Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menginap di Radja Art & Boutique Hotel Semarang

Lebaran hari kelima, saya sekeluarga sedang di Jogja. Rencananya, perjalanan akan dilanjutkan ke Semarang esok harinya, setelah singgah dulu ke tempat Mas ipar saya di Ambarawa. Menginap di Semarang semalam, baru Jumat pagi cus ikut arus balik one way ke Jakarta.

Sebenarnya perjalanan mudik kami ini sudah direncanakan, tapi karena fleksibel mampir-mampirnya, maka kami memang niat booking hotelnya dadakan. Dan, ini ternyata fatal pemirsaaa...

Dua kali cari hotel di Solo dan Jogja - yang sesuai budget, harganya semua meroket. Tingginya permintaan akibat libur lebaran beneran jadi kesempatan bagi pengusaha, setelah dua tahunan akibat pandemi bisnis penginapan sepi.

Akhirnya kami nginap semalam di Jogja di sebuah hotel sederhana (nanti saya tuliskan terpisah). Syukurnya waktu cari hotel di Semarang, suami saya nemu website Hotel Radja dan minta saya kontak nomor WA mereka untuk pesan kamarnya.

Well, memang booking hotel lebih mudah via platform seperti Traveloka, Agoda, Pegipegi, Tiket, Booking dan lainnya. Tapi kalau harga di situ tinggi atau sudah fully booked, coba saja hubungi langsung hotel lewat telpon, email atau WA-nya, biasanya masih ada.

Saya sudah pernah beberapa kali coba dan keuntungannya harga kamar jadi lebih murah dari aplikasi juga bisa pesan kamar sesuai keinginan kita!

Seperti saat saya pesan kamar di Radja Art & Boutique Hotel Semarang!

Pengalaman Menginap di Radja Art & Boutique Hotel Semarang

Pengalaman Pesan Kamar Lewat WA ke Hotel Radja Semarang

Jadi saya WA ke nomor yang tertera dan minta pesan kamar Family Suite untuk check in tanggal 6 check out tanggal 7.

Eh, dibalas petugas kalau tipe kamar sudah fully booked!

Saya kemudian ubah pesanan ke 2 kamar (sejak anak-anak sudah makin besar, memang saya selalu pesan 2 kamar dan bukan nambah extra bed, biar nyaman)

Lalu dijawab ada kamar Superior masih avalaible untuk 2 room, harga Rp 550.200 nett/room, free sarapan untuk 2 orang. (Sejatinya published rate (untuk normal season bukan high/peak season, di website, jauh di bawah ini, untuk tipe kamar ini Rp 348.000)

Tapiii, karena saya sudah cari-cari di aplikasi dan harga hotel lainnya menjulang tinggi, jadi auto saya pesan saja. Kemudian diminta isi form pemesanan via WA juga, plus sekalian transfer ke rekening bank hotelnya.

Done pesan!

Esoknya, kami keluar dari Jogja ke Semarang ambil rute lewat Ambarawa (arah kebalikan saat kami ke Dieng dulu), dan singgah sebentar di rumah Mas ipar saya.

Sampai Semarang jam 4 sore dan langsung ke tekape, Radja Art & Boutique Hotel di Jl. Singosari Raya No.4, Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dan seperti kebanyakan hotel (budget) yang berlokasi di pusat kota, masalahnya ada di parkiran. Cuma enggak usah khawatir, ada fasilitas vallet parkir gratis dari pihak hotel, jadi tinggal kita kasih kuncinya saja, petugas yang bantu parkir di lahannya - yang memang full mobil karena tamu juga lagi ramai- dan kita simpan kartu parkirnya.

Review Radja Art & Boutique Hotel Semarang

Pengalaman Menginap di Radja Hotel Semarang

Savanna Bistro Hotel Radja Semarang

Lalu Bagaimana, Hotel Radja Semarang Yay or Nay? Yay, dongs! Tapiii...

Saya berkesan sekali menginap di sini! Baik fasilitas maupun layanan bikin puas. Apalagi konsep eco green living yang ditawarkan, bikin saya yang menjadi pendukung konsepnya, jadi nyaman!

Tapiii, pasti adalah ya kurangnya, kita ngomongin kritik membangun dulu saja yaaa....Jadi, kekurangan Radja Art & Boutique Hotel, di antaranya:

1. Hanya ada 1 lift yang sedang daya tampungnya - yang sepertinya juga dipakai baik untuk tamu maupun karyawan, jadi saat ingin naik turun nunggunya perlu waktu.
  2. Tersedia hanya 1 Bath Gel (untuk shampoo sekaligus sabun) yang tentunya kurang kalau memang kamar (biasanya) disiapkan untuk 2 orang. Sebaiknya 2 buah, atau dipisah shampoo sendiri, sabun sendiri. Saya yang sudah pede enggak nurunin perlengkapan mandi jadi nguprek bagasi nyari tas sabun dan kawan-kawan. Memang sih bisa minta tambah, tapi kalau disediakan kan mempermudah
  3. Dispenser air minum di tiap lantai ada, mohon di cek berkala apakah air di galon tersedia
  4. Untuk lay out menu saat sarapan di Savanna Bistro, peletakan piring makan di mana sementara makanan di mana agak membingungkan. Juga makanan utama terpisah dengan menu utama lainnya, mungkin diperbaiki peletakan sesuai jenisnya agar memudahkan saat mengambilnya.
  5. Kalau mau ke wastafel di Savanna Bistro harus ke toilet, tidak tersedia di area

hotel dekat Simpang Lima Semarang

Hotel Budget Semarang

Superior Twin Suite Hotel Radja

Superior Double Suite Hotel Radja Semarang

Apa yang Mengesankan di Hotel Radja Art & Boutique Semarang?

Lobby Radja Art & Boutique Hotel

Jadi, dari parkiran kita naik tangga ke lantai satu di mana ada lobby di situ. Lobby-nya minimalis tapi manis. Ada seorang petugas resepsionis yang malayani antrian 4 tamu yang akan check-in bersamaan dengan kedatangan saya. Si Mbak, sigap jadi enggak pakai antri lama.

Ada set arm chair, kursi rotan dan satu sofa tersedia di area. Sementara ada playground mungil untuk bocil di salah satu sudutnya. Karena nama hotelnya ada "art"-nya, tentu saja, ada lukisan dan mural menghiasi ruangan yang membuat lobby yang menyatu dengan restoran tempat sarapan (juga buka untuk makan siang/malam ini) makin cantik saja.

Oia, yang unik lagi ada lemari pajangan di sudut lain lobby di mana ada koleksi mainan/action figure/collectibles di situ. Juga ada mainan sepakbola meja di dekatnya.

Saya menyebutkan data pemesanan dan happy-nya diberi kamar jejeran dengan connecting door, sebagai ganti sudah habisnya family room yang saya pesan. Jadi mempermudah ngawasin anak-anak, kan? Yeayy!

Hotel Murah di Semarang

Budget Hotel Semarang

Kamar Hotel Radja Semarang

Jadi dua kamar yang saya dapatkan punya tipe berbeda. Yang satu: Superior Double Suite untuk saya dan suami, dan satunya Superior Twin Suite untuk anak-anak, yang terkoneksi dengan pintu yang di resepsionis tadi saya diberi kuncinya.

Kamarnya simpel minimalis, standar hotel bintang 2+, dengan penataan yang apik. Yang menarik, di dindingnya ada quote yang di masing-masing kamar berbeda.

Sementara, selain beda di jenis bed, yang satu bed ukuran double yang lain dua bed berukuran single, fasilitas kedua kamarnya sama.

Ada side table dengan IID telephone di atasnya, working desk lengkap dengan kursinya dan TV LED 32" dengan aneka pilihan channel. Di atas meja, tersedia coffe/tea plus cup, water heater, dan botol air - air mineralnya bisa ambil di dispenser yang tersedia di luar kamar.

Ada meja kecil untuk tempat koper/tas/sepatu dan gantungan baju di sudut lainnya dan AC melengkapi ruangannya. Semua konsep desainnya praktis dan manis! Dan yang penting free Wi-Fi internet acces yang lumayan kenceng..

Lalu kamar mandinya?

Ada shower air panas/dingin, 2 handuk bersih, bathrooms amenities, dan disertai pesan-pesan seputar bijak menggunakan air dan handuk demi kelestarian lingkungan. Senada dengan benda-benda yang ada di ruangan (juga di lobby tadi) yang menggunakan bahan daur ulang, dan bahan ramah lingkungan!

Oia, satu lagi, kamarnya ada aroma wangi yang soft gitu, tapi bukan dari pengharum ruangan atau apa...melainkan linen-nya. Jadi sprei dan teman-temannya pengharumnya bisa menguar ke seluruh ruangan, sampai si sulung komentar,"Spreinya wangi, Bu"..hihihi

Rekomendasi tempat Pesta Ulang Tahun di Semarang

Hotel hemat Semarang

Review Radja Hotel Semarang

Rekomendasi hotel budget semarang

Sarapan di Savanna Bistro - Radja Art & Boutique Hotel Semarang

Jadi kami berniat check-out sepagi mungkin, mengingat sebelum cus balik Jakarta mau singgah ke kampus UNNES (Universitas Negeri Semarang) dulu.

Oia, mudik ke Kediri kami kali ini memang diselingi dengan wisata kampus untuk mengenalkan anak-anak universitas di negeri ini. Dan UNNES adalah tujuan terkahir (dari 10 kampus di 4 kota berbeda yang kami kunjungi)

Maka, jam 6 teng kami sudah turun ke Savanna Bistro untuk sarapan. Kirain paling pagi..eh ada juga yang seperti kami sarapan cepat hihihi..

Tapi masih sepi jadi ada menu yang belum keluar, tapi enggak lama lengkap kok!

Saya, rasan-rasan sama suami, untuk kelas hotel budget, menunya lengkap juga...Ada pilihan ceral, roti bakar, bubur ayam, nasi ayam, menu utama nasi dan lauk pauknya, teh/kopi, air putih/infused water/jus jambu dan kue dan buah pencuci mulut. Rasa makanannya, mantap juga...! Sudah sarapan bisa deh buat modal tenaga sebelum balik Jakarta!

Oia, Savanna Bistro, restoran di Hotel Radja Semarang ini juga menyediakan menu di luar sarapan juga jadi tempat gathering/ultah, dll. Saya baca flyer yang ditempelkan di lift, harganya pun terjangkau sekali.

Cuma, karena malam harinya kami pengin makan di suasana berbeda jadi keluar ke jalan Singosari Raya yang memang salah satu pusat kuliner di Semarang.

Penutup

Nah, pengalaman saya selama menginap semalam di Radja Art & Boutique Hotel Semarang mengesankan. Lokasinya strategis, beneran selangkah kalau mau kulineran ada banyaaak pilihan tempat makan, dan walau mesti harus pakai kendaraan ke pusat kota (Simpang Lama) juga dekat saja. Fasilitas lengkap untuk standar hotel budget/bintang 2+, juga layanan petugas hotel ramah dan sigap membantu tamu.

Ada hal-hal kecil yang unik juga yang bisa menginspirasi. Seperti quote di Superior Double Suite yang saya tempati: "Euneirophrenia (n) the peace of mind that comes from having pleasant dreams." (meski ada typo di kata pleasant), dan di Superior Twin Suite yang ditempati anak-anak saya, "You Get Educated by Traveling"

Dan, ...konsep eco green living-nya yang paling saya suka!

Nah, kalau kamu ke Semarang, Radja Art & Boutique Hotel ini bisa jadi pilihan! 💗

Radja Art & Boutique Hotel
Jl. Singosari Raya No.4, Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
Web: radja-smg.com | IG: @radjahotel.smg | WA: +62 822-7244-4088

Happy Traveling

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

22 komentar untuk "Pengalaman Menginap di Radja Art & Boutique Hotel Semarang"

1. Wah bisa pesan via WA ya mbak
    Cukup nyaman ya mbak Radja Art & Boutique Hotel Semarang ini
    Bisa nih, jadi note aku kalau suatu hari jalan jalan ke Semarang

BalasHapus
  2. Oh saya tahu hotel ini. Sekedar lewat aja sih, pernah mau booking buat bukber sama teman tapi full. Pas masuk sempat lihat-lihat memang bagus sih tempatnya. Tapi kalau sama suami tetap ada yang dikomen

3. Kamar hotelnya simple tapi terlihat nyaman sih menurut saya. Poin plus nya hotel ini tuh bisa pesan via WA yaa jadi gampang deh.

4. Kalau untuk sekadar bermalam sepertinya hotel ini recommended ya Mbak, walau agak nyes juga perbedaan harga dari aplikasi sama pesan dari WA hehehe.

Balasan
    1. Murah di WA , Mbak. Saya tulis di atas kalau karena libur lebaran harga jadi jauh berbeda, susah nyari di aplikasi, disebutkan kamar pesnuh, pas di WA masih ada kamar. Biasa memang begini, ada slot untuk aplikasi, ada slot masih dibuka untuk pemesanan langsung ke pihak hotel:)

Hapus
  5. Makasih Mbak atas informasinya. Bisa jadi pertimbangan kalau pas jalan-jalan ke Semarang dan nginap. Suka banget liat foto-foto kamar dan kamar mandi hotelnya. Biasanya sblm pesan.kamar, saya juga selalu cekkondisi hotel termasuk kamar tidur dan kamar mandinya.jadi berguna banget ada tulisan kayak gini.

BalasHapus
  6. Oh ini yang di jalan Singosari itu? Aku pernah lewat beberapa kali, tapi baru kali ini baca reviewnya langsung. Eh Mbak Dian.. btw wisata kampus ini bisa dimulai sejak anak usia berapa, Mbak? Apa nunggu mereka SMP atau SMA?

Balasan
    1. Kalau mereka sudah ada keinginan tertentu mau jadi apa gitu, lebih cepat lebih baik. Ini dimantepin karena anak yang SMA bingung mau daftar ke kampus mana, meski jurusan sudah mantap sih ya..Jadi kami ajak ke kampusnya. Sementara kampus lainnya mumpung lagi di kota yang sama sekalian dikunjungi

Hapus
  7. Desain hotelnya simpel tapi tetep rapi dan nyaman ya mbak. Fasilitasnya juga cukup lengkap. Bisa nih kalo ke Semarang nginep disini

BalasHapus
  8. Mba Dian abis dari Jogja yaaa? Sayangnya Dhika baru tau nih, padahal pengen ketemuan loh. Kemarin emang semua hotel pada gila-gila an ya occupancy nya. termasuk harganya juga. Boleh dicoba nih tipsnya untuk wa langsung ke hotel drpd cari2 di aplikasi bikin stress sendiri. Thanks buat referensi hotel di Semarangnya ya mbaaa.

9. Kamarnya wangi dan tampak simple ya, kak..di Radja Art & Boutique Hotel Semarang.
    Ini sudah catch the point banget. Kenyamanan untuk beristirahat paska melakukan perjalanan menuju Semarang.

BalasHapus
  10. Bisa jadi referensi nih kalo ke Semarang lagi. Selain simpel tapi terlihat elegan

11. itu tempat sarapannya kesannya homey banget ya, mbak pakai meja kayu gitu. jadi kayak berasa di rumah.

12. Ih bagus ya interiornya teh, apalagi kamar mandinya. Beda gitu dari hotel2 pada umumnya. Iya nyamannya biasanya pake family suite ya kalau Anak2 udah gede, kalau kehabisan gimana lagi jadi pesan 2 kamar ya teh

BalasHapus
  13. Menarik ya menginap di boutique hotel, harganya pun terjangkau. Ini dia mengusung tema industrialis. Menarik

14. terima kasih rekomendasinya kak, bisa jadi alternatif pilihan saat berkunjung ke semarang, ada agenda mampir ke semarang dalam waktu dekat ini, dan speertinya anak-anak bakal suka kids cornernya

15. Aku pernah nginap hotel di Medan. Dapat kamar jejeran yang ada connecting doornya tapi ga dikasih kunci connecting doornya. Remote AC aja ga dikasi. Beeugh. Langsung kami coret dari daftar staycation. Kalau ada hotel dengan harga terjangkau dan pelayanannya bagus, aku jad kepo😁

BalasHapus
  16. Lobby nya aesthetic ya, kamarnya ya seperti kamar hotel pada umumnya tapi plus wangi tu sesuatu banget. Bikin nyaman boboan pasti. Noted dulu buat referensi kalau ke semarang..

17. Ihhh iyaaa mba, hotelnya walk budget tapi kliatan baguuuuus 👍😍. Bisa aku noted dulu, kalo ntr ke Semarang transit stay di sini aja.

Aku paling suka hotel dengan embel2 art atau boutique. Krn biasanya bagus designnya. Berseni lah.

Apalagi lantainya dari parket kayu. LBH enak di kaki kalo malam atau pagi. Ga dingin 😁. Anakku suka rewel kalo lantainya dingin 🤣

BalasHapus
  18. Serius ini hotel bintang 2+ mbak? Lengkap banget ya fasilitasnya, mulai dari fasilitas kamar sampai berakfastnya.

Sayang emang harganya agak tinggi karena peak seasson ya, harus booking jauh2 hari sebelumnya berarti, mungkin ga sampe 500.

Aku juga suka kalau di kamar, biasanya di dinding atas tempat tidur ada quotenya hihihi

BalasHapus
  19. Jalan wonodri Semarang ini dulu adalah kantor saya ketika pertama kali kerja. Gak nyangka sekarang berdiri hotel yang menurut saya cukup bagus juga lho mbak. Semarang Sekarang semakin ramai ya, sehingga banyak juga dibangun hotel-hotel

20. lantai yang dibuat warna hitam putih bikin kesannya unik mbak
    terus kamarnya juga cukup luas dan bersih ya
    menarik juga nih, semoga bisa menginap disini juga
    sekarang kalau nyari hotel pas high season susah gampang ya, dan kadang aku juga berpikiran sama pasti mikirnya "nanti juga bakalannemu hotel" ehhh ternyata ga dapet karena emang full