berarti gak ada alasan lagi untuk minder ya, karena kita bisa juga kok nambah skill. Apalagi yang namanya belajar itu tidak akan kenal umur, jadi selagi bisa lebih baik dilakukan ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Menjadi blogger memag ajang untuk belajar seluas-luasnya yaa..
    Gak boleh puas dengan hanya begini, harus terus mengosongkan gelas. Salah satu wadah mencari ilmu online bisa memanfaatkan Qubisa.

    ReplyDelete
  24. Setuju banget mbak. Hari gini kalau kita nggak rajin update dan upgrade bisa kegilas zaman. Cuma kadang akalau sudah setua ini jadi suka nggak fleksibel waktu buat belajarnya, karena banyak kesibukan lain. Kayaknya belajar di qubisa ini waktu belajarnya bisa fleksibel juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fleksibel sekali, bisa kapan saja dan dimana saja belajar di QuBisa

      Delete
  25. Bnayak juga yang sudah mendaftar ya mak, semoga mendapatkan manfaat maksimal dari aplikasi ini sebab persaingan dunia kerja saat ini emang ketat, jadi butuh skill tambahan supaya bisa terpilih yah

    ReplyDelete
  26. Dalam bidang apapun baik jadi freelancer maupun pekrjaan kantoran memang sebaiknya gak berhenti upgrade skill baru ya mbak. Tak mesti utk menghadapi persaingan, tp demi kepuasaan diri sendiri jg bisa :D
    Wah lumayan juga nih QuBisa ada kursus gratisnya ya mbak? Eman2 kalau gak dimanfaatkan dengan baik. TFS infonya

    ReplyDelete
  27. Saya bersyukur banget menemukan aplikasi QUBisa ini. Banyak kelas gratis yang luar biasa bermanfaat bagi perkembangan karier saya baik di tempat kerja maupun untuk upskilling di bidang lain.

    ReplyDelete
  28. Nangis deh aku merasa kompetensi ku di bidang farmasi udah legenda. Sedangkan di bidang kepenulisan masih start up. Huaa. Kudu jadi star nih setidaknya salah satunya. Mau ah belajar di QuBisa

    ReplyDelete
  29. Waaah kelas-kelasnya menarik nih QuBisa, jadi kepo kan. Emang jaman sekarang blogger-blogger baru bermunculan dan mereka canggih-canggih ya mbaak, kita harus meningkatkan skill.

    ReplyDelete
  30. saya mau itu belajar SEO untuk pemula...
    saya buta banget soal ini.
    padahal kan itu sangat menunjang para individu yang suka ketik ketik di blog ye kan..

    ReplyDelete
  31. Aplikasi siap kerja QuBisa ini pastinya membantu banget ya mbak untuk yang sedang memasuki dunia kerja..karena akan menambah skill dan keahlian yang real ketika masuk dunia kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak cuma yang memasuki dunia kerja buat yang ingin upgrade kemampuan juga pas QuBisa

      Delete
  32. Beruntung banget sih di era serba canggih ini kita jadi lebih mudah ngapain aja ya termasuk menambah ilmu dan skill lewat aplikasi, kaya Qubisa gini :)

    ReplyDelete
  33. Setuju dengan pendapatmu Mba, saat ini banyak sekali blogger baru yang kemampuannya luar biasa yaaa... Kadang-kadang berasa ngos-ngosan untuk mengejarnya. Tapi kita tak bisa menyerah begitu saja, harus ikutan belajar untuk upgrade kemampuan penunjang aktivitas tersebut.

    Intip-intip ah itu yang kelas SEO biayanya berapa yaa.. Yang membahas tentang solusi mengatasi burnout itu bagus juga, pernah mengalami hal ini soalnya.

    ReplyDelete
  34. Bener banget, bersyukurlah anak-anak muda zaman now. Ada banyak tempat untuk belajar banyak hal dengan mudah dan terjangkau. Salah satunya ya Qubisa ini. Aku juga kemarin sempat ikut beberapa kelasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, ada banyak tempat untuk belajar dengan mudah dan harga terjangkau

      Delete
  35. Semua blogger saat menjadi pemula pasti melalui tahap itu ya Mba Dian, yang penting nulis, gak peduli terindeks atau gak. Hehehe.

    Senangnya mba bisa upgrade skill di Qubisa. Menarik sekali materi yang disampaikan Dr Abdul Latief tentang eksistensi kita menghadapi persaingan global. Durasinya singkat, tapi meaning banget ya mba.

    ReplyDelete
  36. Wah aku juga kemarin ikutan ini lhoo, kursus gratis dari QuBisa bener2 bermanfaat banget. apalagi dapetnya gratis. alhamdulillaah <3

    ReplyDelete
  37. Era digital begini emang harus bisa mengikuti perkembangan dengan baik ya. Beragam kursus online sudah banyak bisa diikuti. Menariknya gratis dari QuBisa ini ya,bisa deh coba ngikutin kursusnya yang sesuai passion nih.

    ReplyDelete