7 Barang Penting yang Dibutuhkan Saat Berkegiatan di Rumah Ketika Virus COVID-19 Masih Mewabah



Salah satu langkah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 adalah dengan tetap berada di rumah, : bekerja dari dirumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. Pokoknya berkegiatan dari rumah saja ketika virus corona asih bergentayangan dimana – mana.

Nah, selama berkegiatan di rumah sudah tentu banyak  barang yang perlu disediakan yang memang  merupakan kebutuhan penting. Apa saja?


7 Barang  Penting  yang Dibutuhkan Saat Berkegiatan di Rumah Ketika Virus COVID-19 Masih Mewabah


Makanan dan Minuman

Mau situasi sedang mewabahnya virus corona atau tidak, makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang harus atau wajib ada ketika kita sedang berkegiatan di rumah. Contoh makanan yang kita butuhkan selama di rumah misalnya: sembako, air minum, cemilan, buah-buahan dan lainnya. Makanan dan minuman ini perlu ada agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga, sehingga kekebalan tubuh tetap  baik sehingga virus tidak mudah melumpuhkan sistem imun tubuh kita. Oh ya, persediaan makanan ini bisa dalam bentuk kering dan frozen food juga untuk menghidari kita sering pergi ke luar rumah untuk membeli bahan pangan segar.


Personal Hygiene

Walau kita tetap berada di rumah selama virus corona melanda, bukan berarti kita tidak ada kegiatan sama sekali. Kita tetap harus ada aktivitas agar pikiran kita tidak suntuk dan cepat bosan. Nah, selama berkegiatan di rumah bukan tidak mungkin tangan kita akan kotor, maka kehadiran sabun, terutama sabun cair amat kita butuhkan. Selain untuk membersihkan virus, kuman dan kotoran yang menempel , mencuci dengan sabun cair juga adalah cara untuk membiasakan pola dan perilaku hidup sehat. Sabun cair juga perlu disediakan di depan rumah berserta air pencucinya, agar ketika ada orang yang mau masuk rumah bisa mencuci tangan terlebih dahulu. Meski memang selama PSBB ini saya tidak menerima tamu sama sekali. Jika ada yang datang saya hanya temui di depan pagar. Selain itu stok sabun mandi, sikat gigi, popok (jika ada bayi), pembalut dan kebutuhan harian lainnya hendaknya kita sediakan secukupnya untuk beberapa hari ke depan. Untuk menghindari kita sering pergi untuk membeli.


Cairan Disinfektan 

Selama  berkegiatan di rumah ada kalanya kita enggan untuk berbelanja langsung keluar rumah, karena khawatir terpapar virus corona covid19. Kalau sudah dihadapkan situasi seperti ini  pilihan berbelanja secara online adalah cara yang bisa diambil.
Nah, ketika barang pesanan yang dibeli secara online sudah sampai, maka pembungkus barang belanjaan butuh disemprot cairan disinfektan terlebih dahulu agar kuman atau virus yang tidak sengaja menempel bisa mati. Barang yang kita semprot sebaiknya benda yang menjadi pembungkusnya, misalnya kotak  dan disemprot bagian luar kotaknya saja. Tidak dianjurkan sama sekali untuk menyemprot cairan disinfektan langsung ke bahan makanan, sebab bisa membahayakan kesehatan tubuh.
Cairan disinfektan ini bisa juga disemprotkan ke area halaman rumah kita, sehingga ketika kita melakukan  kegiatan dihalaman rumah, misalnya berjemur, area halaman sudah steril dari virus COVID-19. Nah untuk penyemrotan di area rumah, di lingkungan RT saya diadakan secara swadaya dengan alat bantuan dari kelurahan. Sementara untuk cairannya warga patungan membelinya.


Obat-obatan 

Selama berkegiatan dari rumah, adakalanya kita mengalami sakit kepala, demam ringan, luka ringan dan lainnya. Nah, selama di rumah kita perlu memastikan tersedianya kebutuhan akan obat-obatan agar ada ketika diperlukan. Syukur -syukur jika di rumah ada tanaman obatan, sehingga bisa jadi pertolongan pertama. Seperti sirih juga beraneka rimpang.

Oh ya, selain ketersediaan obat-obatan, jika juga perlu kita menyediakan juga vitamin, terutama vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Juga untuk mengantisipasi cidera ringan, misalnya luka gores, sebaiknya kita juga menyediakan di rumah perlengkapan P3K beserta isinya .



Ketika kita berkegiatan di rumah selama virus COVID-19 ini belum reda, barang penting yang perlu disediakan di rumah adalah masker. Masker yang perlu kita sediakan sebaiknya masker kain biasa saja, dengan catatan di rumah tidak ada yang sedang mengalami gejala serupa virus corona. Jikalau di rumah ada yang mengalami tanda-tanda virus COVID-19, sebaiknya memakai masker medis yang memiliki standar kesehatan yang lebih baik. Kehadiran masker kain biasa yang kita sediakan di rumah, bisa kita pakai disaat kita atau anggota dirumah terkena sakit ringan atau kita hendak keluar untuk suatu keperluan.


Smartphone

Kehadiran smartphone atau ponsel pintar kita butuhkan di situasi merebaknya virus corona seperti ini. Smartphone memiliki beberapa fungsi strategis ketika kita cuma berkegiatan dari rumah. Contohnya: berfungsi untuk melakukan Work From Home (WFH), pembelajaran jarak jauh, transaksi online, komunikasi, bermain game, membaca informasi terkini di internet, dan lainnya. Intinya kita bisa banyak melakukan banyak hal yang positif menggunakan smartphone.


Hiburan

Berada di rumah saja bisa membuat kita mati gaya. Maka siapkan juga hiburan yang menyenangkan. Jika ada mainan lama, bongkar...bersihkan biar anak-anak bisa mainkan. Atau buku-buku lama pun timbunan buku baru yang belum terbaca. Bisa tuh dijadikan pembunuh waktu saat #diamdirumah melulu. Atau list film yang bisa ditonton. Ah, pasti terhibur hati nanti.


Well, perjuangan kita memang belum berakhir. Meski tetap berkegiatan di rumah selama Virus COVID-19 masih mewabah, kita bisa siapkan 7 barang penting tadi yang dibutuhkan saat ini. Okeeee, semoga tetap sehat dan selalu semangat!


#Day12
#BPNRamadan2020


Keep Positive

signature-fonts

No comments