Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alfaza, Nasi Campur Bali Halal di Bekasi

Jadi Hari Raya Idulfitri lalu saya cari sesuatu untuk dijadikan bingkisan lebaran bagi rekan kantor suami. Pilah-pilih dulu, awalnya mau kirim hampers kue kering, tapi rasanya udah umum banget. Mau kirim personal care kok ya yang bagusan harganya tuh mayan haha (Emak mau tetap hemat budget soalnya).

Sempat ada ide kirim barang bermanfaat seperti handuk mandi misalnya. Karena waktu saya mudik ada sepupu saya yang sowan ke Bapak Ibu sambil bawa hantaran lebaran satu set handuk (towel couple). Lalu saya pikir ulang kok kurang sreg juga...

Alfaza, Nasi Campur Bali yang Halal di Bekasi


Tentang Alfaza - Halal Thoyyib Berkah 

Lalu, tetiba saya teringat teman dekat semasa tinggal di Bali yang kini bermukim di Bekasi. Teman saya ini campuran dari ayah yang Bali asli dan ibu asli Jawa. Dia sebelumnya beragama Hindu dan menjadi mualaf sekitar 12 tahun lalu.

Dia adalah ibu tunggal dengan 3 putra-putri yang sebelum pandemi kerja kantoran dengan posisi yang lumayan bisa untuk hidup mapan. 

Namun takdir berkata lain, saat pandemi menghantam banyak aspek ekonomi, perusahan tempatnya bekerja kena dan jatuh pada akhirnya. Dia pun dirumahkan dengan menanggung 3 anak usia sekolah semua (TK-SD) sementara mantan suami tak menyokong sama sekali.

Teman ini pun banting stir, jualan online, di antaranya jualan aneka kurma lewat marketplace (Tokopedia: Alfaza_store) dan aneka makanan seperti Nasi Campur Bali, aneka Bento (eggroll, shrimproll, ekkado, dl) dan menu Lele (lele bumbu, fillet lele, nugget lele, dll) di aplikasi ojol atau langsung pesan via WA, dengan brand ALFAZA - Halal Thoyyib Berkah - WA 081281160057

Nah, saya baru kontak-kontakan lagi sama teman ngrumpi saat muda saya ini, sekitar bulan Maret lalu...

Ya beberapa tahun terakhir sejak pindah ke Bekasi dia memang enggak aktif di sosmed, jadi saat saya pernah nyari profilnya enggak nemu dia. Qadarullah, karena mesti jualan online dia jadi mulai sosmed-an, kemudian cari saya, dan sudah pasti nemu profilnya.😀

Saya di awal tahunya dia jualan aneka kurma, pas mau Ramadan pula, saya pun nyetok buat persediaan di rumah, untuk kirim-kirim dan saya bawa mudik juga. Karena kurmanya premium jadi jaminan kualitasnya. 

Kemudian saat Idulfitri dia baru chat kalau lebaran tahun lalu jual Nasi Campur Bali dan laris manis, tahun ini ganti jualan hampers kurma dan mukena Alhamdulillah juga sama, lancar jaya.

Saya senang sekali mendengarnya, artinya ada rezeki buat ketiga buah hatinya. Lalu, saya tanya apa masih bisa kalau pesan hampers Nasi Campur Bali lebaran ini, dan dia bilang bisa! 

Masya Allah, memang ya, Allah tuh kadang kasih jalan di luar dugaan kita. Di saat saya lagi cari hampers lebaran eh teman sanggup bikinkan sesuatu yang istimewa.

Akhirnya deal, saya pesan 10 hampers Nasi Campur Bali seharga Rp 300.000/set (harga bisa disesuaikan) - belum ongkir - yang akan dikirimkan langsung ke alamat rumah rekan kantor suami saya. 

Ya ampun waktu saya tektokan menu saja sudah lapar rasanya. Maklum saya pernah tinggal selama 8 tahun di Bali untuk kuliah dan lanjut kerja. Jadi Bali selalu ada di hati saya termasuk kulinernya.

Kami kemudian sepakat, Nasi Campur Bali set ini, akan dikirim tanpa nasi, karena dikirim dalam kondisi frozen, jadi cuma sayur, lauk dan sambal. Nah, set Nasi Campur Bali ini terdiri dari:

  • 20 psc Sate Lilit
  • 1 Ayam Sisit Bumbu Tum
  • 1 Ayam Sisit Bumbu Kalasan
  • 1 Ayam Sisit Bumbu Betutu
  • 1 Ayam Sisit Bumbu Merah
  • 1 Jukut Kacang
  • 1 Sambal Matah
Oia, sengaja sebelum mengirimkan ke kolega suami, saya pesan satu untuk diri sendiri. Selain karena kangen banget makan menu Nasi Campur Bali begini, dulu masa saya tinggal di sana cari yang halal itu susahnyaa.. 

Teman saya juga setuju, dan meminta punya saya dikirim duluan biar saya bisa menilai sudah oke belum itu hampers-nya dan adakah kritik atau saran.

Akhirnya, datanglah itu satu set Alfaza Nasi Campur Bali Halal ke rumah saya. Lalu, bagaimana rasanya?

kurma premium Bekasi

aneka bento di Bekasi
aneka bento, lele dan sate lilit saya pesan ke Alfaza untuk stok bekal sekolah

Nasi Campur Bali Halal di Bekasi
hampers yang dikirim pertama ke saya untuk kritik dan saran

Alfaza Nasi Campur Bali Halal yang Jaen Pisan


Nah, karena datangnya lewat delivery dari Bekasi ke Joglo-Jakarta Barat, tempat tinggal saya dengan waktu pengiriman sehari sampai, maka makanan saya angetin di atas magic com beberapa waktu sampai siap makan. 

Sebenarnya sih bisa sih diangetin dengan dipanasin, cuma saya kuatir jadi overcooked sehingga akan mengubah citarasanya. Atau saya sejatinya juga bisa menghangatkan di microwave, cuma saya mikirnya kalau ditaruh di atas magic com seperti sedang memanaskan ulang saja tanpa mengubah rasa.

Setelah siap santap, pertama saya makan Sate Lilitnya. Langsung klik, ini Bali banget bumbunya, terasa kuat rempahnya. Oia, tusuk satenya dari bambu, bukan batang sere seperti di restoran ya, karena niatannya memang untuk pengiriman frozen juga demi menekan biaya pembuatan. 

Sate yang terbuat dari daging ikan tenggiri giling berbumbu rempah dan ada campuran kelapa parut dan santan ini terasa gurih dengan pedas yang pas. Sate lilit ini memang sudah berbumbu jadi dimakan gitu aja tanpa sambal atau saus tuh mantapnyaaa!

Kemudian Ayam Sisit. Ada empat versi bumbu yang tersedia, pertama Ayam Sisit Bumbu Tum, yang terasa pedas gurih karena ada cabe, kemiri, kunyit, jahe, kencur. Warnanya cantik merah kekuningan dan pas jika dengan nasi hangat dimakan.

Lalu ada Ayam Sisit Bumbu Merah yang warnanya sesuai dengan rasanya, paling pedas di antara lainnya. Maklum dominasi cabe ada di menu ini yang membuat warna dan rasanya mantap jiwa!

Next, Ayam Sisit Bumbu Betutu. Nah kalau yang ini berbumbu rempah tapi enggak pedas. Rasa gurih dari santan plus kemiri dan empon-empon yang digunakan terasa sekali. Enakeeee! Terakhir Ayam Sisit Bumbu Kalasan yang terasa khas gurihnya karena masaknya pakai air kelapa.

Kemudian Jukut Kacang Panjang, salah satu sajian asal Bali yang berbahan dasar kacang panjang dengan bumbu santan. Rasanya gurih, cocok untuk pendamping nasi campur.

Dan, sebagai pelengkap ada Sambal Matah, sambal dari Bali yang jadi favorit banyak orang termasuk saya dengan cita rasa gurih dan segar ini cocok dipadukan dengan menu nasi campur, seafood atau apa saja.

Seriusan, keseluruhan Nasi Campur Bali Alfaza yang halal ini jaen pisan (enak sekali)! 

Saya dan suami demen semua! Kalau anak-anak saya di antara menu set Nasi Campur Bali ini paling doyan sama Sate Lilitnya, digadoin gitu aja memang sudah mantap rasanya. Meski Ayam Sisitnya juga mau makan, terutama yang enggak pedas. 

Nasi Campur Bali di Bekasi


Penutup


Akhirnya saya cuma kasih saran agar teman saya menyertakan kartu nama di hampers-nya. Agar siapa saja bisa mendapatkan kontaknya dan jika berkenan satu waktu bisa pesan juga.

Alhamdulillah di hari H hampers yang (suami) saya kirimkan untuk rekan kantornya ini pun sampai di tangan. Ada yang dikirim by ojek online (yang alamatnya dekat lokasi tempat tinggal teman saya), dan ada yang dikirim via Paxel - paket sehari sampai. 

Dan respon penerima Alhamdulillah suka apalagi waktu suami jelasin kalau yang bikin Nasi Campur Bali ini memang asli Bali (dan Muslim). 

Kalau teman-teman gimana? Apa pernah makan atau bahkan suka kuliner khas Pulau Dewata juga? Makanan apa? 

Atau mungkin ada yang suka makanan Korea seperti Kimbap misalnya. Itu lho, Kimbap, nasi (bap) yang diberi isian baik itu lauk maupun sayuran, lalu digulung dalam rumput laut (gim/kim). Sering disebut sebagai sushi Korea karena mirip dengan sushi Jepang, padahal keduanya sangat berbeda. Ya,  Kimbap adalah Korea dan Sushi adalah Jepang, ada budaya yang dibawa dalam makanannya sehingga otomatis rasanya juga beda dan keduanya adalah kebanggaan warganya masing-masing.

Nah, kalau pengin coba Kimbap, bagi dirimu yang berlokasi di Malang Raya, cobain aja Makanan Korea di Malang yaa, di antaranya ada Kimbap Ara yang dari ulasan teman saya Silvana Devinta di lifestyle blog -nya, sungguh enak, sehat dan auto kenyang! Saya aja baca review-nya sudah ngiler duluan! Kwkw! 

Baiklah, happy kulineran, tetap semangat dan semoga selalu sehat!💖


Happy Sharing

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

24 komentar untuk "Alfaza, Nasi Campur Bali Halal di Bekasi"

  1. Alhamdulillah, walau harus berhenti kerja efek pandemi kemarin, teman mbak Dian bisa memanfaatkan ketrampilan memasaknya untuk tetap bisa menghidupi ketiga anaknya.

    Saya juga suka tuh gadoin sate lilit.

    BalasHapus
  2. Wah bisa makan nasi campur bali tanpa harus pergi ke Bali ya. Duh menggoda benar menu nasi campur Bali ini. Pasti seneng yang terima hampersnya, tinggal diangetin aja terus makan dengan nasi putih hangat, hhm nikmat!

    BalasHapus
  3. Pernah makan nasi campur Bali tapi yang versi Bandung sih mbak hehe Pastinya bakal lebih manteb kalo dimasak sama orang Bali nya langsung yah mbak. Wah semoga sukses usaha kurma dan nasi Bali temennya yah mbaaak

    BalasHapus
  4. Wah aku baru pertama kali denger menu nasi campur bali ini mba Dian. Jadi penasaran rasanya. Ngomong ngomong aku salut ikh ama Temen mba Dian itu. Demi anak anaknya dia kerja keras bisnis apa aja termasuk nasi campur bali ini. Ini dia masak sendiri ya mba Dian. Hebat ikh dia punya skill masak ini yang ketika pandemi jadi skill yang bermanfaar untuk dia dan keluarganya. Ikut seneng aku. Semoga beliau ama keluarganya sehat sehat terus

    BalasHapus
  5. Penasaran banget aku Mbaaa dengan menu Bali seperti ini, terutama yang sate lilitnya. Apalagi ini Halal ya, gak worry deh untuk konsumsi. Oh iya, aku juga baru tahu kalau ternyata bisa dikemas jadi frozen dan bisa jadi hantaran juga, mantap sih iniii.

    BalasHapus
  6. Aku paling suka sate lilit-nya Bali. Bumbunya berasa dan daging semua tanpa kulit. Mom satu set menu nasi campur Alfaza ini berapa? ngiler deh

    BalasHapus
  7. Saya jarang makan makanan Bali, Makanya kurang tau tentang kuliner dari sana. Tapi, kalau sambal matah saya tau dan suka. Jadi tertarik order juga. apalagi ini halal. Gak ragu deh buat menyantapnya

    BalasHapus
  8. Nasi campur Bali, kayanya enak nih ditambah sambal matahnya. Dulu Pas ke Bali kayanya saya makan seafood aja, belum nyobain nasi campur Bali. Eh tapi bisa pesen via marketplace buat cobain sate Lilit ama ayam sisitnya

    BalasHapus
  9. Wah, sepaket nasi Bali ini menggiurkan sekali. Lengkap juga ya macam2 isinya. Bisnis kuliner teman mbak Dian ini hebat loh. Merintis dari awal lama2 insya allah laris manis tanjung kimpul ya aamiin. Aku paling suka sambal matahnya itu ga ada duanya deh. Berkesan banget cita rasanya.

    BalasHapus
  10. Wah, enak banget ini ya mbak Dian
    Asik ya, kalau bisa nemu nasi campur Bali yg halal dan dekat rumah
    Nggak perlu jauh jauh ke Bali kalau kangen makan nasi campur Bali
    Aneka bentuknya juga beragam ya, pas buat bekal sekolah anak

    BalasHapus
  11. Waaah di bekasi, maauu cobain aah...
    Semoga usaha teman Mb Dian laris manis yaa mb, memang harus fight apalagi pandemi banyak yang terkena dampaknya.

    BalasHapus
  12. Ngeliat penampakan sambal - apalagi namanya sambal matah - bumbu tum dan entah apa lagi itu, bikin ngiler seketika!

    jadi inget reviewnya mbakyu Farida Nurhan yang makan nasi campur Bali seharga 1 juta - per porsi per pax! pastinya lebih nikmat ini ya karena dimakan di rumah sama keluarga!

    BalasHapus
  13. Jadi penasaran mau nyoba deh. Sayang jauh bener di bekasi. Nanti kalau mau ke rumah kakak di Bekasi boleh nih dicoba aah... Saya penasaran sama sate lilit khas balinya

    BalasHapus
  14. Nah iya sih, waktu di Bali aku memilih makan juga pusing, akhirnya makan nasi Padang atau fried chicken waralaba itu. Tapi pernah makan nasi campur Bali juga di Bali, yang jual orang muslim, cuma lokasinya jauh dari hotel saya waktu itu. Di Semarang dan sekitarnya ada beberapa resto yang menyajikan nasi campur Bali ini, mbak Dian. Dan aku selalu pesan menu itu kalo lagi pengen. Karena kangen dengan sate lilit, dan belum pernah nyoba bikin sendiri. Kalo ini hanya untuk orderan untuk kota Jakarta dan sekitarnya ya?

    BalasHapus
  15. Wah senangnya bisa makan nasi campur Bali yg halal. Pas ke Bali dulu pengen banget nyobain liat campurannya kayanya enak bgt tapi ya itu ga berani krn ada bahan yg haram. Alhamdhulilah skr dirimu bisa sering2 peaen ya klo pengen naai campur Bali. Buat hampers juga cantik

    BalasHapus
  16. Boleh nih mba klo pas Ada acara ya atau buat makan siang pesan ke alfaza jadi kepingin Nasi Campur Bali samaan akupun doyan sama Sate Lilit.. dah lama gĂ k makan

    BalasHapus
  17. Bekasi deket rumahku dong. Makanan kayak gini bapake Najwa mesti oke, secara 7 tahun di Bali. Jadi kepikiran mau kasih surprise menu Bali ke dia pas ultah nanti. Hahai, masih agak lama sih. Tapi sudah aman krn gak bingung cari menu kejutan. Tak catet kontak e.

    BalasHapus
  18. Keren sekali dan salut dengan daya juangnya yang gigih untuk tetap bisa bangkit setelah pemutusan kerja di kantor. Kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi yang sedang mencari usaha rumahan bagi Ibu rumahtangga, Alfaza Store dan Alfaza Nasi Campur Bali Halal.

    BalasHapus
  19. Semangat ya karena berjualan halal itu memang tantangannya banyak
    Butuh kekuatan fisik dan mental
    Ah jadi kangen deh ke Bali

    BalasHapus
  20. Kalo ngomongin nasi campur, itu identiknya dengan makanan non halal ya. Tapi yang ini halal. Keren deh. Bikin kepengen nyobain. 😆

    BalasHapus
  21. Wah, kayaknya aku pernah makan nasi campur Bali yang halal mbak, dulu waktu liburan di Bali. Terus pas ke Denpasar, cari makannya ya gado-gado, lotek, kebanyakan yang jual orang Jawa. Hahaha, jadi pengen nyobain nih. Daripada bikin sendiri ribet, mending beli kan yaa

    BalasHapus
  22. Menarik mbak. Aku belum pernah Nemu nasi campur Bali untuk hampers lebaran. Mana di Bekasi pula Deket sama aku. Bisa nih buat rekomendasi next lebaran. Apalagi udah pasti kehalalannya

    BalasHapus
  23. Salut banget sama perjuangannya semoga usaha temannya mbak dian laris manis ya. Aku belum pernah nih nyobain nasi campur bali jadi ngiler deh penasaran gimana sih citarasanya

    BalasHapus
  24. Makanan kesukaan ibuku semua ini kak. Secara beliau asli Bali, kalo aku baru coba beberapa. Makasih rekomendasinya kak. Sangat membantu sekali buat yang nyari hampers nih

    BalasHapus