Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bluder Cokro, Oleh-oleh Khas Madiun

Bluder Cokro, sambel pecel, lempeng (kerupuk puli), brem,...... Itulah di antara makanan wajib yang biasa saya bawa sepulang mudik dari rumah Mertua (alm) di Madiun. Kalau balik ke Jakarta enggak bawa salah satunya ada yang kurang rasanya. 

Yup, mudik takkan lengkap tanpa oleh-oleh saat baliknya, baik buat dinikmati sendiri atau buat hantaran ke tetangga kanan kiri.

Nah, dulu, untuk mencari aneka penganan ini saya mesti kemana-mana pergi. Misal beli Bluder Cokro ke toko A, lempeng ke lapak B, sambel pecel ke sini dan brem ke toko yang berbeda lagi. Repot! 

Tapi sejak ada Bluder Cokro Factory & Outlet yang lengkap, ada semua-semua pilihan oleh-oleh di sana, mulai makanan sampai merchandise, bisa sekalian ngopi sekaligus mengamati pabrik bluder ternama ini, saya hanya pergi ke satu lokasi. 

Yes, one stop shopping ini ada di Bluder Cokro Factory & Outlet yang ada di Jl. Hayamwuruk 51-53, Madiun. 

Toko Bluder Cokro

Bluder Cokro, Oleh-oleh Khas Madiun yang Ternama



Bluder Cokro Factory & Outlet di Jalan Hayamwuruk ini berada di ruas jalan berarus searah. Sehingga jika kebablasan dirimu mesti putar arah. Tapi, ada tanda besar kok sebagai penunjuk jalan, biar enggak kelewatan.

Ketika berkunjung ke sini pada awal November 2021, setiba di lokasi, parkiran nampak penuh dengan aneka plat nomor kendaraan. Kemudian memasuki bangunan, karena situasi masih pandemi, ada pemeriksaan wajib masker, suhu dan diminta memakai hand sanitizer dulu.

Karyawan berada di depan pintu dan menyapa ramah kita di sana, lalu meminta melakukan langkah terkait protokol kesehatan itu. Selanjutnya kita bisa ambil keranjang atau troli yang berbaris rapi di sisi kiri pintu dan berdampingan dengan lemari pendingin berisi minuman dingin yang dijual di sini.

Berikutnya, cuz....keliling deh kita ke deretan penganan yang menggoda mata dan perut yang tersaji di barisan rak yang rapi. 

Segala camilan ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya, rak bluder, semua berisi bluder menurut variannya. Ada bluder standar, spesial, krumpul, kasur... Lalu, rak kerupuk, ada aneka kerupuk matang dan mentah terkemas rapi siap diadopsi. Begitu juga, rak merchandise, ada kaos dan pernak-pernik. 

Semua dilengkapi harga, sehingga kita enggak kebingungan ngira-ngira budget-nya. Juga, ada info produksi di kemasan untuk menghitung berapa lama produk akan bertahan.

Uniknya, toko yang luas dan rapi ini juga dilengkapi sejarah perjalanan Bluder Cokro sejak ada di tahun 1989 hingga sekarang. Kisah ini dituliskan di bagian dinding yang terletak di dekat kasir.

Oia, jika ternyata dirimu sudah tak sabar menikmati kelembutan bluder ini, bisa lho sekalian ngopi dan ngemil cantik di sini. Ada coffe shop dengan brand 'Gandiwa' - member of Cokro Group yang ada di salah satu sudutnya.

Terus duduknya di mana? Di dekatnya ada bangku mungil atau kalau mau outdoor, di sisi luar bangunan ada beberapa bangku buat duduk santai. 

Bluder Cokro Madiun

Makanan Khas Madiun

Harga Bluder Cokro

Sejarah Bluder dan Bluder Cokro


Dari tadi ngomongin bluder, sebenarnya bluder itu darimana ya?

Nah, saya sarikan dari berbagai sumber: roti bluder sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dan dibawa oleh orang Eropa. Menjadi populer sebagai santapan wajib para tentara Belanda, bluder atau bloeder adalah salah satu jenis roti klasik. Berwarna cokelat keemasan dengan rasa manis, berciri khas pada teksturnya yang empuk dan lembut.

Roti yang berbentuk piramida ini dibuat dengan perpaduan adonan roti yang memakai banyak telur, mentega dan susu sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Ketika disobek, akan terlihat serat-serat rotinya yang halus. Dulu, roti bluder dibuat polosan atau tanpa isian dan biasanya bertahan hanya sekitar enam hari saja sebab adonannya tidak menggunakan bahan pengawet. 

Sementara, terkait sejarah Bluder Cokro yang tertulis di dinding Toko Bluder Cokro, disebutkan:

Rumah Ibu Suzana di Jl. Cokroaminoto No. 36 menjadi tempat berkumpul teman dan saudara. Ibu Suzana hobi membuat kue dan memasak. Ibu Suzana menuruti saran teman-temannya, roti bluder dan beberapa jajanan lain buatannya dititipkan di toko dan pasar. 

Tahun 1989 permintaan roti bluder semakin meningkat. roti bluder dijual di rumah dan masih dititipkan. Ibu Suzana memberi nama roti ini "Roti Cokro". Tahun 2001-2004 Roti Cokro mulai dikenal di berbagai belahan Nusantara.

Tahun 2004 Ibu Suzana meninggal dunia, Roti Cokro diteruskan generasi kedua Ibu Suzana. Tahun 2013 Roti Cokro berubah nama menjadi Bluder Cokro.

Oia, saya kutip dari laman resmi Bluder Cokro, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pesanan dari konsumen, Bluder Cokro terus berkembang dengan mendirikan pabrik baru untuk memenuhi banyaknya permintaan pelanggan. 

Dengan pembangunan pabrik barunya pula, Bluder Cokro ikut andil untuk menggerakkan perekonomian rakyat dengan terbukanya lapangan kerja. Penggunaan teknologi canggih berstandar food grade internasional juga dimanfaatkan untuk memenuhi target produksi setiap harinya. Itulah mengapa pemesanan dari penjuru Nusantara pun bisa dipenuhi.

Bluder Legendaris Madiun

Beli Bluder Cokro dimana

Pabrik Bluder Cokro

Lalu, Apa Saja Produk yang Dijual di Bluder Cokro Factory & Outlet Ini? 


Sesuai namanya, produk utama pastinya BLUDER! 

Ada dua pilihan bluder: 

  • Bluder Standar @ Rp 9.000 | Varian: blueberry, strawberry, gold cheese, green tea, keju, tiramisu, coklat kacang, coklat keju, taro, nanas, klepon, kacang....dll
  • Bluder Special @ Rp. 11.000 | Varian: ovomaltine, nutella, abon sapi,..dll

Terus, kalau enggak kenyang sama bluder satuan, ada bluder gede buat barengan, misalnya:

  • Bluder Krumpul: @ Rp 45.000 Bentuk bulat dengan rasa: Cokelat, Keju, Kismis, Abon Sapi dan Kopi
  • Bluder Kasur: @ Rp 63.000 Bentuk kasur dengan rasa: Cokelat, Keju, Kismis, Nanas, Blueberry, Strawberry, Cokelat Keju, Kacang, dan Cokelat Kacang.

Mau yang lain? Ada: Kukis Pecel: @Rp 33.000, Kerupuk Puli (mentah): @Rp 9.000, Brem: @Rp 22.000, Bluder Krispi, Sambel Pecel, Spiku, Kue Kopi, dan masih banyak lagi.

Memang Bluder Cokro, produk roti legendaris dari Madiun, Jawa Timur ini sudah mendapat tempat istimewa  tersendiri di hati pelanggannya. Rasa istimewa yang dipertahankan sejak dulu membuatnya sampai kini tetap diburu. 

Tak heran Bluder Cokro tetap berproduksi dan terus berinovasi dengan menambah varian dan produk baru yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Oia, untuk merek ragam penganan lainnya adalah "Cakra", ini sebenarnya sama dengan kata "Cokro", karena dalam Bahasa Jawa  vokal "a" itu dibaca "o", ini dinamakan pelafalan dalam posisi terbuka. Artinya, sebuah kata yang terdapat "a" atau tepatnya "å" di dalamnya tapi pada akhir suku katanya tidak tertutup oleh konsonan. Maka di sini Cakra = Cokro.

Dan enggak hanya produk satuan, Bluder Cokro Factory & Outlet juga menyediakan hampers berdasarkan peringatan tertentu, seperti Idul Fitri, Natal.... juga limited edition hampers.

Merchandise Madiun

Varian Bluder Cokro

Oleh-oleh Madiun

Jual Bluder Cokro
sumber: cokrogroup.com

Bluder asli Madiun
sumber: cokrogroup.com

Etapiii, Halal Enggak Bluder Cokro? Halal Dong! 


Bluder Cokro ini sudah mendapatkan sertifikasi Halal MUI ya, jadi tenang kita konsumsinya. 

Bahkan (sebelum pandemi) kita bisa lho Factory Visit Package ke pabrik Bluder Cokro yang ada di lokasi yang sama dengan tokonya (booking H-5 sebelum kedatangan). Sehingga kita bisa tahu kehigienisan produksinya.

Dan enggak cuma karena kualitas produknya saja, belanja ke Bluder Cokro cocok buat oleh-oleh, karena kita bakal dapat free paper bag Bluder Cokro sejumlah pembelanjaan. 

Jadi misalkan saya beli 3 jenis dan dimasukkan ke 1 paper bag, dilebihkan 2 paper bag lagi. Sehingga waktu ngasih ke tetangga bisa pakai paper bag sesuai jumlahnya. Ini yang bikin setiap mau niat foto produknya lupa karena dah keburu dibagi ke tetangga haha (jadi, monmaap foto ada yang saya ambil dari official web Cokro Group ya)

Nah, selesai pilah-pilih, saatnya bayar ke kasir! Ada pilihan aneka pembayaran. Kalaupun enggak bawa cash dan pengin pakai tunai saja, ada ATM Bank Mandiri di bagian luar Bluder Cokro Factory & Outlet. Ada juga musholla dan toilet di sebelahnya buat yang memerlukan.

Akhinya, belanja-belanji saya sudahi. Puas rasanya belanja di sini. Meski mungkin harganya agak lebih tinggi dari produk sejenis di sebelah. Tapi kehalalan, mewahnya kemasan, layanan, keaslian produk dan value lain yang diberikan bikin saya kembali lagi lain kali.

Nah kamu, sudah pernah icip Bluder Cokro belum? Ada reseller-nya di berbagai kota, lho! Atau beli di Cokro Official Store di marketplace juga bisa.... 

Tapi ingat, periksa keasliannya karena kabarnya ada produk palsunya. 

Bluder Cokro yang asli tulisan informasi expired menggunakan laser print

Baris 1 : Tanggal expired
Baris 2 : Kode produksi
Baris 3 : Nomor P.IRT: 2063577010043-21

Oia, untuk memastikan label asli Bluder Cokro perhatikan juga gerigi tepi yang unik dan khas, ya!💖


Happy Sharing

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

7 komentar untuk " Bluder Cokro, Oleh-oleh Khas Madiun"

  1. Wah, ini kesukaanku juga bluder Cokro. Dulu kalau mudik ke kampung halaman, pasti beli roti ini. Enaak

    BalasHapus
  2. dulu seringnya hanya makan brem, sering banget kalau ortu ke Madiun atau dapet oleh-oleh dari sodara
    dan yang bikin penasaran sebenernya bludernya, ehhh beberapa hari lalu ddikasih orang kantor roti bluder. jadi ga penasaran lagi hehehe

    tapi ini tokonya luas, bersih, next kalau bisa ke Madiun mau mampir sini juga

    BalasHapus
  3. Kalau denger Madiun auto ingat sambel pecel dan brem, mbak. Hihi
    Btw, tokonya terlihat nyaman dan mewah ya mbak. Jarang2 lho toko besar dengan desain interior gini jualan oleh2 makanan khas. Kl ke Madiun, noted nih mau mampir ke sini. Penasaran sm rasa roti legendnya

    BalasHapus
  4. wawww toko oleh-oleh yang keren...
    kalo perjalanan bali-pekalongan itu lewat madiun gak ya...
    kalo iya, catet alamatnya buat mampir ntar...

    Bluder itu kan penganan antara roti dan bolu yak..
    rasanya dulu pernah ikut kelas memasak di salah satu komunitas parenting, yang bikin bluder.

    BalasHapus
  5. Wuah, jadi teringat deh. Pas melancong, jangan lupa hunting oleh-oleh. Hihi … Fix, kalau teringat Madiun jangan lupa ingetnya juga bluder cokro. Jadi, biar gampang rekomnya mana tau ada yang mau ke sana. Kelihatan lengkap nih di sana. Apalagi yang rotinya, jadi kepengen nyobain.

    BalasHapus
  6. Mba Diaaan,
    Pertama kali saya melihat fisik bangunan toko oleh-oleh dari Bluder Cokro ini lewat salah satu akun media sosial milik mba Dian.
    Gak taunya bisa dapet ulasan ceritanya itu suwenenggg bangettt.

    Sekitar tahun 2018an saat seorang kolega suami bertandang ke Madiun saya akhirnya mengenal makanan ini.

    Beliau membawakan oleh-oleh, lalu mengirimkan lewat ekspedisi. Artinya sudah melewati waktu beberapa hari ya. Tapi untuk rasa sangat membekas.

    Gak kebayang bisa makan langsung dalam kondisi fresh baked. Waduuuuh, jadi whistlist nih someday kalo berkesempatan ke pulau Jawa ya. Semoga

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu peoduk Bluder Cokro tiga tahun belakangan. Dan ternyata tokonya ud lama produksi bluder ini ya. Yang paling keren outletnya, tjakep banget! Ini jadi cirinkhas kota Madiun pastinya ya.

    Makasih banget uda direview in Mba, rasa penisirin saya terjawab sudah. Semoga bisa berkunjung borong bluder dan kukis pecelnya. Enak ga sih?😬

    BalasHapus