Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tempat Wisata di Bandung dengan Pesona Alam Menakjubkan

Genks....buat meringankan beban pikiran, mengunjungi wisata alam bisa jadi pilihan. Terlebih tempat wisata di Bandung dengan pesona alamnya yang luar biasa menakjubkan. Tentu menjadi destinasi favorit yang mampu menghipnotis, membuat diri terasa lebih segar dan rileks.

Apalagi pilihan wisata alam di Bandung tuh bervariasi, mulai dari bukit, danau, air terjun, lembah sampai hutan. Beneran cocok untuk dikunjungi saat liburan bersama kesayangan, untuk hempaskan segala beban pikiran.

11 Tempat Wisata di Bandung dengan Pesona Alam Menakjubkan
sumber: ranca_upas - Home | Facebook

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung dengan Pesona Alam Menakjubkan


Nah, bagi yang penasaran apa saja deretan tempat wisata alam di Bandung yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini rekomendasi terbaik yang mesti kamu datangi!

1. Bukit Senyum

Destinasi favorit Bukit Senyum ini menjadi salah satu tempat wisata instagrammable di Bandung. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh dan pohon pinus berjajar rapi di puncak bukit.

Meskipun jalannya cukup terjal, setelah sampai di puncak kamu akan merasakan kesegaran alam yang tidak tertandingi. Sehingga perjuanganmu tidak akan sia-sia karena senyummu akan mengembang kembali sebagaimana nama bukitnya.

Oia, destinasi wisata Bandung ini terletak di lereng gunung Burangrang, Desa Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat yaaa. Cocok sekali untuk refreshing, melepas penat, setelah berkutat dengan target kerjaan selama berbulan-bulan.

2. Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata di Bandung dengan pesona alam menakjubkan berikutnya adalah Kawah Putih Ciwidey. Destinasi ini termasuk tempat wisata alam yang banyak manarik hati para wisatawan. Panoramanya sangat eksotis dari kawah berwarna kehijauan serta kepulauan kabut putih yang memberikan daya tarik sempurna bagi wisatawan.

Oia, tempat wisata yang terletak di Jalan Soreang Ciwidey ini suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius, sehingga bagi kamu yang enggak kuat dingin siapkan jaket tebal sebelum berkunjung ke kawah putih Ciwidey ini.

3. Orchid Forest Cikole

Berikutnya, Orchid Forest Cikole, yang merupakan tempat wisata di Bandung yang tidak kalah memesona. Sebuah destinasi yang terkenal dengan sebutan Taman Anggrek terbesar di Indonesia yang panoramanya akan menakjubkan mata.

Wisata ini membentang di lahan seluas 12 hektar dengan lebih dari 157 jenis bunga anggrek. Kerennya, bibit bunga berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Venezuela, hingga Peru. Pokoknya bikin excited banget pastinya, Guys?

4. Ranca Upas

Next, menjelajahi alam lebih dekat dengan berkunjung ke tempat wisata di Bandung bernama Ranca Upas juga tidak kalah direkomendasikan. Mengapa begitu? Karena kamu akan disuguhi pesona danau dan rerumputan hijau yang menakjubkan.

Kawasan wisata alam di Bandung ini suasananya tenang dan sepi. Cocok sekali untuk camping ceria dan menghirup udara sejuk yang asri.

Paling wow-nya lagi, pecinta alam dan binatang akan sangat terpuaskan karena akan bertemu dan memberi makan rusa. Binatang tersebut berkeliaran bebas di tempat wisata ini, menambah estetika dalam jepretan foto kamu saat di sana.

5. Bukit Jamur Ciwidey

Brikutnya, bagi kamu yang sedang mencari wisata Bandung Ciwidey bisa memilih destinasi Bukit Jamur ini. Tentu saja, karena tempat wisata di Bandung ini memiliki pesona alam yang unik, sebab di sana terdapat jajaran pohon pinus yang tidak terlalu tinggi yang bentuknya menyerupai jamur payung.

Well, disebut sebagai Bukit Jamur bukan karena tempatnya ditumbuhi banyak jamur ya, tetapi sebab bentuk pohon pinus tersebut. Pastinya ini sangat jarang ditemukan di tempat wisata manapun bukan? 

Maka jika dirimu penasaran, segera ke lokasi yaitu di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung yaaa.

Tempat Wisata di Bandung dengan Pesona Alam Menakjubkan
sumber: https://www.facebook.com/orchidforestcikole

6. Green Kenyot Cikahuripan

Selanjutnya, dirimu tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati Grand Canyon di Amerika Serikat. Cukup kunjungi tempat wisata di Bandung yang tak kalah menarik, Green Kenyot Cikahuripan yang memiliki pesona yang mirip dengan wisata populer di AS tersebut.

Cukup bermodalkan uang Rp15.000 saja kamu sudah bisa menikmati keindahan kembarannya. Wisata di Bandung serasa luar negeri ini dilengkapi dengan tebing menjulang di aliran sungai Cikahuripan yang sangat eksotis. Hanya saja, saat musim hujan kamu perlu berhati-hati, sebab bisa saja debit airnya seketika naik drastis.

7. Air Terjun Cimahi

Lanjuuut, buat kamu yang sedang mencari wisata Bandung hemat lainnya bisa mengunjungi air terjun Cimahi. Ya, cukup dengan modal Rp25.000 saja kamu sudah bisa mengunjunginya.

Oia, saat berkunjung ke tempat wisata di Bandung ini kamu harus menuruni 500 anak tangga. Panoramanya tidak hanya menakjubkan saat siang hari tetapi juga pada saat malam hari. Pasalnya, saat malam hari warna air menjadi warna-warni dikarenakan ada lampu LED terintegrasi di dalam air sehingga pemandangannya bisa menghipnotis mata.

8. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Berikutnya, jika kamu ingin mendapat jepretan foto instagrammable, bisa mengunjungi Taman Hutan Raya Ir. Juanda. Terdapat sekitar 2.500 spesies tanaman yang tersimpan di kawasan konservasi terpadu seluas hampir 600 hektar ini.

Jembatan panjang akan ditemukan pada tempat wisata alam di Bandung ini. Kamu bisa menikmati pesona pemandangan menakjubkan dari kawasan Pakar hingga Maribaya dengan keindahan yang sempurna.

9. Stone Garden

Rekomendasi tempat wisata di Bandung dengan pesona menakjubkan berikutnya adalah Stone Garden. Berkunjung ke tempat ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil foto seperti sedang di Sumba.

Bisa dikatakan Stone Garden ini sebagai destinasi wisata instagrammable di Bandung. Untuk menikmati pemandangan wisata ini kamu tinggal datangi Kampung Girimulya, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

10. Perkebunan Teh Rancabali

Kemudian, tak ketinggalan, di Bandung juga terdapat perkebunan teh luas yang pemandangannya menakjubkan. Ya, terdapat perkebunan teh Rancabali di kawasan Ciwidey yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata bagi masyarakat yang menyukai nuansa alam lebih natural.

Kamu bisa melakukan aktivitas tea walk di perkebunan teh yang dapat membangkitkan mood positif pasca liburan. Suasana tempat wisata di Bandung perkebunan teh Rancabali yang sejuk dapat meningkatkan energi lebih dalam diri, sehingga setelahnya, kamu akan merasa rileks dan siap beraktivitas lagi.

11. Taman Lembah Dewata

Last but not least, Taman Lembah Dewata adalah rekomendasi wisata Bandung yang sayang sekali kalau dilewatkan. Keindahannya memberikan suasana yang syahdu sehingga sangat mengesankan untuk dikunjungi saat liburan.

Destinasi ini berupa danau tadah hujan yang dikenal sebagai tempat wisata yang hits di Bandung. Kawasannya terletak di wisata berkuda Ganesha Equestrian Lembang. Cocok sekali bagi kamu yang menyukai suasana alam yang damai dan tenang.

Taman Lembah Dewata Bandung
sumber: https://www.facebook.com/profile.php?id=100054403726020

Penutup


Gimana, setelah membaca rekomendasi wisata Bandung ini pasti sedikit banyak membuat kamu penasaran untuk menikmati pemandangan alam di wilayah Jawa Barat kan? Enggak heran sih, karena memang menakjubkan dan pastinya sayang kalau dilewatkan.

Apalagi tempat wisata di Bandung banyak menawarkan spot-spot foto instagrammable. Tentunya pas sekali jika kamu kunjungi pada next liburan. Jadi, tunggu apa lagi, segera saja siapkan list destinasi, hitung budget-nya, cocokkan jadwalnya dan tak lupa baca ulasan Wisata Menarik lainnya sebagai referensi, di antaranya dari blog rekan saya seorang Lifestyle Blogger, Siti Nurjanah, sebagai acuannya.💗



Happy Traveling

Dian Restu Agustina










Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "11 Tempat Wisata di Bandung dengan Pesona Alam Menakjubkan"

  1. Sukaaaaaa semuaaaaa
    Bandung sih kagak ada matinyeeee
    Beneran bikin hepi klo traveling ke BDG.
    Destinasi dan kulinernya beughh mantaabbb👍

    BalasHapus
  2. Wah.. Thanks banget rekomendasi tempat wisata yg ok punya dan pemandangan juga bagus banget.. Nanti deh kali kesana pasti mampir

    BalasHapus
  3. Sebagai wargi Bandung, aku hanya pernah ke Stone Garden sama Tahura dari semua destinasi wisata rekomendasi di atas.
    Justru anak-anak yang udah pernah ke beberapa tempat wisata karena program outing dari sekolahnya.
    Memang Bandung juara banget sama tempat wisata alam yang asri, dingin dan cantik~

    BalasHapus
  4. Jadi pingin jalan ke Bandung, apalagi membaca artikel ini. Sayangnya, domisili saya jauh amat. Mudah-mudahan suatu hari nanti kesampaian.

    BalasHapus
  5. Wah keren-keren wisata alamnya. Terima kasih untuk rekomendasinya. Mudah-mudahan pas ke Bandung bisa ke sini. Aamiin.

    BalasHapus
  6. Bandung masih jadi destinasi yang belum kami jelajahi.sepenuhnya. Terlalu malas menikmati macet di saat-saat weekend atau hari libur lainnya. Sementara hari biasa belum ada waktu yang cocok. Informasi sangat membantu kami merencanakan ekplore Bandung nih

    BalasHapus
  7. Bandung selalu berkesan di hati, tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga surga bagi wisatawan. Destinasinya lengkap, cafenya enak-enak, aaah Bagiku Bandung lebih dari sekedar kota kenangan.

    BalasHapus
  8. Dari semua tempat yang disebutin di atas saya belum kunjungin semuanya. Btw banyak juga tempat di daerah Dago dan Punclut yang sering saya kunjungi dan bagus viewnya. Memang paling seneng sih jalan-jalan di Bandung. Makanya saya betah jadi warga Bandung.

    BalasHapus
  9. Dari semua tempat ini, saya baru satu yang sudah dikunjungi. Kawah putih. Sebelum ke pandemi juga liburan ke Bandung, tapi belum tau tempat-tempat ini. Ntar kalau ke Bandung lagi mau mengunjungi yang belum pernah ah. Penasaran dama Stone Garden dan taman hutan rayanya.

    BalasHapus
  10. Wah noted deh mba. Dari semua yg disebut mba blm ada yang kunjungi hehe...pengen sih ke Bandung. Semoga ada rejeki umur dan dana. Makasih ya mba infonya...

    BalasHapus
  11. Huhuhu belum pernah ke Bandung sama sekali, jadi mupeng liat listnya. Bagus-bagus ya.. semoga ada rezekinya buat jalan2 ke Bandung.

    BalasHapus
  12. Kota Bandung memang juara untuk urusan wisata alam ya, keren banget pemandangannya dan beberapa tempat wisata sudah dikunjungi bersama keluarga tapi beberapa yang belum, soalnya kalau weekend lumayan macetnya dan hampir semua lokasi wisata ramai banget.

    BalasHapus
  13. Dari dulu ingin sekali jalan jalan liburan ke bandung. Baca ini jadi tambah ingin. Nanti kalau anak-anak sudah gedean lah beneran harus main ke bandung

    BalasHapus
  14. wah terima kasih informasinya bisa menjadi referensi saat berkunjung ke bandung, pemandangannya bagus banget, terakhir ke bandung ga sempat jalan-jalan, semoga ada waktu dan rezeki untuk berkunjung ke Bandung lagi

    BalasHapus
  15. Bandung memang nggak ada matinya ya mbak
    Surga wisata
    Banyak sekali potensi wisata alam di Bandung
    Dari daftar ini, masih banyak yang belum pernah aku kunjungi

    BalasHapus
  16. Jadi kangen Bandung kan haha. Bandung kota aja udah ngangenin, apalagi Bosscha sama wisata alamnya.

    BalasHapus
  17. Banyak banget yang belum aku datengin niihhh jadi catatan. Kalau mudik soalnya di rumah aja mau kemana-mana maceett, hehehehe.

    BalasHapus
  18. Tempat wisata Bandung nih selalu nomer satu ya penataan dan konsepnya . Dan hebatnya ada aja yang baru tempat wisatanya jadi gak bikin bosan gitu . Btw ini artikelnya tak save ya buat ide ke Bandung pas liburan heheh

    BalasHapus
  19. Senang sekali rasanya kalau baca baca soal Bandung. Bikin pengen segera ke sana. Semoga ada rezeki bisa ke Bandung dengan caraNya yang indah

    BalasHapus