Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Goodbye October, Hello November!

Goodbye October, Hello November! Sudah bulan ke sebelas, jelang tahun 2023 ini tuntas! 

Duh, merasa enggak sih kalau kadang waktu itu sungguh cepat berlalu huhuhu...Perasaan belum lama, eh sudah hampir tahun baru aja. Terus sudah ngapain saja saya? Apakah sudah maksimal memanfaatkan masa? Huaaa...tertampar rasanya kalau dapat pertanyaan demikian!

Etapi, daripada menghakimi diri mending merunut ke belakang, apa saja kegiatan saya di bulan Oktober silam!  

Bulan Oktober yang Penuh Warna

Well, bulan Oktober saya penuh warna, ada tawa juga air mata! Ada apa saja?

1. Operasi Kista Ateroma

Jadi awal Oktober saya menjalani operasi kista ateroma di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kista ateroma adalah pertumbuhan seperti benjolan yang terjadi di bawah kulit dan biasanya terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sebum (minyak kulit) dan sel-sel kulit mati. 

Letak benjolannya di area payudara saya. Alhamdulillah operasinya lancar jaya dan pemeriksaan patologi jaringan pun menunjukkan hasil yang tidak berbahaya. Saat ini saya masih belum 100% pulih kembali, masih ada rasa pegel, njarem, gatal kadang nyeri di sekitar area pasca operasi. Semoga makin hari makin membaik dan Allah berikan kesembuhan yang sempurna bagi saya. Aamiin.

Saya percaya di balik ujian sakit saya, sesungguhnya Allah SWT sedang sayang pada saya. Memang ada banyak cara Allah dalam mewujudkan bentuk kasih sayangnya kepada kita. Salah satunya dengan memberikan ujian sakit.

Sesungguhnya sakit dapat menjadi media bagi kita untuk merenungi arti dari sebuah kenikmatan sehat.
Melalui sakit, Allah SWT menguji iman kita. Allah ingin membuktikan sejauh mana kita mampu ikhlas dan bersabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari-Nya. Jadi yang sedang diuji sakit, semoga lekas sembuh dan tetap semangat ya..!

2. Bayar Tunggakan Pajak Kendaraan

Jadi ceritanya saya terlupa bayar pajak kendaraan (motor) selama 2021 dan 2022. Entah karena pandemi atau saya yang abai dan (sok) sibuk sendiri. Yang jelas pajak 2 kendaraan lainnya enggak lupa, kok yang sepeda motor ini bisa laliii! Hiks!

Akhirnya bulan ini, pas waktunya bayar pajak tahun 2023 saya bayarkan tunggakannya. Syukurnya di wilayah DKI Jakarta sedang ada pemutihan pajak kendaraan sehingga saya bebas bayar denda! Mayan banget yaa. Dan, ini pengalaman pertama saya jadi penunggak pajak, semoga tidak akan terulang lagi. 

Jadi, bagi kamu yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, karena lupa seperti saya atau mungkin kemarin-kemarin memang belum ada dananya, sebaiknya ikuti program pemutihan pajak kendaraan Jakarta untuk mendapatkan insentif bebas denda!

Oia, program pemutihan pajak kendaraan Jakarta 2023 kali ini terdapat pemberian insentif bebas denda pajak dan balik nama kendaraan yang berlaku sejak tanggal 22 Juni hingga 29 Desember 2023, yaaa

3. Menghadiri Undangan Pernikahan

Ada 3 undangan pernikahan yang saya terima di bulan Oktober ini. Pertama dari Mbak ipar saya yang tinggal di Jombang, Jawa Timur yang anak keduanya menikah. Jadi keluarga besar diundang saat akad/resepsi di rumah memepelai perempuan (lokasi di Jombang juga). Lalu, Mbak ipar ngunduh mantu di rumahnya dua minggu setelahnya.

Saya tidak bisa hadir ke Jombang, suami saya saja yang datang sendirian, karena saya sedang persiapan operasi kista tadi. Alhamdulillah acara berjalan lancar, begitu laporan dari Pak Suami.

Kemudian saya menghadiri acara resepsi pernikahan putri dari kolega suami di Hotel Pullman Thamrin. Dengan masih pakai plester di luka bekas operasi saya dan suami menghadiri acara ini. Acara berlangsung meriah, mewah dan elegan dengan konsep modern tapi tak mengurangi kesakralannya.

Lalu, yang terakhir saya menjadi anggota rombongan besan pada pernikahan keponakan. Keponakan saya bersuku Jawa, berjodoh dengan gadis bersuku Sunda. Acara akad yang digelar di kediaman mempelai perempuan memakai adat Sunda. Pada saat pembacaan ijab qabul masih berbahasa Indonesia, tapi saat acara adat, full berbahasa Sunda. Alhasil kami rombongan besan yang semua wong Jowo, roaming mendengarnya. Kwkwkw

Syukurnya di pertengahan acara, mungkin karena baik manten laki-laki maupun tamu-tamu nampak ngang ngong mukanya, muncullah host pendamping, yang menerjemahkan ucapan pembawa acara ke dalam bahasa Indonesia! 


Bulan Oktober yang Penuh Makna

Well, itu tadi di antaranya kesibukan saya di bulan Oktober 2023. Perasaan lengkap ada, nano-nano rasanya, mulai dari deg-degan pas masuk kamar operasi, bahagia saat urusan kelar dan juga terharu sekali saat menghadiri prosesi akad nikah juga resepsi. 

Memang di sebuah acara pernikahan, terutama saat prosesi ijab qabul, kesakralannya membuat tak hanya pengantin dan orang tuanya mengharu biru, tapi juga hadirin tampak ikutan larut dalam keharuan

Pasalnya, akad nikah bukan hanya perjanjian antara dua insan, akad nikah juga perjanjian antara hamba dengan Sang Pencipta ketika dua tangan diulurkan antara wali nikah dengan mempelai pria. Allah menyebutnya mitsaqon gholizho atau perjanjian Allah yang kuat.

Perjanjian berat ijab qabul juga sebagai pemindahan tanggung jawab dari orang tua kepada suami. Pengantin laki-laki telah menyatakan persetujuannya. Itulah perjanjian yang amat berat. Di mana di antara tanggungjawab yang berpindah yaitu tanggung jawab memberi nafkah secukupnya baik lahir maupun batin, tanggung jawab menyediakan tempat tinggal, mendidik akhlak dan agama dengan baik maupun tanggungjawab mengayomi, melindungi kehormatan dan keselamatan isteri.

Oleh karena itu, semestinya pasutri melaksanakan hak dan kewajiban suami isteri dalam hidup berumah tangga. Selain itu juga berusaha mengelola emosi mereka, meski memang tak mudah sih ya, mengingat dua insan yang dipersatukan dalam ikatan suci ini memiliki banyak perbedaan baik dari segi fisik, pola asuh keluarga, pendidikan, pergaulan, cara berfikir, dan perbedaan lainnya.

Sehingga harapannya tak ada lagi bentuk-bentuk kekerasan seperti yang tertuang dalam UU PKDRT (Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang meliputi kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan verbal, kekerasan seksual, dan penelantaran rumah tangga. Aamiin.

Goodbye October, Welcome November

Alhamdulillah bulan Oktober telah terlewati. Kini siap menjalani hari-hari di bulan November yang panasnya (di Jakarta) masih luar biasaaa! Semoga segera tiba November Rain yang akan menyejukkan hati dan pikiran kita.

Sehat-sehat ya teman-teman semua....Tetap semangat, tetap menghebat!!💜


Salam Sehat

Dian Restu Agustina














Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "Goodbye October, Hello November!"

  1. Bener mbak, waktu terasa cepet banget berlalu.
    Kalau pekerja macam saya, terasanya dihari Jumat.
    Pokoknya ngerasa kemaren baru jumat eh ini udah jumat lagi aja.
    Smoga hari demi hari bulan dan tahun kita selalu diberi kesehatan, aamiin

    BalasHapus
  2. Saya juga merasakan hal itu, Mbak. Eh.. kok tiba-tiba sudah bulan November. perasaan baru kemarin Januari hahaha.
    Dan oktober ini banyak cerita seru sih. Antara lain bisa cobain Whoosh secara gratis PP Halim - Padalarang - Halim hehehe. Semoga bulan November penuh ceria dan bahagia ya, Mbak. Aamin.

    BalasHapus
  3. memasuki november, pastinya banyak harapan baru yg masing2 dari kita berharap akan menjadi lebih baik utk kehidupan kita, kalo gak dimanfaatin dgn bener tuh memang rasanya waktu cpt bgt ya berlalunya

    BalasHapus
  4. Iya Mba, waktu benar-benar terasa berjalan begitu cepat ya, tak terasa bentar lagi akan ganti tahun lagi. Dan pastikan banyak kejadian yang sudah dilewati ya, ada tawa dan juga derai air mata, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menghadapi berbagai keadaan ya. Aamiin...

    BalasHapus
  5. Meski Oktober ini kok rasanya cepat banget, tapi ternyata isinya seru juga ya :D
    Baca ini saya jadi ingat bekum sempat ngerekam aktifitas Oktober .
    Btw, saya jadi kangen kondangan deh Mba, udah lama banget ga pernah dapat undangan kondangan lagi :D

    BalasHapus
  6. mba Diaaannn sehaaattt selalu yah mbaaaaaa 🥰🙏 sbg orang yg jg pernah dpt ujian sakit, saya percaya bgt dgn kalimat ini

    "Saya percaya di balik ujian sakit saya, sesungguhnya Allah SWT sedang sayang pada saya. Memang ada banyak cara Allah dalam mewujudkan bentuk kasih sayangnya kepada kita"💯💯💯

    BalasHapus
  7. Semoga segera sehat kembali, Mbak Dian. Duh, ngomongin soal pajak motor. Adik saya juga lupa bayar pajak tuh. Hmm....

    BalasHapus
  8. Halo Mbak Dian. Semoga bulan ini juga jadi sumber berkah untuk kita ya........ Mantap banget nih November masih ceria dan puanass banget di Surabaya.

    BalasHapus
  9. Wah baru tahu Mbak Dian abis operasi, semoga Selanjutnya sehat2 selalu ya mbak. Wah Oktobernya penuh dengan kegiatan nikah an juga nih hehe. Jadi gimana rasanya mbak ponakannya yang dulu kecil2 sekarang dah pada punya buku nikah? Hehe
    BTW kyknya asyik juga ya bikin rekap an per bulan ttg hidup di blog gini. Ah jd keinget masa2 ngeblog zaman dulu deh.

    BalasHapus
  10. Times are flying ya Mbak. Tau-tau sudah November aja kita. Usia semakin bertambah dan tanggungjawab kita pada hidup dan ibadah kedepannya jadi semakin terasa. Tapi semoga dengan mencatat hal-hal penting yang terjadi selama di tahun yang barusan berjalan, banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan.

    Semoga hasil operasinya semakin cepat pulilh dan penyakitnya (kistanya) gak nongol-nongol lagi. Mbak Dian semakin sehat dan dijauhkan dari meja operasi lagi. Aamiin YRA.

    BalasHapus
  11. Semoga lancar semua yang sudah kita rencanakan di bulan November yaa. Gak terasa pula ntar lagi Desember, eh terus masuk tahun baru. Waktu berasa cepat banget berlalu, tapi kok ya sayanya masih demen aja menunda-nunda

    BalasHapus
  12. Kalau saya ngerasa Oktober lalu hectic banget karena ada 2 audit di kantor, hehehe
    Persiapan, pelaksanaan dan perbaikan temuan menguras waktu dan pikiran
    Alhamdulillah udah beressss
    Ga kerasa 2023 tinggal 2 bulan lagi

    BalasHapus
  13. Wah kayanya saya juga harus bikin perjalanan selama Oktober ya?
    Sekalian untuk introspeksi dan bikin resolusi tahun 2024
    Agar waktu gak berlalu tanpa arti ya?

    BalasHapus
  14. Lekas pulih ya mbak Dian, dan makin SemangatCiee seperti sedia kala.

    Semoga di bulan November banyak hal baik nan bermanfaat yang kita dapatkan dan lakukan. Serta rejeki yang mengalir, aamiin 🤲

    BalasHapus
  15. Iya, nggak terasa sudah November
    Semoga November full bahagia, full sehat, ya mbak Dian

    BalasHapus
  16. Ada deg-degannya, ada bahagianya..
    Semoga di bulan baru sampai seterusnya kebahagiaan terus yang digapai ya, ka Dian.
    Aku juga suka roaming kalo ketemu orang Sunda, wkwk.. padahal uda tinggal di Bandung 13 tahun.

    BalasHapus
  17. November rain nya udah tiba di area Malang mbak. Udah 2 hari ini diguyur hujan deras. Saatnya cek genteng bocor hehehe...
    Kalau dengar tentang operasi kista, yang langsung kebayang tuh ada hubungannya dengan rahim. ternyata kista ateroma ini nggak ada hubungannya dengan rahim.

    BalasHapus
  18. Alhamdulilah operasi berjalan lancar dan kembali sehat ya mbak
    Momen kumpul keluarga di acara pernikahan saudara misalnya, bisa menjadi ajang reuni dan silahturahmi juga. Di keluargaku juga gini, kadang ada keponakan dari Bapak di Kediri, terus keluarga besar yang dari luar kota datang, jadi kayak ngumpul semua di satu tempat
    Sayangnya aku termasuk jarang hadir kalau ada acara beginian, soalnya timingnya ga pas juga sama kesibukan sekarang

    BalasHapus
  19. Saya datang di bulan desember... hehehehe
    Beberapa kejadian dalam hidup ini memang harus dikenang seperti ini karena memori otak ada keterbatasan. Happy Desember, Mbak...

    BalasHapus