Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JNE Meraih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik

Guys, dirimu yang demen traveling, apa sih yang membuatmu paling berkesan di sebuah tempat tujuan? Indahnya pemandangan, keunikan budaya, keramahan warga, kuliner yang mantap jiwa, cantiknya aneka cinderamata, atau semuanya?😍

Memang ya enggak hanya sekadar untuk refreshing, banyak manfaat lain dari traveling! Di antaranya bisa lebih mendekatkan diri kita dengan Sang Pencipta juga lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial.

Karenanya kalau lagi pergi ke sebuah destinasi, selain menikmati indah dan uniknya objek wisata, saya sempatkan juga mencicipi kuliner khas setempat dan membeli aneka souvenir yang dijual masyarakat.

Enggak harus yang mahal, produk lokal seperti gantungan kunci, magnet kulkas, jajanan khas, pernak-pernik unik, ragam wastra Nusantara yang cantik..., dan apa saja yang diproduksi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di sana. 

Biasanya barang-barang unyu ini bikin saya lupa diri, dan betah ngubek-ngubek pasar seni, toko cinderamata atau lapak souvenir yang ada di lokasi. Rasanya pengin borong semuaaaa kalau enggak ingat isi dompet saya hahaha.

Sayangnya saat pandemi begini, hasrat traveling yang meronta mesti diredam karena masih adanya pembatasan terkait protokol kesehatan. Jadwal traveling pun di-pending yang bikin saya jadi melipir, cuci matanya beralih ke dunia maya. Thank God, berkat teknologi saya tetap bisa mantengin aneka produk UKM ini!

Berkat siapa?

JNE Meraih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik

Tentang Pemberdayaan UKM di Indonesia


Tentu saja karena dukungan dan peran serta dari berbagai pihak terkait sehingga para pelaku UKM bisa bersaing di ranah global mulai dari pemasaran hingga teknologi digital. Membuat saya yang sedang rebahan di Jakarta bisa pilah-pilih tenun Flores, pesan lumpia Semarang, check out tas rotan Kalimantan atau beli pempek Palembang!

Yes, upaya pemberdayaan UKM, sebagai langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan serta mengurangi tingkat kemiskinan, makin masif dilakukan!

Well, kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama perkembangan UKM, yang mana pemberdayaan UKM di Indonesia ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah.

Enggak heran, sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, UKM memegang peranan penting terhadap PDB dengan kontribusinya yang mencapai 61% dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional!

Ini tentu saja didukung oleh makin banyaknya brand yang secara berkesinambungan mengembangkan dan menggerakkan pelaku UKM. Baik melalui edukasi pengembangan usaha, maupun berbagai macam bentuk fasilitasi dalam memberdayakan UKM di Indonesia.

Itulah sebabnya, upaya seperti ini pantas diapresiasi karena menggambarkan kolaborasi dalam pembangunan ekonomi di mana pelaku usaha skala besar dan pemerintah mendorong dan menopang pertumbuhan pelaku ekonomi di segmen yang jauh lebih kecil.

Adalah Briefer bersama IGICO Advisory dan Rumah Perubahan yang memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada 10 brand yang konsisten memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Yang mana penghargaan ini akan menjadi pendorong dan motivasi bagi para pemilik brand agar terus berupaya secara konsisten bertumbuh, terutama di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Oia, kriteria penilaian yang menjadi dasar dari pemberian penghargaan ini adalah:
  • Aktivitas kampanye komunikasi
  • Komitmen beraksi
  • Berbagai inovasi yang diciptakan untuk membantu pelaku UKM
  • Dampak yang berkelanjutan atas berbagai aktivitas dari brand kepada pelaku UKM di Indonesia

Nah, penghargaan diberikan kepada brand dari berbagai kategori, yaitu Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, E-Commerce, E-Payment, Ride Hailing, Logistic Service, Penyelenggara Internet, Media, Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi.

Dan, peraih penghargaan "Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik tak lain tak bukan adalah JNE! 

“Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik

JNE  dan Komitmennya dalam Pemberdayaan UKM


Well Guys, sungguh saya enggak heran saat tahu JNE memenangi kategori ini! 

Pasalnya JNE yang berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian, sampai kini terus konsisten mendukung aktivitas UKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

JNE yang juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance, ini memang memiliki komitmen untuk berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara. 

Ini diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness”, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya dan dapat menjadi peluang bagi masyarakat.

JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional yang pada akhir tahun 2012, telah memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres ini, di saat kondisi perekonomian dan bisnis dunia yang mengalami penurunan karena pandemic Covid-19, tetap mempertahankan kapabilitas dan kapasitasnya.

Oia, mulai tahun 2013, JNE telah berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Dan di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga mempeluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.

Sebuah upaya yang tentunya mendukung pelaksanaan berbagai program yang ada di antaranya edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia. 

Oia, kolaborasi dilakukan dalam berbagai program bersama UKM lokal dan brand artisan ternama untuk meningkatkan daya saing dan daya jual agar UKM naik kelas.

Tak hanya itu, JNE juga telah mengembangkan UKM Fulfillment Center yang diharapkan dapat mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha terutama UKM, sehingga tidak perlu lagi menangani aktivitas logistik yang memerlukan effort besar di dalam proses bisnis. 

Di mana dalam fasilitas ini sudah tersedia warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM lokal.

Kereeeen!!

JNE Meraih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM”

JNE Meraih Penghargaan "Brand Pemberdaya UKM" Kategori Ekspedisi Logistik


Akhirnya, upaya serta kerja keras seluruh lini dalam perusahaan yang terus dilakukan dengan komitmen untuk selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan berbuah manis di kuartal pertama tahun ini!

Penganugerahan penghargaan bergengsi JNE dari Briefer – IGICO Advisory dan Rumah Perubahan dalam penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik pun menjadi bukti!

Yes, “Brand Pemberdaya UKM”, sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus bagi perusahaan dari berbagai kategori hingga pemerintah daerah yang aktif dalam berkontribusi, mendukung dan memberdayakan UKM agar dapat menopang langsung ekosistem UKM demi kebangkitan ekonomi Indonesia.

Award Ceremony ini dilangsungkan pada (11/3), dan diberikan oleh Prof Rhenald Khasali, Founder Rumah Perubahan kepada Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto.

Pada kesempatan ini, M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. 

Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Briefer berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan atas penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik”, tuturnya.

Feriadi juga menyampaikan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal mau pun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline JNE yaitu, “Connecting Happiness”. 

"Oleh karena itu, penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kami berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas”, tegas Pak Feriadi.

Wah, salut dan bangga pada JNE yaa! Semoga UKM Indonesia makin berjaya! Teruslah maju JNE, berkontribusi, mendukung dan memberdayakan UKM Indonesia!💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

41 komentar untuk "JNE Meraih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik"

  1. Benar sekali. Sungguh tak mengherankan kalau JNE menerima penghargaan tersebut. Selama pandemi ini amat terasa peran JNE dalam hidupku. Hehehe .... Bukan sebagai pembeli, tetapi penjual. Diriku bukan pelaku UMKM sih, tapi jadi semacam reseller bagi produk UMKM. Kirim-kirimnya pakai JNE sebab ada agennya dekat rumah.

    BalasHapus
  2. bener sih, sudah sepantasnya JNE menerima penghargaan tersebut. JNE sangat membantu pengiriman belanja online kita kita , mau ngirim barang ke luar kota juga gampang krn outletnya dimana -mana. mantaaap!

    BalasHapus
  3. Prestasi yang luar biasa. Baru tau kalau JNE menerima penghargaan tersebut, padahal konternya ada di deket rumah. Tapi, jasa ekspedisi emang ngasih banyak manfaat selama pandemi ini. Terlebih ada fitur jemput barang yang sering banget kupake. Jadi kalau mau kirim barang tidak perlu keluar rumah, tinggal nunggu kurir jemput paket nya aja

    BalasHapus
  4. JNE selalu dukung UMKM Indonesia untuk maju ya Mbak, salah satunya dengan selalu memberikan layanan terbaik mereka untuk mengantarkan paket dari pembeli ke penjual, Connecting Happiness nya itu yang membuat semua jadi bahagia, dan JNE pun berhak untuk bahagia dengan mendapatkan penghargaan ini ya, keren JNE, salut :)

    BalasHapus
  5. Waaahh bener banget mbak Dian, kalau kangen traveling saya juga suka beli online. Apalagi prodduknya yang unik dan gemesh. Pokoknya bangga deh produk Indonesia.
    Senang sekali mendengar kalau JNE dapat penghargaan brand pemberdaya ukm seperti ini. JNE juga produk jasa Indonesia kan yaa ❤️

    BalasHapus
  6. Layanan ekspedisi yg pertama kali kudengar ya JNE ini.. Bnyk temanku yg kerja disitu jg. Emang kinerjanya bagus dan makin ke sini makin maju dgn berbagai program yg ada. Bahkan sampai dukung UMKM nih, keren

    BalasHapus
  7. JNE memang memberikan kontribusi lebih untuk menjadi jembatan penjualan antara UMKM dengan konsumen dipasar online. beneran support abis sih ya

    BalasHapus
  8. setau saya juga JNE memang berkomitmen mendukung umkm.. dia kan ekspedisi anak negeri yaa.. saya harap JNE tetep konsisten memberi hal terbaik melayani kita dalam urusan pengantaran barang

    BalasHapus
  9. JNE nih memang langgeng ya, sebagai pioneer perusahaan ekspedisi bisa bertahan sampai saat ini di antara gempuran ekspedisi berarti hebaattt banget kontribusinya.

    Terlebih dia skrg merangkul UMKM. Maju terus, JNE...

    BalasHapus
  10. JNE ini emang kualitasnya gak diragukan lagi, kemanapun dimanapun selalu tepat waktu dalam pengiriman barang. Suka banget sama layanannya..

    BalasHapus
  11. Kalau JNE memang paling reliabel deh kayaknya. Saya tidak pernah ada masalah selama menggunakannya. COD beres, pick up cepet, perjalanan paket juga OK. Nyaris tak ada minusnya. Sebagai pemilik usaha skala UMKM memang saya andalkannya.

    BalasHapus
  12. Keren banget JNE meraih penghargaan. JNE itu tidak hanya cepat sampai tujuan tp JNE jg sangat teliti. Sehingga paket2ku yg sampai tidak tertukar. Krn aku punya pengalaman dg ekspediai lain. Tp klo make JNE selalu tepat.

    BalasHapus
  13. Selamat buat JNE atas prestasi dan kinerjanya. Saya akui sejak pertama ada jual beli online, JNE itu kurir pertama yang "berani" masuk ke kampung saya. Selainnya pos sekalipun mundur karena memang akses sulit

    BalasHapus
  14. JNE menginspirasi baik sebagai layanan ekspedisi logistik dan stimulus UMKM Indonesia

    BalasHapus
  15. wah keren banget ya JNE?

    sebagai perusahaan logistik yang begitu lama memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia

    JNE sangat paham kebutuhan UMKM

    sudah sepantasnya meraih penghargaan

    BalasHapus
  16. Dari dulu aku selalu pilih JNE. Selain murah dan cepat, ternyata juga peduli dengan UMKM ya... Ah, makin mantap nih pilihankoe

    BalasHapus
  17. No wonder, sih. Dari dulu ibaratnya JNE ini "Bestie"nya UKM. Benar-benar membantu pegiat usaha kecil menengah untuk mengembangkan usaha mereka, ga hanya dinikmati oleh lokal aja tp bisa sampai ke daerah lain. Keren banget memang JNE.

    BalasHapus
  18. Selamat untuk JNE, selama ini kalau belanja saya juga terbantu, termasuk kirim barang ke orang tua hehe!

    BalasHapus
  19. Selamat buat JNE atas penghargaannya, teruslah mendukung UMKM dan berbagi kebaikan bagi masyarakat luas. Salut buat JNE! Semoga dengan dukungan dari berbagai pihak, para pelaku UMKM tetap bisa bertahan dan makin sukses ke depannya.

    BalasHapus
  20. Sering terjadi tuh mbaa
    pas lagi gabut, tiba2 ihhh kok pengin maem bakpia jogja yaaa?
    kalo dulu kan ribet kudu nunggu kiriman dari teman.
    sekarang? Andalkan marketplace, dan pakai JNE pastinya
    simpeelll dan bikin hepi!

    BalasHapus
  21. Banyak tujuan kita traveling ya pasti masing-masing punya keingan yg berbeda. Setidaknya mencoba kuliner setempat itu perlu juga ya supaya bisa lebih menyatu dengan lokasi traveling. Membeli sovenir lokal berarti ikut membantu mereka juga, asal sesuai kemampuan kita ya mbak.
    Kalau dulu butuh produk daerah harus ke tempatnya dulu, skr sambil rebahan aja sudah bisa pesan ya. Untuk meningkatkan para UMKM memang perlu didukung oleh berbagai pihak nih salah satunya pihak swasta seperti JNE.
    Pantas saja dapat penghargaan karena selalu mendukung UKM di Indonesia

    BalasHapus
  22. JNE bukan hanya connecting happiness untuk pelanggan tapi memang meberikan kebahagiaan dengan kerja kerasnya berupaya memberdayakan UKM. Salut buat JNE. Selamat, semoga semakin bersinar dan berinovatif selalu.

    BalasHapus
  23. Kagum sama JNE yang concern banget dengan keberadaan UKM dan selalu berupaya menciptakan berbagai program super bermanfaat untuk mendukung para UKM.

    Gak heran sih kalo JNE berhasil meraih penghargaan brand pemberdaya UKM

    BalasHapus
  24. Aku juga ga aneh mba Dian kenapa JNE bisa menang. Soalnya aku sendiri walau bukan pelaku UkM udah ngerasain banget manfaat dari layanan JNE ini apalagi bagi pelaku UKM. Soalnya JNE ini ngebantu aku banget waktu ga bisa keluar rumah antar paket, mereka dong yang betkali kali jemput paketnya ke rumah aku. Terus ramah lagi karyawannya

    BalasHapus
  25. Selamat untuk JNE yang telah meraih brand pemberdayaan UKM untuk kategori ekspedisi logistik. Saya sebagai konsumen yang seringkali membeli produk UKM di market place saat akan check out menggunakan pengiriman pasti saya akan pilih JNE.Karena tepat dan aman sampainya

    BalasHapus
  26. JNE emang top banget deh untuk mendukung dan mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Dan jarang banget JNE ini menerima komplain. Jadi nggak heran kalau JNE mendapatkan penghargaan sebagai Brand Pemberdaya UKM Kategori Ekspedisi Logistik.

    BalasHapus
  27. Keren JNE. Dengan jaringannya yang luas bikin mampu mendukung UKM di indonesia, ya

    BalasHapus
  28. JNE emang andalan banget siy mbak, dukung banget sama UKM gitu. Saya beberapa kali ikut pelatihan UKM yang didukung sama JNE juga lhoooo... Jadi emang pantas dapatkan penghargaan

    BalasHapus
  29. Temanku ada yang baru saja jadi agen JNE, sekaligus untuk mempermudah pengiriman produk UKMnya.

    BalasHapus
  30. Luas biasa! Selamat buat JNE telah meraih penghargaan "Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik. Keren banget pencapaiannya, jadi bukti nyata atas komitmen JNE dalam Pemberdayaan UKM. Salut!

    BalasHapus
  31. Mantep banget ini JNE ya mak, apalagi semenjak pandemi banyak orang yang melakukan pembelajaan secara online dan mereka inilah yang menjadi jasa pengiriman logistiknya.

    BalasHapus
  32. Salut banget sama JNE.. Selalu mendukung para pelaku UKM.
    Betul mbak, rasanya kalo jalan ke mana gitu wajib banget beli gantungan kunci

    BalasHapus
  33. Saya pengguna setia JNE yang memang topp👌🏻. Selama pandemi jastip saya meningkat apalagi pesanan makanan dari berbagai daerah. Sebagai contoh pempek palembang kirim
    pake JNe besok sudah tiba di Jakarta denganharga hemat lho...

    Semoga JNE makin maju makin jaya dan UKM di negeri kita makin melejit.

    BalasHapus
  34. Komitmen JNE dalam mendukung UKM memang gak bisa diragukan lagi ya. Gak hanya bersumbangsih dalam mendistribusikan produk aja. Tetapi juga punya program pemberdayaan. Salut buat JNE. Selamaaaaat!

    BalasHapus
  35. Beberapa kali mengikuti event offline di Lombok, khususnya Kota Mataram yang diadakan oleh JNE, temanya ya gak bakal jauh dari UMKM. Terus tiap hadir di kegiatannya para pelaku UMKM, pasti deh JNE nongol sebagai salah satu pendukung acara tersebut. Keren bener sih~

    BalasHapus
  36. Selamat ntuk JNE dengan semua jejaknya yang terukir indah di bidang ekspedisi, JNE juaranya.
    Terpercaya plus programnya yang mendukung UMKM. Saluutt~

    Sukses selalu untuk JNE.

    BalasHapus
  37. Wihhh selamat ya buat JNE..semoga terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia yaaaa dan eksis terus yaa JNE

    BalasHapus
  38. keren banget JNE ya, jadi ikutan bahagia membacanya mbak, memang kalau bisnis dilakukan untuk kebaikan itu berkah banget yaa. makanya patutlah kalau JNE mendapatkan pernghargaan ini karena turut mengembangkan UMKM di Indonesia ya

    BalasHapus
  39. Selamat ya JNE yang selalu sukses membersamai UMKM. Saya kalau kirim paket juga lebih nyaman pakai JNE loh

    BalasHapus
  40. Iya salut dengan komitmen JNE menggandeng UMKM di Indonesia dalam mengembangkan usaha mereka. Produk ikan bandeng di Pandanaran juga pengiriman pakai JNE sejak dulu kala, selamat atas prestasinya ya JNE!

    BalasHapus
  41. Salut buat JNE karena berhasil meraih penghargaan sebagai brand yang memberdayakan UKM. Semoga terus berkembang dan makin sukses ya. Karena aku juga selalu pakai ekspedisi JNE hihihi

    BalasHapus