Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review: LOKAL Kopi AEON Mall BSD City

Sabtu lalu, jadwal saya dan keluarga pergi dan sekaligus di luar maksi. Perginya ke AEON Mall BSD City. Setelah beli keperluan sekolah si Adik, jam makan siang tiba. Makan dimana ya? Hm, kapan hari pas ke AEON Mall BSD juga, kami lewat pintu yang jarang-jarang dilewati. 

Eh ternyata di lantai dasar (Ground Floor), dekat pintu masuk parkiran luar, ada rumah makan (atau kedai kopi) bernama LOKAL.

Biasa kalau ke sini kami memang lewat pintu belakang (arah parkiran gedung), jadi baru ngeh deh ada tempat makan unyu di situ. Jadi penasaran ingin coba karena tagline-nya: Senikmat Masakan Ibu!

Lalu, apa benar begitu?

Review: LOKAL AEON Mall BSD - Senikmat Masakan Ibu


Tentang LOKAL Kopi AEON Mall BSD City

Jadi Kopi Lokal punya sisi indoor dan outdoor. Tapi karena ini jam maksi maka kami pilih makan di dalam ruangannya saja, secara di luar panasnyaaa. 

Nah, ruangan bagian dalam lapang, ada pencahayaan dari luar yang bikin terang, dan suasananya terlihat clean dan fresh. Pilihan tempat duduknya pun ada, kursi atau sofa, sendiri, berdua, berempat atau berbanyak tinggal pilih yang mana.

Oia, saat masuk kami langsung disambut ramah oleh karyawan restoran yang berseragam baju jas beskap gitu, dan diberikan buku menu. Nah, saat memasuki pintu tadi, mata saya sempat membaca ada paket makan berdua juga paket keluarga.

Maka, sebelum pesan saya nanya dong, ada enggak paketnya. Biasalah, emak tetap pengin pilih harga hemat, kan? Kwkwkw

Ternyata ada!

Jadi ya Paket Keluarga ini dapat 4 menu utama (hanya bisa pilih varian nasi), 4 air mineral, dan 2 menu hidangan penutup dengan harga Rp 309.000. Lumayan, kan?

Jadi deh saya pesan Paket Keluarga ini plus 2 minuman lagi, ditambah 1 Soto Betawi karena anak lanang yang gede mau angetnya kuah dan 1 peyeum goreng karena anak lanang satunya pengin juga ngemil. Baiklah...

Lalu, sementara menunggu saya minta si Mas ambil foto sana-sini. Inilah enaknya punya anak yang udah gede, sebagai bekal review blog dan sosmed, emak tinggal bilang potoin ini, itu, ada asisten ceritanya gitu.

Memang Kopi LOKAL AEON Mall BSD ini punya sudut-sudut unik. Seperti di dinding belakang tempat duduk saya ada pigura berisi sampul majalah lama masa saya ((muda)). Ada Femina, Gadis, Aneka Yess, Hai, Forum, Majalah Film dan Jakarta Jakarta. 

Lalu ada printilan berbahan rotan dan bambu yang berwujud dekorasi jendela dan anyaman di dinding. Tak lupa ada barang-barang lama dipajang sebagai hiasan, di antaranya: telpon dan TV jadoel.

Overall, tempatnya asyik buat ngopi sama bestie dan keluarga. Apalagi enggak cuma kopi dan makanan ringan, menu yang bikin kenyang pun banyak pilihannya.

Nah, baru sebentar menikmati area, satu persatu pesanan tiba. Enggak pakai lama nih service-nya dan penampakan hidangan pun menunjukkan identitas nama rumah makannya, unsur lokalnya ada!

Tapi, bagaimana dengan rasanya?

Aeon Mall BSD

Cafe di Aeon Mall BSD

AEON Mall BSD City

@tempatngopilokal

Kopi LOKAL Aeon Mall BSD
tempat duduk outdoor


Menu di Kopi Lokal AEON Mall BSD City

Jadi, total makanan yang kami pesan adalah Paket Keluarga LOKAL: 1 Ayam Bakar Sambel Ireng, 1 Nasi Uduk Pekojan, 2 Nasi Goreng Tek Tek, 1 Es Campur Sinar Garut, 1 Es Cincau Petak Sembilan. Ditambah: 1 Es Kopi Susu Kampung, 1 Es Teh Leci, 1 Soto Betawi, dan 1 Peuyeum Goreng Keju Susu

Dan, ini dia rasanya:

  • Nasi Uduk Pekojan 

Pilihan saya nih: Nasi Uduk Pekojan. Entah kenapa sama nasi berbumbu begini saya demen sekali, termasuk nasi uduk. Disajikan dalam piring yang unik, porsinya pas buat saya. Ada ayam goreng sebagai pelengkapnya, irisan telur dadar, orek tempe, lalap timun dan kol juga sambal kacang. 

Rasa nasinya uduk sekali, maksudnya berbumbu gitu. Enak! Hanya pelengkapnya bagi saya kurang banyak, jenisnya maksudnya. Atau juga kalau ada pilihan saya lebih suka telor pendampingnya dibalado saja bukan didadar. 

Oia, kenapa pakai nama Pekojan? Nama Pekojan pada menu ini terinspirasi dari seorang penjual nasi uduk terkenal di Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

  • Ayam Bakar Sambel Ireng
Menu pilihan suami: ayam bakar, disajikan dengan sambel ireng (sambel hitam khas olahan Bebek Madura itu), nasi putih, dan taburan bawang goreng. Sebelumnya pesan bebek, tapi berhubung bebek kosong jadi ayam. Kata dia sih, sambalnya mantap!
  • Nasi Goreng Tek Tek

Pilihan anak-anak. Si Mas pilih ini, adiknya ikutan, kwkwk, sering begitu memang. Padahal mau emaknya, pilih menu tuh berbeda, biar bisa diicip dan di-review semua gitu. Tapi gimana juga si Adik ini kalau enggak ngikut pilihan Mas ya nurut apa yang dipesan Bapak. 

Kayak enggak ada ide atau memang karena mereka berdua dijadikan panutan sama Adik termasuk saat pesanan makanan. Ya sudahlah, yang penting nasi gorengnya enak kata mereka, buktinya licin tandas di piringnya. Nasi goreng berbumbu tradisional ini disajikan dengan suwiran ayam, telor ceplok dan kerupuk.

  • Soto Betawi

Ini sebenarnya Mas yang pesan, karena dia agak pilek jadi pengin yang berkuah anget. Eh, tapi karena dia enggak mau nularin adiknya, dia bilang, "Dik, kamu duluan makan Soto Betawinya, ntar aku yang habisin." Baik hati dia...

Adikpun dengan semangat setelah habis sepiring nasgor, makanlah tuh soto hingga tinggal separo (kuahnya), dagingnya habis dong tinggal satu dua hahaha. Mas dengan sabar bilang, "Ternyata Adik suka, Buk...dihabiskan dagingnya sama dia!" Hahaha. 

Ibuk nawarin, "Mau pesan lagi?" "Enggak mau!". Dah kenyang katanya. Oia, review mereka: Soto Betawinya mantaap! Saya icip memang medok sotonya, bumbunya berasa.

  • Minuman dan Cemilan

  1. Es Campur Sinar Garut: saya pesan ini karena lagi pengin yang seger. Rasa standar, seperti es campur lainnya, berisi potongan kelapa muda, alpukat, nangka, cincau hitam, kolang-kaling, santan dan sirup merah. Sayangnya enggak lengkap banget isi es campurnya, kurang ramai aja gitu
  2. Es Cincau Petak Sembilan: es serut dengan cincau, santan dan sirup merah. Namanya terinspirasi dari jajanan yang ada di Pasar Petak Sembilan, Jakarta. Segernya lumayan
  3. Es Kopi Susu Kampung: disajikan di cangkir enamel jadoel, kopinya taste lokal, infonya menggunakan Kopi Arabika dari Mandailing, Sumatera Utara, dengan manis yang pas dan susu, menghasilkan perpaduan rasa yang creamy dan menyegarkan..
  4. Es Teh Leci: seger dengan 2 biji leci, rasa standar
  5. Peyeum Goreng Coklat Susu: tape yang digoreng hingga keemasan dan ditaburi dengan coklat & keju. Enak kata si Adik - buktinya dia habis 2 potong 

Ayam Bakar Samble Ireng
Ayam Bakar Sambel Ireng

Nasi Uduk Pekojan LOKAL Kopi
Nasi Uduk Pekojan

Nasi Goreng Tek Tek LOKAL Aeon BSD
Nasi Goreng Tek Tek & Peyeum Goreng Coklat Keju


Soto Betawi Kopi LOKAL Aeon Mall BSD
Soto Betawi

LOKAL Kopi BSD
Minuman: Es Campur Sinar Garut, Es Cincau Petak Sembilan, Es Kopi Susu Kampung, Es Teh Leci

Kopi Lokal Common Ground Group


Jadi Kopi LOKAL Yay or Nay?


Nah, gerai LOKAL (IG @tempatngopilokal) yang berdiri sejak 2019 ini, sampai kini telah punya dua cabang, selain di AEON Mall BSD ada satu lagi Kopi Lokal di Pondok Indah Mal 1 Lt. 2.

Lalu, LOKAL ini Yay atau Nay?

Menurut saya Yay! 

Tempatnya asyik, rasa makanan enak, service cepat dan layanan ramah! Kafe kekinian dengan sajian lokal dari Common Ground Group ini bisa jadi tujuan kamu ngopi ataupun makan-makan, baik sendirian atau lebih seru lagi jika sama kesayangan.

Saya pengin lain waktu coba menu LOKAL lainnya, ada: Gulai Kambing, Sate Maranggi, Tahu Telor, Sop Buntut Lapangan Banteng, Ayam Goreng Sambal Matah, Nasi Liwet Cianjur, Mie Tek Tek, Rawon Kluwek, Nasi Bebek Goreng Denpasar, Mie Goreng Jawa, Sate Ayam Madura, Bakwan Jagung Koatmobagu, Singkong Goreng, Pisang Goreng Coklat, Tahu Kipas Renyah, Lumpia Goreng, Es Cendol Cicendo, Es Merah Delima,  Aneka Kopi dari: Manggarai, Flores, Toraja, Aceh ..dan lainnya

Well, resto seperti LOKAL ini saya kunjungi bersama keluarga di antaranya untuk mengenalkan anak-anak akan keragaman kuliner Nusantara. Tahu lah anak seusia remaja seperti anak-anak saya - terutama di kota besar seperti Jakarta - banyak terpengaruh budaya luar, termasuk soal kulineran. 

Kalau dituruti, mereka ngajaknya ke resto fast food, makan fried chicken, burger, pizza, ke rumah makan dengan menu ramen, udon, sushi, atau ngopi di kedai kopi ternama.

Itulah mengapa secara berkala, enggak harus ke restoran tapi juga dimana saja asal bersih dan layak tempatnya saya kenalkan anak-anak dengan bermacam hidangan menggoda khas Indonesia.

Tapi kan kadang rumah makan menu lokal begini agak pricey

Ya, gapapa lah, kan bumbunya kalau asli juga enggak murah. Masakan Nusantara terkenal kaya rempah, apalagi seperti menu Kopi LOKAL ini yang mendatangkan beberapa bahan dari penjuru negeri, apa enggak nambah ongkos delivery

Dihitung-hitung harga total yang saya bayarkan untuk 5 makanan, 4 minuman dan 1 cemilan adalah Rp 558.000/nett. Jika di gerai kopi ternama, bisa sekian juga malah kurang kenyang karena makanannya masuk kategori camilan.

Meski memang - mungkin karena pasca pandemi jadi masih ada penyesuaian di sana-sini - sehingga menunya belum sesempurna masa sebelum pandemi. Jadi maklum juga saya. Mereka masih bisa eksis setelah pandemi menerpa saja sudah luar biasa pastinya. 

Pokoknya selain ngopi di tempat yang hype dukung juga warung kopi yang menyajikan menu lokal begini. Juga ramaikan destinasi wisata dalam negeri. Yang terbaik, kulineran langsung di daerah asalnya...Rasanya pasti istimewa!

tempatngopilokal AEON BSD

LOKAL Aeon Mall BSD City

Penutup


Yuk bisa yuk, bersama menikmati Wonderful Indonesia dan membangkitkan sektor pariwisata Nusantara! Mulai dari bikin wishlist dulu juga bisa, agar punya tujuan sehingga ada usaha untuk mencapainya.

Oia, kamu ada wishlist kemana? 

Kalau saya karena sudah pernah roadtrip ke sebagian besar wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Sumatera (Sumut-Lampung-Bengkulu-Sumbar-Jambi-Sumsel). 

Kini, pengin banget eksplor Pulau Madura. Secara pernah 3 kali ke sana, cuma nyebrang saja, terus makan, beli souvenir, lalu balik dan nginepnya di Surabaya. 

Kepo sekali saya, ingin mengunjungi kota-kota yang ada di Pulau Garam ini, menikmati Wisata Madura dan pasti kulineran menu khasnya yang ternama. Syukurnya, saya enggak perlu bingung kalau mau cari referensi. Ada blog milik Travel Blogger Madura, Mbak Diane, yang lengkap mengulasnya. 

Siapa tahu juga, kalau rezeki saya bisa berjumpa Mbak Diane di Madura. Semogaaaa!💛


Salam Sehat

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

22 komentar untuk "Review: LOKAL Kopi AEON Mall BSD City"

  1. Oh Lokal itu nama restonya ya mba. Aku sangka karena produk lokanya. Terus aku sangka juga menunya cuma serba macam jenis kopi tapi ternyata banyak makanan nusantaranya juga ya. Aihhhh aku ketipu mba. Aku sangka juga tempatnya kecil karena mikirinya namanya juga warung kopi. Kan biasanya kecil tapi ini mah gede dan udah gitu bagus lagi. Elegan juga gayanya. Hihihi aku banyak ketipunya 😂

    BalasHapus
  2. Untuk harga segitu makan di Lokal kopi untuk berempat cukup standar juga ya mbak apalagi dapat dua hidangan penutup. Asyik juga pakai ada menu paket keluarga jadi lebih peaktis & hemat.
    Tempatnya nyaman & bersih ya jadi bisa betah makan di sana. Menunya banyak juga pilihannya. Kalau makanannya enak plus layanannya ramah pasti yay dong ya mbak

    BalasHapus
  3. Wah, aku jadi pusiiing melihat foto2 makanan yang tersaji di meja :D Pusing pilih mau yang mana kalau suatu hari berkesempatan hangout di LOKAL hahaha :D Duh, memang deh kalau makanan dan minuman senikmat masakan ibu itu paling top ya. Menu paket keluarga bisa menjadi pilihan hemat nih, hanya 300 ribuan udah manjain perut. Cuz ah ke PIM 1 paling dekat dari rumahku nih. Ada sih Aeon Tanjung Barat tapi belum tau ada atau ga resto LOKAL ini. TFS mbak Dian.

    BalasHapus
  4. Yay banget iniii.. menunya komplit dan porsinya oke yaa.. ada paketan keluarga gini menurutku enak bgt jd ga ribet pesennya, hahaha.. tempatnya pun cantik banget yaa

    BalasHapus
  5. Kok tempatnya bagus banget sih ini, wah boleh juga nih nanti weekend mampir sini sekalian jajan hari Minggu. Aku jadi tergiur begitu lihat makanan yang dipesan oleh mak Dian, auto ngiler deh.

    BalasHapus
  6. Tempat, makanan dan layanannya semua okay. Bikin betah dan gak kapok ke situ ya Mbak. Terus itu nasi goreng dan soto betawinya kok menggoda banget.🤩🤩

    BalasHapus
  7. Waah cakep banget tempatnya, instagramable. Rumahku deket aeon juga tapi aeon jakarta garden city jakarta timur mak.
    Harganya termasuk masuk akal kok mak, untuk sekelas resto di mall lho, bisa photo2 cantik.

    BalasHapus
  8. Aeon mall mall kesayangan molly banget nih. Kapan ke jakarta lagi bolehlah makan di resto ini mencicipi menu nusantara yg enak2. Taunya selama ini di sini bnyk resto korjep aja hehe

    BalasHapus
  9. Pernah mampir ke AEON BSD ini, tapi blom nyobain icip2 di sini. Hmmm atulah menggoda banget menu2 makanan dan minumannya yang khas daerah ini.
    Belum lagi didukung oleh tempatnya yang nyaman dan lega gini, bikin mager dan bisa menjadi tempat quality time bareng keluarga.
    Mauu mampir makan sinii aahh.

    BalasHapus
  10. Anakku yang kedua juga gitu, Mak, sukanya niruin menu orang lain, wkwkwkwk...

    Btw, kalau soal kuliner, saya tu pengeeeen banget ke Sumatera. Tepatnya ke Padang dan Palembang, karena makanan favorit saya tu rendang dan pempek. Di sini sih ada banyak yang jal pempek yaa, tapi pengen aja gitu makan di tempat asalnya langsung, sambil cari tau kebiasaan warga lokal.

    Kalau ke Madura, saya termasuk cukup sering, Mbak. Soalnya, saudara saya ada yang tinggal di Bangkalan. :)

    BalasHapus
  11. Wah tempatnya instagramable ya mbak
    Ala ala vintage juga ya tv dan teleponnya
    Pas lah buat ngumpul ngumpul kalo ke AEON mall

    BalasHapus
  12. Ya ampun, selain gagal fokus sama semua hidangannya... Saya juga terpukau melihat koleksi barang jadulnya, ada televisi hitam putih, telepon rumah, wah suasananya jadi makin menyenangkan ya

    BalasHapus
  13. Tempatnya terlihat nyaman mb, menunya juga beragam. Jadi cocok untuk kumpul bareng keluarga. Tapi memang harga lumayan ya... Cuma kalau rasa dan layanannya memuaskan sih ngga jadi masalah ya.

    BalasHapus
  14. cozy banget ya tempatnya mbak, keren deh masih ada tivi jadoel dan telepon jadoel hihihi kalau di rumah udah jadi mainan anak-anak itu. btw enak makan keluarga di sini yaa, kulinernya juga lokal banget yaa.

    BalasHapus
  15. Instagramable banget tempatnya ya Mba. Bakalan betah nih ngopi di sini. Belum pernah saya me AEON Mall, nanti mampir ah kalau lagi berkunjung ke sana

    BalasHapus
  16. ya ampun.. langsung fokus ke mug berwarna hijau putih. Khas mug zaman dulu banget ya mbak. Jadi pengen punya satu nih di rumah, biar makin semangat minum air putihnya.

    BalasHapus
  17. Emm....rasanya sebulan sekali aja makan begini, kak Dian..
    Hahhaa..melihat harganya yang fantastis.
    Tapi memang kalau di AEON Mall BSD City gak ada yang B aja yaa.. Pasti semua serba cantik, premium dan bikin nyamaaaan...

    BalasHapus
  18. Wah bisa jadi alternatif nih kapan2 kalau mau ke AEON, biar jajannya gak di fastfood mulu haha. Nanti kucari aah :D
    Suasana rumah makannya juga kyknya enak ya mbak? Ada area indoor dan outdoor-nya juga.
    Harga makanannya juga masih affordable ya untuk ukuran rumah makan di mall seperti AEON. Nyaaamm ngiler lihat foto-foto makanannya :D

    BalasHapus
  19. Aku baru sekali ke AEON, dan branding Aeon IMHO kan jepaanggg bgt ya mbaa. Jadi begitu tau ada resto fancy yg sediakan menu nusantara, waaggghhh ini must try bgtttt

    Aduuh lihat penampilan menu²nya bener2 tempting. Mauukk jg pan kapan ajak.sodara2ku buat cuss ke sini ahhh

    BalasHapus
  20. Bakalan sukaaa aku mba kalau makan di tempat yang makanan khas daerahnya beragam gini. Ga terlalu suka makanan yang keyurop-yuropan aku tuh hehehe... Review rasa makanannya pun bagus semua yaa..

    BalasHapus
  21. Aku sukaaa banget interiornya baik yang di dalam maupun yang di outdoor. Cakep banget bikin suasana makan makin menyenangkan pastinya. Lumayan banget kalau kulineran sama keluarga ya.

    BalasHapus
  22. Tempatnya cakep nih mbak. Apalagi kalau menuny banyak pilihan dan kopinya enak. Aku takjub nih liat gelas kopinya jadul banget nih

    BalasHapus