Yuk Dukung Program Sponsor Anak untuk Masa Depan Anak Indonesia di Wilayah yang Paling Membutuhkan!

Program Sponsor Anak adalah sebuah program yang jadi solusi mudah dan efektif untuk mendukung masa depan anak-anak Indonesia di berbagai wilayah yang paling membutuhkan. Kita bisa berkontribusi terhadap proyek pengembangan jangka panjang untuk membantu anak melalui program pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dan penguatan perekonomian keluarga dengan menjadi seorang sponsor anak.  

Caranya? 

Mudah saja! 

Dengan berdonasi sebesar Rp 200.000 per bulan yang akan disalurkan dalam bentuk program pengembangan di 4 sektor utama Wahana Visi Indonesia yaitu: kesehatan, pendidikan, perlindungan anak dan ekonomi.


Program Sponsor Anak

Tentang Wahana Visi Indonesia


Well, bagi yang belum mengenalnya, Wahana Visi Indonesia (WVI) merupakan yayasan kemanusiaan dengan pendekatan tanggap darurat, pengembangan masyarakat dan advokasi, yang bekerja untuk membawa perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Di mana WVI mendedikasikan diri untuk bekerja sama dengan masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis, dan gender mereka.

Wahana Visi Indonesia, hingga kini telah melayani 52 wilayah layanan di 14 provinsi di seluruh Nusantara dan berkomitmen untuk melanjutkan pendampingan terhadap lebih dari 85.000 anak lewat Program Sponsor Anak, melalui 4 program pengembangan, yakni:


1. Pendidikan

WVI percaya bahwa pendidikan adalah salah satu sarana utama untuk mengubah dunia. Itulah mengapa, akses anak terhadap pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu prioritas WVI dengan berfokus pada Pendidikan Dasar 9 tahun dengan 3 area besar: cakap membaca, cakap menulis, dan keterampilan hidup.


2. Perlindungan Anak

Selain itu, WVI juga berjuang untuk memenuhi 4 hak dasar anak, terutama di antaranya upaya menghentikan praktik kekerasan terhadap anak (verbal, fisik, maupun seksual) serta mempromosikan partisipasi anak dan hak anak lainnya. Yang mana Wahana Visi Indonesia memiliki fokus untuk melindungi hak anak, terutama dalam menurunkan tingkat kekerasan pada anak, baik secara fisik maupun seksual yang masih begitu banyak terjadi di Indonesia.


3. Kesehatan

Kemudian, di bidang kesehatan, WVI memiliki program yang terpadu untuk meningkatkan kesehatan anak dan keluarga, dengan menyediakan akses air bersih, rehabilitasi gizi, sanitasi yang baik, pelatihan kesehatan, dan masih banyak lagi. Ini mengingat anak adalah generasi penerus bangsa sehingga pertumbuhan dan kondisi kesehatan mereka menjadi faktor penentu perkembangan mereka di masa nanti.


4. Peningkatan Ekonomi Keluarga

Kemiskinan bisa mempengaruhi kehidupan seorang anak. Tingginya angka pekerja anak, malnutrisi, dan perdagangan anak dipicu oleh masalah kemiskinan. Oleh karenanya, WVI melalui program sponsor anak, mendampingi masyarakat untuk mencari terobosan dalam mengembangkan potensi daerahnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan anak, melalui pelatihan manajemen keuangan, menghubungkan dengan lembaga permodalan, dan membuka akses pasar.


Wahana Visi Indonesia

Tentang Sponsor Anak


Nah, dalam Program Sponsor Anak, WVI mengedepankan program pengembangan yang bersifat jangka panjang dengan menggunakan pendekatan pengembangan wilayah berkelanjutan atau Area Program (AP) melalui kantor operasional yang berada di wilayah dampingan WVI.

Etapiiii, cara penyaluran bantuannya bagaimana, ya? Apakah bantuan sponsor langsung diberikan kepada anak-anak tersebut?

Tentu saja tidak! Bantuan bulanan sejumlah Rp. 200.000 tidak diberikan langsung kepada anak dalam bentuk uang. Pemberian uang secara langsung kepada anak dan keluarganya akan mengakibatkan anak dan keluarga tersebut bergantung pada bantuan. Oleh karena itu, kontribusi dari kita dan para sponsor lainnya akan dikelola melalui suatu program jangka panjang di satu komunitas untuk memberikan perubahan dalam kehidupan anak, keluarga dan komunitas tersebut.

Lalu, berapa lama sponsor dapat mendukung program ini?

Well, sebagai mitra, WVI sangat berharap kita terus memberikan bantuan sesuai dengan ketulusan hati. Tapiiiii, ada beberapa kondisi yang tidak dapat dihindari yang menyebabkan hubungan sponsor dengan anak sponsor harus berakhir, antara lain: penutupan wilayah layanan, anak sudah lulus (batas usia 18 tahun atau lulus SMA) atau pindah bersama keluarga.

Oh ya, bagaimana Wahana Visi Indonesia bertanggung jawab terhadap donasi yang diberikan melalui Program Sponsor Anak ini?

Nah, akuntabilitas dan transparasi merupakan nilai dasar pelayanan WVI. Dan di Indonesia sendiri lebih dari 9.000 sponsor menyalurkan dukungan melalui Wahana Visi Indonesia untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Di mana WVI melakukan audit reguler oleh auditor internal ataupun eksternal. Tak hanya itu, sebagai pertanggungjawaban, WVI juga akan mengirimkan Laporan Tahunan kepada semua sponsor.


Program Sponsor Anak WVI

Bagaimana Cara Menjadi Sponsor Anak


Gimana, penasaran mau jadi sponsor anak juga?

Mudah kok caranya, yaitu:

  1. Temukan anak yang membutuhkan dukungan 
  2. Isi formulir
  3. Konfirmasi donasi
  4. Tunggu staf WVI akan menghubungi 

Kemudian, ketika kita sudah menjadi sponsor anak maka kita akan mendapatkan:


Awal Perjalanan

Mendapatkan Paket Selamat Datang berisi profil dan foto anak sponsor, panduan Program Sponsor dan informasi tentang wilayah dampingan. WVI akan menghubungi kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Kemudian anak sponsor akan mengirimkan Surat Perkenalan (dalam waktu 120 hari). WVI  akan memberikan tips dan arahan dalam berkorespondensi dengan anak sponsor dan kita akan mendapatkan akses ke MYSPONSORSHIP, sebuah portal resmi yang dibuat khusus bagi sponsor Wahana Visi Indonesia!


Selama Perjalanan

Kita akan menerima Laporan Tahunan Anak sehingga dapat mengetahui perkembangan dan pencapaian dari anak dan masyarakat yang kita dukung. Nantikan Surat Balasan Anak untuk setiap surat dan hadiah yang kita kirimkan kepada mereka. Kita juga dapat mengunjungi anak sponsor yang bisa menjadi pengalaman yang mengubah hidup kita! Selain itu kita akan tetap terhubung dengan sponsor anak dan kisah inspiratif lainnya melalui e-newsletter yang dikirimkan WVI di setiap bulannya.


Momen Spesial

Pada momen khusus, seperti ulang tahun, kenaikan kelas dan hari raya, WVI mendorong kita untuk mengirimkan surat dan kartu. (Ingat, anak-anak senang mendengar kabar dari sponsor mereka!) Kita juga dapat mengirimkan hadiah berupa barang dan uang bagi kebutuhan khusus yang diperlukan anak maupun masyarakat dimana anak tinggal, satu kali dalam setahun.


Program Sponsor Anak



See, dengan donasi yang kita berikan lewat Program Sponsor Anak Wahana Visi Indonesia tentu akan lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang akan  terbantu nanti.  

Dan dengan menjadi seorang sponsor anak, kita telah berkontribusi terhadap proyek pengembangan jangka panjang untuk membantu anak-anak Indonesia melalui program pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dan penguatan perekonomian keluarga demi masa depan mereka yang lebih baik di masa mendatang!

Jadi, yuk kita dukung Program Sponsor Anak untuk masa depan anak Indonesia di wilayah yang paling membutuhkan!💖



Wahana Visi Indonesia
FB: @wahanvisiindonesia | IG: @wahanavisi_id | Twitter: @WahanaVisi_ID | Youtube: WahanaVisi




Salam Semangat

signature-fonts

9 comments

  1. besar sekali pahala untuk orang yang membantu kegiatan sosial ini. Mudah mudahan saya ada rezeki untuk ikut program sponsor anak ini. Sehingga bisa membantu anak-anak ini diberbagai macam kondisi.

    ReplyDelete
  2. Bagus ini programnya. Jadi bantuan dari sponsor nggak langsung diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk program untuk pengembangan dan perubahan kehidupan si anak ya.

    ReplyDelete
  3. Semoga semakin banyak organisasi seperti Wahana Visi Indonesia ya?
    Karena pemerintah jelas ngga bisa bergerak sendirian
    Harus ada yang membantu
    Caranya juga mudah, mulai Rp 200.000 udah bisa membantu masa depan seorang anak

    ReplyDelete
  4. Aaaah senangnya ada program seperti ini. Sempat tinggal di Sorong. Ga lama, 3 bulan. Itu pun rasanya nyes banget wkt berkesempatan berkunjung ke area yg rada pelosok. Semoga makin besar dan merata kesempatan anak2 Indonesia untuk maju

    ReplyDelete
  5. Program bagus. Semoga banyak hati yg tergerak untuk bisa menyisihkan rezekinya sehingga bisa membantu anak anak Indonesia di seluruh penjuru Nusantara ya...

    ReplyDelete
  6. wahana visi ini memang juara kok mbak ,sudah banyak programnya yg berusaha membantu berbagai permasalahan sosial yg ada di indonesia ini, salut. semoga semakin sukses wahana visi

    ReplyDelete
  7. Semoga melalui penggalangan dana WVI ini, semakin banyak anak yang terbantu da mendapatkan hak nya sebagai anak-anak, pendidikan , kesehatan dan juga haknya bermain. Amiinn

    ReplyDelete
  8. Seneng banget liat semakin banyak program dan organisasi yang peduli akan masa depan anak-anak. Generasi yang akan mengisi kehidupan bangsa dan negara kedepannya.

    Semoga WVI mendapatkan banyak dukungan, terus bergerak maju dan merambah seluruh pelosok nusantara

    ReplyDelete