Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Makan di Kedai Gula Jawa Semarang

Ketika singgah di Semarang, jelang balik ke Jakarta lebaran silam, happy benar saya. Sudah nginapnya di hotelnya Radja Art & Boutique Hotel Semarang mengesankan, eh pas kulineran di sekitar area pun enggak kecewa.

Yup, malamnya saat nginep di Hotel Radja, kami keluar cari makan dan nemu Kedai Gula Jawa yang tak hanya tetanggaan lokasinya tapi juga rasa dan layanannya juara!

Kulineran di Sekitar Hotel Radja Semarang

Jadi pas di hotel saya usul ke suami makan di Savanna Bistro saja, resto yang ada di Hotel Radja Semarang yang kalau pagi jadi tempat sarapan. Tapi kata suami, di luar kan lagi cerah, kita makan keluar saja, biar beda suasana. Iya juga yaaa...

Oia, sebenarnya sih tadi sampai di hotel si Adik dan Bapak baru makan jatah makan siangnya (di jalan yang satu masih nyetir enggak mau makan, yang satunya bilang masih kenyang) jadi baru deh disantap di hotel.

Saat keluar Jogja, kami singgah di Indomaret Point dan beli frozen yummy choice dulu, itu lho makanan beku siap santap yang tinggal dihangatkan saja di microwave (ada di Indomaret Point biasanya) dan kita bisa santap setelahnya.

Jadinya, meski pergi si Bapak dan Adik bilang hanya mau ngemil saja...sementara si Mas dan saya makan beneran, karena memang kelaperan.

Kami pun keluar dan berjalan kaki di sepanjang jalan Singosari, dan bingung dong, aneka rupa kedai, resto, rumah makan, you name it, .....ada di sana!

Dari cafe, ramen, gelato, steak, hidangan laut, resto burger, gerai cake, donat....lengkap! Dan hampir semua ramai pengunjungnya, maklum ini masih hari kelima lebaran, jadi masih cuti bersama.

Jalan sampai ke ujung, si Bapak pengin makan steak, eh ada tulisan besar mereka tutup selama lebaran. Akhirnya nanya si sulung, dia maunya ke Kedai Gula Jawa saja.

Sebuah bangunan yang terlihat ramai orang dari luar, dan parkiran pun padat terlihat.

Kedai Gula Jawa Semarang
Nasi Campur Gula Jawa

Kuliner Murah Semarang
Strawberry Latte

Tentang Kedai Gula Jawa Semarang

Baiklah, masuk ke dalam..., langsung tertumbuk mata pada cake corner  bersisian dengan kasir di dekat pintu masuk, yang diikuti meja kursi di bagian dalamnya, yang memang penuh tamu!

Pas celingak-celinguk cari tempat, langsung disamperin crew dan diminta menunggu sebentar dulu. Ternyata, ada satu meja yang sedang dibersihkan dari tamu terdahulu.

Meja lainnya?

Penuh, hanya ada dua meja kosong tapi sudah ada tanda reserved di situ. Ini di lantai satu, enggak tahu di lantai dua. Tapi mengingat tadi parkiran sesak dan si crew minta kami menunggu meja kosong di lantai satu kemungkinan lantai dua sama penuhnya.

Oia, saya amati beberapa meja diisi keluarga (besar), ada Eyang Uti, Eyang Kakung plus anak cucunya. Juga beberapa keluarga dengan anak-anak mereka, mini reunian teman-teman yang sepertinya halalbihalal, dan keluarga yang makan di luar karena ditinggal mudik Mbak-nya. Suasananya lebaran banget pokoknya!

Kemudian, melihat daftar menunya beragam ya, ada masakan Indonesia juga luar, minuman pun sama. Jadi meski namanya Kedai Gula Jawa, jangan khawatir menunya bukan berarti Jawa semua...

Nah, akhirnya pilihan jatuh pada menu: Cheese Lover Pizza (Rp 50.000), Spaghetti Carbonara (Rp 45.000), Nasi Campur Gula Jawa (Rp 30.000), dan Smoked Beef Salad (Rp 28.000).

Sementara untuk minumannya: Dawet Special (Rp 20.000), Hot Sweet Tea (Rp 10.000), Ice Strawberry Latte (Rp 28.000), Lipton Peppermint (Rp 13.000), dan  Mineral Water (Rp 8.000).

Total semua - termasuk pajak: Rp 255.200

Untuk ukuran restoran dengan tempat yang nyaman, serta layanan baik dan mengesankan, harga sekian amaaaan! Masalahnya di Jakarta bisa lebih bayarnya, untuk rumah makan yang setara!

Lalu, bagaimana dengan rasanya?

Es Dawet Special Gula Jawa
Smoked Beef Salad & Es Dawet Special
Cheese Lover Pizza Kedai gula Jawa
Cheese Lover Pizza

Menu di Kedai Gula Jawa Semarang

Nah, semua menu ini datang tak bersamaan, dan enggak pakai lama juga nunggunya meski resto sedang ramai pengunjungnya. Jadi serving time-nya standar saja. Soal rasa, yuk kita ulas ya...

Pertama, pilihan saya: Nasi Campur Gula Jawa, salah satu menu andalan kedai ini. Nasi Campur Gula Jawa ini terdiri dari nasi putih, urap, lodeh labu/wortel, ayam suwir, usus, ayam goreng, sambel dan kerupuk. Porsinya pas bagi saya dan rasanya mantap.

Kemudian Cheese Lover Pizza, datang dalam porsi medium (sebelumnya, kami kira personal pan pizza size-nya) dengan cheese berlimpah, bikin si Adik sampai minta bantuan menghabiskan,yang rasanya juga lebih dari harapan.

Lalu, Spaghetti Carbonara, isinya smoked beef, sosis, jamur, dan keju, super creamy dan rasanya 'asli', gitu kata si Mas. Lanjut, Smoked Beef Salad, juga tak mengecewakan kata si Bapak!

Sementara minumannya, Dawet Specialnya enak kata si Bapak (saya juga icip sedikit, beneran seger, manisnya pas dan gurih santannya). Sedangkan minuman yang lainnya, standar rasanya.

Kami menikmati makan di Kedai Gula Jawa ini, meski tak bisa berlama-lama. Karena sepanjang makan, saya yang kebetulan duduk menghadap ke pintu masuk, melihat tamu-tamu berdatangan dan ingin makan. Karena kedai penuh, jadi mereka ada yang pilih nunggu ada juga yang balik kanan.

Saya kalau lihat orang lain nunggu untuk dapat tempat duduk begitu rasanya enggak tega kalau mau makan lama-lama. Jadi, waktu makan secukupnya saja, biar cepat kelar dan gantian mereka yang makan.

Makan di Kedai Gula Jawa
sumber: IG @kedaigulajawa

Kedai Gula Jawa Jalan Singosari Raya Semarang

sumber: @kedaigulajawa

Penutup

Maka, segera deh kami sudahi makan di Kedai Gula Jawa ini, pepotoan makanan juga secukupnya saja, karena mau foto spot cantik yang ada di lokasi juga enggak bisa, lagi ramaiiii pengunjungnya! Karena saya juga enggak mau asal foto tempat dengan banyak orang di sana-sini, biar enggak melanggar privasi.

Nah, buat dirimu yang bermukim di Semarang atau sedang mengunjungi Kota Lumpia, Kedai Gula Jawa yang berlokasi di Jl. Singosari Raya No.49, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang ini, bisa jadi referensi. Bukanya sejak pukul 7 pagi dan tutupnya pukul 10 malam (Minggu-Kamis) dan 11 malam (Jumat - Sabtu), ya Bestie....!

Kepoin saja IG @kedaigulajawa atau untuk Info & Reservasi via WA ke 087700534848 saja yaa!💖

Happy Culinary

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

26 komentar untuk "Pengalaman Makan di Kedai Gula Jawa Semarang"

1. Ngeliat tempatnya ternyata besar dan cantik, langsung setuju kalo harganya murah 👍👍.

Kalo sedang suasana prak season gitu, semua tempat kebanyakan pasti rameee ya mba 😁. Aku aja di JKT susah juga nemuin tempat makan yg sepi. Pilihannya cuma tutup, atau rame 🤣. Makanya aku banyak stok Frozen foods.

Pizza kejunya kliatan bgt enaaak 🤤🤤 duh jadi laper liatnyaaa 🤣😄. Si Kaka kalo udah kliatan pizza pasti deh suka bangettt

BalasHapus
  2. Tempatnya bagus ya mba, pilihan menunya juga banyak.

Aku kok mikirnya nasi campur gula jawa itu ada gula merahnya hahah, lha orang gula jawa itu nama kedainya wkwkkw, kocak bgt, apa rasanya nasi campur dikasih gula jawa, jadi manis kaya dawetnya nanti.

3. Aku yang tinggal di semarang malah belum pernah ke hotel dan resto ini. Ternyata ga cuma menu jawa, ya

BalasHapus
  4. dari nama kedainya aja udah menjanjikan makanan kayak comfort food sesuai selera aku nih.

5. Wah Semarang rame ya pas hari2 Lebaran.
    Baca nama tempat makannya, kedai gula jawa bayanganku ya aneka makanan yang ada gula jawanya hahaha, ternyata komplit ya makanannya juga ada spaghetti dan pizza juga. Noted! Ntar kalau ke Semarang, bisa nih jadi salah satu tujuan tempat makan :)

BalasHapus
  6. Tempatnya asyik ya mbak, sayangnya pas ke sana lagi penuh jadi nggak bisa eksplor dan pepotoan dengan leluasa. Makan secukupnya, selesai makan segera beranjak, gantian dengan calon pengunjung lain yang juga mau makan.

Hihi... emang tampangnya gimana sih keluarga yang ditinggal mudik mbaknya?

7. Wah aku penasaran sama Nasi Campur Gula Jawa, kayanya isinya bikin ngiler dan komplit banget. Wajib nyoba deh kalo ke Semarang, Kalau anak-anak mah pasti spaghettu kalau ngga pizza, ngga doyan urap2 soalnya wkwkkw. Thx mba reviewnya, bisa jadi rekomendasi nih.

BalasHapus
  8. kalau aku penasaran sama nasi campur Gula Jawa. Berhubung nama restonya khas Indonesia jadi expect dengan makanan tradisional.

eh kenapa komenku mirip mbak Lintang, hahah ... anakku kayaknya ngincer yang spaghetti, sih

9. Asik nih jadi ada tambahan referensi restoran untuk nanti ke Semarang, karena aku berencana melaksanakan trip ke Semarang. Trip yang tertunda pada tahun lalu karena mamahku berpulang, jadinya baru akan terlakasanakan nanti pas libuatan sekolah.

10. Gini ini yg bikin mupeng.buat segera traveling.ke JaTeng

Banyak destinasi kuliner yg yummyyy dgn harga super affordable

11. Aku kira kedai gula Jawa ini hanya menyajikan masakan khas Indonesia saja seperti nasi campur, ternyata ada pizza nya juga ya mbak
    Aku jadi pengen sama pizza nya

BalasHapus
  12. Waah, menunya doonk.. So Jawa syekalii...
    Tapi juga ada varian lain yang bisa dijadikan pilihan. Anakku suka pizza, aku suka masakan homemade. Cucok nongki lama-lama di Kedai Gula Jawa Semarang.

Tapi aku belajar dari kak Dian nih.. Untuk tidak memfoto tempat publik sembarangan karena ada privacy orang lain. Nuhun, kak Dian.
    Have a nice holiday ((walau hanya satu hari, hehehe))

BalasHapus
  13. Unik sekali nama kedainya. Kedai Gula Jawa. Njawani banget, tapi menunya variatif. Bahkan ada pizza nya.

Semakin membuat rindu traveling nih.

14. Menarik sekali menunya ada Spaghetti Carbonara, aku belum pernah nyobain sih. Tapi bikin ngiler baca ceritanya, Mbk. Jika makan di sini dengan interiornya juga menarik, asli bakal jadi kenangan indah deh.

BalasHapus
  15. Sesekali pingin juga singgah lebih lama dan nginap di Semarang pas pulang kampung ke jember, soalnya pernah mampir di Semarang cuma sempat mengunjungi Lawang Sewu, kayaknya enak nih menunya dan ngak hanya kuliner khas daerah ya jadi bisa leluasa pilih-pilih menu.

16. Wah tempatnya nyaman gitu ya. Bikin aku kepengen main ke Semarang lagi deh. Huhu udah lama aku gak ke Semarang. Terakhir tahun berapa ya. Heuheu beneran udah lama. Main ke tempat wisata dan wisata kuliner Semarang, asyiiiik banget

17. Tadi mikirnya cuma menu Indonesia aja ternyata ada pizza segala. Komplit nih menunya. Apalagi kalau harganya terjangkau nih. Cocok kalau bawa keluarga

BalasHapus
  18. Aku pikiir tadi pas baca nama cafenya, menu2nya berbahan dasar gula jawa lho mbaaa. Ternyata enggak yaaa. Menunya keliatan enak2 jugaaa. Kapan2 mampir nihhh

19. Waduh nggak tahu kalo mampir nginap di Semarang, bakal aku samperin nih kalo tahu, hahahaa.
    Mba Dian pinter memilih resto Gula Jawa, di situ makanannya rekomended banget. Aku sering makan di sana, kalo nggak bareng keluarga, sepupu, ipar, atau teman alumni. Tempatnya nyaman sih buat ngobrol dan makanannya juga enak. Enggak nyoba gado-gadonya? Sambelnya enak tuh, mba

BalasHapus
  20. Nasi campur gula jawa isinya lengkap banget ya, Mbak. Kebayang nih nasi anget sama urapnya pasti menggugah selera. Duh, jadi lapar ini malam-malam ngebayangin urap haha. Tempatnya juga asyik banget buat kumpul keluarga, pantesan rame terus yaaa.

21. Tempatnya cozy ya. Saya kalau ke sana (kapan-kapan) pengen ah cobain Cheese Lover Pizzanya. Kelihatannya enak tuh. Apalagi anak-anak ya emang doyannya pizza serba keju gitu.

22. Wah, tempatnya bagus banget, pantesan ramai. Aku penasaran sama nasi campurnya, uww kelihatan enak banget ya mbak,.Next, kalau ke Semarang wajib kesini ya

BalasHapus
  23. Kalo liat dari daftar menunya, nama Gula Jawa nggak mewakili, hehehe. tapi gak apalah ada pilihan menu, jadi bisa milih yang made in jawa atau mah mau yang van jawa gitu yah, hehehe. btw tempatnya juga asik yah

24. Mbaak aku penasaran kenapa namanya Kedai Gula Jawa. Sebelum baca artikelnya kirain ini resto yang jual minuman dengan gula jawa. Ternyata bukan ya. Menunya juga bermacam - macam

25. Menunya variatif, banyak pilihannya. Perpaduan menu lokal dan luar. Boleh nih kapan kapan kalau ke Semarang mampir di mari.

BalasHapus
  26. kukira dari nama tempatnya adalah kedai gula Semarang pastinya menu yang ditawarkan aneka makana jawa naytanya variatif sekali ya mba