Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengunjungi PT Hankook Ceramic Indonesia - Saint James Factory Outlet

PT Hankook Ceramic Indonesia menjadi tujuan kunjungan Pengurus Komite Sekolah/Jamiyyah SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan pada 14 Maret 2023 dalam rangka kegiatan pertemuan bulanan. Pabrik produk keramik Saint James sekaligus factory outlet ini berlokasi di Jl. Raya Jl. Ps. Kemis - Cikupa No.RT 008, RW.002, Suka Harja, Kec. Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Pabrik yang memproduksi peralatan makan keramik berkualitas tinggi sebanyak 1,5 juta juta keping keramik dalam sebulannya ini, menghasilkan produk-produk yang ternama yang membuat kami penasaran dengan proses pembuatannya. Sekalian juga belanja kebutuhan peralatan makan mumpung dapat harga pabrik di sana.

Nah, berangkat dari sekolah, rombongan kami dijemput sekaligus diantar kembali oleh pihak pabrik dengan menggunakan bus, dijamu dengan presentasi terkait proses produksinya, diajak berkunjung langsung ke pabrik (tanpa kamera), diberikan penawaran belanja produk dengan harga khusus di tokonya serta mendapatkan goodie bag cantik bagi setiap peserta.

Sik...Asiiik!!


Tentang PT Hankook Ceramic Indonesia

FYI, pabrik yang berdiri sejak tahun 1961 ini merupakan salah satu pabrik Hankook yang ada di dunia selain yang berlokasi di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan

Hankook Ceramic adalah perusahaan yang menerapkan Automated Production System, dimana alat pembakaran dan sistem produksi berjalan otomatis secara keseluruhan, termasuk otomatisasi mesin penyemprotan lapisan glaze.

Bahan baku produk diimpor dari Korea, karena di sana ada alat untuk mengolahnya, sehingga di sini hanya membuat produknya saja. Hasil produksi PT Hankook Ceramic Indonesia ini sudah berstandar tinggi dan memenuhi kualifikasi internasional/lolos ekspor, sehingga tak heran beberapa brand ternama memercayakan pabrik ini untuk memproduksi merk mereka.

Sebut saja, ada merk Lenox, Mikasa, Kate Spade, Noritake, Zen dan brand Hankook Ceramic sendiri, Saint James yang telah dikenal luas sebagai piranti makan keramik ternama di antara kalangan masyarakat kelas atas juga hotel-hotel & restaurant berkelas di pasaran domestik dan internasional.

Oia, tak hanya alat makan keramik saja lho yang diproduksi pabrik ini, karena Hankook juga menjual sendok, alat dapur, handuk dan kebutuhan rumah lainnya. Lengkaap dan bikin ijo mata para Emak pastinya!

Apalagi produknya cantik-cantik dan berkualitas tak heran jika harga yang dibandrol pun sangat pantas. Maklum saja proses produksinya memang panjang untuk mendapatkan hasil yang beneran bisa bikin tercengang!




Proses Produksi Keramik Tableware di PT Hankook Ceramic Indonesia

Well, proses produksi keramik di Hankook memerlukan waktu selama 14 hari mulai dari proses desain sampai pengemasan, dengan perincian:

  1. Desain: pertama dibuat motif yang sesuai dengan desain yang dirancang
  2. Master Sample: membuat sample berukuran 12,5% lebih besar dari ukuran asli karena produk akan mengalami penyusutan setelah pembakaran pertama. Kemudian sample akan dikirimkan ke client untuk proses persetujuan.
  3. Create Mold: membuat mold dari gypsum yang bersifat menyerap air, sehingga pada pembakaran pertama, airnya keluar
  4. Forming (Casting Liquid): memakai liquid untuk cetakan produk dengan bentuk khusus sperti cangkir, teko,..
  5. Forming (Automatic Jiggering): membentuk solid plain dengan menggunakan mesin otomatis untuk produk piring dan mangkok
  6. First Firing (36 hours): pembakaran pertama, produk dibakar di oven bersuhu 1300°C
  7. Polishing: semua produk dimasukkan ke mesin berisi batu-batu untuk menghaluskan permukaan produk
  8. Spraying Glaze: zat berwarna pink disemprotkan untuk melapisi produk agar aman digunakan untuk makanan/minuman dalam jangka waktu yang panjang
  9. Second Firing (18 hours): pembakaran kedua dengan suhu 1200°C
  10. Pattern's Sticker: secara manual dan satu persatu-satu stiker yang punya food grade aman 
  11. Third Firing (9 hours): pembakaran ketiga bersuhu 900°C untuk membuat stiker menempel secara permanen 
  12. Packing: setelah melalui proses Quality Control, produk lalu dikemas sesuai ukuran sehingga aman sampai ke tangan pelanggan






Factory Outlet Saint James di PT Hankook Ceramic Indonesia

Akhirnya, kunjungan sekitar 3 jam yang menambah wawasan pun berakhir. Selama presentasi saya dan teman-teman dijamu dengan teh dan snack, dibagikan doorprize saat sesi tanya jawab, dan goodie bag produk (satu buah mangkuk) sebagai buah tangan. 

Well noted, PT Hankook Ceramic Indonesia alias Saint James menghasilkan 1,5 juta pcs produk keramik/bulan. Proses produksi total memakan waktu 14 hari di mana setiap keramik melewati 3 kali proses pembakaran. Semua keramik tahan Microwave, Oven dan Diswasher dan di setiap bagian memiliki Quality Control (QC) masing-masing!

Kunjungan pun kami akhiri dengan belanja-belanji di factory outlet yang ada - yang menyediakan coffe shop juga, dan buka dari hari Senin-Sabtu pada waktu 07.30-16.00. Aseliiii, di sini mesti banyak tutup mata saya karena pernak-pernik keramiknya sungguh menggoda, hahaha!

Ada aneka piring, mangkuk, mug berharga buy one get one free. Ada tea set, dining set, face towel, knife set, dan lainnyasisa produk ekspor berharga khusus tapi dikemas tanpa kardus. Juga, perpancian, peralatan masak, kotak bekal, food storage berdiskon hingga 70% karena out of season, dan masih banyak lagi. 

Oia, jika dirimu pengin datang untuk belanja juga, bisa banget ya datang sesuai jam buka tokonya. Atau mungkin mau rombongan seperti saya, silakan hubungi Factory Tour Registration (Suci) di: 081296392123 atau Allika 089654751729, Saint James FO 085219235253

See Yaa!💗



Happy Sharing

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "Mengunjungi PT Hankook Ceramic Indonesia - Saint James Factory Outlet"

  1. mbaaaa, seruuuu bgt sih perkumpulan walimurid nyaaaa sampai ada acara kyk giniiii

    aku jg mupengg euuuyyy
    klo d sekolah anakku , wali murid ga ada program giniaannnn

    BalasHapus
  2. Wah Mbak, kedoyanan saya banget ini sih. Karena suka motret makanan, peralatan makan seperti ini tuh sudah jadi surga food photography buat saya. Apalagi Hankook kan salah satu rajanya produsen peralatan makan dan dapur yang sudah melegenda. Keindahan karya nya sudah gak diragukan lagi. Hakul yakin gak bisa nahan belanja kalo sudah di sini sih. Mana aduuhh keliatan cantik-cantik semua meski hanya sempat terfoto dari kejauhan.

    BTW, ternyata bisa ya kita request group tour kesana. Cus ah nanti ngajakin rombongan sirkus teman-teman photographer. Makasih loh informasinya.

    BalasHapus
  3. Wah beruntung banget bisa ke pabrik dan showroom nya ya
    Karena sering banget lihat produk Hancook Ceramic dan auto mupeng
    Mbak Dian beruntung bisa ke pusat nya

    BalasHapus
  4. Waduh...keren-keren banget ceramic-nya. Tadi kukira ke pabrik keramik tuh keramik lantai...haha...
    Aku pernah dikasih teman produk Hankook, wadah ceramic ovenproof, bisa dioven. Bagus banget, imut dan cantik, aku sayang-sayang...

    BalasHapus
  5. Ke sana harus rombongan atau bisa sendiri, Mbak? Saya beberapa kali lihat yang pernah ke sini. Tapi, selalu rame-rame. Padahal saya tertarik juga. Tapi, pengennya pribadi aja gitu datangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di akhir saya sebutkan: Oia, jika dirimu pengin datang untuk belanja juga, bisa banget ya datang sesuai jam buka tokonya. Atau mungkin mau rombongan seperti saya, silakan hubungi Factory Tour Registration (Suci) di: 081296392123.

      Hapus
  6. Akutu kalau printilan rumah tangga begini suka lapar mata ya..
    Kaya yang semua butuh. Hihihi.. Suka banget sama produk PT Hankook Ceramic Indonesia. Desainnya sederhana dan bisa dipadu padan dengan interior dan peralatan makan serta dapur yang sudah ada di rumah.

    BalasHapus
  7. Berkunjung ke PT Hankook Ceramic Indonesia bakal bikin betah berlama-lama ngelihat produk-rproduknya. Kayaknya per peace yang dipajang kudu dibawa pulang, hehehe.

    BalasHapus
  8. Perkumpulan wali muridnya terorganisir banget ya. Keren...
    Sekolah di kota emang mahal tapi sesuai dengan kualitas dan fasilitasnya ya
    Orang tua pun berkesempatan belajar dan nambah wawasan nih

    BalasHapus
  9. Kebetulan saya wali kelas di sekolah sering bertemu dengan wali murid, namun cuma hanya kunjungan ke rumah gak nyampe ginian hahaha...keren nih patut jadi referensi. Btw, dari foto2 yang ditampilkan kak Dian di tulisan yang sudah kubaca ini ternyata keramik Indonesia bagus2 ya, gak kalah dengan luar negeri.

    BalasHapus
  10. Cakep banget produksinya per bulan.
    Pantes aja ya bisa diandalkan sebagai keramik keluarga.
    Apalagi kalau udah di lokasi sana bisa daku bayangkan bawaannya mau diborong semua hehe,

    BalasHapus
  11. Bagus sih produk-produk Hankook Ceramic Indonesia dijual di berbagai pasar domestik maupun internasional kan ya? Perusahaan ini juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan, keren deh...

    BalasHapus
  12. Pas banget, aku baca artikel ini setelah nonton produksi alat makan keramik merk yang sama di youtube. Jadi bisa ngebayangin gimana prosesnya yang oanjang tapi satisfying buat dilihat..

    BalasHapus
  13. Pengen banget ke factory outlet-nya. Mata langsung melek melihat banyak barang bagus....
    Btw Mbak, kalau ga baca ini saya tidak tahu kalau ada pabrik keramik sebagus Saint James.

    BalasHapus
  14. Senang banget kalau lihat tempat-tempat keramik begini. Rasanya kayak di surga dan kalau gak nyadar, duit mendadak bisa keluar banyak. Hahaha. Namanya juga emak-emak.Hankook Ceramik Indonesia ternyata the word best ceramic tableware ya.

    BalasHapus