Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan Mesin Pengering Pakaian Electrolux

Gaiiis..., mesin pengering pakaian (dryer) Electrolux di rumah, kapan hari bermasalah. Biasanya mesin ini nyaris tak bersuara saat bekerja, tapi ini berisiiiik sekali seperti ada batu yang tersangkut di dalamnya.

"Glodak..glodak..glodak!" Begitu bunyinya.

Padahal dryer Electrolux type EDV705HQWA yang saya beli sekitar 3 tahun yang lalu dan berkapasitas 7 kg ini, biasanya baik-baik saja, dipakai mengeringkan pakaian lancar jaya.

Ya, saya menggunakan dryer atau mesin pengering pakaian Electrolux ini untuk mengeringkan baju sehari-hari, handuk, sprei, bed cover hingga bantal, setelah dicuci dengan memakai mesin cuci (washer). 

Pokoknya sejak punya mesin pengering pakaian saya hampir enggak pernah nge-laundry lagi. Semua bisa dicuci dan dikeringkan di rumah sendiri, karena hasil mesin ini pakaian (basah) jadi kering/siap dipakai lagi.

Well, sebenarnya mesinnya masih berfungsi. Pakaian basah saat dikeringkan jadi kering seperti biasanya. Tapi, karena suaranya enggak nyaman didengar telinga, apalagi letaknya persis berbatasan dengan tembok tetangga, maka saya pun segera perbaiki dryer-nya dengan menghubungi service center Electrolux.

Dan, puas sekali saya dengan layanannya. Mereka segera memberikan solusinya, hingga mesinnya sudah baik lagi, enggak pakai lama.

Nah, jika mesin pengering pakaian berbunyi tak biasa, sebabnya apa sih ya? Berapa biaya perbaikannya? Dan mengapa sebaiknya ke service center resminya?

Mesin Pengering Pakaian Electrolux
Yang kiri mesin cuci (washer), yang kanan mesin pengering (dryer), keduanya beda merk

Pengalaman Service Mesin Pengering Pakaian Electrolux 


Awalnya, untuk mencari informasi saya googling dan nemu nomor  (0804) 111 9999 untuk pusat layanan pelanggan Electrolux yang semi toll free (tarifnya Rp 450/flat seluruh Indonesia).

Saat menelpon saya sebutkan nama dan masalah pada dryer Electrolux saya. Dan si Mbak CS mengkonfirmasi, nanya itu ini dan menyebutkan teknisi akan segera follow up ke alamat.....(dia sebutkan alamat saya) setelah sebelumnya nanya apakah masih sama alamatnya. 

Jadi tuh, waktu beli dulu, memang sales toko memasukkan data saya untuk kebutuhan garansi produk. Nah, data yang tersimpan inilah yang ternyata memudahkan mereka untuk segera gercep atasi keluhan pelanggan.

Oia, sebelum panjang lebar ngomongin mesin pengering pakaian saya yang rusak, teman-teman sudah tahu kan apa dryer itu?

Jadi saya pertama kali kenal dryer saat tinggal di Amerika. Di sana keluarga kami menyewa apartemen yang sewanya termasuk fasilitas washer & dryer

Jadi ada 2 mesin terpisah, satu adalah mesin cuci pakaian, satunya lagi mesin pengering pakaian.

Memudahkan sekali jadinya, pakaian kotor enggak pakai lama (kurang lebih: cuci 1 jam + ngeringin 2 jam, tergantung kebutuhan) dah bersih lagi dan siap pakai. 

Mau hujan mau panas di luar enggak masalah..enggak bakal ada cerita CLBK (Cucian Lama Belum Kering) 

Mesin Pengering Pakaian

Mesin Pengering Pakaian atau Dryer Adalah....

Jadiii...mesin pengering pakaian atau dryer adalah alat untuk mengeringkan pakaian dengan cepat dan efisien. Cara kerja mesin pengering pakaian adalah dengan melibatkan proses pemanasan udara dan sirkulasi udara di sekitar pakaian yang basah.

Sementara untuk langkah-langkah pengeringan dengan mesin pengering pakaian, saya lansir dari berbagai sumber, adalah:

  1. Pakaian basah dimasukkan ke dalam mesin pengering pakaian setelah proses pencucian selesai. 
  2. Mesin pengering pakaian menghasilkan udara panas menggunakan elemen pemanas atau sumber energi lainnya, yang dikirimkan ke dalam drum melalui saluran udara.
  3. Udara panas mengalir melalui elemen pemanas, yang memanaskan udara sebelum masuk ke dalam drum pengering, untuk meningkatkan kemampuan udara menyerap kelembapan pakaian.
  4. Udara panas yang masuk ke dalam drum mengalir di sekitar pakaian yang basah bikin kelembapan dari pakaian akan menguap menjadi uap air.
  5. Uap air yang dihasilkan dari pakaian basah dan proses pengeringan akan dikeluarkan melalui saluran ventilasi/pembuangan yang mengarahkan uap air ke luar ruangan/sistem pembuangan 
  6. Beberapa mesin sensor suhu untuk mengukur suhu udara yang masuk ke dalam drum yang bantu mengontrol suhu agar tidak terlalu panas dan menjaga pakaian agar tidak rusak/terlalu kering.
  7. Mesin pengering pakaian biasanya dilengkapi dengan pengatur waktu atau program pengeringan yang memungkinkan pengguna mengatur lamanya waktu pengeringan sesuai dengan kebutuhan.
  8. Selama proses pengeringan, drum di dalam mesin akan berputar dengan perlahan, agar pakaian terkena sirkulasi udara yang merata, sehingga proses pengeringan dapat berjalan efisien.

Nah, begitulah lebih kurangnya mekanisme kerja mesin pengering pakaian. Meski bervariasi tergantung pada merek dan modelnya ya, tapi prinsip dasar yang berlaku untuk sebagian besar mesin pengering pakaian yang tersedia di pasaran itu hampir sama.

Pusat Layanan Pelanggan Electrolux

Dryer Electrolux Bunyinya Berisik Sebabnya Apa?


Jadi, balik lagi ngomongin masalah mesin pengering pakaian Electrolux saya tadi...

Akhirnya, saya dapat pesan via WA oleh teknisi Electrolux yang mengabarkan akan datang ke rumah untuk diagnosa kerusakan. Kedatangan teknisi ini berbayar Rp 30.000 sebagai ongkos transportasi.

Nah, setelah bongkar dryer ketemu lah problem-nya, Roller dan Fan Belt yang sudah tidak standar lagi yang disebabkan intensitas pemakaian tinggi. Teknisi menjelaskan panjang lebar ke saya asal muasal bunyinya. 

Saya juga ditanya berapa kali sehari mesin ini dipakai. Lalu disarankan juga pemakaian yang benar jika nanti spare part sudah diganti. 

Seperti sebaiknya untuk pemakaian ada jeda sehingga spare part tidak over heating. Juga filter rutin dibersihkan. Hindari over loading agar tidak melebihi kapasitas mesinnya agar mesin lebih tahan lama, dan lainnya...

Saya nanya-nanya dijelaskan semua sama teknisinya.

Teknisi bilang akan melaporkan ke pusat layanan tentang kerusakan dan jika saya setuju akan ada penawaran harga spare part resmi dan biaya service-nya nanti. Untuk proses pesan hingga dilakukan perbaikan kurang lebih makan waktu 2 mingguan karena ada proses PO dan daftar antrian. 

Saya pun setuju!

Esoknya saya dapat pesan via WA dari customer service Menara Electrolux yang menyampaikan penawaran service order beserta rincian harga untuk kebutuhan PO barangnya. 

Saya jawab setuju!

Seminggu dari hari itu, teknisi yang sama mengabarkan kalau spare part sudah ada dan menanyakan kapan perbaikan bisa dikerjakan. 

Setelah janjian waktunya, teknisi datang dan menunjukkan spare part pengganti. Sekitar 30 menit dilakukan penggantian spare part pada mesin pengering pakaian Electrolux saya, dan tadaa...waktu dicoba enggak ada lagi bunyinya.

Setelahnya, bayar tagihan perbaikan dan biaya spare part totalnya Rp 669.500, bisa transfer atau cash

Dan sudaaah...perbaikan mesin pengering Electrolux saya akhirnya kelar! 

Pusat layanan pelanggan resmi dan teknisi Electrolux, layanannya beneran memuaskan. Meski lebih mahal dari tukang service biasa, spare part dijamin keasliannya dan ada garansi pula. Semoga setelahnya mesin pengering pakaian ini awet dan enggak ada masalah lagi!

Nah, kalau dirimu pernah jugakah service barang (elektronik) ke service center resmi? Atau lebih pilih ke tukang service langgananmu?💖



Salam

Dian Restu Agustina

 





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

26 komentar untuk "Perbaikan Mesin Pengering Pakaian Electrolux"

  1. enak sih kalau punya dryer begini. enggak khawatir baju keujanan, ya. bebas kuman lagi

    BalasHapus
  2. Emang kalau beli barang elektronik atau bukan, terus bermasalah dan CS-nya gercep seperti ini, bikin hati senang ya Mbak. Pelajaran nih buat pengusaha lain, layanan pelanggan itu darahnya bisnis. Coba CS-nya Electrolux atau servicenya jelek atau bikin jutek, gak bakal dapat ulasan begini baik dari pelanggannya. Words from a good mouth itu menyenangkan, Jenderal :)

    BalasHapus
  3. Memang sebaiknya kita panggil service alat elektronik dari official store atau tempat pembelian yang resmi ya. Kalau asal panggil, takutnya bukannya bener malah jadi rusak. Kalau yg ini, data kita sudah tersimpan, jadi bisa lebih cepat ditanggapi dan dikirimkan teknisi. Bisa digunakan lagi deh :)

    BalasHapus
  4. Kalau perbaikan elektronik emang lebih enak langsung ke cs biar mereka yang benerin ya mbak? Teknisinya beneran nggak asal coba² dan pergantian sparepart juga pasti keasliannya

    BalasHapus
  5. ini mesinnya terpisah ya, mbak sama mesin cuci. memang sih kalau mesin cuci yang ada pengeringnya itu keringnya masih agak baal-baal gitu jadi masih perlu dijemur. kalau pakai pengering begini beneran kering ya, mbak jadinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya langsung kering siap disetrika/langsung dipakai bisa

      Hapus
  6. alhamdulillah ya mak, namanya mesin cuci ini penyelamat dan barang berharga banget di rumah, karena kalau mesin cuci rusak udah bener2 deh bisa stress, dan ga mungkin juga setiap hari ke laundry atau bayar yang bisa cuci manual di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin cucinya ga rusak Mak, yang rusak mesin pengering...jadi ada 2 mesin yang berbeda, satu washer satu dryer.

      Hapus
  7. Ini tuh sama dengan aku 2 minggu lalu, tapi bedanya aku mesin cuci yang rusak dan front loading. Sebelum ke tukang service, nanya sama teman-teman dulu dong. Akhirnya berdasarkan hasil obrolan bersama teman, bawa ke service centre saja arena front loading. Manggilah itu si service centret dan cepat banget datengnya, ngecek dan juga memberitahu sparepart apa saja yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  8. Aku juga milih mending panggil di tempat service yang asli mba. Spare part yang digunakan juga asli dan terjamin. Daripada pakai abal abal kuatir nggak lama dan bisa jadi malah makin rusak. Makasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
  9. Wah nambah lagi nih perbendaharaan kepanjangan CLBK haha..Btw, mesin idaman nih, terutama kalo lagi musim hujan dan tentunya banyak CLBK (even uda diperas pakai mesin cuci).

    Oh ya salit nih sama layanan purnajual Electrolux. Tempo hari saya kontak jasa servis brand S utk servis dispenser. Teknisinya datang, tetapi dia suggest pakai komponen dari dia karena katanya kalo dr kantor nanti lama lagi. Pikir negatif saya, di situ bisa main harga yaa kan..tapi saya iyakan aja sih wakti itu wkwkw

    BalasHapus
  10. Wah, untuk biayanya lumayan juga ya mba. kalo ditambah dikit udah dapat mesin cuci yang baru yang dua tabung, hehehe. emang gitulah kalo udah rusak , Tapi sekrang udah aman kan, moga awet aja yah gak rusak lagi

    BalasHapus
  11. Kalau mesin pengering pakaian eror, terasa banget multi dampaknya. Kalau tersedia service center yang resmi seperti brand Electrolux, apalagi bisa dihubungi cukup dengan WA dan gercep datang untuk melakukan diagnosa terlebih dulu. Jadi bisa ada persiapan, seberapa besar biaya yang dibutuhkan utk perbaikan, juga bisa jadi pertimbangan sebaiknya cukup di servis atau perlu beli baru.

    BalasHapus
  12. Cukup efektif juga ya mba, memakai mesin pencuci dan pengering yang berbeda begini, jadi untuk pemakaiannya lebih awet. Memang bagusnya kalau ada kerusakan diservis sama tukang service yang resmi bukan yang amatir, khawatir sparepartsnya tambah rusak atau diganti dengan yg lebih murah

    BalasHapus
  13. mbak .. berhubung aku tinggal di rusun, susah urusan jemur menjemur begini karena tempat sempit. Suami sempat kasih wacana apa beli dryer supaya sat set kering, ga perlu menjemur di balkon karena aturan sekarang ga boleh jemur di luar, huhu...
    makasih yaa ini jadi rekomendasi juga buat pakai Electrolux.

    BalasHapus
  14. Ulasannya sangat bermanfaat, Alhamdulillah belum pernah memanggil tukang service kecuali AC, paling tidak pengetahuan pribadi.

    BalasHapus
  15. kalau udah ada kerusakan ternyata biaya servicenya juga lumayan mbak. tapi syukurlah sudah bisa beroperasi normal seperti sedia kala, karena mesin cuci terutama yang ada pengeringnya ini penting banget apalagi di cuaca yang ga menentu gini.

    BalasHapus
  16. Senang kalau layanan memuaskan dan gercep saat kita ada masalah. Harga terjangkau dengan pelayanan terbaik bikin konsumen nyaman, insyaallah baik teknisi maupun perusahaan nya pasti berkah

    BalasHapus
  17. DI rumah gak banyak mesin elektronik. Biasanya kalau ada kerusakan ya dikirim ke tukang servis. BTW, punya mesin pengering kaya gini lebih sat set ya soal pakaian basah. Gak peduli hujan di luar, tetep bisa kering dan gak bau

    BalasHapus
  18. nah iya mesin pengering di mesin cuci adalah kunci dari proses mencuci di rumah, karena ngebantu banget biar gak bau apek dan bisa bikin cepet kering juga meski dijemur di dalam rumah

    BalasHapus
  19. Kalau di indonesia karena sinar matahari melimpah tampaknya dryer ini belum banyak yang memiliki ya mbak, selain krn kyknya butuh daya listrik yg mayan hehe. Aku taunya dr saudara yg punya laundry aja krn dia punya mesin ini buat bantu ngeringin kalau2 pas musim hujan.
    Keren banget CS-nya walau udah beli lama tapi masih mau utk servis2 dan spare partnya pun masih tersedia ya.

    BalasHapus
  20. Kalo punya barang elektronik yang mesti diperatikan itu jasa servisnya juga ya maaaaak.. biar gampang manggilnya kalo ada apa apa ya kaaaan.. namanya juga barang elektronik, pastinya butuh perawatan dan reparasi saat rusak yaaa.. Kalo lewat servis resmi, pastinya lebih terpercaya yaaa

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah, gercep sekali service centernya Electrolux dalam melayani keluhan pelanggan.
    Kami juga pakai Electrolux, tapi untuk mesin cucinya. Selama ini gak paham manfaat dryer, karena kulikir hanya kering 80% seperti mesin cuci.

    Ternyata bisa langsung bener-bener kering dan siap dipakai lagi yaa..

    BalasHapus
  22. Kalau nonton film luar negeri suka penasaran, mengapa mereka punya 2 unit mesin cuci bersebelahan? Dan di manakah mereka menjemur pakaian? Ternyata yang satunya lagi itu pengering, ya? Yang benar-benar bisa bikin cucian kering dan bisa langsung dipakai lagi, sehingga nggak butuh tempat untuk menjemur. Aku jadi pengin punya juga, terutama ketika musim hujan. Haha.

    Alhamdulillah mesin pengering Mbak Dian sudah selesai perbaikannya, ya. Semoga awet teruuus.

    BalasHapus
  23. Wah praktis banget yaa, memang lebih tenang memperbaiki barang sama service center merek aslinya...jadi barangnya juga awet jadinya

    BalasHapus
  24. Mbak ada mesin pengering juga ya? Praktis juga nih untuk musim hujan. Jadi seragam anak-anak cepat kering hehehe. Kayanya perlu dipertimbangkan untuk punya juga deh.

    BalasHapus