Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Modal usaha menjadi komponen utama yang mesti ada sebelum kita memulai suatu bidang usaha. Modal usaha juga diperlukan sebagai dana tambahan untuk pengembangan usaha kita agar lebih maju dari sebelumnya.

Nominal modal baik ratusan ribu maupun ratusan juta, dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan usaha kita. Dan, meski membangun usaha dengan modal yang sedikit bukanlah tidak mungkin, tapi modal usaha yang besar memungkinkan kita bisa berinovasi dan mengembangkan usaha sesuai harapan. 

Sayangnya, tak sedikit orang yang kebingungan mendapatkan modal, meski telah merancang konsep usaha yang akan dirintisnya. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan, termasuk modal usaha tanpa jaminan.


Tunaiku Amar Bank


Tentang Modal Usaha


Well, bicara modal usaha di tengah pandemi untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis merupakan tantangan tersendiri. Ada pebisnis yang harus memotong pengeluaran usaha dengan mengurangi jumlah karyawan, menutup cabang dan bahkan sampai menutup usahanya. Tapi ada juga yang baru memulai bisnis kecil-kecilan saat pandemi untuk mencari pemasukan tambahan.

Nah, yang dimaksud dengan modal sendiri adalah sekumpulan uang atau barang yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Dalam bahasa Inggris modal disebut dengan capital, yaitu barang yang dihasilkan oleh alam atau manusia untuk membantu memproduksi barang lainnya yang dibutuhkan manusia dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Modal merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Tanpa modal, bisnis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Mulai dari bisnis yang besar maupun bisnis yang kecil pun membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya.

Lalu, darimana modal bisa kita dapatkan?

Cara Mendapatkan Modal Usaha


Banyak pebisnis pemula yang masih bingung bagaimana cara mencari modal usaha. Apalagi jika ide bisnis yang ingin dijalankan membutuhkan modal awal yang besar. 

Nah, agar bisnis bisa berkembang dan sukses, berikut 10 cara untuk mendapatkan modal usaha:

1. Tabungan Pribadi

Salah satu cara paling mudah untuk mendapat modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Dengan cara ini kita bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan hutang di kemudian hari. Meski, hari gini, boro-boro nyisa tabungan, yang ada sudah habis-habisan digunakan untuk bertahan, kan?


2. Modal dari Keluarga

Cara mudah lainnya, untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam dana kepada keluarga. Cara ini banyak ditempuh beberapa orang karena pada umumnya modal dari keluarga tanpa jaminan dan  bebas dari bunga, sehingga enggak berat nantinya. 

Yang utama, ingat tetap kembalikan dana yang telah dipinjam sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati bersama. Jangan mentang-mentang karena keluarga sendiri lalu lupa diri dan bahkan saat ketemu santuy kayak enggak pernah ada utang-piutang di antara kita. Duh,  tjurhat jadinya!


3. Jual Aset

Berikutnya, untuk mendapatkan modal usaha kita bisa menjual aset berupa barang-barang berharga, perhiasan, kendaraan pribadi, dan sebagainya. Meski sebaiknya, pikirkan juga tentang untung rugi dari penjualan aset tersebut, bandingkan dengan potensi atau peluang usaha yang akan dijalankan nanti. Sepadan enggak, gituuuu...


4. Gadai Aset

Sayang jual aset? Gadai jadi solusinya! Tapi, meski cara ini dapat mendatangkan modal usaha, menggadaikan barang yang dimiliki itu artinya kita harus siap dengan segala risikonya. Jika tidak berhasil menebus aset yang telah digadaikan dalam jangka waktu tertentu, bukan tidak mungkin kita akan kehilangan barang berharga kesayangan. Hiks!


5. Pinjaman Pemerintah

Next, Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa juga jadi solusi modal usaha kita. Ini adalah sebuah program pinjaman khusus dari pemerintah untuk UMKM. Di mana kredit ini terbuka untuk berbagai jenis usaha, mulai dari pertanian, perikanan, hingga usaha jasa, dengan proses penilaian selektif untuk bisa mendapatkan kredit.


6. Penggalangan Dana

Kemudian, ada crowdfunding atau penggalangan dana modal usaha yang sudah umum dilakukan di kota-kota besar. Ada platform yang menjadi wadah bagi pebisnis pemula untuk mendapatkan modal usaha. Crowdfunding ini akan menghubungkan kita dengan orang yang mau memberikan modal usaha. Hanya saja, tetap ada perhitungan setelah proses berlangsung, termasuk tentang pembagian laba.


7. Mencari Rekan Bisnis

Jika menanggung sendiri modal usaha terasa berat, kenapa kita enggak mencari rekan bisnis saja. Siapa tahu ada teman yang kita percaya memiliki visi dan minat yang cocok buat berusaha bersama. Tapi, pastikan kalian membahas rencana secara rinci seputar usaha yang dijalani. Sehingga memungkinkan brainstorming dan mendiskusikan ide-ide untuk mengembangkan usaha dan bukan sebaliknya, terjadi sengketa jika hasil tak sesuai rencana.


8. Kredit Bank

Well, cara selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan kredit atau pinjaman ke bank. Di mana untuk melakukan pinjaman modal ke bank ini biasanya dibutuhkan dokumen-dokumen usaha. Juga biasanya bank meminta jaminan atau agunan dan lebih umum untuk usaha yang sudah berjalan. Karena bank ingin melihat terlebih dahulu kondisi keuangan dan potensi usaha sebagai pertimbangan untuk memberikan pinjaman.


9. Marketplace Pinjaman Dana

Marketplace pinjaman dana bisa juga jadi tempat mendapat modal usaha. Peminjam umumnya berupa organisasi atau institusi seperti investor. Nah, melalui marketplace ini, kita bisa menemukan investor untuk mendanai usaha. Sama seperti platform pinjaman modal lainnya, akan diminta dokumen-dokumen usaha seperti laporan keuangan, cash flow, dan sebagainya


10. Financial Technology (Fintech)

Next, modal usaha juga bisa didapat lewat jasa keuangan berbasis teknologi (financial technology). Sederhananya, fintech adalah jenis perusahaan di bidang jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi. Sehingga, mulai dari metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, sampai dengan pengelolaan aset bisa dilakukan secara cepat dan singkat berkat penggunaan teknologi modern ini.

Proses peminjaman melalui fintech biasanya lebih sederhana. Namun, pastikan kita sudah membaca dengan jelas mengenai info dan fleksibilitas peminjaman seperti bunga, cicilan, tenggat pembayaran, dan sebagainya. Juga, pastikan lembaga yang kita pilih sudah terdaftar dan diawasai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena keamanan itu yang utama. Syukur-syukur jika tanpa perlu jaminan juga!

Well, ada kok fintech yang memberikan pinjaman dana termasuk untuk modal usaha yang fleksibel, aman, terpercaya dan tanpa jaminan. Ialah Tunaiku, fintech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analitik canggih, sehingga mampu melayani dengan cepat dan dengan persyaratan yang mudah.


Cara Mendapatkan Modal Usaha


Tunaiku Berbeda dengan Fintech dan KTA Konvensional


Yup, Tunaiku berbeda dengan situs fintech lain yang ada di Indonesia terkait keamanan dan fleksibilitas yang ada. Pasalnya, Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi. 

Sementara, untuk fleksibilitas, Tunaiku juga berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang panjang, maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah tidak seperti situs fintech lainnya yang memberikan limit kecil dan tenor lebih pendek. 

Tak hanya itu, Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) konvensional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan. Layanan kredit di Tunaiku tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit dan proses pengajuan KTA hanya bermodalkan KTP dan serta 10 menit untuk pengisian formulirnya.

WellTunaiku Amar Bank sudah berdiri sejak tahun 2014 dan merupakan salah satu produk dari Amar Bank, sebuah institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 1991 yang dinaungi bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. 

Nah, karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan terjamin kemudahannya. Tak heran karena Tunaiku berpegang pada visi ingin memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana tunai tanpa jaminan untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.

Nah, masih bingung dengan cara mudah mendapatkan modal usaha? 

Yang utama, tetap hati-hati dan bijak saat memilih dan menggunakan yaaa... 

Oke deh, tetap semangaaat, selalu sehat dan semoga info ini bermanfaat!💖


a big business starts small

signature-fonts

9 comments

  1. Kalau limit sampai 20 juta rasanya saya pun tertarik nih mbak. Apalagi saya dan suami baru aja buka usaha kecil2an karena pandemi

    ReplyDelete
  2. Ternyata sudah cukup lama juga ya Mba Dian. sejak 2014 tunaiku dari Amar Bank sudah ada.
    Syukurnya limit waktu gak sependek fintech lainnya ya Mba. Zaman now ngeri berhubungan dengan pinjol. Kehidupan pribadi kita akan terganggu. Syukurnya tunaiku dari Amar Bank sudah aman OJK. Tidak ada teror nasabah pastinya.

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya alternatif mendapatkan modal usaha pada masa kini. Tinggal kitanya yang teliti dan berhati-hati ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. modal usaha emang salah satu hal mendasar buat jalanin bisnis ya mba. Aku masih belum familiar nih sama tunaiku amar bank, jadi kalau mau ambil pinjaman modal usaha jadi nasabah di amar bank dulu ya

    ReplyDelete
  5. Mending sih kalau punya aset bisa dijual buat modal usaha, kalau ga punya sama sekali, memang lebih mudah ya melalui fintech, apalagi seperti tunaiku, sepertinya prosesnya mudah, dan tertariknya karna aman gitu.

    ReplyDelete
  6. Teknologi finansial Tunaiku Amar Bank ini menjadi jawaban atas kebutuhan dana bagi masyarakat ya Mbak. Didukung dengan pengelolaan yg modern dan data analitis yang canggih, semakin memudahkan kita semua mendapatkan modal usaha ya

    ReplyDelete
  7. Banyak ya kak cara mendapatkan modal usaha, jadi ingat dulu aku usaha pakai tabungan hehe awalnya berjalan lancar tp karena kewalahan dan sakit akhirnya berhenti deh huhu.

    ReplyDelete
  8. Tunaiku bisa nih buat modal usahaku nanti, sudah lama sejak 2014 dan masih on sampai sekarang brarti terjamin keepercayaannnya ya mbak, coba nanti aku kepo2in hihihi

    ReplyDelete