Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Bayar Tunggakan Pajak Kendaraan, Mumpung Ada Pemutihan!

Jadi ceritanya, saya lupa bayar pajak kendaraan (sepeda motor) dua tahun lamanya! Terakhir bayar tuh tahun 2020, dan baru tahu awal bulan ini kalau 2021 dan 2022 motor belum dibayar pajaknya. Padahal tuh, saya - dan terutama suami - tipe yang taat aturan termasuk untuk bayar pajak kendaraan. 

Ehladalah, lha kok sekarang enggak nyadar sampai telat dua tahun pajak motor enggak dibayar! Huaaaa! Maklum kan waktu itu suasananya pandemi jadi ingetnya pakai masker dan jaga jarak, jadi terlupa bayar pajak!

Tak heran, kena omel lah saya dari Paksu tercinta, karena biasanya urusan bayar membayar pajak kendaraan di rumah itu adalah tugas saya karena semua atas nama saya!

Namanya lupa ya mau gimana atuhh, padahal ada reminder di HP juga tuh sebelumnya, tapi bablas kelewat. Hmm mungkin juga karena faktor U (Uaseeem lali tenan akuuu huhuhu). 

Padahal untuk yang lain-lain saya masih tajam ingatannya. Misalnya, jadwal tayang drama Korea on going kapan atau apa aja drakor yang bakal tayang. 

Eh tapi enggak juga sih, kalau dua ini enggak bakal lupa karena saya selalu dapat update-an dari blog drama Korea terbaru punya Teh Lendy Agassi hihihi.  

Singkat cerita akhirnya, esok harinya pun saya pergi ke Samsat dan nglunasin itu pajak! Senangnya, kok ya pas ada pemutihan denda, jadi saya enggak perlu bayar denda dan hanya bayar pajaknya saja! Wah, mayan, pas lupa bayar pajak kendaraan, pas ada pemutihan, jadi bebas dari denda deh saya!

Lalu, harus bayar berapa saya jadinya?


Tentang Pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia

Nah, buat dirimu yang belum tahu, pajak kendaraan bermotor di Indonesia adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor kepada pemerintah sebagai bentuk kontribusi terhadap pemeliharaan infrastruktur jalan dan berbagai layanan terkait transportasi. 

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ini merupakan pajak tahunan yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor dimana besarannya ditentukan berdasarkan jenis kendaraan, kapasitas mesin, dan usia kendaraan.

Pajak Kendaraan Bermotor menjadi sumber pendapatan penting bagi pemerintah daerah di Indonesia dan digunakan untuk pemeliharaan infrastruktur jalan dan transportasi. Besaran dan ketentuan pajak kendaraan bermotor dapat berbeda antara provinsi dan kota di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memahami peraturan pajak yang berlaku di wilayah tempat kendaraan kita terdaftar.

Well, aturan Pajak Kendaraan Bermotor diberlakukan di Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada. Beberapa peraturan yang mengatur pajak kendaraan bermotor di Indonesia termasuk:

  1. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ): yang mengatur berbagai aspek terkait lalu lintas dan angkutan jalan, termasuk pajak kendaraan bermotor. Salah satunya Pasal 75 yang berhubungan dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). 
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2013 tentang Kendaraan Bermotor: yang mengatur lebih rinci mengenai PKB dan Bea Balik Nama (BBN), juga mencantumkan tarif PKB berdasarkan kapasitas mesin dan usia kendaraan. 
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Angkutan Jalan dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek (angkutan umum non-trayek): yang berisi ketentuan terkait pajak kendaraan bermotor khusus yang digunakan untuk angkutan umum non-trayek. 
  4. Keputusan Menteri Keuangan (KMK) tentang Penyelenggaraan dan Tata Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor: yang mengatur tata cara pembayaran PKB dan BBN serta menetapkan ketentuan teknis terkait administrasi pajak kendaraan bermotor. 
  5. Peraturan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota:  yang dapat berbeda antara provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. 

Tentang Pemutihan Pajak Kendaraan DKI Jakarta 2023

Nah, FYI, penyelenggaraan pemutihan Jakarta berlangsung selama 6 bulan, yagesya

Dan pada program pemutihan Jakarta 2023 kali ini terdapat pemberian insentif bebas denda pajak dan balik nama kendaraan yang berlaku sejak tanggal 22 Juni hingga 29 Desember 2023, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Badan No. e-0035 Tahun 2023.

Dalam rangka merayakan HUT Jakarta ke 496, Pemerintah Provinsi Jakarta menyelenggarakan program pemutihan ini. Sementara insentif yang diberikan adalah: bebas denda pajak kendaraan plat B yang terdaftar di Samsat Jakarta. Jika kendaraan plat B terdaftar di samsat luar Jakarta, maka tidak bisa mengikuti program pemutihan.

So, bagi kamu yang memiliki tunggakan pajak, sebaiknya ikuti program pemutihan Jakarta untuk mendapatkan insentif bebas denda pajak dengan menyertakan berkas persyaratan  program pemutihan , yakni:

  • STNK (asli dan fotokopi)
  • KTP (asli dan fotokopi)
  • BPKB (asli dan fotokopi)
  • Hasil cek fisik kendaraan bermotor, jika pembayaran pajak 5 tahunan
sumber: https://twitter.com/samsatJb/photo

Cara Ikut Pemutihan Pajak Kendaraan di Jakarta

Nah, balik ke saya ya, si penunggak pajak! kwkw

Jadi, setelah suami nyadar kalau pajak motor belum dibayar, saya pun berpanas-panas ria pergi ke Samsat Barat yang berlokasi di Jl. Daan Mogot KM. 13 No.130, Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat.

Dengan membawa berkas asli saya tiba, lalu saat ditanya petugas di pintu masuk apakah sudah menyiapkan fotocopy-nya, yang ternyata enggak bawa, jadi fotocopy dulu semua di dekat situ.

Pegawai fotocopy-an udah tahu berapa lembarnya dll, dengan biaya 5 ribu kita juga dikasih tahu mesti ke lantai berapa.

Nah, berikut ini cara ikut pemutihan di DKI Jakarta untuk lengkapnya:
  1. Datang ke Kantor Samsat Induk atau layanan samsat Jakarta terdekat dengan membawa berkas asli dan fotocopi
  2. Jika di Samsat Barat, ke lantai 5 dulu baru lantai 2 untuk penyerahan berkas, pembayaran PKB dan pembayaran SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Pembayaran bisa tunai maupun via QRIS
  3. Serahkan bukti pembayaran tersebut ke Loket Penyerahan. Tunggu proses pengesahan STNK. Ambil lembar STNK yang telah disahkan.
Berapa lama prosesnya semua?

Sekitar 1 jam saja mulai dari fotocopy, ke lantai 5, lantai 2, termasuk antri, hingga jadi!!! Pokoknya enggak perlu pasang headset yang sudah saya siapkan sebelumnya buat dengerin Kpop , enggak harus ditinggal maskeran atau scrolling sosmed sembari nunggu, sebab ternyata enggak makan banyak waktu!

Jadi, berapa total pajak untuk motor jadoel saya Honda Vario tahun 2014 yang masih sangat terawat itu?

Pajak/SWDKLLJ tertunggak 255.000/tahun ditambah 2.000 sumbangan PMI, atau total 512.000. Sementara untuk bayar Pajak/SWDKLLJ tahun ini + 2.000 sumbangan PMI, saya bayar sebesar 251.000. 

Semuanya jadi Rp 763.000 (2 tahun tertunggak + satu tahun berjalan)

Yuk, Bayar Tunggakan Pajak Kendaraan!

Gimana? Mudah kan, ya...
Lumayan banget bebas denda!

Jadi, bagi kamu yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, karena lupa seperti saya atau mungkin kemarin-kemarin memang belum ada dananya, sebaiknya ikuti program pemutihan pajak kendaraan Jakarta untuk mendapatkan insentif bebas denda!

Ingat...ingat...orang bijak taat pajak!! Yuk, jangan lupa bayar pajak! Oia, tepat waktu bayarnya, jangan telat seperti saya!🙈

Melakukan kewajiban pajak dengan sukacita adalah tanda partisipasi aktif kita dalam membangun negara!💗



Salam Semangat

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Yuk, Bayar Tunggakan Pajak Kendaraan, Mumpung Ada Pemutihan!"

  1. wah makasi mba buat tulisannya, ini membantu banget buat pemilik kendaraan yang sering skip bayar pajak

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih kak sudah menulis soal pemutihan pajak sangat berguna sekali buat semua pemilik kendaraan yang suka skip bayar pajak karena gamau antri atau alasan lainnya hehehe.

    BalasHapus
  3. Soal bayar membayar pajak kendaraan ini suamiku yang paling hafal kapan jatuh temponya karena dicatat sama beliaunya. Jadi tugasku tinggal nunggu instruksi untuk bayar atau beliau sendiri yang bayar ke Samsat. Jadi nggak ada drama telat bayar pajak kendaraan hehe..

    BalasHapus
  4. Penting banget informasi ini. Jadi amat sangat terbantu kalau ada pemutihan pajak kendaraan seperti ini. makasih informasinya sekaligus cara lakukan pemutihan :)

    BalasHapus
  5. Motor bapak saya aja kayaknya lupa pajak 2 tahun sejak pandemi lupa bayar, bisa nih kamis depan ke Samsat keliling mumpung lagi pemutihan yaaa

    BalasHapus
  6. waah program yang bakal ngebantu banget nih buat yg pernah. skip bayar pajak trus jd males urus krn telat tuh bikin ribet. Harus di woro ke semua orang nih, kalau ada pemutihan pajak kendaraan bermotor

    BalasHapus
  7. Wah info ini penting banget nih di sebar luaskan apalagi bagi kalangan yg memang kurang mampu, hal ini akan membantu banget ya Mak. Hadang2 juga kan gini. Yg punya tunggakan pasti pada seneng

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, karena ada pemutihan jadi harganya bisa bersahabat banget.
    Kebayang bayar Pajak Kendaraan Bermotor plus plus ((denda, dkk))
    Jadi nambah beban hidup, eh.. hihihi..

    BalasHapus
  9. Lumayan banget ini ya untuk masih ada tunggakan pajak kendaraan jadi bisa ikutan pemutihan. Nanti coba ku kasih ke teman-teman lain juga.

    BalasHapus
  10. Alhamdulilah belum ada tunggakan pajak kendaraan. Suami saya tertib bayar pajak kendaraan. Daripada ribet dan tekor katanya hehe. Btw, nice sharing, saya save ini. Sering ada teman yang tanya terkait pemutihan.

    BalasHapus
  11. Memang enaknya sih, bayar pajak tepat waktu tapi kadang suka lupa sih buat bayar pajak motor tapi untunglah ada pemutihan di Jakarta. Kalau di kota lain adakah pemutihan juga?

    BalasHapus
  12. Hyaah bisa2nya lupa selama 2 tahun, ini pasti karena naik motornya deket2 rumah aja ya hihihi. Wah mayan banget tuh ada pemutihan sampai Desember ini. Kebetulan motorku juga ngurusnya ke Jkr, nanti aku cek ah pajaknya :D

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya jadinya enggak terlalu banyak dibayarkan
    Mau tanya ah suamiku harus ikut pemutihan atau tidak
    Semoga enggak kalaupun iya kudu siap dana

    BalasHapus
  14. Pajak kendaraan emang suka terlewat gitu aja. Untungnya sekarang lagi ada pemutihan nih. Bisa banget segera meluncur ke Samsat.

    Nampaknya tiap provinsi juga punya ja gka waktu tersendiri dalam persoalan pemutihan pajak kendaraan.

    Tapi, apapun itu, masyarakat bisa bayar tanpa denda hehee

    BalasHapus
  15. Gak sampai sejam udah kelar, asyiknya... Kalau saya sih karena semua atas nama suami, saya gak pernah pusing. Emang tujuan beliau begitu, pakai semua data beliau jadi saya gak perlu repot2.cukup tunggu di rumah, hihi. Toh semua jg boleh saya pakai semaunya

    BalasHapus
  16. aih kebetulan aku masih belum perpanjang stnk ini dari awal tahuun, mayan ya mak ada pemutihan. aku juga baru tahu ini. mayan banget buat aku yang model tar sok tar sok bisa ngurangi pembayaran tanpa denda pula

    BalasHapus
  17. Nah ini nih yang ditunggu-tunggu. Huhu aku juga kelupaan bayar pajak motor. Cari tahu juga ah, apa di sini ada program pemutihan juga atau enggak. Lumayan banget kan ya dendanya. Semoga ke depannya gak lagi-lagi deh lupa bayar pajak. Biar gak kena denda. Siapa yang tahu kalo nanti-nanti mah gak ada lagi program pemutihan. Sayang banget dendanya ya :(

    BalasHapus