Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menginap di Hotel Novotel Lombok yang Berlatar Suara Balapan

Menginap di hotel dengan background suara alam, deburan ombak, kicauan burung, kebisingan kota, keriuhan warga, adalah hal biasa. Nah, bagaimana jika latar suara yang mengiringi waktu rebahan atau aneka kegiatan di penginapan kita adalah bunyi raungan mesin kendaraan yang sedang balapan? 

Ya, ini yang saya alami saat menginap di hotel Novotel Lombok Resort and Villas yang letaknya bersebelahan dengan Sirkuit Mandalika! Pagi saat sarapan hingga jelang senja tiba, saya ditemani raungan mesin motor atau mobil balap yang menderu di track sirkuit yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit itu!

Merasa terganggu?

Tentu tydaccc! Bagi saya ini adalah keunikan tersendiri, apalagi mengingat modelan saya ini yang kecil kemungkinannya berkesempatan menikmati langsung gelaran MotoGP yang tiap tahun dihelat di sini! Maka, dengar suara pembalap yang latihan pun jadiii! 

Brrrmmm...brmmmmm....brmmmm!!

Novotel Lombok Resort and Villas
Pantai Novotel Lombok Resort and Villas

Pengalaman Menginap di Hotel Novotel Lombok yang Berlatar Suara Balapan
Pantai Novotel Lombok Resort and Villas


Tentang Novotel Lombok Resort and Villas

Fyi, ini adalah kunjungan saya ketiga kalinya di Lombok. Karena dulu saya kuliah di prodi Pariwisata Universitas Udayana dan lanjut kerja di Bali jadi untuk kepentingan studi dan pekerjaan saya pernah ke sini pada tahun 1997 dan 2000. 

Saat itu saya datang via jalur darat dengan menaiki kapal fery cepat dari pelabuhan Benoa, Bali ke Lembar, Lombok. Saya juga berkunjung ke area Kuta termasuk survey ke hotel Novotel Lombok Resort and Villas. Siapa sangka setelah dua dekade lewat saya bisa menginap di sini. Alhamdulillah.

Nah, di Novotel Lombok Resort and Villas yang telah beroperasi sejak 1997 dan bertarif kamar Rp 1.000.000 - Rp 4.000.000 ini saya banyak menemui hal istimewa, di antaranya:

1. Dekat Bandara

Berlokasi sekitar 20 km dari Bandar Udara International Lombok (BIL), melewati Jl Bypass BIL - Mandalika yang halus, mulus dengan lalu lintas lancar jaya karena belum ada kemacetan di sana, sehingga cukup dengan 20 menit saja sudah sampai kita!

2. Lokasi Strategis

Novotel Lombok Resort and Villas berada di kawasan Mandalika, pesisir yang berada di Kabupaten Lombok Tengah dengan luas wilayah 1.035 hektare, dengan keindahan bentang pantai yang elok  yang menjadikannya salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia. 

3. Tetangga Sirkuit Mandalika

Hotel ini bertetangga dengan Sirkuit Mandalika yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan luas mencapai lebih dari 130 hektare. Jadi kalau pengin menonton event MotoGP pas sekali jika menginap di hotel ini.

4. Local Pride

Arsitektur bangunan hotel Novotel Lombok Resort and Villas mencerminkan kearifan lokal budaya tradisional khas suku Sasak Lombok, mulai dari desain kamar dan area sekitar, interior juga fasilitas penunjang. Pernak-pernik hiasan yang ada pun menambah keunikannya

5. Pantai Cantik

Pengin ke pantai? Jalan kaki saja ke halaman belakang hotel yang beralamat di Mandalika Resort, Pantai Putri Nyale, Kuta, Kec. Pujut, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. 

Sejatinya ini private area yakni bagian dari hotel dengan pantai indah dan landai, berpasir putih bersih dengan jajaran kursi pantai dan payungnya yang siap memanjakan kita kalau mau sun bathing (seperti kebanyakan bule yang nginap di sini) atau sekadar menikmati sunset indah di ujung senja. Mau bermain air atau pasir juga relatif aman meski tetap harus hati-hati jika ingin berenang di sana.

6. Fasilitas Lengkap

Enggak akan gabut jika ingin seharian saja di hotel Novotel Lombok Resort and Villas karena tersedia berbagai fasilitas seperti: kolam renang, fitness centre, kids club, spa, dan beragam aktivitas di antaranya: aqua aerobic, young coconut leaf creation, beach volley ball, sunrise walk, dan lainnya. 

7. Mau View Sirkuit? Tinggal Naik ke Bukit!

Jadi nih, dari area belakang hotel ada jalan menuju ke Bukit Seger. Bukit ini entah gimana kok bisa dimiliki oleh penduduk setempat (H. Sulame). Kita bisa ke sana, bayar Rp 5.000 tiket masuk, lalu mendaki sebentar, hingga ketinggian tertentu, akan nampak view Sirkuit Mandalika yang diresmikan pada tanggal 12 November 2021 oleh Presiden Jokowi itu. 

Dari sini kita bisa nonton yang lagi latihan balapan dari kejauhan. Meski saat ada gelaran resmi seperti MotoGP akses ke sini ditutup untuk mengantisipasi yang mau nonton secara free.  

8. Dekat Kemana-mana

Selama di Lombok saya berwisata dengan mobil travel lokal beserta driver-nya (oia, di Lombok kalau mau sewa motor juga mudah, ya, minta info dari petugas hotel saja). Dari area hotel Novotel Lombok Resort and Villas menuju sekitar, tempat-tempat wisata dekat lokasinya dan mudah aksesnya. 

Pantai-pantai yang elok bertaburan dipenuhi wisatawan yang sekadar berkunjung, belajar surfing, juga menjemur badan. Ada juga wisata lainya seperti: patung Putri Mandalika, gua dan perbukitan indah tempat menikmati sunset. Mau makan ke restoran tak jauh dari hotel ada beragam pilihan. Pun mau belanja oleh-oleh di kawasan Pantai Mandalika ada berjajar tokonya. 

Oh ya, coba deh, kepoin suasana hotel via video berikut ini!



Pengalaman Menginap di  Novotel Lombok Resort and Villas 

Saya menginap selama 5 hari (Senin-Jumat) di kamar bertipe Private Sasak Villa, sebuah bangunan bergaya rumah dan berdesain interior khas tradisional Sasak dengan perlengkapan modern. Di bagian depan ada 2 kursi pantai buat jejemuran (yang tentu saja tidak saya gunakan mengingat kulit saya sudah benar-benar matang kwkwk) dan ada teras dengan meja dan sofa santai, rak handuk, hammock,... yang ada di bangunan dikelilingi taman.

Oh ya, kamar dilengkapi 1 King Bed sehingga cukup untuk kruntelan saya bertiga dengan suami dan si bungsu (si sulung enggak bisa ikut kayak gini lagi karena sudah kuliah di luar negeri). Ranjang ini dilengkapi kelambu dan berbahan kayu. Di ruangan ini juga tersedia side table, sofa bed, sofa panjang, meja/kursi kerja, kulkas, AC dan LCD TV. 

Sementara di ruang sebelah adalah area bathroom dengan kamar mandi dilengkapi  shower, WC, 2 wastafel, lemari, safety box, bath robe, dan meja untuk meletakkan koper. Sayangnya pintu yang memisahkan kedua ruangan tak ada kuncinya, hanya bisa ditutup sekadarnya. 

Selain itu, peletakan lemari yang menyatu dengan bilik kamar mandi sedikit merepotkan, jadi mesti nunggu yang mandi selesai baru kita bisa ambil baju atau unpacking sesuatu. Tipe kamar yang sepertinya cocok buat pasangan honeymooners, entah bulan madu pertama, kedua, ketiga dan seterusnya...hahaha

Oia, kamar juga dilengkapi fasilitas WiFi yang lancar jaya koneksinya, 

Sementara untuk sarapan yang termasuk harga kamar, bertempat di restoran dengan view pantai yang membuat saya betah berlama-lama duduk sambil menyesap kopi hitam khas sana. Meski untuk makanannya cenderung B saja untuk standar hotel bintang 4, baik variasi maupun rasanya. 

Sementara untuk layanan bernilai memuaskan karena sejak awal datang mulai dari security, receptionist, bell boy, houskepeer, gardener, waiter, pool attendance., semua ramah dan gercep melayani kami.

Tips Menginap di Novotel Lombok Resort and Villas

Jadi, jika nanti dirimu berkesempatan juga menginap di Novotel Lombok Resort and Villas, jangan lupa:

  1. Pesan kamar yang sesuai dengan kebutuhan
  2. Cek tiket transportasi ke dan dari sana, termasuk dari bandara ke hotelnya (ada fasilitas penjemputan jika kita minta)
  3. Baju dan alas kaki yang nyaman, topi, kacamata hitam. 
  4. Selalu pakai tabir surya saat berkegiatan di luar agar enggak gosong kulitmu sepulang dari sana. 
  5. Baju renang dan baju ganti yang cukup karena bakal keringatan dan basah-basahan
  6. Siapkan itinerary harian untuk keliling area Mandalika dan Pulau Lombok pada umumnya
  7. Sewa kendaraan pribadi (motor/mobil) karena enggak ada JakLingko/KRL/MRT/LRT di sini
  8. Bawa uang tunai, karena belum semua tempat menerima pembayaran pakai QRIS atau kartu debit/kredit
  9. Siapkan tas belanja pakai ulang dan botol minum untuk teman perjalanan
  10. Siapkan HP dan perangkat pendukung buat ngonten/pepotoan selama liburan


Yes, selamat berlibur ya Gaessss!!!💕


Salam

Dian Restu Agustina


Sirkuit Pertamina Mandalika
View Sirkuit Mandalika dari Bukit Seger


Novotel Lombok
Private Sasak Villa Novotel Lombok

Hotel di dekat sirkuit Mandalika

Mandalika Lombok
View Hotel Novotel Lombok dari Bukit Seger



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

44 komentar untuk "Pengalaman Menginap di Hotel Novotel Lombok yang Berlatar Suara Balapan"

  1. Yaampun cakepnyaaaa pemandangan alamnya lhoooo 😍😍😍 moga suatu hari bs ke sinii xixixi

    BalasHapus
  2. Tarifnya mayan banget yaaa, mak... tapi sepadan sih dengan apa yang didapat, pantainya indah bangett, Masyaa Allah

    BalasHapus
  3. Terakhir ke sana, sirkuitnya belum beroperasi dan masih dalam tahap finishing. Tapi emang bener-bener nyaman banget di Novotel ini, suasana langsung ke pantai. Nyambil ngopi di cafe-nya, lihat langit biru (meski puanasnya pol), tapi buatku pantai itu tetap surga :). Aah, mudah-mudahan bisa balik ke sana sekeluarga. Aamiin

    BalasHapus
  4. waaa, bagus banget mbak hotelnya,viewnya...nggak ada lawan ya pemandangannya. Kebayang seru banget ya bisa lihat balapan

    BalasHapus
  5. Waah nginep di novotel Lombok tuh duluuu banget di awal2 Bandara baru mau dibuat di tempat yang sekarang, jalanan ke NOvotel dulunya sepiii gt sekarang mah cuss deket banget ya dr Bandara dan dekat jg ke sirkuit mandalika

    BalasHapus
  6. Meski dekat sirkuit, tapi malam-malam gak ada balapan kan? Kayanya masih oke-oke aja buat tidur, hehehe. Btw, pemandangannya emang cukup asyik ya apalagi dekat pantai. Lebih asyik suara ombak sebenarnya

    BalasHapus
  7. pengalaman yang pastinya tak terlupakan menginap di novotel lombok dengan view pantai dan laut yang indah

    BalasHapus
  8. Yuhuuu mbak Dian, lama tak melihat dirimu!
    Lombok memang menyenangkan buatku, karena sekarang Bali penuh sesak. Tapi nginep di resort novotel belum pernah sih, selama ini maksimal resort-resort Bali yang kucoba. Di Lombok malah nginepnya di rumah temen.

    Boleh juga dicoba ya mbak nginep di novotel lombok ini,. sepertinya nyaman

    BalasHapus
  9. Aaah, seru amat kayanya nginep di sini. Bisa liat langsung sirkuit Mandalika! ahaha. Apalagi ke pantai deket, ya pantai Tanjung Aan, ya pantai Kuta.

    Duh, Lombok juara banget sih pantai-pantainya, jadi pengen ke Lombok lagii :D

    BalasHapus
  10. Menginap dengan latar suara balapan jelas bukan sesuatu yang biasa, tetapi justru menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta motorsport ya mbak.

    Suka deh sama hotelnya, ga cuma strategis dekat bandara dan destinasi wisata, tapi juga menawarkan arsitektur khas suku Sasak yang menambah keunikan ya mbak.

    Tips praktis tentang pemesanan kamar, perlengkapan, dan itinerary sangat membantu. Terima kasih sharingnya ya mbak Dian.

    BalasHapus
  11. seruu banget hotel novotel lombok. viewnya masya Allah cakep banget. kpn2 pingin staycation di sini deh

    BalasHapus
  12. Pantainya bersih sekali mbak. Pemandangan sekitar hotel juga indah. Walau menu sarapan B aja, tapi tetap asyik kan karena bisa disantap sambil menikmati keindahan alam disekitarnya.
    Bangunan villanya juga asyik banget nih, khas suku Sasak.

    BalasHapus
  13. Mbaaaa aku mupeng maksimaaalll.
    akutu baru sekali ke Mataram.
    sekitar 20 tahun silam, dah lamaaaaa bgt.
    nginep d rumah sodaraku , jd ngga ada panorama ciamik gini
    nah, kapan2 mauuu ke siniiii ❤️💪

    BalasHapus
  14. aku tahunya liat sirkuit dari atas bukit seger aja. ga ngeh kalo deket situ ada novotel. maklum sama rombongan jadi malah keasyikan ngobrol sama guideya :D

    BalasHapus
  15. Wuah.. Kayaknya kalo pas menginap pas lagi ada gelaran Moto GP di sana, asik nih bisa nonton langsung dari kamar hotel hehe. Se-ciamik itu hotelnya, bikin betah yang staycation

    BalasHapus
  16. Wah, ini yang dekat sirkuit mandalika ya mbak
    Cakep banget hotelnya
    Pasti seru dan nyaman menginap disini

    BalasHapus
  17. Wah mantapu jiwa nih novotel Lombok udah lah strategis lokasinya viewnya juga juara. Tipe villa nya kece banget sih mbak jadi pengen deh. Dapet du rate betapa kemarin?

    BalasHapus
  18. Cita-cita liburan kami ke Lombok
    Semoga pas ada budget nginap juga di Novotel
    Soalnya kalau di Surabaya lumayan hotelnya
    Mevvah begitu lah

    BalasHapus
  19. Bagus banget ya mbak viewnya aku belum pernah ke Lombok ,,ku pikir sama kayak Bali ternyata lebih cantik Lombok ya pantainya

    BalasHapus
  20. Kayak seru yaa.. Kalau pas nginep pas ada event motogp.. Xixixixi.. Serasa nonton live. Dan harganya yaaa.. Sesuai dengan benefit yg kita dapat. Bayangin aja kalau kita beli tiket live motogp. Pastikan sama aja biayanya.

    BalasHapus
  21. Cantik amat pemandangannya yaa hotelnya juga nyaman, unik pula ada hotel dengan latar belakang suara raungan motor balap hihi

    BalasHapus
  22. Seru juga nonton dari bukit, hotenya pun sangat nyaman, pasti betah banget kalo nginap

    BalasHapus
  23. Novotel ga perlu diragukan lagi kualitasnya ya mbak, pelayanan dan fasilitas juga bagus
    dulu aku tau Hotel Novotel dari kecil, itupun taunya yang di Surabaya aja
    malah aku kira, novotel cuman satu aja di surabaya, ternyata di beberapa kota juga ada Hotel Novotel

    BalasHapus
  24. Salah satu wish list pengen nginap ddi hotel yang ada pemandangan pantangan yang indah, smga nanti bisa ke Hotel ini juga ☺

    BalasHapus
  25. Kupikir karena hotel ini terletak di lokasi yang strategis, tepat di tepi Pantai Kuta Lombok. Dari kamar hotel dapat mendengar suara debur ombak yang menenangkan dan melihat pemandangan laut yang indah ternyata bonus sama suara mesin kendaraan balap yes, tapi tetep asoy lah ya

    BalasHapus
  26. Pengen banget deh ke sirkuit mandalika, liat ini jadi makin kepengen, akomodasinya udah tau mau dimana, tinggal nyiapin dana aja nih buat nanti kapan-kapan ke sana

    BalasHapus
  27. Cakep banget view pantainya, dan hotelnya. Sepadan dengan rate hotelnyalah. Semoga bisa berkunjung ke Lombok suatu saat nanti.

    BalasHapus
  28. Cakep mbak, desainnya juga mengadopsi rumah adat suku Sasak ya itu?

    BalasHapus
  29. Wahh Novotel bagus bangettttt, btwe Novotel ini bentar lagi juga buka di kotaku, semoga secepatnya juga bisa staycation di Novotel juga dehhh.

    BalasHapus
  30. Waah terima kasih telah berbagi pengalaman nginep di sini. Kupikir-pikir, misalnya cuma sehari nginep dan gak punya waktu keliling pula, pengalaman eksplorasi di hotelnya dsk saja sudah seru.

    BalasHapus
  31. Ya Allah, Mbaaak .... Senengnya bisa jalan-jalan di Lombok. Aku ke sana baru .... eung, baru paket yang kukirim buat pelanggan di sana. Hihihi... Akunya sih belum pernah. Semoga suatu hari nanti bisa ke sana dan melihat langsung keindahan alam Lombok.

    BalasHapus
  32. Aduh asyik banget deh Mbak Dian bisa jalan-jalan ke Lombok dan nginep, terusnya main juga ke Mandalika. Walopun berlatar suara balap, tapinya asyik. Pemandangannya indaaaah. Gapapalah suara balap mah. Gak tiap hari denger ya di kota mah. :D

    BalasHapus
  33. Kebayang ramainya kalau nginap di Novotel Lombok pas ada event balapan di Mandalika. Seru sepertinya.
    Fasilitas penunjang dan viewnya memang cocok dengan harga. Worth it lah, ya

    BalasHapus
  34. Mbak Dian aku tertarik banget dengan Arsitektur bangunan hotel Novotel Lombok Resort and Villas mencerminkan kearifan lokal budaya tradisional khas suku Sasak Lombok, keren banget pasti ya

    BalasHapus
  35. Suatu impian yang belum kesampaian, pengen banget WFA di tepi pantai seperti ini. Maybe Someday..(sedang diperjuangkan)

    BalasHapus
  36. Secara desain arsitektur, Novotel memang gak pernah gagal. Dan aku baru tau kalo ada Novotel di Lombok yang lokasinya deket pantai dan sirkuit Mandalika. Bener-bener paket komplit deh kalo nginep di hotel tersebut.

    BalasHapus
  37. Belum pernah ke Lombok aku, sekilas kyk Bali ya keren viewnya dan pantainya jg bersih dan cakep buat pepotoan hehehe

    BalasHapus
  38. wah mantap banget bisa menginap dekat sirkuit Mandalika. Tapi Novotel mah memang sudah terkenal banget kualitasnya nomor wahid, nggak herandengan harga permalamnya segitu, apalagi dekat kemana pun, terlebihdeat sirkuit Mandalika

    BalasHapus
  39. Menangis membaca harganya yang sampai 1 sampai 4 juta. Tapi pas melihat fasilitas yang ditawarkan, saya rasa harga segitu masih "tergolong murah". Apalagi kita punya kesempatan untuk bisa ke sirkuit mandalika. Siapa tahu bisa ketemu pembalap moto gp di Novotel ini juga kan.

    BalasHapus
  40. asik banget ya Mbak, seru pasti nih liburannya sambil lihat para pembalap yang lagi latihan ya.
    fasilitas hotelnya juga lengkap ya jadi berasa betah aja gitu pasti walau urusan makanannya B aja sih ya, moga sih ke depannya bisa lebih baik ya dan lebih bervariasi biar pengunjungnya makin betah.

    BalasHapus
  41. Aku pribadi gpp menginap di penginapan yang kedengeran suara brum2 dari mobil balap kalau penginapannya selengkap itu fasilitasnya mbak hehe. Bener gak bakal gabut walau seharian di hotel aja.
    Jadi yang diinapi tipe bangunan vila seperti rumah tersendiri gitu ya?
    Hihi ketawa pas baca soal penataan lemari dan kamar mandinya, keknya emang biasa buat penganti hanimun ya :D

    BalasHapus
  42. Dulu saya pernah mau ke Lombok dan berencana nginep di tempat tempat seperti ini. Sayangnya, waktu itu masih naiknya angka pandemi jadi aahh sudahlah tidak jadi :/

    BalasHapus
  43. Lombok selalu punya daya magis ya. Pantai nya cantik-cantik dan bikin rindu. Lalu sekarang banyak fasilitas yang mendukung wisatawan seperti Novotel ini. Makin ingin angkat koper ke Lombok jadinya ^^

    BalasHapus
  44. Saya pernah ke daerah sini beberapa kali pada tahun 2001-2003. Kebetulan buyer saya mengajak ke Lombok untuk belanja handicraft. Usai blanja-blanji dianya pulang ke negaranya sementara saya balik ke sana lagi 30-50 hari setelahnya. Tergantung kesepakatan dan benar2 fiks sudah jadi semuanya. Mumpung ke Lombok, saya main ke pantai dekat Sasak Villa itu. Tak terbayang kalau bisa balik ke sana lagi setelah lebih dari 20 tahun....

    BalasHapus