Seloyang Tiramisu Seharga Empat Puluh Ribu



Siapa suka Tiramisu?

[Sayaaa...#eh ..anak sayaaa 😀]

Ya, Tiramisu kue khas Italia dengan taburan bubuk coklat di atasnya. Kue yang termasuk dalam hidangan penutup dan digolongkan ke dalam hidangan al cucchiaio (dimakan dengan sendok). Dimana menurut Wikipedia, sejatinya kue ini tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang. Bahan dasarnya adalah biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Pertama, biskuit disusun lalu dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es supaya bentuk kue tidak hancur sewaktu dihidangkan.

Ciri khas cakenya adalah perpaduan tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk coklat adalah bahan utama bagi resep asli tiramisu. Dan menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, serta tidak dicampur minuman beralkohol (rhum) karena awalnya memang dibuat untuk anak-anak dan orang tua.

Nah, lama kelamaan bahan pembuatan Tiramisu pun berkembang tak lagi memakai biskuit tapi dari beragam adonan. Variannya pun ada yang kukus ada juga yang panggang. 

Tapi sayangnya, jika ingin membuat Tiramisu perlu beberapa bahan yang jumlah takarannya sedikit yang mau enggak mau harus dibeli dalam jumlah banyak. Sehingga kadang ada banyak sisa bahannya. Padahal ada masa kadaluarsa yang membuat kita harus segera mengolah sisanya. 

Sedangkan kalau beli jadi, beberapa bakery memakai campuran rhum yang tentunya bagi yang Muslim, non-halal saat dikonsumsi. Dan, seloyang Tiramisu di bakery umumnya dibandrol dengan harga lumayan. Bisa puluhan sampai ratusan ribu rupiah tergantung pada ukuran.

Hmmm, bagaimana kalau kita coba membuatnya dari adonan premiks yang siap pakai saja....? 

Pondan Tiramisu Panggang

Untuk bahan dan cara pembuatan, semua sudah ada penjelasan di kemasan, tinggal menambahkan telur, margarine dan air es.

Oh ya di dalam kemasan premiks yang saya beli ini ada 4 buah packet bertuliskan: Vanilla, Mousse, Kopi Instan dan Bubuk Coklat. Dengan biaya: harga premiks 22 ribu, telur 6 ribu, margarine 2 ribu, perkiraan biaya gas/listrik 10 ribu. Total biaya = 40 ribu.

Yuk, mari...!

TIRAMISU PANGGANG

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kotak Premiks Tiramisu Panggang
  • 4 butir telur
  • 100 gram margarine (1/2 sachet) - lelehkan
  • 200 cc air es

Cara Membuat Sponge Vanilla:
  • Panaskan oven dengan api sedang
  • Kocok telur selama 2 menit sampai mengembang. Masukkan premiks, kocok lagi selama 6-7 menit
  • Masukkan margarine cair, aduk rata, tuang ke dalam loyang
  • Panggang 35-40 menit
tiramisu premiks

Cara Membuat Tiramisu Mousse:
  • Kocok bubuk mousse dengan air es selama 6-7 menit (saya skip saran penambahan 125 gr keju krim)
  • Masukkan kulkas
Cara Membuat Air Kopi:
  • Campur bubuk kopi instan dengan 1/2 gelas air panas
  • Dinginkan
Cara Menghias:
  • Kuliti pemukaan cake
  • Potong menjadi 3 bagian
  • Oleskan air kopi ke permukaan cake pertama, lalu oleskan mousse, ..begitu juga ke lapisan berikutnya. 
  • Oleskan mousse ke seluruh permukaan cake
  • Taburi bubuk coklat
  • Simpan di lemari es dan sajikan dingin
Dan, taaa daaaa....!

Dengan modal sebesar 40 ribu sudah jadi seloyang tiramisu!

Tiramisu premiks

Tapi, ngomong-ngomong, apa sih enaknya pakai premiks cake begini...?
  • Hemat biaya: karena yang kita beli adalah yang kita pakai sehingga tidak ada banyak sisa bahan
  • Hemat waktu: dari proses persiapan sampai pembuatan bahan memerlukan waktu yang lebih singkat daripada membuat cake secara konvensional
  • Tingkat kegagalan lebih rendah karena bahan sudah dikemas sehingga timbangan pasti pas dan cara pembuatan yang sudah ada kepastian rumusan.
  • Bahan mudah disimpan dan enggak bakal kececeran
  • Bikin tenang pikiran karena hasil jadi lebih pasti.
Cuma, premiks ini punya kekurangan juga, yaitu:
  • Kreatifitas terbatas: jika membuat homemade cake, kita bisa memodifikasi baik bahan maupun cara pembuatan. Berbeda dengan saat menggunakan premiks yang semua sudah ditentukan.
  • Komposisi bahan tambahan yang disebutkan di kemasan yang lebih "asing" terdengar daripada jika membuat cake secara konvensional. Misalnya disebutkan di kemasan, bahan mousse: tepung pati termodifikasi, gula halus, susu skim bubuk, pengemulsi nabati, pamantap nabati, perisa tiramisu. Bandingkan dengan bahan homemade mousse: keju krim, krim kental, vanili, gula halus....See? Jangan bingung sendiri..😀
  • Rasa yang pasaran. Masing-masing orang bisa saja mempunyai resep yang berbeda untuk satu cake yang sama. Sentuhan personal, modifikasi di sana-sini dan penambahan topping itu ini, membuat rasa homemade cake lebih istimewa.
  • Kadang kita temui bahan pelengkap yang disertakan kurang/lebih jumlahnya, misalnya butiran coklat yang kebanyakan atau bubuk coklat yang terlalu sedikit.
Nah, buat teman-teman yang memang enggak punya banyak waktu untuk menyiapkan bahan dan membuat homemade tiramisu, premiks bisa jadi pilihan. 

Sementara, untuk yang hobi utak-atik resep dan betah berlama-lama di dapurnya, silakan siapkan bahan dan buat tiramisu ala kamu.

Jadi, termasuk yang mana dirimu, temans?😍



Happy Cooking,

Dian Restu Agustina




40 comments

Srie Ningsih Ali said...

Coba aaah...aku suka tiramizu soalnya. Tq Mba Dian resepnya

Kang Nata said...

ngak kurang harganya Mbak, diskon gitu ! :) sepertinya enak, lezat dan bergizi loh..... :)

Dian Restu Agustina said...

Iya..Mbak sami-sami

Dian Restu Agustina said...

Sama teman sendiri boleh diskon 10 % Kang Nata, hahaha:D

Indira said...

Akuuuu gak bisa masak kueee Mbak Dian hihii, paling bolu (masak bareng mertua sama upar) sama puding ajaa hehehe. Enak yaaa tiramisu, pengeen buat juga jadinya. Yummyyyy

Yani Dasikun said...

Sedapnya... ��

Dian Restu Agustina said...

Samaa Mbak Dira, makanya saya pakai premiks saja :D

Dian Restu Agustina said...

Iyaaa

Yuli Aenuropiq said...

Uhhhh...maknyuss dehh kayanya mbaa..ampe ngilerr nihh liatnyaaa...tiramitsunya membuat pandangan menjadikan laperr nihh peruttt...wkwkwkwk

SHOVYA said...

Saya juga penggemar Tiramisu (sebenernya penggemar makan sih) :D saya pernah pakai pondan juga bikin cookies tapi namanya saya ga berbakat dibidang pastry jadilah cookiesnya agak aneh (tapi masih bisa dimakan karena rasa pondan emang udah enak dari sononya) hihihi ini hebat lagi mbak nya bisa bikin tiramisu.. kereeennn

Dian Restu Agustina said...

Kwkwk..sini,,masih ada nih :)

Dian Restu Agustina said...

tinggal cemplung Mbak..kwkwkw..praktis pakai premiks

Fanny f nila said...

Kmrin itu aku udh pengen beli bahan yg instan gini mba. Tp pas baca pake oven, batal deh :p. Maklum aja blm punya oven :D. Jd sampe skr, kalo kangen tiramisu, pesen dululah ama temenku yg jago bikin :)

Astin Astanti said...

belum lihat pondan tiramissu Mbak. Kemaren saya nyoba bikin pondan yang bolu kukus. Komentar suamiku, enak banget, lembut pula...iya iyalah Pondan. Heheheee, kalau bikin pakai adonan sendiri, kadang gagal atau kurang apa kalau aku MBak

Rina Indrayani said...

Asik dapat resep baru.harus dicoba nih

Jeanette Agatha said...

Ak suka banget tiramissu. Tp kayanya ak beli bahan sprt mba dian aja yg uda jadi hehehe . Jd ga buang waktu,klo kelamaan masak, nnt anak2 uda pd ribut

Rina said...

Jadi pengin nyoba bikin juga ah

Unknown said...

Hiks saya nggak ada oven mbak

Anggraeni Septi said...

Ah jadi pengen nyoba bikin deeeeh mbak :D

Ida Tahmidah said...

Wah asyik nih mudah2an sempet nyoba resep ini :)

deddyhuang.com said...

aku suka tira miss yuuu...

Dian Restu Agustina said...

Sebenanrnya ada yang versi kukus..
Siip..sekalian nglarisin dagangan teman :)

Dian Restu Agustina said...

Samaaa..aku jugaaa
Serahkan saja pada ahlinya, Pondan misalnya :D

Dian Restu Agustina said...

resep dari Pondan Mbak :D

Dian Restu Agustina said...

Nah, alasan yang sama hahaha

Dian Restu Agustina said...

Coa Mbak, mudah ini udah ada step-stepnya:)

Dian Restu Agustina said...

Ada yang versi kukus Mbak

Dian Restu Agustina said...

Bikin ya...anak-anak syukaaa lho

Dian Restu Agustina said...

Sempat pasti, mudah ...sudah disediakan semua di kemasan

Dian Restu Agustina said...

kwkwkw...:D

Sunarti Kacaribu.com said...

Wah, nyobain pake premiks, makasih ya mb dian..

Dian Restu Agustina said...

coba Mbak,,pakai premiks praktis hehe

tabemonogatari said...

Enak ih mba keliatannya. Aku kira beneran ada yang jual tiramisu jadi dan harganya 40rb :D. Tapi bener sih, dibanding beli mahal selagi masih ada waktu luang mending bikin sendiri.. apalagi orang kaya aku yang diem di rumah aja hehehe. Makasih ya mba sharenya ^^

Septarini said...

Hhiks... Belum pernah coba mbak, belum punya waktu lebih... Anak saya ga doyan bobok, jadi jarang punya waktu bikin-bikin.

Roik said...

Lihat postingan ini, jadi keingat dulu pas bikin brownis sendiri. Ujicoba 3x gagal mulu. Sulit ga sih mbak. Yips dong mbak biar minim gagal

Dian Restu Agustina said...

Iya..hihihi..sama-sama bikin sendiri aja hemat

Dian Restu Agustina said...

nanti kalau sudah sempat ya Mbak

Dian Restu Agustina said...

ada yang kelewat stepnya mungkin Mbak

Damar Aisyah said...

Tepung premix ini andalan saya banget, meskipun kata anak saya rasanya kurang sedap, tapi ya daripada nggak ada makanan hehehe

Dian Restu Agustina said...

Kwkwk..sama Mbak