Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Web Hosting Terbaik untuk Pemula

Guys, belakangan ini saya tertarik untuk mengulik tips memilih web hosting terbaik untuk pemula. Saya sering googling kata kunci "web hosting" dan yang terkaitnya, karena jujurly saya awam soal ini. Syukurnya, hari gini cari info apapun di mesin pencari enggak sampai sekedip mata akan ada hasilnya. Membuat saya jadi tercerahkan dan akhirnya nemu info tentang web hosting terbaik Indonesia.

Etapii, kenapa sih saya kepo begini sama web hosting?

Jadi ceritanya, suami saya sedang membangun usaha yang Insya Allah pada Januari 2022 nanti akan mulai beroperasi. Usaha ini, full akan kami kelola sendiri. Sebelumnya, selain menjadi pekerja profesional, suami saya memang berinvestasi di antaranya dengan menjadi pemodal usaha.

Kemudian di satu titik, keinginan memiliki usaha sendiri terus memotivasinya, sehingga setelah persiapan sekian lama akhirnya cita-cita ini akan terwujud segera. Meski sebenarnya mundur hingga hampir setahun dari rencana semula sih, karena kondisi pandemi yang membuat segala sesuatunya perlu disesuaikan.

Nah, untuk mendukung usaha, kami berencana membuat website, agar bisnis ini akan tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Jadi, tak hanya punya lapak offline saja tapi juga ada toko online yang akan melengkapinya.

Karenanya, saya akan menyewa jasa web hosting untuk membantu dalam pengelolaan web-nya agar pelanggan dapat mengakses alamat website dengan mudah, cepat dan nyaman.

Tips memilih web hosting terbaik untuk pemula

Apa sih Web Hosting Itu? Lalu, Fungsinya Apa?


Nah Guys, informasi yang ditampilkan pada website dapat terjadi berkat adanya web hosting.

Jadi gampangnya - semoga bisa paham ya karena yang jelasin bukan ahlinya haha - coba deh bayangkan saat dirimu ngetik kata kunci pada mesin pencari, karena mau tahu info tentang sesuatu, terus lanjut membuka alamat website itu.

Pada saat kamu mengakses alamat situs web ini, internet akan mengirimkan permintaan akses kepada server hosting. Kemudian server pun akan merespon dengan mengirimkan kembali data-data dari alamat website yang dicari dalam bentuk tulisan, gambar dan lainnya.

So, web hosting itu adalah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online.

Ibarat bangunan dari sebuah alamat, di tempat inilah semua file website kita tersimpan yang nantinya dapat diakses oleh pengunjung situs kita.

Nah, semua informasi pada website akan tersimpan pada server web hosting yang letaknya di ruang penyimpanan data, yang biasa disebut data center. Oia, selain dipakai untuk penyimpanan data, web hosting juga sering dipakai untuk aktivitas file transfer pada FTP dan pusat data email.

Di mana server pada web hosting ini memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi dan mampu beroperasi selama 24 jam nonstop.

Sehingga keberadaannya sangat menguntungkan bagi siapa saja yang berkecimpung dalam dunia usaha. Karena, dengan layanan internet super cepat selama 24 jam tanpa henti, para pelanggan tentu dapat mengakses alamat website dengan mudah dan nyaman.

Maka, hosting menjadi salah satu poin terpenting sebelum kita membuat sebuah website. Sehingga memilih hosting terbaik adalah langkah paling disarankan, selain menentukan nama atau alamat domain dari website.

Syukurnya, kini ada banyak penyedia layanan yang menawarkan berbagai paket hosting dengan spesifikasi yang bersaing. Sehingga kita pilih salah satunya.

Tapi, meskipun terkesan mudah untuk menyewa sebuah hosting, pada kenyataannya tidak demikian. Pasalnya kita enggak cuma sekedar bayar biaya langganan untuk dapat menyewa sebuah hosting dalam durasi tertentu saja. Namun juga memilih mana hosting yang tepat, sebab setiap hosting yang ditawarkan oleh penyedia layanan itu, bisa saja berbeda-beda.

Nah, perbedaan spesifikasi inilah yang perlu kita pertimbangkan sebelumnya, apalagi untuk pemula seperti saya!

tips memilih web hosting



Lalu, Apa Tips Memilih Web Hosting Terbaik untuk Pemula?


Nah, dari hasil riset kecil-kecilan yang saya lakukan terkait memilih web hosting terbaik Indonesia, sebagai pemula saya punya beberapa tips, di antaranya:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan


Pahami dulu website yang ingin dibangun untuk mempersempit opsi. Misalnya, jika dirimu berencana membangun website yang menampilkan streaming selama 24 jam, kebutuhannya tentu berbeda dengan yang hanya menampilkan konten tulisan semata.

Atau jika website ditargetkan bisa diakses 1000 pengunjung tiap harinya, tentu saja hosting yang dipilih harus dapat menampung sejumlah itu, agar performa maksimal dan tidak mengalami overload.

Jadi, sesuaikan spesifikasi hosting dengan kebutuhan website. Jangan sampai memilih hosting dengan kapasitas sedikit padahal untuk toko online yang traffic-nya besar.

Karena, hosting dikatakan tepat jika sesuai dengan website yang ingin dibuat!

2. Perhatikan Layanan yang Ditawarkan


Pilih penyedia hosting yang tak hanya menawarkan harga murah, tetapi juga memiliki produk yang wah! Perhatikan layanan yang ditawarkan dari beberapa kriteria, di antaranya:

  • Speed (Kecepatan): web hosting terbaik memiliki kecepatan tinggi yang mendukung performa server. Perhatikan faktor: bandwidth, kapasitas penyimpanan atau storage, juga plugin optimasi kecepatan website.
  • Scalability (Skalabilitas): web hosting terbaik selain dapat menunjang performa website juga membantu untuk meningkatkan dan mencapai tujuan agar website-mu berkembang. Maka, pilih penyedia hosting yang menawarkan beragam paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Uptime: pastikan penyedia hosting menjanjikan uptime 99,9% agar website bisa selalu aktif dan bisa diakses kapan saja.

3. Pilih Hosting dengan Komitmen Support yang Tinggi


Web hosting berkualitas akan memberikan pelayanan ramah kepada para penggunanya. Selain itu mereka juga menghadirkan berbagai media komunikasi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menghubungi layanan konsumennya.

Well, hosting sangat berkaitan dengan masalah teknis. Tentu bakalan kezel kan, ketika website-mu mengalami gangguan, dan tak bisa menghubungi tim support penyedia hosting. Kebayang pasti potensi kerugian yang besar saat website down nanti.

Maka, salah satu tips memilih web hosting terbaik untuk pemula adalah memilih penyedia hosting yang memiliki customer care support 24 jam selama 7 hari, via live chat, email dan telepon. Hal ini bertujuan jika website sewaktu-waktu ada kendala bisa langsung ditangani dengan segera.

4. Pilih Web Hosting yang Menyediakan Fitur Tambahan


Pertimbangkan juga di samping layanan utama, ada fitur tambahan yang disediakan, salah satunya soal keamanan.

Misalnya, layanan web hosting punya teknologi untuk mengatasi spamming yang berpotensi menghampiri situsmu. Cari tahu juga apakah hosting sudah dilengkapi dengan SSL, sudah adakah perlindungan dari serangan malware, website security dan lainnya. Ini penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di website kamu. Atau, punyakah fitur website builder yang akan memudahkan kita setiap ingin menginstall aplikasi ke website.

Sesuaikan ketersediaan fitur tambahan sesuai kebutuhan!

5. Sesuaikan dengan Anggaran


Saat ini banyak penyedia jasa web hosting yang memberikan penawaran dengan harga terjangkau sehingga memungkinkan pemula untuk mempunyai website. Memilih hosting yang unlimited namun tetap terjangkau harganya bisa menjadi pilihan bijak bagi pemula. Meski demikian, tetap penting untuk memperhatikan kualitas dari hosting-nya



Pilihan Web Hosting Terbaik Indonesia


Well, salah satu kunci sukses performa sebuah website terletak pada pemilihan hosting. Pemilihan hosting yang tepat tentu saja akan menunjang bisnis dan performa website kita.

Semoga tips memilih hosting terbaik untuk pemula ini berguna bagi teman-teman yang sedang mencari penyedia hosting yang tepat yaaa...

Lalu, saya sendiri sudahkah dapatkah solusi?

Sudah, dong!

Saya pilih NEO Web Hosting dari Biznet Gio, layanan web hosting FREE dan UNLIMITED untuk website tanpa lelet. Yang memiliki beragam fitur gratis terlengkap untuk website bisnis saya nantinya. Seperti: domain, bandwidth, WordPress Accelerator, email, dan masih banyak fitur penting yang dapat saya nikmati, GRATIS!

Enggak itu saja, NEO Web Hosting juga menyediakan:

SSD Storage Super Cepat: Performa website dan aplikasi jadi sangat cepat dengan Enterprise-grade SSD dengan kapasitas besar hingga 120 GB.

Anycast DNS: Website kita langsung memiliki DNS manager berteknologi Anycast untuk query domain tercepat tereplikasi di banyak Data Center yang mampu mempercepat akses ke website.

User-Friendly Dashboard: Menggunakan cPanel yang mudah dioperasikan, NEO Web Hosting memiliki fitur paling lengkap seperti LiteSpeed Enterprise (HTTP/3, QUIC & BROTLI), siap menampung traffic dalam jumlah besar.

Gratis Domain, SSL, WordPress Toolkit & Accelerator: Kelola website berbasis WordPress paling mudah, cepat, dan aman dengan berbagai fitur serba lengkap. Juga fasilitas domain gratis, termasuk renewal selama berlangganan.

Built-in Anti-Spam & Backup Data: Seluruh layanan NEO Web Hosting dilengkapi dengan fitur keamanan Anti-Spam secara gratis, sehingga email yang masuk akan ter-filter dan bebas spam dan seluruh data website sudah ter-backup dengan baik.

Bandwidth Besar dengan Backup Link: Didukung penuh jaringan Biznet dengan bandwidth super besar dan memiliki backup link berlatensi sangat rendah. Website kita akan beroperasi tanpa gangguan.

Yes, NEO Web Hosting yang super cepat serba FREE dan UNLIMTED dengan dukungan support 24/7 bisa kamu dapatkan mulai dari Rp20.000/bulan!

See, dengan segala keunggulannya, NEO Web Hosting bisa jadi pilihan sebagai Web Hosting Terbaik Indonesia bagi saya dan kamu semua pastinya!

Apalagi kini sedang ada promo yang pas buat saya nih, layanan hosting + domain yang hemat dan cocok buat buka bisnis online, NEO Web Hosting + Free Domain: Unlimited Domain Hosted & Database, storage up to 120 GB, lagi diskon up to 50% (sudah termasuk WordPress Toolkit dan gratis migrasi)! Yeayyy!!

Semoga dengan memilih NEO Web Hosting ini akan memperlancar usaha saya dan suami hingga makin berkembang nanti! Aamiin!

So, kamu yang pemula seperti saya dan lagi bingung pilih web hosting terbaik, cuz langsung hubungi NEO Web Hosting, yaa!💖



Stay Happy & Healthy

IMG_259




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

29 komentar untuk "Tips Memilih Web Hosting Terbaik untuk Pemula"

  1. Semoga bisnis suami lancar ya kakk, sukses selalu terima kasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Wah bagus nih tipsnya. Membantu banget untuk teman-teman UMKM yang berminat membuat website untuk produknya

    BalasHapus
  3. Semoga dimudahkan mbak segala usahanya ya,, Memang website sekarang menjadi penunjang yang sangat penting untuk promosi dan branding diri. Milih penyedia jasa yang profesional bakaln bikin web makin stabil. Sukses selalu yaaaa..

    BalasHapus
  4. Memilih web hosting emang kudu milih-milih ya Mbak. Apa lagi untuk keperluan bisnis, web yang kencang dan lancar jaya pasti disukai pengunjung. Insyaallah bisnisnya pun lancar dan bertumbuh tiap tahun. Selamat memulai bisninya ya Mbak Dian. Semoga sukses

    BalasHapus
  5. Doa yang terbaik untuk usahanya, kak..
    Keren banget kolaborasi cantik antara suami dan istri bisa menghasilkan karya yang menghasilkan.

    Memilih rumah dan isinya ini penting sekali. Jadi refrensi kalau mau bikin rumah baru di NEO Web Hosting. Inginnya yang cantik dan powerful, hihi..

    BalasHapus
  6. Saya dulu pernah salah pilih web hosting, jadinya web sering down. Terus beberapa kali kemasukan hackers. Huhuhu, sedih deh. Emang harus selektif dan baik-baik pilih hosting.

    BalasHapus
  7. Wah jadi kepo nih sama Tante Dian, bisnis yang sedang dibangun bergerak di bidang apa? Turut mendoakan semoga lancar ya.... Apalagi didukung dengan adanya website yg menggunakan hosting terbaik, mudah-mudahan semakin melancarkan usahanya.

    BalasHapus
  8. Setuju banget mba, pilih web hosting yang customer service nya 24 jam. Karena disaat terjadi masalah kita nggak gagap alias bingung mau nanya ke siapa.

    BalasHapus
  9. Urusan web hosting memang perlu milih yang terbaik ya. Jangan tergiur dengan harga atau promo murah. Soalnya ngaruh banget deh ke blog kita. Yang ujungnya ngaruh ke traffik juga. Dan tentu, kudu milih yang supportnya bagus ya. Supaya kalo ada trouble, bisa segera bantu kita.

    BalasHapus
  10. wah iya mbak, saat pilih hosting dulu aku tuh melihat kecepatannya
    Selain itu juga dukungan teknisi yg fast response,jadi klo ada kendala teknis bisa segera dibantu

    BalasHapus
  11. Bener banget mbak, untk menyewa hosting ga hanya membayar aja tapi memilih yang tepat untuk menghindari gangguan juga ya, kadang ada jasa hosting yang sering down juga nih jadinya berpenagruh pada pemilih web yg menyewa di sana. Banyak fitur yg bisa kita pilih juga tapi sesuai dengan kemampuan & kebutuhan. Sudah lam aaku ga pakai webhosting lagi, tapi nanti kalau butuh makasih ya rekomendasi NEO Web Hosting nya

    BalasHapus
  12. Semoga lancar untuk bisnisnya ya Mak. Info seperti ini kalau disebarkan kepada umkm akan jadi info bermanfaat nih, siapa tau banyak dari mereka yang sedang ingin membangun web, dan Neo ini bisa jadi solusi

    BalasHapus
  13. aku masih maju mundur ngambil hosting mak
    belulm siap pindah wp
    tapi solusi mengingat kemaren server data kebakaran dan web jadi ancur semua :"(

    BalasHapus
  14. Lagi ada promo hosting dan domain ya mba, jadi pengen beli. Buat yang satu lagi.

    Dan memang bener kalau pilih web hosting harus cek layanan juga ya

    BalasHapus
  15. Komponen yang penting dalam sebuah website itu adalah hosting dan domain. Ini tipsnya mantul

    BalasHapus
  16. Hal penting yg sering jadi pertimbangan kami saat membeli domain+hosting mencari penyedia Web-hosting dengan CS yg cepat tanggap dan enak hehehe

    BalasHapus
  17. boleh jadi salah satu rekomendasi buat saya sebagai web developper nih mbak ...

    BalasHapus
  18. Web hosting sesuaikan dengan bujet. User-friendly dashboard penting juga. Baru saya tahu saya ada yang baru, NEO Web Hosting mba.

    BalasHapus
  19. setuju banget Mbak Dian

    baik usaha komersil maupun sosial, harus punya web hosting

    karena menunjukkan profesionalitas usaha tersebut

    bukan usaha ecek-ecek, sayang banyak yang gak paham

    BalasHapus
  20. Setuju mb, harus pintar-pintar memilih. Ga hanya tergiur harga murah. Tapi yang paling penting dari semua fasilitas menang cs yang standby 24 jam. Karena kita ga tahu kan kapan tiba-tiba ada trouble yg harus segera diperbaiki.
    Nice info mb. Makasih

    BalasHapus
  21. Saya kurang paham dunia hosting. Tapi setelah baca artikel ini, jadi ngeh deh... Tulisannya rapi banget... KBBI banget. Ketahuan sering nulis cerpen nih

    BalasHapus
  22. Cek...cek...cek...keren nih kak Dian pengetahuannya tentang hosting.Jujur aku minim sekali. Lagi mau buat blog,baru deh heboh tanya sana sini tentang plus minus hosting,he...he...he

    BalasHapus
  23. Awalnya aku pake hosting yg sepaket sama webnya, tapi lama2 kok jadi lemot. akhirnya aku serahin ke orang yg bisa kelola hosting, Alhamdulillah sampe saat ini aman dan nyaman.
    makasi infonya, jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  24. Hosting yang punya komitmen support tinggi itu ternyata ga mudah diperoleh. Kadang jodoh2an ya hehe, yang penting kita sesuaikan dengan kebutuhan, budget dan layanannya yang bisa 24 jam dihubungi jika ada apa2. Neo Web Hosting ini terjangkau banget harganya, mulai 20K per bulan udah happy ya mbak DIan.

    BalasHapus
  25. Penting banget memilih hosting terbaik, apalagi pengguna platform wordpress.

    BalasHapus
  26. Aku pake hosting yang murah aja. Itu karena ada biaya per tahun yang terbilang mahal. Meski begitu, tetap ke depannya harus beli yang mahal karena pada umumnya harga berbanding lurus dengan kualitas.

    BalasHapus
  27. Penjelasannya gamblang banget tentang hosting. Saya karena masih hosting dari blogger kurang memikirkan pentingnya host. Benar-benar harus yang terbaik pokoknya ya kalau untuk website usaha biar profesional n ngga bikin kecewa calon pelanggan.

    BalasHapus
  28. Nah, poin-poin yang disampaikan udah bener banget sih untuk memilih web hosting agar ketika di apllikasikan ya bisa berjalan baik dan hal krusial yang mesti ada yakni adanya layanan support yang resposif dari penyedia layanan

    BalasHapus
  29. iya mba memilih web hosting yang tepat itu penting banget biar web usaha punya peforma yang bagus
    terus juga penyedia yang support buat bantuin juga menjadi pertimbangan

    BalasHapus