Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Jauh Seputar Domain Rating

Gaess, yuk dapatkan kualitas website profesional yang akan mendukung skalabilitas bisnis kamu dengan domain dari Niagahoster! Di mana dengan membeli domain di Niagahoster, kamu bisa bebas memilih ekstensi, ada banyak promo domain murah, merupakan penyedia domain tepercaya, dukungan teknis 24/7, punya fitur kelola lengkap, dan integrasi blogspot yang cepat. 

Lalu, tak lupa lengkapi juga dengan Niagahoster VPS, yang membuat kamu bisa melakukan konfigurasi server secara mandiri, juga bisa mengelola banyak akun hosting/website dalam satu VPS server. Ini karena, VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting yang memberi kamu akses root secara penuh sehingga dirimu punya kontrol penuh terhadap server. 

Aseliii, enggak bakal rugi, apalagi jika kamu barengi dengan memiliki ranking pencarian website tinggi. Meski untuk itu, dirimu perlu untuk meningkatkan Domain Rating atau DR, sebagai salah satu usaha untuk menaikkan artikel SEO di mesin pencari.

Karenanya, sangat penting bagimu untuk mengupayakan agar website yang kamu kelola dapat muncul dan memiliki rating yang tinggi. Pasalnya, Google akan merekomendasikan website sebagai sumber informasi. 

Tapiiii, sebelum membuat identitas online terbaik dan memperkenalkan bisnismu kepada dunia lewat domain & Niagahoster VPS, kamu harus pahami dulu apa itu Domain Rating dan bagaimana cara meningkatkannya.

Mengenal Lebih Jauh Seputar Domain Rating

Perbedaan Domain Authority dan Domain Rating


Well
, bagi kamu yang sering ngulik seputar penulisan SEO pasti mengenal tentang Domain Authority (DA) yang berfungsi untuk mengukur kualitas sebuah domain. 

Ya, DA, meskipun terlihat sama dengan Domain Rating, keduanya adalah metrik yang berbeda.

Domain Authority merupakan angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz - salah satu tools SEO populer - untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencari dengan skala terhitung dari angka dari 1 hingga 100. Di mana semakin tinggi skor DA suatu website, maka semakin tinggi pula kesempatan website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Nah, untuk mengukur DA, Moz menggunakan beberapa kriteria, di antaranya:
  • Umur domain website
  • Jumlah domain unik yang terhubung dengan domain website
  • Jumlah dan kualitas yang diberikan dan didapatkan website

Sementara, Domain Rating adalah metrik buatan Ahrefs yang menunjukkan kekuatan backlink dari sebuah website, mulai dari 0 hingga 100. Semakin tinggi skor DR sebuah website, semakin kuat backlink-nya, yang mana Ahrefs menghitung rating domain berdasarkan tiga faktor, yaitu:

  • Jumlah website yang memberikan backlink ke website kamu
  • Domain Rating website tersebut
  • Jumlah website yang mendapatkan link dari website itu

Jadi, perbedaan Domain Authority dan Domain Rating adalah fungsinya. Jika DA menyimulasikan kekuatan ranking website, maka DR memberitahukan kekuatan backlink website.

Maka, kamu bisa menggunakan Domain Authority sebagai patokan untuk meningkatkan ranking website di SERP. Sementara, kamu perlu DR dalam strategi link building untuk menentukan website yang baik untuk diajak bertukar backlink.

Mengapa Domain Rating Penting?


FYI, Google menggunakan jumlah backlink sebagai salah satu faktor ranking di hasil pencarian. Rating domain dihitung dari jumlah website yang memberi backlink ke website. Semakin banyak backlink yang diterima, semakin tinggi DR-nya. 

Nah, meningkatkan skor DR dengan mendapatkan banyak backlink bisa membuat ranking website lebih baik. Tapi, jangan juga hanya berfokus pada jumlah backlink saja, ya Gaess yaa... 

Meski banyaknya backlink memengaruhi rating domain, relevansinya juga harus kamu perhitungkan. Maka, kamu harus mendapatkan backlink berkualitas agar Google menganggap informasi di website-mu tepercaya.

Jadi, meski Domain Rating Ahrefs tidak termasuk faktor peringkat website di hasil pencarian Google, memiliki skor DR yang tinggi bisa membantu meningkatkan ranking website kamu.

Karenanya, Domain Rating sangat penting karena termasuk salah satu faktor yang memengaruhi peringkat website agar dapat masuk ke mesin pencari.

Cara Cek Domain Rating


Lalu, bagaimana cara cek Domain Rating website itu? 

Beberapa tools SEO menawarkan fitur cek skor rating website. Tapi, hasilnya bisa berbeda-beda di setiap tools-nya. 

Nah, jika dirimu ingin tahu DR website-mu, Ahrefs merupakan tempat yang paling direkomendasikan.

Caranya:
  1. Akses website Ahrefs dan log in dengan akun kamu
  2. Klik Site Explorer pada baris menu di atas dashboard Ahrefs
  3. Ketikkan domain website di kolom yang tersedia dan klik tombol enter di keyboard
  4. Cek Domain Rating website pada hasil analisis site explorer di kolom DR

domain & niagahoster VPS

Tips Meningkatkan Domain Rating


Nah, mengingat pentingnya Domain Rating, dirimu meski tahu tips untuk meningkatkan rating domain website kamu, di antaranya dengan:


1. Membuat Konten Berkualitas

Konten adalah isi berupa informasi yang tersedia melalui media yang dibuat oleh content creator, berupa teks (tulisan), gambar (foto), suara (audio), dan video. Konten disebut “raja”, alias Content is King karena menjadi penentu popularitas dan keberhasilan sebuah media online, juga menjadi kunci dalam SEO dan pemasaran online. 

Nah, website yang berisi konten yang berkualitas dan menyajikan informasi lengkap dan mudah dipahami oleh orang yang mencarinya, wajib kamu miliki agar Domain Rating meningkat

Enggak itu saja, konten kamu juga harus memberikan solusi bagi pengunjung website. Karena itu, kamu bisa memulainya dengan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar kamu tahu harus menyisipkan informasi apa saja di dalam kontenmu.

Ingat, pengunjung website tidak akan segan untuk membagikan konten tersebut, sehingga kredibilitas website meningkat dan kamu mendapatkan backlink dengan sendirinya.


2. Bertukar Backlink dengan Website Tepercaya

Selanjutnya, dengan berbekal konten berkualitas, kamu bisa melakukan link building dengan baik, sehingga bisa mendatangkan banyak backlink dengan cara bertukar link.

Seperti yang saya lakukan saat ini, di mana saya mengikuti arisan backlink yang diinisiasi oleh beberapa rekan blogger dari grup blogger 'Blogging Happy Family', dengan tujuan untuk meningkatkan performa blog.

Hasilnya, dari nilai DR awal di angka 17, dalam waktu dua minggu, rating domain blog saya, www.dianrestuagustina.com, naik ke angka 25 setelah mendapatkan backlink tepercaya dari 40 blog lainnya (bahkan skor DA naik juga dari 28 ke 29)! Alhamdulillah.💖


3. Optimasi Internal Link

Berikutnya, strategi internal linking yang baik akan menunjukkan bahwa informasi di website kamu lengkap dan bermanfaat. Di mana jika dirimu mengaturnya dengan tepat, maka link tersebut dapat menggambarkan bahwa informasi yang terdapat dalam website kamu itu baik dan tepercaya.

Sebagai sebuah link antar halaman website yang topiknya relevan, internal link mampu meningkatkan DR. Sebut saja, jika di dalam kontenmu ada bahasan tentang optimasi blog lalu ada link menuju konten lain soal cara meningkatkan Domain Rating. Dengan begitu, pengunjung bisa dengan mudah mempelajari salah satu teknik optimasi blog tersebut secara lebih mendalam.


4. Bagikan Konten dalam Format Berbeda

Kamu aktif di sosial media, kan? Nah, kamu bisa bagikan konten dalam format yang berbeda. Misalnya, lewat video, podcast, dan postingan media sosial untuk meningkatkan skor DR website kamu. 

Cukup beri gambaran singkat saja kemudian ajak audiens untuk membaca informasi lengkapnya di website-mu. Dengan begitu, sumber pengunjung yang kemungkinan akan membagikan konten tidak hanya dari hasil pencarian Google saja, tetapi juga dari platform lainnya seperti Youtube, Twitter, Instagram, Facebook, .... Alhasil, kamu akan lebih mudah mendapatkan backlink secara cuma-cuma.

Kesimpulan


Nah, gimana? Setelah mengenal lebih jauh seputar Domain Rating dan mempelajari tips meningkatkan skor DR, jadi makin semangat kan? Pastinyaaa! Bukankah jika DR tinggi cuan pun menghampiri....?

Yup, Domain Rating memang penting karena merupakan skor untuk menunjukkan kekuatan backlink website kamu. Tentu perlu juga didukung performa kecepatan dan uptime yang stabil yaa. Serta, layanan hosting dengan fitur-fitur pendukung dan bantuan pelanggan yang kesemuanya bersinergi memastikan website kamu beroperasi dengan lancar jaya.

So, dirimu tak perlu ragu dengan melengkapi usahamu dengan membeli Domain Hosting dan VPS di Niagahoster. Yuk, langganan sekarang juga, dan buktikan sendiri mantapnya performa dari web hosting terbaik Indonesia!💗


Salam Semangat

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Seputar Domain Rating"

  1. Super takjub akutuuu mba Dian nih rajiiinn bangettt dan saluttt karena menyemangati manteman utk rajin blogging.
    Makasiii mba Dian. Aku juga jadi semangaattt utk ngeblog dan naikkan DR 👍

    BalasHapus
  2. Wahh pasti bahagia banget yaa DR-nya bisa naik sebanyak itu. Semoga blogku juga bisa naik DR-nya, amiiin

    BalasHapus
  3. Saya setuju banget nih untuk perbaiki kualitas konten. Karena kalau dirasa layak jadi referensi, ada aja yang mau ngasih backlink tanpa kita minta.

    Btw, kenaikan DRnya signifikan jadi makin semangat nulis ya mbak..

    BalasHapus
  4. Hihi, jadi tersentil nih, saya nggak rajin banget optimalisasi internal link.
    Padahal membantu banget agar pengunjung bisa betah berselancar di blog dengan konten artikel yang relevan dan DR jadi bertambah.

    BalasHapus
  5. Sempat mau ikutan arisan backlink kemarin aku tuh, Mbak etapi gak jadi, setelah masuk group eeee webku gak bisa diakses. Keinget pas kebakaran itu, webku kembalinya paling lama dibanding yang lain, huhuhu

    Daripada mengganggu lainnya aku izin sama Ambu deh untuk keluar group. Sedih gak bisa ikutan

    BalasHapus
  6. Yeey...aku seneng dengan artikel ini. Si gaptek ini jadi lbh paham beda dan fungsi DA dan DR. hehee

    Yang selama ini cuek dengan performa blog, sekarang jadi lebih aware meski hasilnya masih jauh dari memuaskan. Jauuuh banget tp ttp semangat!! 😊

    BalasHapus
  7. Alhamdulilah, selamat ya Mbak Dian
    semula saya mau membeli backlink , tapi kok mahal ya?
    satu backlink dihargai Rp 50ribu-100 ribu
    karena itu saya coba organisir arisan backlink
    Alhamdulilah ternyata bener bisa meningkatkan DR

    BalasHapus
  8. Hai mom Dian,
    Semenjak ikutan arisan backling ada kemajuan di DA dan PA ku. Awalnya aku si gaptek ini gak paham loh tentang keduanya. Tetapi karena sering dibahas di grup blogger akhirnya melek ilmu. Artikel yang bermanfaat

    BalasHapus
  9. Iya nih, jika DR tinggi, maka cuan pun bakal menghampiri. Ternyata internal link juga bisa meningkatnya nilai DR ya, ini yang masih jarang saya lakukan mbak.

    BalasHapus
  10. DR ku stagnan di angka 12 sejak 3 bulan ini. Makasih ya mbak tips nya. Ikutan arisan backlink keknya sangat membantu mendongkrak DR ya... Semoga...

    BalasHapus
  11. Daku suka galau dengan konten yg dimaksud berkualitas. Soalnya ada yang dianggap biasa-biasa aja malah DR dan DA nya tinggi. Sedangkan yang disangka bagus, malah kecil DR atau DA nya malah bisa bersaing di page one.
    Mungkinkah maksud berkualitas ini hal subjektif?

    BalasHapus
  12. DR aku turun trus. Padahal banyak juga job yang mempersyaratkan DR minimal berapa dan aku nggak nyampe. Huhu.. Jadi pengen gabung arisan backlink juga donk kak. Ajak aku donkk

    BalasHapus
  13. Baca yang beginian nih yang buat semangat ngeblog. Emang sih DA itu penting banget buat blogger apalagi jika konten yang kita but berbayar. Salah satu penentuan kerjasama dari brand dan penulis adalah DA dan PA. Tetapi untuk mempertahankan konsistensi menulis itu sih yang masih naik turun kalau di aku.

    BalasHapus
  14. Keren, kak Dian.
    Rasanya akutu ngos-ngosan banget mengejar semua optimasi sosial media. Yang kudunya bisa dipermudah dengan aplikasi ini dan itu yaa..
    Tapi tetep aja, paling suka dengan menulis blog dan kalau gak ada tuntutan pekerjaan, kayanya usahaku buat optimasi hanya sebatas menulis dan BW.

    HUhu...tapi kudu dibikin plan ini ya, kak Dian.
    Haturnuhun insight mengenai DA dan DR ini. Biar gak lieur dan ketuker-tuker bagaimana cara menaikkan keduanya sekaligus.

    BalasHapus
  15. Terima kasih ya mbak Dian
    Sudah bikin artikel ini, aku jadi tahu lebih banyak tentang DR, dan bagaimana meningkatkan DR
    emang konten is the key ya mbak
    Harus banyak bikin konten berkualitas dan membagikannya di sosial media

    BalasHapus
  16. Ujung ujungnya buat bantu mendongkrak angka Domain Rating lagi lagi akan kembali ke konten yang disediakan ya Mba, termasuk backlink dari website yang terpercaya dan berkesesuaian. Maknanya, jadi blogger nggak mudah tapi butuh banyak usaha.

    BalasHapus
  17. makasiiih kak, aku langsung cobain ke Ahrefs dan barulah ku ketahui kalau DRku cuman 6 hiks. Harus cobain tips tipsnya biar meningkat ya Mba. Thankyouuu, it helps a looot

    BalasHapus