Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengunjungi Windsor Castle

Mengunjungi Windsor Castle - tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Hari terakhir saya dan suami di London, jadwalnya free time, anggota rombongan yang ingin pergi sendiri dipersilakan. Tapi diumumkan sejak awal, pukul 4 sore kami sudah harus ready di lobby, siap menuju ke bandara untuk penerbangan Emirates pada pukul 19.00 ke Dubai dan selanjutnya pulang ke Jakarta. Saya dan suami yang pada dasarnya lebih menyukai menyusun itinerary sendiri memang berasa kurang puas dengan perjalanan ini. Pasalnya, kami belum coba public transport setempat. Akhirnya, suami punya rencana mengajak saya ke Windsor Castle di hari terakhir kami di sana.

Saya yang sudah mulai tepar, enggak nanya naiknya apa dan lain sebagainya, pokoknya manut saja, karena suami saya sudah pernah ke UK sekali beberapa tahun lalu untuk urusan pekerjaan. Yang saya ingat sih cuma satu, kata dia kami akan jalan kaki menuju stasiun kereta London Paddington terus naik kereta ke stasiun Windsor & Eton Central.

Tapi,....saya enggak nanya seberapa jauh kami harus jalan kaki menuju Windsor Castle, tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle!!

Windsor Castle

Perjalanan ke Windsor Castle

Pagi-pagi, meski baru sampai dari Edinburgh pukul sepuluh malam, saya dan suami sudah siap sarapan di restoran The Montagu Kitchen, Hyatt Regency London - The Churchill, tempat kami menginap. Karena kami harus segera berangkat maka yang penting sarapan meski kilat.

Lalu kami pun jalan kaki dipandu Google Maps menuju Paddington Station yang kata suami dekat. Dan ternyata, enggak sampai-sampai dong kwkwwk. Saya protes keras! Tapi akhirnya maklum juga setelah dia bilang kalau naik bis bakalan lama, muter-muter jalurnya, enggak terkejar waktunya.

Oke, baiklah, kami pun di tengah dinginnya pagi jalan kaki sejauh kurang lebih 2 km hingga sampai ke stasiun. Terus di sana setelah celingak-celinguk sebentar di stasiun yang besaaar, kami membeli karcis melalui mesin, yang valid untuk one journey dengan jurusan London Paddington - Windsor & Eton Central seharga £ 15.10 (sekitar 280 ribu rupiah) dengan lama perjalanan menurut jadwal 41 menit.

Enggak pakai lama kami pun menaiki kereta sesuai jalur dan waktu keberangkatan. Ini pakai lari-lari karena lihat jadwal terdekat tinggal beberapa menit lagi. Daripada nunggu kereta berikutnya bakal terbuang waktunya.

Karena hari Jumat dan kami menuju arah luar kota London maka kereta tidak terlalu penuh, Kereta terdiri dari beberapa gerbong dengan kursi yang hadapnya sama. Gerbong kereta terjaga kebersihannya. Oh ya, kami santuy menaiki kereta ini, karena tujuan akhirnya adalah stasiun yang kami tuju, jadi enggak khawatir bakal kelewatan turunnya.

Sempat deh menikmati sepanjang jalan yang nampak pemukiman, perkotaan dan taman. Pokoknya masih banyak ruang terbuka dan ijo-ijonya...

Sampai di stasiun kami segera menuju arah kastil (setelah celingak-celinguk lagi) karena memang masih agak sepi. Stasiun dilengkapi jajaran pertokoan dengan gaya pedesaan tapi barang yang dijual kekinian. Branded store, souvenir shop dan tempat makan mendominasi jenisnya. Lumayan menghibur melewatinya meski enggak sempat mampir karena banyak yang masih tutup.

Akhirnya kami sampai di area kastil dan mengikuti petunjuk tempat pembelian tiket. Dari luar bangunan ini tampak sepi. Sehingga saya sempat bersyukur karena enggak rugi berangkat pagi-pagi.

Tapi ternyata, dugaan saya salah pemirsaaah, karena di dalam ruangan sudah penuh orang dan antriannya mengulaaar!!🙈

Tips ke Windsor Castle

Windsor Castle - Kastil Tertua dan Terbesar di Dunia yang Masih Dihuni Sampai Kini

Saya dan suami pun segera menyambung antrian. Ada 4 petugas penjualan tiket yang duduk di meja. Sementara beberapa petugas lain berjaga untuk body screening bersama anjing penjaga. Wajar jika pengamanan agak berlapis untuk wisatawan yang ingin mengunjungi kastil ini. Karena kastil ini memang bersejarah bagi monarki dan telah dihuni sejak abad ke-11 (lebih dari 900 tahun yang lalu) oleh 39 raja. Juga sampai saat ini Ratu Elizabeth II masih sering menghabiskan akhir pekan di sini. Maka ya ektsra dijaganya. (Mungkin kalau saya hari Sabtu/Minggu datangnya bakalan ketemu Ratu ya hahaha)

Setelah mendapatkan tiket masuk seharga £ 22.50 (sekitar 420 ribu rupiah) saya dan suami pun melenggang memasuki area kastil yang menjulang tampak tua dan berwibawa. Kami sempat mengambil audio guide yang memang termasuk harga tiketnya untuk memudahkan memahami ruangan-ruangan yang ada nanti. Meski sebenarnya saya juga enggak mudeng 100% sama bahasanya sih hihihi...Soalnya you know, British accent itu mirip orang kumur-kumur kalau ngomong. Seperti Harry Potter and the genk itu loh. Harus sekian detik saya cerna baru agak ngeh saya.😁

Audio guide ini berupa headphone yang disambungkan ke player yang bentuknya kecil saja dan bisa kita kalungkan di leher. Ada pilihan bahasa tinggal kita tekan saja tombolnya.

Oh ya, Windsor Castle buka dari pukul 10 pagi sampai 4 atau 5 sore tergantung musimnya (musim dingin lebih cepat tutup). Maka sebaiknya periksa website resminya sebelum mengunjungi (rct.uk/visit/windsor-castle). Di sana lengkap ada jadwalnya selama 6 bulan ke depan, area mana saja yang buka dan tutup. Mungkin jadwalnya disesuaikan dengan kunjungan keluarga kerajaan.

Untuk fakta Windsor Castle diantaranya:

• Windsor Castle adalah kediaman resmi Ratu
  • Merupakan kastil tertua dan terbesar yang dihuni di dunia!
  • Berasal dari tahun 1070 M, William the Conqueror membangun Windsor Castle sebagai benteng dari musuh yang datang ke London dari arah barat.
  • Kastil membutuhkan waktu 16 tahun untuk dibangun, tetapi mengalami penyesuaian pembangunan selama berabad-abad.
  • Dinding kayu kastil diganti dengan batu pada akhir abad ke-12 oleh Raja Henry II dan kemudian seluruh fasad kastil mengalami transformasi Gothic dengan lebih banyak batu & batu ditambahkan setelah Raja George IV naik tahta pada tahun 1820.

Mengunjungi Windsor Castle

Ada Apa di Windsor Castle?

Ada banyak hal untuk dilihat dan dilakukan di Windsor Castle. Ada dua rute yang dapat diambil yakni: rute bersejarah atau rute seremonial - tetapi kita dapat melakukan keduanya jika menginginkannya, meski memang butuh waktu ekstra.

Tempat tinggal kerajaan Inggris yang berdiri di bukit di tepi distrik Windsor dan Maidenhead di wilayah Berkshire, Inggris ini menempati area 5,26 hektar tanah di atas tepi selatan Sungai Thames. Kastil Windsor terdiri dari dua kompleks bangunan berbentuk segi empat, yang dipisahkan oleh Round Tower gundukan buatan yang terlihat bermil-mil di atas tanah datar di sekitarnya. Lapangan di sebelah barat Round Tower disebut bangsal bawah sedangkan pelataran ke timur disebut bangsal atas.

Mengunjungi  Windsor Castle

Mengunjungi Windsor Castle

Nah, yang bisa dinikmati di kastil ini diantaranya:

• Moat Room

Moat Room menampilkan tiga maket Windsor Castle yang menggambarkan bagaimana kastil terlihat di masa lalu untuk merekonstruksi evolusi kastil untuk pengunjung, dari benteng sederhana ke salah satu istana abad pertengahan terbesar di Eropa. Maket menunjukkan kastil di tahun1080, 1216 dan 1377 - saat ketika perkembangan benteng berkembang pesat. Garis waktu yang diilustrasikan dengan raja yang berkuasa di sepanjang ruangan memberikan konteks bagi sejarah Windsor Castle.

• State Apartments
Jelajahi peninggalan dari 39 raja yang menyebut Windsor Castle sebagai rumah dan koleksi yang mereka tinggalkan di State Apartments ini. Khususnya, Raja Charles II ingin menyaingi istana sepupunya Raja Louis XIV yang memesona di Versailles, Perancis. Juga kemoderenan interior dengan langit-langit dicat karya Antonio Verrio serta aneka ukiran oleh Grinling Gibbons. Saat ini, anggota Keluarga Kerajaan sering menggunakan ruangan-ruangan ini untuk acara yang mendukung organisasi yang mereka bawahi.

• Waterloo Chamber
Dibangun untuk merayakan kemenangan di Pertempuran Waterloo, potret yang melapisi dinding menggambarkan raja sekutu, negarawan dan komandan yang terlibat dalam kekalahan Napoleon, termasuk potret monumental Duke of Wellington. Di sini kita bisa mengagumi karpet India, yang ditenun oleh narapidana dari penjara Agra untuk Golden Jubilee Ratu Victoria pada tahun 1894. Karpet ini dianggap sebagai karpet mulus terbesar yang pernah ada yang membutuhkan bantuan 40 orang untuk memindahkannya.

sumber: rct/uk/visit/windsor-castle

Mengunjungi Windsor Castle
State Aprtments (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)

Tips ke Windsor Castle
ceiling painting (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)

Queen Mary doll's house (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)

Pangeran Harry & Meghan Markle wedding (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)

Tips ke Windsor Castle
fine art (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)
Mengunjungi Windsor Castle
changing guard (sumber: rct/uk/visit/windsor-castle)

• St George's Chapel
Nikmati kemegahan arsitektur Gotik yang rumit di Kapel St George, yang merupakan tempat upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Kapel adalah rumah spiritual Ordo Garter: didirikan oleh Edward III pada 1348, itu adalah ordo paling senior dari British Chivalry (Ksatria Inggris) dan hari ini ada 24 ksatria yang dipilih sebagai pengakuan atas pekerjaan mereka untuk bangsa oleh Ratu. Oh ya, di dalam kapel terletak makam 10 raja, termasuk Charles I, Henry VIII dan istri ketiganya Jane Seymour. Makam ini berada di lantai dan tertera namanya yang bisa kita baca saat melewatinya.

• Queen Mary's Doll's House
Nikmati juga sebuah rumah boneka yang dibangun untuk Queen Mary oleh arsitek terkenal Edwin Lutyens yang penuh dengan harta karun kecil, yang diciptakan oleh pengrajin dan seniman terkemuka saat itu. Ini adalah replika sempurna dari rumah aristokrat, lengkap dengan listrik, air panas dan dingin serta lift yang berfungsi. Dilengkapi perpustakaan berkoleksi 700 buku mini, merupakan potret luar biasa dari kehidupan seni dan budaya tahun 1920-an dengan seniman kontemporer, komposer dan penulis semua berkontribusi ke perpustakaan.

• Fine Art
Jangan lewatkan karya seni luar biasa yang melapisi dinding kastil. Lukisan-lukisan indah dari seniman terkenal, seperti Rembrandt, Rubens, dan Canaletto di State Apartments dan kunjungi Drawings Gallery untuk melihat pilihan yang berubah dari Royal Collection, termasuk karya-karya besar oleh Leonardo, Holbein, Michelangelo, Raphael dan lainnya

• Changing The Guard
Saat berkunjung ke Windsor Castle ikuti juga Changing the Guard, tontonan yang luar biasa dari arak-arakan pasukan penjaga kerajaan Inggris. Pengawal baru, yang dipimpin oleh Regimental Band, berbaris dari barak ke luar Guard Room. Selama upacara 45 menit, penyerahan tugas berlangsung, termasuk pergantian penjaga. Upacara biasanya berlangsung pada jam 11 pagi pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Dan saya saat ke sana cuma kebagian ujung pertunjukannya karena keasyikan menikmati hasil karya seni di dalam area kastilnya.

Tips Mengunjungi Windsor Castle

Tak terasa hampir 3 jam saya dan suami mengelilingi area kastil. Puas rasanya meski ada beberapa ruangan yang ditutup, sehingga tidak boleh dimasuki wisatawan. Setelah mengembalikan audio guide di pintu keluar, kami pun menyusuri pertokoan yang ada di sekitar kastil (areanya tembus langsung ke stasiun kereta) Kami membeli beberapa cinderamata di souvenir shop yang ada. Juga cemilan sebagai pengganjal perut sambil duduk di kursi yang ada di sekitar pertokoan.

Setelahnya kami bergegas ke stasiun lagi karena jadwal kereta segera tiba. Oh ya, untuk tiketnya sudah kami beli sekalian waktu berangkat tadi.

Nah, untuk tips mengunjungi Windsor Castle diantaranya:
  • Karena luasnya area sediakan waktu kunjungan sekitar 2-3 jam di kastil ini
  • Lokasi kastil konturnya menanjak dan beberapa jalannya curam, maka pastikan memakai alas kaki yang nyaman
  • Untuk menghindari antrian lebih baik pesan tiket secara online di website resminya
  • Pemeriksaan saat tiba ala "bandara" jadi pastikan barang yang dibawa bukan yang berbahaya
  • Pengambilan foto hanya boleh dilakukan di bagian luar kastil, tidak di dalam area (kecuali Moat Room)
  • Tiket sudah termasuk panduan multimedia dengan pilihan bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Jepang, Portugis, Brasil, Rusia, Mandarin.
  • Tersedia panduan untuk kunjungan keluarga
  • Tidak diijinkan makan dan minum di area tertentu.
  • Tersedia toilet, baby room dan cafe di area kastil

Windsor Castle
stasiun Windsor & Eton Central

kereta Paddington London - Windsor & Eton Central (sumber: londotoolkit com)

Tips ke Windsor Castle
stasiun London Paddington (sumber: wikipedia)

Sesampainya di London, kami segera kembali ke hotel untuk berkemas. Karena waktu, kami yang berencana naik bis atau kereta bawah tanah jadi batal. Sudah pukul dua, Hanya ada waktu sekitar dua jam bersiap sebelum ke bandara untuk terbang. Hingga pukul 4 sore, seluruh anggota rombongan kumpul di lobby, beberapa teman keheranan waktu kami berdua bilang sempat ke Windsor Castle tadi pagi. Kok nekat banget di waktu yang mepet, begitu komentarnya hahaha

Ah, kami bukannya nekat, tapi tak mau menyia-nyiakan kesempatan, mengunjungi Windsor Castle, tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle - yang saat saya tulis artikel ini sudah memutuskan jadi rakyat biasa. Hm, keputusan yang tak pernah diduga banyak orang meski juga bukan hal baru bagi keluarga kerajaan. Karena sebelumnya ada Raja Edward VIII yang pada tahun 1936 memilih lengser dari tahta demi seorang wanita, Wallis Simpson, asal Amerika yang berstatus janda (yang saat Raja Edward dan Wallis berhubungan, dia masih berstatus istri orang). Tahta kemudian diberikan pada adik Edward, Raja George VI yang adalah ayah Ratu Elizabeth II (nenek Pangeran Harry).

Hm....complicated memang kisah cinta di negeri monarki paling ternama di dunia ini yaaaa!

Maka, worthed it memang bisa mengunjungi Windsor Castle yang adalah salah satu kediaman resmi raja dan ratu dan saksi cinta keluarganya!

candid by pak suami ( kenapa wajah saya melas begini hihihi)

*Foto di dalam ruangan kastil saya ambil dari laman resmi Windsor Castle karena wisatawan memang tidak diijinkan mengambil gambar di dalam semua ruangan (hanya di Moat Room yang boleh, karena hanya berisi model/maket kastil, juga penjelasan seputar urutan monarki)

**Perjalanan ke UK saya lakukan pada April 2019, jadi ini adalah artikel #perginyakapannulisnyakapan. Ada banyak tulisan traveling yang masih saya pending. Tapi rencana akan saya tulis nanti untuk menjaga ingatan.

PS:

di semua tempat wisata di Inggris yang saya kunjungi tersedia multimedia audio guide, seperti yang saya pakai di foto saat berkunjung ke Blenheim Palace

Happy Traveling

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

60 komentar untuk "Mengunjungi Windsor Castle "

1. Mbak Dian ini kayak saya aja. Perginya kapan, nulisnya kapan. :-D

Mbak, ceritain dong tentang Audio Guide yang Mbak manfaatkan di istana itu. Bentuknya kayak apa, gitu. Cara nyalainnya gimana.

1. Bentuknya seperti headphone, Mbak
      Jadi ada kabel ke pemutar (yang bisa dikalungkan di leher)
      Kita tinggal tekan tombol untuk pilihan bahasanya:)

Hapus
  2. Ini negara ke2 yg mau aku kunjungi mba InsyaAllah Suka bnget Sama bngunan heritage gitu walaupun usianya sdh lama tp tetap terpelihara dn megah y mba,,,

Balasan
    1. Suatu saat Aku akan kesana mba Dan melihat dari dekat... Kpingin bngt lihat perwujudan history nya aplg foto2 y

Hapus
  3. Wondsor castle ini kalau dilihat dari dekat tetap tampak anggun kalau menurut mata saya.
    Kalau dokkumennya ada, sangat oke dan asyik-asyik aja mau dituliskan kapan sempatnya, mba.

1. betuuul..karena kadang nunggu senggang dan mood datang #alasan haha

Hapus
  4. Serasa ditampar baca bagian akhir. Perginya kapan. Nulisnya kapan. Saya banget itu. Hahaha...

Terimakasih cerita perjalanannya Mbak Dian. Saya wong ndeso jadi nambah wawasan seolah ikut jalan jalan hehehe

BalasHapus
  5. Aku adalah salah satu orang yg suka banget sama pamgeran harry dan meghan markle.Gak banyak orang berstatus tinggi rela meninggalkan semua dan menjadi warga sipil biasa. Itu sangat keren buat aku. Kaka beruntung sekali bisa jalan2 di Windshor. Bisa tolong ajak aku 😄😄😄 jiwa iriku mode on 😂😂

1. Iya, dulu mereka nikah di sini
      Semoga bisa ke sini juga ya:)

Hapus
  6. Oh... Ternyata bentuknya seperti headphone tinggal di tekaan tombol bahasanya. Wah bisa dikalungankan juga ya jadi lebih praktis

1. Iya bisa dikalungkan jadi enggak bakal ribet bawanya

Hapus
  7. Masya Allah Windsor Castle ini wow banget ya mbaak, lihat foto-fotonya aja sudah seneng banget apalagi bisa kesana langsung ya mbak Dian...
    Pingin lihat langsung Changing The Guard nya, pakaian khas prajuritnya itu lhoo

BalasHapus
  8. Senangnya bisa mengunjungi Windsor Castle, walau bangunan lama karena terawat jadi tetap megah ya?

9. Seru banget mba bisa trip ke London mengunjungi Windsor Castle, keren banget yaa, jadi serasa keluarga kerajaan Inggris. Pengen deh suatu hari bisa kesana juga

10. Kenapa saya malah kebayangnya film harry potter mulu, heran. Khas banget ya arsitekturnya.

Nggak ngerti lagi zaman dulu orang-orang bisa bikin banguan-bangunan megah dan indah begini dan tetap terjaga sampe sekarang. Selalu menarik untuk didatangi. Begitu pula dengan ragam kehidupan penghuninya, selalu menyedot perhatian khalayak.

Balasan
    1. Iya, sayang enggak bisa ke tempat syuting Harpot..tapi sempat ke tokonya, ada di blog saya tulis ceritanya

Hapus
  11. senangnyaaaa bisa mengunjungi kastel di inggris raya sana... aku selalu penasaran dengan aneka kastel mereka.

BalasHapus
  12. Senangnya...Mb Dian berarti jalan-jalan sendiri ya, engga pakai guide. Pengan kapan-kapan kayak gini juga. Pakai guide itu, dia standar aja, dibawanya pasti ke mall dan toko branded. Padahal kami pengen tuuuh jelajah karya arsitektur, apalagi bangunan lama kayak gini. Wah...seru banget. Btw...agak-agak spooky ga sih? hehe...

1. yang hari terkhir jalan sendiri, yang lain ada guide :D

Hapus
  13. Wuih seru nih..Pengen jg jalan2 gini bareng suami..Asyik.ya Mba..hehe..kadang kalau aku mah bikin ketar ketir krn ternyata jiwa petualangnya lbh seru ..

1. iya, suami suka yang petualang begini..saya ngikut aja, haha

14. Wowww impian bgt bisa ksana ya
    Liat bangunan tua yg keren2 trus penjaga baju merah rambut kribo itu pengen gangguin haha

1. iya, kita gangggu ketawa-ketawa dia tetap berjaga lho..kwkwk

Hapus
  15. Penasaran dengan multimedia audio guide yang digunakan itu. Cara kerjanya gimana? Asik ya berkunjung di satu tempat tapi bisa dapat banyak cerita saking luasnya dan bersejarah juga

Balasan
    1. Headphone disambungkan ke player, ada pilihan bahasa yang kita inginkan, seperti foto saya di atas

Hapus
  16. London salah satu tujuan liburan impianku mba Dian. Pasti lah keren mengunjungi istana atau kastil yg biasanya cuma bisa dilihat di film. Romantis pasti yaa perginya sama pak suami 🖤🖤

BalasHapus
  17. Bahagianya bisa berkunjung kesana mbak. Awesome banget sih castle nya. Disana nggak ada disewakan pakaian-pakaian ala-ala ratu gitu ya mbak hihihi kan biar totalitas travelingnya

Balasan
    1. Say nemu yang pakaian ala-ala dan foto studionya pas di Scotland, Mbak. Saya berfoto dengan suami, foto jadi cover di Facebook saya :)

Hapus
  18. Megah banget ya mba n bersejarah banget ini, makasih ya mba Dian jadi tau deh tentang Windsor castle, kapan ya bisa kesana juga

BalasHapus
  19. Semoga kesampaian juga ah ke Windsor Castle ini. Biar kayak Mbak Dian, puas jelong² di dalam kastil. Tulisannya yg informatif Mbak,, jg inget kl tempat inilah lokasi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

1. Terima kasih Mbak
      Iya mereka menikah di sini

Hapus
    2. Beruntung banget yaa Mbak Dian n suami bs berkesempatan jalan kemari, so memorable pastinya yaa

20. Welcome to the club, mba, perginya kapan, nulisnya kapan
    Senang banget, ada teman :)

Aku suka banget nuansa kastil tua begini, apalagi kalau ada dalam scene film ala era Victoria, seperti Pride and Prejudice

Balasan
    1. nah, selama di dalam pikiran saya ke film-film itu kwkw
      Berasa beneran

Hapus
  21. wah seru banget nih ke england...
    cuma disana kudu jaketan terus ya mak

1. ini musim semi tapi masih dingin, Kak
      Anginnya kenceng..agak siang kalau ada matahari baru lumayan

Hapus
  22. Selalu suka membaca kisah perjalanan gini. Hebat mbak di tengah mepet waktu masih bisa ke Windsor :D Hehehe ... Kebayang perawatan untuk kastil guedeee ini ya, beuh mahaal. Suka banget lihat bagian atap yang dihias dengan lukisan seni gitu.

BalasHapus
  23. Indah sekali bangunannya ya mba, seneng banget bisa ke sana ya, semoga suatu saat bisa kesana juga aamiin

24. Wiiih seru mba,, travelling ke tempat bersejarah gitu,, tempat pangeran Harry sama Megan menikah so lovely.. Pingin banget wisata ke tempat²itu
    wish I had opportunity to go there :)

BalasHapus
  25. Aku suka sekali baca sejarah Inggris, mulai raja ratune sing kontroversial sampai peninggalannya yang masih terawat.Ya wajar kan kerajaan masih eksis ya. Emang Inggris ki menurutku complicated ket jaman mbiyen. Makanya selalu menarik. Apa maneh jamane Mbak Ket sama Mbak Meg ini, wah tambah menarik banget.

Balasan
    1. Btw, Mbak, foto-fotomu ini jos banget. Pakek kamera opo hp? Angle-nya cakep, obyeknya eksotis, clear pula. Tambah pengin aku, huhuhu.

Hapus
  26. uwoooow banget dong mba Dian ini selalu kece, cerita perjalanan begitu lengkap dan detail jadi tau kalo ada rezeki dan juga keajaiban buat ngunjungin windsor castle suatu saat nanti yang aku ingat itu jangan ambil foto kecualo pas di moat room hihi. Bagusss bingit!

BalasHapus
  27. Aku suka dengan castle seperti ini. Ada banyak castle yang ingin dikunjungi. Senang baca ceritanya. Meski hanya bisa bermimpi dulu... hehehe

28. gapapa perginya kapan Mba, yang penting ditulis, jadi kami-kami bisa ikutan menikmati, dan kenangannya tetap tersimpan di blog ini, 10 atau 20 tahun mendatang, insha Allah umur panjang, bisa dibaca ulang deh kenangannya :)

Btw, jalan-jalan begini paling asyik nggak bawa toddler yak, biar bebas nggak ribet gendong padahal diri sendiri aja keliling udah pegel :D

BalasHapus
  29. Wah suka baca postingan ini, berasa lagi ngunjungin Windsor Castle. Saya kadang gitu juga, Mbak. Perginya kapan, nulisnya kapan. Hehe ... Yang penting setelah nulis di blog ini, suatu ketika nanti baca tulisan ini pasti terkenang kembali

30. seneng deh baca review travelling ke London gitu. bikin aku tak kuasa sama mood dan ambiencenya yang sooo british.

apalagi ini kastil ya. semegah itu. halaman rumputnya juga luas sekali. thank you so much for the tips and beautiful pictures.

BalasHapus
  31. Windsor Castlenya keren banget ya, dari luar terlihat megah dan waktu masuk ke dalam makin kelihatan kemegahannya.
    Ini jadi perjalanan yang tek terlupakan ya Mbak. Benar-benar menyenangkan.

32. aih seru banget mba tulisannya, bikin betah baca plus informatif juga. jadi terinspirasi nulis perjalanan yg udah dari tahun2 yg lalu hihi. Sayangnya kalau lagi jalan - jalan aku suka malas foto - foto.

BalasHapus
  33. Jadi pengen ke Inggris abis baca tulisan ini. Btw, saya penasaran dengan Changing Guard-nya. Itu beneran sang guard gak boleh bergerak selama waktu bertugas? Selain itu, uniform-nya juga lucu dan khas banget.

34. Keren ya windsor castle ini, setiap sudutnya bisa jadi spot kece buat foto-foto hehehehehe

35. Dih keren banget sih mbaa.. kerajaan Inggris memang punya daya tarik tersendiri ya.. aku suka bacanya ,penasaran ingin lihat langsung, soga ada rejekinya..

BalasHapus
  36. Pasukan penjaganya ini yang unik banget. Khas banget lah.

Kok ya jadi pingin ke sini sendiri. Penjelasannya mbak detail buanget. Jadi semacam menjelajah kastil langsung. Tapi makin detail, kok ya makin pingin lihat langsung.

37. Mashaallah sudah sampai aja kesana mbak. Yang gak kalah takjup adalah kebersihannya. biar kata kastil tua, benar-benar terawat bgt.

BalasHapus
  38. senengnya bisa liat lokasi pernikahan pangeran harry, bacanya jadi ikutan was was mba, keburu waktu ga ya. untungnya masih keburu ya, planning "dadakan" memang perlu dipertimbangkan dengan baik soal waktu, apalagi kalo mepet waktu pulang
    ngebayangin castle nya segede itu, pada jaman dulu pasti udah megah banget ya, dibangun sebagai benteng pertahanan padahal bagus , kan jadi sayang kalo sampe ditembak-tembaki sama musuh bangunannya. Imajinasiku kayak di film film