Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Bulan September lalu, saya dan suami menjual mobil pribadi kami dan mengganti dengan yang baru. Mobil yang dijual ini, dulunya kami beli baru dan telah dipakai 5 tahun lamanya. Masih bagus sih sebenarnya, cuma memang sudah menurun performanya karena faktor usia dan durasi pemakaian (FYI, mobil kami pakai setiap mudik ke Kediri, juga pernah roadtrip ke Jatim, Madura, Sumatera, dan Bali). 

Nah ternyata, saat dijual (tunai - tukar tambah) ke perusahaan jual beli mobil terkemuka di Indonesia, mobil saya malah dihargai lebih tinggi dari penawaran semula. Sebab kondisinya sangat terawat sehingga harga pun berlipat.

Senang dong pasti! Meski ini sebenarnya bukan hasil kerja keras saya, karena saya lebih banyak pakai saja haha. Sebab urusan perawatan kendaraan biasanya jadi tanggung jawab suami saya. 

Ya, suami saya memang tipe yang apik banget kalau merawat barang. Semua dilandasi bahwa untuk mendapatkannya perlu penuh perjuangan, jadi kalau sudah dimiliki, sayang jika disia-siakan. Karenanya, mobil selalu rutin diservis, juga dilakukan perawatan lainnya secara berkala.

Well, memang merawat mobil secara rutin dapat membantu memperpanjang umur pakai dan menjaga performanya. Selain itu ada juga manfaat-manfaat lainnya. Apa saja?

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Manfaat Merawat Mobil dengan Baik

Merawat mobil dengan baik memiliki sejumlah manfaat yang dapat memperpanjang umur pakai mobil dan menjaga kinerja serta penampilannya. Manfaat selengkapnya:

1. Umur Pakai yang Lebih Lama: perawatan yang baik, preventif serta pengecekan rutin, dapat memperpanjang umur pakai mesin dan komponen mobil juga cegah kerusakan dan keausan berlebihan.

2. Efisiensi Bahan Bakar: mobil yang dirawat dengan baik akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar juga akan meningkatkan efisiensi mesin.

3. Keamanan: pengecekan rutin terhadap sistem pengereman, lampu, kaca spion, dan ban dapat meningkatkan tingkat keamanan mobil sehingga tetap dapat dikemudikan dengan aman.

4. Mengurangi Risiko Kerusakan Mendadak: dengan perawatan preventif, bisa diidentifikasi dan diperbaiki masalah sebelum lebih parah, ini mengurangi risiko terjadinya kerusakan mendadak yang bikin biaya perbaikan jadi tinggi.

5. Meningkatkan Nilai Jual: mobil yang terawat dengan baik memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada mobil yang kurang dirawat sebab pembeli cenderung lebih tertarik pada kendaraan yang memiliki riwayat perawatan yang baik.

6. Kenyamanan Pemilik
: mobil yang terawat dengan baik juga bikin pede, yakin dan nyaman pemilik saat mengemudikannya.

7. Kepatuhan terhadap Persyaratan Garansi: jika mobil masih dalam masa garansi, penting menjalani perawatan sesuai panduan pabrikan untuk memastikan bahwa garansi tetap berlaku.

8. Pencegahan Kerusakan Lingkungan
: mobil yang bocor oli atau memiliki emisi gas buang yang tinggi dapat merusak lingkungan. Merawat mobil dengan baik, dapat membantu cegah pencemaran lingkungan.

9. Pengalaman Berkendara yang Lebih Baik: mobil yang dirawat dengan baik memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan responsif. Semua komponen berfungsi dengan baik, sehingga mengoptimalkan performa kendaraan.

10. Pencegahan Kecelakaan: pengecekan rutin terhadap sistem kemudi, suspensi, dan roda dapat membantu mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kegagalan komponen kendaraan.

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima


Lalu, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat merawat mobil kita agar tetap prima?
Nah, berikut adalah beberapa tips umum untuk merawat mobil agar tetap prima performanya:
  • Patuhi panduan pabrikan yang diberikan dalam buku manual mobil, yang mencakup jadwal perawatan dan petunjuk khusus untuk kendaraan yang berisi informasi terpenting dan detail seperti informasi garansi, cara mengoperasikan kendaraan, instruksi keselamatan, instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi umum produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah
  • Konsisten dengan jadwal perawatan: ganti oli secara teratur, periksa cairan mesin dan baterai secara berkala. Periksa tekanan udara pada ban, ganti ban yang aus, dan pastikan roda sejajar. Pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik, ganti filter udara dan filter bahan bakar sesuai dengan jadwal. Periksa lampu, klakson, dan sistem kelistrikan dan pastikan semua berfungsi dengan baik.
  • Jangan melebihi kapasitas muatan dengan tidak membebani mobil melebihi batasnya.Sebab dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat pada komponen, mengurangi umur pakai kendaraan, juga mengganggu keseimbangan kendaraan dan pengendalian yang aman.
  • Rawat eksterior mobil dengan mencuci mobil secara teratur minimal seminggu sekali atau segera setelah kena hujan. Juga poles body untuk antisipasi cat jadi pudar akibat sering terpapar sinar matahari. Cuci juga bagian kolong mobil karena ada komponen teknis yang vital yang bisa terganggu kinerjanya jika kotor yang mempercepat kerusakan mekanis dan tumbuh karat.
  • Hindari kebiasaan makan di mobil. Apalagi pakai ngeriung, ya. Kalaupun makan-makan, pastikan sesudahnya segera dibersihkan. Sebab sisa makanan dan minuman di interior dapat menyebabkan bau menyengat, menyumbat filter AC/mengurangi efisiensi pendinginan, juga mengundang kecoak datang.
  • Simpan mobil dengan baik: parkirlah di tempat yang aman dan terlindungi dari elemen lingkungan seperti parkir di area teduh agar cat tidak cepat kusam dan buka sedikit kaca jendela agar kabin tidak terlalu panas
tempat cuci mobil langganan saya

Yuk, Rawat Mobil dengan Baik Agar Performanya Terjaga!

Well, dengan merawat mobil secara rutin, kita dapat memastikan bahwa mobil tetap dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga saat mau dipakai traveling keliling kota seperti ke Kota Tua di Pulo Brayan Bengkel dan ke tempat-tempat seru lainnya yang direkomendasikan Travel Blogger Medan, mobil akan siap sedia!

Atau, jika ada niatan untuk menjual, nilainya pun akan sesuai dengan harapan.

Nah, hal yang paling mudah dilakukan adalah mencuci mobil. Apalagi sudah mulai musim hujan begini. Di mana air hujan yang mengandung zat asam berpotensi menimbulkan jamur dan merusak cat mobil jika dibiarkan kering. 

Dan ternyata enggak cuma hujan saja, tapi juga embun malam yang juga mengandung zat asam yang mampu menyerap dalam pori-pori cat mobil sehingga seiring waktu akan merusak mobil jika dibiarkan.. Ini reminder buat yang terbiasa memarkir kendaraan di area terbuka seperti yang banyak ditemui dimana enggak ada garasi tapi punya kendaraan jadi parkirnya di jalanan hingga tetangga susah keluar dan di sosmed viral.  

Tapi nyucinya juga enggak ngasal ya, sebaiknya perhatikan kualitas air saat mencuci mobil. Karena jika kualitas air buruk akan berpengaruh pada timbulnya jamur pada kaca. Juga, cuci keseluruhan body, termasuk atap dan kolongnya. 

Jika kesulitan mencuci sendiri lebih baik pergi ke jasa cuci mobil (hidrolik) tepercaya yang akan membersihkan kolong dan semua bagian sesuai kebutuhan. Dimana dengan mencuci bertekanan tinggi akan menghilangkan semua kotoran, debu, bekas air, dll. Meski memang biayanya agak mahal daripada tempat cuci mobil biasa tapi demi kebersihan optimal kenapa enggak kan?

Tak hanya itu, body mulus dengan cat yang terawat halus juga akan menambah penampilan mobil kita. Karenanya selain dengan mencuci bersih kita sebaiknya juga menghindari:
  1. Membiarkan baret dalam hingga korosi/karat
  2. Tidak segera membersihkan kotoran burung/getah pohon yang menempel di body
  3. Mencuci mobil di bawah terik matahari
  4. Masih menggunakan lap chamois/kanebo untuk pengeringan (sebaiknya pakai lap microfiber)
  5. Tidak menambahkan proteksi seperti wax/coating
Nah, merawat mobil dengan baik tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek dalam hal performa kendaraan tetapi juga dapat menghemat biaya jangka panjang dengan mencegah kerusakan besar dan menjamin umur pakai mobil yang lebih panjang! Maka, yuk rawat mobil agar tetap prima! 💖


Salam

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima"

  1. Bener banget mbak. Klo nyuci mobil jangan asal dan klo udh kena air laut harus bener2 dibersihin klo gak. Bakalan karatan. Ditambah supaya mobil awet harus service rutin.

    BalasHapus
  2. Menghindari makan di mobil ini yang masih PR bangetttt. padahal dah paham resikonya kek gimana.
    tapi emang makan paling enak tuh pas bareng kluargaaa dan ngetrip di kendaraan sih, yhaaaa

    BalasHapus
  3. Sependapat sama Kak Dian, barang yang kita miliki rata-rata perlu perjuangan untuk bisa mendapatkannya. Sayang banget kalau lantas disia-siakan. Apalagi kalau barang itu terawat, toh, kita juga yang merasakan manfaatnya, ya.

    BalasHapus
  4. Samma. Soal perawatan mobil suami sih yg apik banget, bisa smp belasan tahun. Pas mau ganti mobil, dibawa sama yg beli rasanya sedih pas hilang dr pandangan mata. Haha...
    Satu lagi soal perawatan, jangan lupa manasin sebelum dipakai. Sering banget kulihat, orang nyalain langsung greng aja berangkat. Duuuh...

    BalasHapus
  5. Nah bagian mencuci mobil di bawah terik matahari ini ternyata kebiasaan yang bisa merusak juga kan.Emang baju di cuci terus dijemur di bawah panas matahari.thanks infonya kak

    BalasHapus
  6. Perawatan terbaik untuk si cantik kesayangan yaa, ka Di.
    Aku salut sama para Bapack yang apik merawat mobil. Aku ngerawat masih sebatas bantuin bawa ke bengkel, cuci mobil sama bersihin interiornya.

    Kadang, suami suka rewel tuh kalo abis aku pake, jadi mendadak banyak benda-benda unik di bagasi. Hehehe, suka jadi mobil penitipan ama temen-temen sekolah anak.

    BalasHapus
  7. Suamiku banget, pokoknya tiap bulan ada aja yang dirawat, ada suara aneh dikit di mobil langsung ngak tenang dan buru-buru ke bengkel, tapi ada manfaat positif juga kok mobil jadi lebih terawat dan ngak rewel meskipun melakukan perjalanan jauh, maklum suamiku sering keluar kota yang jaraknya lumayan jauh, jadi kondisi mobil harus selalu prima.

    BalasHapus
  8. BEtul banget kak, lebih baik merawat mobil daripada memakainya terus kemudian rusak, biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar dan kitanya juga jadi tidak nyaman memakainya

    BalasHapus
  9. iya setuju banget, dengan perawatan mobil yang teratur jadi terhindar dari kerusakan mobil yang mendadak dan memakan biaya banyak

    BalasHapus
  10. Mobil harus rutin di rawat ya mbak
    Biar bisa menemani aktivitas kita
    Dan juga terhindar dari kerusakan yang membutuhkan banyak biaya

    BalasHapus
  11. Thanks tipsnya. Kadang urusan sepele saja bisa buat mobil jadi rusak dan biaya besar utk memperbaikinya

    BalasHapus
  12. Urusan makan di mobil ini biasanya memang pak suami yang paling rajin mengingatkan Mbak. Tapi kadang sulitnya ya karena anak-anak masih kecil, jadi belum terlalu bisa tertib untuk ini. Penting memang merawat kendaraan secara rutin. Apalagi kendaraan yang terawat masa pakainya pun bisa lebih panjang.

    BalasHapus
  13. Sepertinya untuk perkara mobil ini pas juga ya kalo menerapkan pepatah lebih baik menjaga daripada harus mengobati. Mending rajin servis dari pada harus nunggu sampai rusak dan nggak ketahuan penyakitnya, yang akhirnya malah bisa ngeluarin biaya lebih besar lagii. HAyuuk kita rajin merawat mobil agar tetap prima.

    BalasHapus
  14. Merawat mobil itu bener-bener harus diperhatiin baik-baik, sebelum kita pergi dan sampai ke rumah. Makasih sharing infonya mam

    BalasHapus
  15. wah tipsnya pastinya bermanfaat banget niy mba DIan, saya yang termasuk orang jarang urus kendaraan, baca ini jadi tahu banyak bagaimana cara merawat mobil agar tetap prima dan pastinya aman dan awet juga

    BalasHapus
  16. Tipsnya keren terima kasih ua ka. Memang kalau nggak. Dirawat jadi nggak bagus, cepat rusak

    BalasHapus
  17. meski belum punya mobil, minimal dah tahu ilmunya duluan, hehe
    makasi ya kak

    BalasHapus