Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Penggunaan Gadget

Temaaan, dampak luas pandemi memaksa dunia melakukan percepatan transformasi digital. Ini membuat banyak aktivitas di keseharian yang berubah dari real jadi virtual. Akibatnya durasi kita berada di depan layar gadget entah itu smartphone, tablet, laptop, desktop, bertambah waktunya.

Efeknya, bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti mata kering, mata lelah, rabun jauh, iritasi mata, mata merah, penglihatan ganda, bahkan kehilangan penglihatan!

Duh, mengerikan!

ips Mengatasi Mata Lelah Akibat Penggunaan Gadget

Cara Cegah Terjadinya Gangguan Mata Akibat Penggunaan Gadget yang Terlalu Lama


Well
, tegangnya otot bola mata akibat membaca teks dan gambar di layar terus menerus, serta terjadinya penurunan frekuensi kedipan mata, bisa membuat lelah mata kita. Pasalnya, mata yang terfokus pada layar cenderung berkedip 1/2 – 1/3 lebih lambat dari kecepatan berkedip normal. 

Gejala umum seperti sakit kepala, mata kering, silau, pandangan buram atau berbayang, serta nyeri pada leher, bahu dan punggung yang disebut Digital Eye Strain pun kita alami.

Cung..siapa yang mengalami gejala ini? Sama kita berarti...Hiks!

Maka, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga kesehatan mata, serta evaluasi kondisi kesehatan mata dengan kontrol ke dokter spesialis mata secara teratur-setidaknya setahun sekali, sebaiknya konsisten dijalani untuk mencegah gangguan mata yang lebih parah.

Juga, memperhatikan beberapa tips beraktivitas pada layar gadget yang lebih baik, sehingga dapat membantu mencegah dan mengurangi Digital Eye Strain yang juga dikenal sebagai Computer Vision Syndrome ini.

Caranya:

  • Ikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, istirahatkan mata dari layar dan fokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.
  • Jarak dan penempatan layar yang tepat: sekitar 25 inci (sekitar 60 cm atau sepanjang lengan) dari mata dan 15-20 derajat di bawah ketinggian mata kita.
  • Atur pencahayaan: pencahayaan ruangan tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap. pencahayaan layar gadget tidak terlalu terang karena membuat mata cepat lelah.
  • Atur kontras: sesuaikan kontras layar monitor, usahakan tidak terlalu tinggi, atur juga color temperature pada layar karena memengaruhi spektrum cahaya yang dipancarkan.
  • Jaga kelembapan: kedipkan mata secara teratur, proses ini menghasilkan air mata yang berfungsi untuk melembapkan dan menyegarkan mata.

Tips Atas Mata lelah Akibat Penggunaan Gadget

Bila Mata Sudah Lelah Lakukan Cara Ini!


Ingat ya, mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. 

Karenanya, jika dirimu sudah mengalami mata lelah, maka kondisi ini akan memengaruhi kemampuan penglihatan serta menurunkan kinerja kamu.

Maka, beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, antara lain:

  1. Tutup mata dan pijat bagian pelipis beberapa menit untuk mengurangi rasa lelah pada mata
  2. Regangkan tangan, kaki, bahu, dan punggung untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh
  3. Meletakkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata selama 15-20 menit
  4. Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin
  5. Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari 
  6. Menempatkan sendok dingin (sebelumnya ditaruh di dalam lemari es) di mata yang tertutup
  7. Mengompres mata dengan kantong teh dingin
  8. Kompres mata dengan kapas bola yang dicelupkan ke susu dingin atau air mawar
  9. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering yang disebabkan oleh kelelahan
  10. Menggunakan masker mata (steam eye mask) untuk memberi efek relaksasi dan melancarkan peredaran darah di sekitar area mata

Review Kao MegRhythm Steam Eye Mask

Nikmati Relaksasi Mata dengan Teknologi Uap Hangat 


Adalah Kao MegRhythm Steam Eye Mask yang belakangan saya gunakan untuk relaksasi mata. Produk yang bisa membantu memberikan relaksasi dan kesegaran pada mata yang telah bekerja keras dan lelah beraktivitas dengan teknologi uap hangat yang nyaman. 

Kehangatan uap masker mata buatan Kao, brand dari Jepang ini, sekitar 40˚C, akan berlangsung selama ± 20 menit yang akan membantu mengurangi ketegangan pada mata lelah kamu! 

Selengkapnya, yuks kita review!

Kao MegRhythm Steam Eye Mask

Harga


Varian

Lavender scents: untuk lebih rileks menjelang tidur
Chamomile scents: untuk menenangkan pikiran yang lelah
Rose scents: untuk menutup hari yang menyenangkan

Saran Waktu Pemakaian

sebelum tidur | saat bepergian | terpapar gadget

Manfaat

Uap hangat yang nyaman memberi relaksasi pada fisik dan pikiran, membalut area mata dengan lembut.
Steam Eye Mask akan segera menghangat sesaat setelah kemasan dibuka, maka pakailah segera.
Kenyamanan uap hangat berlangsung selama 20 menit. 
Dapat dipakai dalam posisi tidur ataupun duduk, sangat pas dan nyaman di area mata ketika digunakan

Cara Pemakaian

Keluarkan steam eye mask dari dalam kemasan (steam eye mask akan segera menghangat setelah dibuka. Gunakan segera setelah dibuka) 
Sobek mengikuti garis perforasi, lalu kaitkan ear strap pada telinga (gunakan sisi berwarna putih pada mata, celah yang lebih lebar di bagian bawah)

Peringatan

Jangan gunakan dengan masker mata yang lain
Jangan langsung menggunakan steam eye mask setelah memakai obat tetes mata
Dapat melunturkan make up

Review

Kali ini saya memakai Kao MegRhythm Steam Eye Mask varian Lavender scents, menjelang tidur. Kemasan berbentuk kotak berisi 5 lembar steam eye mask yang dikemas per lembar dengan aman.

Ear strap-nya elastis dan nyaman di telinga. Jadi meskipun Kao MegRhythm Steam Eye Mask ini hanya tersedia dalam satu ukuran saja, bisa dipakai siapa saja. 

Ukurannya pun pas di hidung kita sehingga ketika dipasang bagian yang menempel di mata langsung lembut terasa.

Oia, ketika dibuka Kao MegRhythm Steam Eye Mask ini segera menghangat maka segera pakai yaa.

Uap hangatnya langsung bekerja, membuat area sekitar mata yang tegang jadi nyaman. Apalagi ada aroma lavender yang membuat lebih rileks. 

Lavender memang paling sering digunakan terutama untuk efek relaksasi. Karena keharuman dari minyak tanaman lavender ini dipercaya dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kesehatan, mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan rasa sakit ringan.

Saya nyaris ketiduran saat memakainya, saking keenakan. Kwkwk. 

Tapi usahakan tetap terjaga dan melepas steam eye mask-nya yaaa. Karena, setelah habis durasi panasnya, lapisan masker akan terasa agak kaku dan keras. Mata dan area sekitarnya adalah area yang halus, jadi sebaiknya pakai sesuai saran penggunaan agar tidak muncul gejala yang aneh atau tidak biasa selama pemakaian.

Oia, Jika Keluhan Mata Lelah yang Kamu Alami Tidak Kunjung Membaik, 


meski telah melakukan berbagai cara mengatasi mata lelah di artikel ini, sebaiknya periksakan keluhan kamu ke dokter mata agar bisa diberikan penanganan yang tepat ya..! 

Tetap semangat jaga kesehatan, termasuk kesehatan mata kita! See Ya!💖


Stay Happy & Healthy

Dian Restu Agustina









Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

24 komentar untuk "Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Penggunaan Gadget"

  1. Wohoo, ini produk yg revolusioner banget!
    Gokiil sih ini mbaaa, karena memang kita semua paham kalo organ mata tuh pentiiingg, butuh treatment supaya bisa relax juga ye kan.
    hanya saja, kita sering abai dgn kesehatan dan kenyamanan mata

    BalasHapus
  2. Kerjaan sebagai freelancer blogger menuntut aq ntuk lbh sering menatap gadget, dn skrg lebih sering mengalami mata lelah, pas bgt nih mw coba pake produk nya

    BalasHapus
  3. Semenjak bekerja dari rumah dan sering memakai laptop dan gadget waduh terasa perih dan lelah ya mata ini. Apalagi saya juga pakai kacamata slinder +plus. Biasanya kalau sudah 2 jam kacamata saya lepas dan jauhkan dari gadget & laptop.Istirahat sejenak. Boleh nih dicoba Kao MegRhythm Steam Eye Mask untuk bantu mata yang sering lelah

    BalasHapus
  4. Blue light dari gadget bahaya banget ya mbak, apalagi blogger macam kita yang pekerjaannya sering depan gadget, risikonya besar. Selain mengurangi penggunaan, juga perlu perawatan yang tepat. Penggunaan steam eye mask bisa jadi salah satu cara buat mengatasi itu, ya. Cara lain juga bisa dengan mengganti laptop lama ke laptop yang sudah menggunakan teknologi eye care kayak A**S Oled :D

    btw aku belum pernah coba tuh kompres mata pakai kantong teh bekas hihi rada khawatir tehnya masuk mata wkwkw
    Pengen coba cara sendok yang didinginkan di kulkas. Kalau sendoknya stainless steel, kayaknya dingin banget, cocok buat nyegerin mata.
    Tapi lebih praktis pakai produk yang mbak Dian bahas :)

    BalasHapus
  5. Mantep ini steam eye mask. Baru tau, kalau dibuka langsung menghangat ya. Tapi jangan kelamaan pake juga ya, karena bisa mengeras dan kaku

    BalasHapus
  6. Ahhh, aku pun kadang suka merasa lelah, masih tradisional banget suka pake mentimun atau kapas basah, dikompres. Banyak cara banget nih,
    Tapi yang steam eye mask ini belom pernah nyobain, mau kepoin ahhh, btw harganya pun masih terjangkau 😍

    BalasHapus
  7. cocok ini sepertinya untukku karena setiap hari selalu didepan gadget, kadang suka jeda sejenak takut mata kelelahan. Pengen ah cobain steam eye masknya, karena biasanya selama ini mata lelah ku pakai istirahat atau aku kasih tetes mata.

    BalasHapus
  8. Beneran nih, nyaman banget. Dari bayangan saya aja udah terasa 'nyes' di mata. Jadi adem, fresh lagi gitu. Kao MegRhythm Steam Eye Mask juga bisa dipakai siapa saja karena 1 ukuran.

    BalasHapus
  9. Waini ..aku ngalami banget nih mata lelah gara2 gadget...tipsnya cucok banget..jadi pengen cobain biar mata steam mask nya nih..

    BalasHapus
  10. Wah kreatif nih ada masker khusus mata lelah. Sebagai blogger aku butuh ini nih mbak. Lumayan membantu ya pakai ini?

    BalasHapus
  11. kebayang rileksnya mata menggunakan steam eye mask mbak, jadi inget sama mataku yang kini mudah lelah. Kayaknya sebab kebanyakan terpapar sinar dari gadget. jadi pengen nyobain sensasinya steam eye mask di mataku nih. makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  12. Waaww ini produk perawatan daerah sekitar mata yang saya cari. Masalag kqntung mata problem saya makk, pake cream mata belum terlihat nyata hasilna.

    BalasHapus
  13. Iya terasa lho kelamaan menatap layar laptop dan ponsel mata jadi cepat lelah dan leher kaku mau coba deh steam eye mask ya... sepertinya nyaman untuk mata..

    BalasHapus
  14. Bahkan hanya scroll sosial media saat gabut tapi menghabiskan beberapa waktu itu bikin mata lelah banget. Apalagi kalau udah dkejar deadline, harus bener2 mantengin layar monitor nih hahaha
    Steam eye mask ini bakalan membantu banget deh kalau tetiba mata bener2 capek dan butuh refresh sejenak
    Penasaran deh pengen cobain juga mbak heheee

    BalasHapus
  15. Nyaman banget yaa..mata dikompres menggunakan steam eye mask.
    Aku kalo lelah di depan gadget, selalu rebahan dan uwek-uwek kening sampai mata sampai tertidur.
    ehhe, segampang itu akutu tertidur, alhamdulillah..

    BalasHapus
  16. Wah iya, sebagai blogger pastinya banyak aktivitas kita yang menggunakan gadget ya mbaa
    Akibatnya mata sering terkena sinar gagdet
    Penting banget ya mengatasi mata lelah dgn Kao MegRhythm Steam Eye Mask ini

    BalasHapus
  17. Kondisi pandemi ini memang menggeser habit jadi semuanya serba virtual dan juga online dari waktu ke waktu. Aku butuh bgt sih ini mba Dian, secara screen time sehari-hari aku jg butuh ada treatment nya seperti steam eye ini. Kebayang nyaman dipakainya

    BalasHapus
  18. yang ku tahu rule 20-20-20 itu begitu dipraktekkan enak lho mbak. Mata tidak mudah lelah. Kudu sabar aja nunggu 20 detik.
    Cara mengompres mata atau pakai masker mata ku belum pernah. Dicoba deh yaa karena tiap hari memang erat beraktivitas dengan gawai.

    BalasHapus
  19. Wah,aku belum pernah pakai masker mata. Cuma biasanya aku istirahat aja kalau misalnya mata lelah gitu karena harus mentelengin hp hehehe

    BalasHapus
  20. Waahh referensi baru nih untuk eye mask... biasanya saya hanya menggunakan air mawar atau sendok dingin, mba. Boleh juga nih dicoba treatment untuk mata lelah yang satu ini.

    BalasHapus
  21. aku dulu pernah dikasih saran sama dokter mata yang tehnik 20-20-20 itu. tapi sering terlupa kalau sudah kadung konstrasi di depan layar.

    BalasHapus
  22. Wah masker mata yang recomended nih. Terjangkau juga harganya. Harus coba nih

    BalasHapus
  23. Waahh cocok untuk dicoba niih, kebetulan aku sama gadget udh soulmate, pengen punya mata yg sehat juga, cuzz melipir beli..

    BalasHapus
  24. Sepertinya saya butuh mask ini apalagi menghadapi deadline kadang kudu begadang supaya tulisan editannya rapi, kontennya bagus. Ini bisa dibeli offline di minimarket kak?

    BalasHapus