Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kursus Digital Marketing

Kursus digital marketing saat ini makin diminati seiring diperlukannya ilmu ini di berbagai lini. Yup, ahli digital marketing makin dibutuhkan karena terjadinya perubahan sistem transaksi akibat pandemi yang menyerang bumi. Di mana kondisi ini menuntut pergeseran di semua aspek kehidupan, yang selama ini terbiasa dalam bentuk offline menjadi online atau digital.


ngobrol digital


Pandemi Mempercepat Transformasi Digital


Well, pandemi telah menjadi momentum bagi kita semua untuk melakukan percepatan transformasi digital. Dengan mengubah cara bekerja, beraktivitas, belajar, bersilaturahmi juga bertransaksi.

Imbasnya, banyak kegiatan yang selama ini dilakukan secara offline dengan kontak fisik jadi beralih ke format digital. Misalnya, anak-anak yang enggak lagi belajar dengan tatap muka tapi sekolah via WA dan aplikasi meeting lainnya. 

Pekerja pun sama, menjalani Work From Home (WFH) demi mengurangi penyebaran virus yang ada. Tak ketinggalan juga dunia usaha, mau enggak mau wajib mengikuti kondisi saat ini dan sesegera mungkin bertransformasi. Termasuk juga berbagai sektor strategis seperti pemerintahan, layanan publik, kesehatan, industri dan perdagangan.

Maka, tak heran sumber daya manusia (SDM) talenta digital sangat dibutuhkan. Bahkan menurut Presiden Jokowi, saat rapat terbatas di Istana Merdeka pada 3 Agustus 2020 lalu, disebutkan jika transformasi digital Indonesia membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih sembilan juta orang untuk 15 tahun ke depan atau kurang lebih 600 ribu per tahunnya!

Sebuah jumlah yang besar yang pastinya butuh upaya optimal untuk bisa membangun sebuah ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital. Juga merupakan peluang bagi siapa saja untuk serius menekuni bidang ini mengingat peluangnya yang menjanjikan!

5 Langkah Belajar Digital Marketing


Well, digital marketing merupakan sistem pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. 

Sistem ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran konvensional yang memasang iklan lewat baliho, digital marketing menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya. 

Nah, belajar digital marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya untuk pengusaha atau pekerja. 

Yes, semua bisa menjalankan digital marketing dengan beberapa langkah berikut:


1. Membuat Website Pribadi dengan Konsep dan Desain yang Tepat 

Agar bisa menjalankan digital marketing, punya website pribadi wajib hukumnya. Pasalnya, memiliki website sendiri membuat kita bisa lebih maksimal dalam mendesain, mengisi konten, juga mengiklankannya tanpa memikirkan banyaknya kompetitor kita di web yang sama.


2. Membuat Konten Website yang Sesuai dengan Target Market

Buat konten yang memiliki nilai marketing yakni bisa menarik atensi, terkait meningkatkan brand awareness juga mendapatkan penjualan dari konten marketing ini.


3. Membangun Media Sosial dan Optimasi 

Bangun media sosial untuk mendukung pemasaran dengan membuat akun: Instagram, Facebook, Linkedln, Twitter dan Youtube.  Pilih mana yang akan dioptimasi minimal 2 saja meski lebih bagus kalau semuanya.
 

4. Memaksimalkan SEO, SEM, juga Social Media Ads

Memaksimalkan content yang dioptimasi SEO untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung website yang bisa menjadi peluang sebagai calon customer. Juga perlu belajar bagaimana membuat content creative sehingga bisa memenuhi standar iklan di media sosial sehingga SEM(Search Engine Marketing) dan Social Media Ads bisa maksimal.


5. Belajar pada Ahlinya lalu Praktekkan Ilmumu!

Aktivitas digital marketing yang saat ini tengah booming enggak mudah untuk dipelajari sendiri oleh banyak kalangan. Alih-alih mau belajar biar pintar eh baru baca tutorialnya saja sudah ambyaar!! Hiks!

Maka, jika dirasa perlu, belajar saja pada ahlinya yang akan membantu. Caranya, ikut saja kursus digital marketing yang melayani program kursus SEO, SEM (Google Adwords, Facebook Ads, Youtube Ads dan lainnya), juga materi Content Writing, Web Design & Business Anaylist. 

Yes, kursus digital marketing adalah sebuah program yang ditangani oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Sehingga dapat dipastikan materi yang diberikan telah memenuhi standar dan berkualitas tinggi.

Jadi tunggu apalagi, yuk siapkan diri jadi talenta digital yang mumpuni agar produk atau jasa kita nanti bisa mendominasi search engine dan melesat dengan hebat!!💖


Salam Semangat

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

24 komentar untuk "Pentingnya Kursus Digital Marketing"

  1. Solusi menarik nih memang ditengah pademi kaya begini penting juga yaa ilmu atau pembelajaran tentang Marketing Digital ini..😊😊

    Walau harus perlu waktu untuk menguasai step2 yang telah dijelaskan diatas secara lengkap.😊😊

    Thanks info menariknya mbak.🙏

    BalasHapus
  2. Dengan mengikuti berbagai kursus yang ada juga bisa menambah pengetahuan yang kita miliki dari yang awalmya sedikit bisa menjadi lebih banyak dan lebih luas lagi.. Tidak ada salahnya disaat santai seperti ini dimasa pandemi, bisa mengikuti sharing sharing ilmu seperti itu..

    BalasHapus
  3. makasih sharingnya, memang sangat diperlukan di tengah era digital semuanya

    BalasHapus
  4. Benar sekali, Mbak Dian. Masa Pandemi memang harus hidup New normal dengan berbagai penyesuaian, dan lebih banyak serba digital. Misalnya dulu meeting memang harus berkumpul dan bertemu langsung, sekarang meeting secara virtual.
    Peluang juga harus kita sesuaikan ya, Mbak. Dan karena memang sekarang peluang dari digital lebih banyak, maka perlu menambah skil dan kemampuan lewat kursus online juga.

    BalasHapus
  5. Moms jaman sekarang harus bisa belajar kursus digital marketing untuk bisa mengituki perkembangan jaman dan pastinya mendapatkan ilmu baru terus dan relasi yang banyak

    BalasHapus
  6. Saat ini menguasai digital marketing memang sangat dibutuhkan. Karena di situ akan banyak peluang

    BalasHapus
  7. Iya ya mba bener banget.. Mba pernah ikutan yang mana? biayanya berapa? Berapa jam pelajaran? Pengin ikutan tapi masi cari yang pas hehe ^^

    BalasHapus
  8. Yang nomor 5 setuju banget ini Mbak Dian... belajar pada ahlinya dan jangan lupa mempraktekkan ilmu yang didapat ya. Jangan cuma hot ikut kelasnya abis itu dingin lagi, hihi.. Wah Ngobrol Digital ya, noted. Tfs Mba say...

    BalasHapus
  9. Saya pengen sekali bisa jadi pinter digital.
    Pengen ikut kursusnya.
    Tapi belom ada waktu.

    BalasHapus
  10. Belajar digital marketing ini penting banget ya mbak apalagi zaman sekarang yang sudah semuanya serba digital gini. Suka banget sih mengupgrade ilmu kan nggak ada batasan usia ya mbak, semangat lah

    BalasHapus
  11. iya nih, kalau memang serius main di digital marketing ya ayo pelajari ilmunya
    mempelajari ilmunya secara otodidak sih bisa aja ya, tapi lama
    kalau kursus kan lebih enak ya, segala ilmu sudah disiapkan, kita tinggal menikmatinya dan menerapkannya

    BalasHapus
  12. Jadi inget temen kuliahku dulu, setelah lulus kuliah dia ngambil kursus internet and digital marketing di saat yang lain sibuk ngelamar kerja sana sini. Sekarang penghasilannya dia udah berpuluh-puluh juta :D

    BalasHapus
  13. Materi digital Marketing memang sangat menarik dan secara ekonomi membawa cuan.
    Era digital seperti sekarang ini, kita diharuskan update diri apalagi bagi generasi Z kayak sekarang ya mba Dian

    BalasHapus
  14. Betul nih kak, jamannya sudah jauh beda. Serba digital semuanya. Btw, berapa kira-kira biaya kursus digital marketingnya kak?

    BalasHapus
  15. Saya juga jualan online nih mbak Dian, makasih banyak tips dan informasinya mengenai digital marketing. Sepertinya perlu banget ikutan kursus ini biar penjualannya bagus

    BalasHapus
  16. Bener banget mbak Dian, saya masih belajar menjadi blogger membutuhkan sekali pendalaman mengenai SEO dan lain-lain agar bisa lebih baik lagi

    BalasHapus
  17. Iya Mbak Dian, Digital Marketing beneran lagi booming, sering nemu kata itu, baca atau denger. Emang lagi eranya sih ya, skill yang diperlukan zaman ini. Poin 1-4 masih belajar biar bisa kayak mbak Dian :D

    Yang poin 5 termasuk peluang dan kemudahan dari masa ini yang serba online, para ahli dan yang mau belajar di mana saja, klop. Jangan lupa dipraktekkannya itu juga kudu dicateet banget, hehe.

    BalasHapus
  18. Betul banget yach. Apa-apa sekarang itu serba digital. Kalau yang gaptek, pasti ketinggalan banget. Maka dari itu harus selalu belajar dan belajar. Tak ada kata terlambat untuk belajar.

    BalasHapus
  19. Betul banget yach. Apa-apa sekarang itu serba digital. Kalau yang gaptek, pasti ketinggalan banget. Maka dari itu harus selalu belajar dan belajar. Tak ada kata terlambat untuk belajar.

    BalasHapus
  20. Nah ini mbak tantangan kita sekarang, era digital apalagai masa pandemi gini benar2 di butuhkan sekali, semua serba digital. Saya termasuk yang baru belajar juga tentang digital marketing ini untuk mengoptimalkan blog khususnya.

    Kalau medsos saya masih jauh sekali dari kategori aktif. Kalau jualan online masih tetep jalan karena saya sudah melakoninya selama hampir 8 tahun. Semangat untuk terus belajar ya mbak Dian, biar tidak ketinggalan zaman kita.

    BalasHapus
  21. Saya kemarin juga baru aja ikut training digital marketing di woman will ( google) habis ini mau cari kelas yang cocok dengan kebutuhan saya. Rasanya seneng banget bertebaran kelas menjadi lebih pintar, banyak yang gratis pula

    BalasHapus
  22. Jaman dulu belajar digital marketing kayaknya terbatas pada kalangan tertentu saja, kalau sekarang kayaknya semua profesi butuh. Sekelas bakul daster aja aku ngerasa butuh banget dan pengin membangun web khusus bisnis. Jaman emang udah berubah. Semua bergeser ke ranah digital.

    BalasHapus
  23. Terimakasih ilmunya..
    Poin poin penting dibatas sanagt bermanfaat semoga saya bisa menerapkannya

    BalasHapus