Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ke Sirkuit Mandalika Bisa Apa Saja

Pertamina Mandalika International Circuit atau lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Mandalika adalah sirkuit kebanggaan Indonesia yang berlokasi di Mandalika. Sebuah kawasan pesisir yang berada di Kabupaten Lombok Tengah dengan keindahan bentang pantai yang elok dan potensi pariwisata lainnya yang membuat area ini terpilih menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia.

Berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan ini selain digunakan sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP, juga menjadi tuan rumah berbagai pagelaran lain seperti World Superbike, Kejurnas Mandalika Racing Series, Shell Eco-marathon, dan National Track Day.

Etapiii, jika sedang tidak ada event sama sekali, apa kita tetap bisa mengunjunginya? Lalu, kita bisa ngapain aja ya selain nonton para pembalap kelas dunia mengaspal di Mandalika?

Destinasi Super Pariwisata Mandalika

Spot Foto di Sirkuit Mandalika

Well, saat traveling ke Lombok, saya menginap di Novotel Lombok Resort and Villas yang letaknya bertetangga dengan Sirkuit Mandalika. Jadi, saat ada yang sedang (latihan) balapan terdengar dengan jelas suara raungan kendaraaan dari arah sirkuit yang diresmikan pada tanggal 12 November 2021 oleh Presiden Jokowi itu. 

Karena sudah kepo maksimal, hari pertama saya segera cus ke sana. Sayangnya pagi itu sirkuit sedang ditutup untuk umum sehingga pengunjung tidak diizinkan masuk. Saat saya bertanya, security yang bertugas di gerbang memberikan selebaran juga menyarankan agar saya meng-update informasi terkini seputar Sirkuit Mandalika dari web resminya: www.themandalikagp.com juga akun IG @themandalikagp.

Tak kecewa, saya pun memutuskan untuk tetap menikmati bagian depan sirkuit ini sambil pepotoan untuk mengabadikan kenangan. Ketika sibuk cari spot foto terbaik, saya didatangi dua anak perempuan (anak SD kelas 5 dan 3 yang katanya sedang 'libur' sebab anak kelas 6 sedang ujian), yang menawarkan jasa jadi fotografer dan pengarah gaya. 

Awalnya saya kira ini jasa foto langsung jadi seperti umum ada di daerah wisata lainnya. Eh ternyata bukan, beneran jasa motoin dan ngarahin gaya pakai ponsel kita. Biayanya katanya: "Boleh berapa saja, seikhlasnya." Akhirnya saya bilang gimana kalau 20 ribu dan mereka oke dengan fee segitu. Dan nyatanya, mereka berdua profesional ngarahin gaya, pun oke banget hasil video dan motretnya.

Jadilah saya pepotoan di beberapa spot foto di Sirkuit Mandalika untuk mengabadikan kenangan dengan latar belakang:

1. Patung Presiden Jokowi

Patung Presiden Jokowi naik motor custom RI 1 jenis Kawasaki W175 ini terpampang gagah di sisi kanan depan Gerbang Utama Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Patung bertajuk 'Speed' buatan seniman asal Bali, Nyoman Nuarta ini beratnya 3 ton, berbahan tembaga dan kuningan dan dipasang pada konstruksi besi sepanjang 20 meter dan tinggi 3 meter. 

Spot selfie ini menjadi salah satu spot favorit sekaligus ikon dari Sirkuit Mandalika, dengan pengambilan gaya foto seakan tangan kita menyangga Pak Presiden bersama motornya.

2. Tugu Sirkuit Mandalika

Menjulang tinggi ada bangunan megah bertuliskan Sirkuit Mandalika, yang berlokasi di sisi kiri gerbang utama. Pilihat tepat untuk latar bergaya buat flexing di sosial media mengajak semua untuk ikut juga mengunjungi Sirkuit Mandalika

3. Tugu Sirkuit Mandalika dengan Treknya

Tugu bertuliskan Sirkuit Mandalika beserta maket/vector trek sirkuit yang menggambarkan sirkuit ini memiliki track lane atau lintasan dengan panjang 4.301 meter, 17 tikungan dengan rincian 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. Lebar lintasan 15 meter dan trek lurus yang membentang di area start dan finish adalah sepanjang 507 meter.

4. Taman Pertamina Mandalika

Di sisi depan kanan dari gerbang utama terdapat sebuah taman dengan tulisan mentereng 'Pertamina Mandalika International Circuit' beserta gambar trek di sampingnya. Lokasi ini juga pas untuk bersantai sambil mengabadikan suasana. Nuansa merah mendominasi pencahayaan sehingga bisa mempercantik latar pepotoan kita.

5. Papan Nama Pertamina

Lantaran hari itu saya tidak bisa masuk ke dalam area Sirkuit Mandalika, maka esoknya saya mendaki bukit Seger yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Novotel Lombok Resort and Villas tempat saya menginap. Bukit Seger juga bisa dicapai oleh umum dari arah Pantai Seger (jalan masuknya persis di sebelah bangunan hotel Novotel) Dengan membayar Rp 5.000 (ini adalah bukit milik pribadi H Sulame) kita bisa menikmati view sirkuit dari ketinggian sekalian pepotoan berlatar tulisan 'Pertamina' (dari kejauhan) yang berada di dalam area juga latar pemandangan perbukitan dan pantai indah di sekitarnya.

Things to do in Sirkuit Mandalika Lombok
tugu Sirkuit Mandalika

Tugu Sirkuit Mandalika
Tugu Sirkuit Mandalika dengan Treknya

Patung-Speed-Jokowi
patung 'Speed' Jokowi

Taman 'Pertamina Mandalika International Circuit'

view Sirkuit Mandalika dari Bukit Seger

Coba Sensasi Mandalika Experiences Ini! 

Oh ya, selain pepotoan dan ngonten untuk mengabadikan kenangan, di Sirkuit Mandalika kita juga bisa menjajal aneka program Mandalika Experiences yang ditawarkan pengelolanya. 

Ya, pengelola sirkuit yakni Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan KEK Mandalika, melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA) - unit usaha ITDC yang memiliki bisnis utama mengelola dan mengoperasikan Sirkuit Mandalika dalam penyelenggaraan balapan motor dan event entertainment kelas dunia, menawarkan pada pengunjung beberapa program Mandalika Racing Experiences di antaranya:

  • Arrive & Drive (Agya GR): rasakan sensasi mengemudi Toyota Agya GR yang telah dimodifikasi untuk balap. Memberikan kesempatan kepada para penggemar untuk menyewa Agya GR berperforma tinggi, yang sudah dimodifikasi mulai dari rem, suspensi, velg, knalpot, dan bahkan interior sehingga terasa seperti seorang pembalap profesional. Sekalian disediakan perlengkapan balap lengkap seperti helm, wearpack, balaclava, sarung tangan, dan sepatu balap untuk kenyamanan. Harga mulai Rp 2.000.000/jam
  • Arrive & Ride (CBR 250 RR): program baru ini memungkinkan individu untuk merasakan sensasi lintasan Mandalika Circuit dengan menyewa motor Honda CBR 250 yang powerful. Harga mulai dari Rp 1.500.000 per jam
  • Radical: Mandalika Racing Experiences menampilkan Radical SR-1 yang menjanjikan pengalaman yang bisa dinikmati oleh para penggemar olahraga otomotif dengan menyewa Radical SR-1 untuk sesi di Sikuit Mandalika
  • Lampaq di Circuit (jalan-jalan/berwisata di sirkuit.): nikmati pengalaman touring yang unik dan nikmati keindahan luar biasa dari Sirkuit Mandalika. Truk yang sama ini yang membawa para pembalap MoyoGP saat IndonesianGP 2023. Pengunjung dapat berjalan, berlari, bersepeda dan mengambil foto dengan CBR 250, Agya GR dan Radical, dan diberi kesempatan dengan waktu yang cukup mengabadikan kunjungannya di Tikungan 10 dan di area Pit Lane dan Track Lurus, hanya dengan Rp 50.000
  • Open Track Day: mengundang para penggemar olahraga otomotif untuk mencoba tikungan dan belokan sirkuit Mandalika, menawarkan kesempatan seru untuk menguji adrenalin. Harga mulai dari Rp 500.000 untuk motor <250cc dan Rp 1.250.000 untuk motor >250cc
Jika tertarik, hubungi saja nomor +62 821 2559 6792 untuk pemesanan ya! Oh ya, intip nih keseruan kami saat mengikuti Lampaq di Circuit di Mandalika dalam video ini!


foto di dalam area Sirkuit Mandalika


A Lot of Things to Do While Visiting Mandalika

Jadi gimana? 

Mengunjungi Sirkuit Mandalika enggak harus pas ada gelaran MotoGP saja, karena ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan juga di sana, bisa pepotoan juga mengikuti Mandalika Racing Experiences yang ditawarkan pengelola.

Ada juga penjual souvenir di dekat pintu gerbang jika ingin belanja. Cuma keberadaan mereka agak 'mengganggu pemandangan' bagi saya. Kesannya di area sekitar gerbang  jadi kumuh gitu...

Mungkin ada solusi nanti dari pihak pengelola, agar mereka ditertibkan, atau mendapatkan tempat berjualan. Btw, kalau merchandise resmi ada dijual di toko di dalam area sirkuit, ya gaess. 

Oh ya, banyak event yang diselenggarakan di sepanjang tahun di Sirkuit Mandalika. Kepoin saja web/sosmed resmi pengelola untuk tahu lebih dulu sehingga dirimu bisa merencanakan kunjunganmu! 

Atau mungkin kamu sudah ready membeli presale tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia (27-29 Sept 2024) yang sudah tersedia di periode 17 Mei - 17 Juni 2024 ini, cus gercepin saja!💕


Happy Traveling

Dian Restu Agustina














Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

50 komentar untuk "Ke Sirkuit Mandalika Bisa Apa Saja"

  1. mak panas banget gak sih di sana, kayaknya matahari sedang terik-teriknya pas mak berkunjung ke sana

    BalasHapus
  2. seru yaa kalo udah masuk ke sirkuit dan ikutan kegiatan menarik yg ditawarkan. aku tempo hari cuma lewatin doang, 3 boyz ogah turun popotoan di spot foto. jadi langsung aja ke bukit seger deh :D

    BalasHapus
  3. Jadi pengin balik lagi ke sana. Saat itu sirkuitnya belum jadi. Tapi membaca soal pedangan di sana, semoga pedagang-pedangangnya bisa lebih tertib ya. Apalagi Mandalika kan sirkuit internasional yang jadi citra diri bangsa juga.

    BalasHapus
  4. Tahun lalu sama kampus mampir ke Sirkuit Mandalika ini. Lucu ya anak-anak SD itu udah pinter jadi pengarah gaya. Hasil foto-fotonya juga keren.
    "Bu, pose pura-pura bahagia"...hah apaan tuh? Kata anak-anak ini, ngikutin gaya artis Luna Maya...LOL...
    Kami engga masuk ke sirkuitnya sih, cuma foto-foto aja. Udah itu ke Masjid Nurul Bilad...

    BalasHapus
  5. Wah ini seru banget bisa main ke Sirkuit Mandalika, aku belum pernah soalnya. Hanya melihat dari foto-foto yang beredar saja, eh sekarang lihat ulasannya dari mbak Dian. Bisa juga ini jadi ide liburan sekolah ajak melihat sirkuit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, jadi seakan kita ya ikutan juga ada di sana.
      Dan ini bisa jadi destinasi wisata pilihan, karena ada spot kecenya

      Hapus
  6. Gak bakalan kehabisan spot photo deh klo ke Mandalika. Cuma emang panasnya lumayan pol banget jangan lupa abaa kaca mata hitam atau topi deh kalau ke sana yaa... Biar poto2 makin maksimal

    BalasHapus
  7. Aku juga pernah ke sini tapi lagi ditutup juga, jadi cuma foto di bagian nama pertamina-nya aja, ahaha. Gak bisa lama-lama euy karena bawa anak-anak, jadi gak bisa deh foto2 sepuasnya kayak gini. Aku malah baru tau ada patung pak Jokowi juga, gak engeh blas waktu ke sana tuh xp

    BalasHapus
  8. Lombok emang selalu bikin kangen ya mba, ya cuacanya, jernih langitnya, lautnya dan termasuk mandalika ini..semoga ada kesempatan kembali kesana

    BalasHapus
  9. Amazing, sangat menarik dan seru ya bisa explore Sirkuit Mandalika, ternyata bukan hanya untuk nonton balapan saja, bisa juga buat di jelajahi setiap sudutnya saking bagus 🤩
    Bismillah deh ya, banyak rezeki dan bisa explore Sirkuit Mandalika.

    BalasHapus
  10. Kalau mau mengunjungi sirkuit Mandalika tidak usah menunggu event balapan ya....banyak banget kegiatan di sana mupeng mau nyobain balapan wkwkwk

    BalasHapus
  11. Wih.. seru ya ternyata Mandalika. Pengen banget kembali ke Lombok bareng anak-anak, rasanya semakin banyak tempat yang bisa dieksplorasi. Salah satunya Mandalika. Seru mungkin ya kalau bisa cobain nyetir di track sirkuitnya, tapi harganya juga lumayan ya hehehe.

    BalasHapus
  12. Maa syaa Allaah pemandangan langitnya, cerah dan indah banget ya, mb. Panas banget kah di sana??

    BalasHapus
  13. Wah senangnya bisa jalan jalan ke sirkuit mandalika ini
    Banyak hal menarik yang bisa dilakukan
    Pemandangannya juga bagus

    BalasHapus
  14. Mandalika jadi ingat hal yang menjadikan Indonesia terkenal. Masya Allah. Pingin ke sana

    BalasHapus
  15. Wah, cakep banget Sirkuit Mandalika.
    Kalau gak ada pertandingan ternyata boleh menjadi destinasi wisata dan mencoba jadi pembalap ala ala gitu yaa.. Kalau gak biasa drifting, boleh duduk doank jadi navigator atau co driver-nya kah?

    BalasHapus
  16. Salah satu tempat yang jadi wishlist untuk aku kunjungin pas nanti ke Lombok, insyaAllah hihi. soalnya udah mulai nabung nih buat bisa kesana hehee

    BalasHapus
  17. Itu tadi foto2 di atas hasil foto anak2 SD yg di situ, mbak? Keren juga misal iya hehehe...
    Ternyata meskipun tidak bisa masuk lokasi, masih bisa pepotoan di depan sirkuit, Alhamdulillah...

    BalasHapus
  18. İni yang dulu sempat viral ngga ya, aku kira udah gitu aja, ternyata kita bisa juga ya merasakan pengalaman seru di Mandalika, tapi sayangnya cukup mahal juga sich tarifnya

    BalasHapus
  19. Jadi salfok dengan anak SD yang nawarin jadi fotografer dan pengarah gaya. Itu semua foto di atas, hasil foto mereka, Mbak? Keren banget, sih, masih kecil tapi kreativitasnya luar biasa.

    BalasHapus
  20. baguuusss bgt sirkuitnyaaaa
    hanya saja klo datang siang2, amboyy panas menyengaatt ya mba .
    btw aku juga sebel ama bakul2 souvenir...apalagi yg demen maksa maksa ihhh

    BalasHapus
  21. Pilihan spot fotonya ciamik semua mbak Dian. Apalagi kalo backgroundnya itu gambar sirkuit atau nama sirkuitnya, karena jadi bikin bangga kitanya juga ya punya sirkuit keren

    BalasHapus
  22. itu nyobain mobilnya beneran nyetir sendiri mbak? atau simulasi atau didampingi? pas banget kalau orang suka balapan nyobain sirkuti mandalika ini

    BalasHapus
  23. bangga pastinya Indonesia punya sirkuit sekelas Internasional dan dijadikan tuan rumah Moto GP
    aku waktu pertama kali digelar di Lombok, bangga banget bisa nonton langsung, meskipun ga ada Valentino Rossi.
    Antusias warga Indonesia bener bener terlihat hepi semua, sehepi itu bisa nonton langsung dan vibesnya kalau nonton langsung lebih meriah, meskipun kena panas, hujan, ga masalah

    dan kalau ga ada event, asik juga bisa bebas foto foto sesuka hati ya

    BalasHapus
  24. waw keren!
    kayaknya sekali seumur hidup harus main ke mandalika nih.
    yaaa sekalian liburan 3-4 hari kali ya

    BalasHapus
  25. Wah ke sirkuit Mandalika meskipun nggak melihat balapannya tetap terasa seru ya kak. Apalagi cuacanya mendukung banget buat take foto-foto yang cantik... Suka banget jadinya

    BalasHapus
  26. Ooo baru tahu bisa dikunjungi walau gak ada pertandingan ya. Bahkan pengunjung bisa nyobain nyetir di track? Mbak Dian nyobain gak? hehe
    Penasaran sama mobil Agya yang dimodif jadi seperti apa :D Didampingi atau sendiri ya itu?

    BalasHapus
  27. Imian banget nih buat lihat balapan di Sirkuit Mandalika, semoga aku bisa punay kesempatan ke sana. Baru tau kalau Mandalika itu masuk kawasan Ekonomi Khusus ya. Keren banget mbak pengalamannya di sana, banyak aktivitas yan gbisa diikuti ya asal ada dananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, baru ngeh juga loh tentang kawasan ekonomi khusus ini. Aku pun ngimpi loh pengin bisa ke sana sekalian jalan2 yaaa...

      Hapus
  28. Kalo nggak baca artikel ini, jujurlah ku pikir ke Mandalika cuman buat event balap aja eh ternyata banyak hal menarik yang bisa dilakukan dan dilihat ya

    BalasHapus
  29. Seru banget bisa staycation di dekat sirkuit mandalika ini mbak
    Pasti bakal lebih seru, saat nginep ada balapan juga ya

    BalasHapus
  30. Belum pernah ke sana tapi kayaknya bakalan foto foto sama ngevlog sekalian
    Lumayan bisa nambah isian Youtube dan juga feed IG
    Padahal Mandalika dekat banget sama kampungnya kakak ipar

    BalasHapus
  31. Mbak, ini foto hasil jepretan dan arahan gaya dua anak SD itu kah?
    Beberapa teman saya yang pas ada tugas ke Lombok juga ada yang mempir ke sirkuit Mandalika ini mbak, pepotoan di depannya plus beli topi

    BalasHapus
  32. Wah ada program begitu ya di Mandalika. Seru tuh jadinya bisa ngerasain kayak gimana balap motor di sana. Kirain cuma bisa nonton balap dan jalan-jalan aja. Ternyata bisa ngerasain sensasi jadi pebalap juga. Keren.

    BalasHapus
  33. Aku nyariin foto dengan Jokowi yang mana. Ternyata gak begitu keliatan ya patungnya karena warnanya hijau semua dan letaknya di atas.

    BalasHapus
  34. Kalau inget Mandalika jadi inget MotoGP. Orang tersayang aku suka banget sama MotoGP, kebiasaannya gak pernah ketinggalan dia. Duduk di sofa sambil ngemil basreng. Ahaha.

    BalasHapus
  35. Foto-foto Mbak Dian di atas hasil jepretan anak-anak SD itu Mbak? Bagus loh sudut pengambilan fotonya. Pas pulak langit cerah. Jadi kombinasi antara hijau dari lahan terkombinasi begitu sempurna dengan warna biru. Bayarnya murah pulak. Wah semoga ya saat saya bisa ke Mandalika, ketemu sama anak-anak pemotret seperti mereka. Berada di satu-satunya DSP yang belum saya kunjungi dan merekam keindahannya dengan sempurna.

    BalasHapus
  36. Sepertinya panasnya cetaaaar ya mbak, tapi untung pake baju biru jadi keliatan tetep adeem (halaaaah)
    Btw foto yang dari bukit keliatan treknya itu, enak itu duduk2 disitu, hehe

    BalasHapus
  37. Menarik banget ya sirkuit mandalika. Indonesia punya sirkuit bertaraf internasional. Keren abis

    BalasHapus
  38. Sejujurnya aku dulu asing dg mandalika namun sejak rame2 motorGp aku jadi sedikit tercerahan bahwa begini Sirkuit Mandalika dari berita-berita. Wah aku jadi ikut membayangkna penjual souvenir di deket gerbang yang agak tidak enak dipandang hal ini sering terjadi di area2 yang viral ya mbak. tapi dilematis juga kadang merchandise yang di jual dalam area jatuhnya lebih mahal hiks

    BalasHapus
  39. Wah lumayan ya ada 2 nona cilik yang mau jadi pengarah gaya
    lumayan membantu kita sekaligus membantu mereka
    Inget MotoGP inget anak-anakku yang gak pernah ketinggalan
    Saya cuma ikut ramenya aja

    BalasHapus
  40. Pasti emejing banget ya kalau nonton balapan langsung di sini abis santai di pantai

    BalasHapus
  41. Wah, aku makin pengen bisa ke lombok
    Biar bisa sekalian mampir ke sirkuit mandalika ini
    Seru sekali baca cerita mbak dian

    BalasHapus
  42. Kebayang kalau Sirkuit Mandalika cuma buat pas ada event aja yaa..
    Secara dibangun sangat megah karena memenuhi kriteria area balapan INternasional.
    Kalau digunakan sebagai destinasi wisata begini, setidaknya bisa menjadi penghidupan warga dan pemasukan Sirkuit Mandalika secara mandiri juga.

    BalasHapus
  43. Pantas saja ponakan ngebet banget untuk dapat berkunjung ke Sirkuit Mandalika, ternyata banyak spot dan tempat yang bisa dituju deh, tapi diriku pun juga penasaran untuk dapat menjejakkan kaki di sana , apalagi kalau bisa ikut nonton MotoGP

    BalasHapus
  44. Kayaknya ke mandalika oke juga nih apalagi pas ada balaan, seru tuh pasti.

    BalasHapus
  45. asik banget yaaa mba bisa berkunjung ke sirkuit mandalika, apalagi kalo bisa ikut menyaksikan perhelatan balap motor di sana ya

    BalasHapus
  46. Wahh senangnya bisa berkunjung ke mandalika. Kapan ya aku bisa ke sana. Panas gak sih mbk di sana?

    BalasHapus
  47. Asyikkk yang udah jalan-jalan ke Lombok.. wah gak tahu nih kalau Mbak Dian main-main ke sini. Tahu gitu kopdaran ya kita. Iyaa, ke sirkuit sana gak harus saat ada gelaran MotoGP aja, beberapa waktu yang lalu dibuka juga untuk warga jogging atau sepedaan di sana, bayar berapa gitu ya, tapi saya sih belum pernah. Ke sana paling pas event MotoGP, WSBK, atau ga kapan hari ada gelaran jalan santai. Selebihnya paling main ke pantai Kuta aja sesekali.

    BalasHapus
  48. Mbak Dian, saya pengen banget ke Mandalika.
    Lihat tangan Mbak Dian mirip huruf L, jadi inget konten yang viral ketika seorang anak kecil membantu foto wisatawan, seruu banget ya di sana.

    BalasHapus