Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Guys, dirimu bisa menyetir mobil matic, enggak? Kalau bisa, sama kita! Saat ini saya malah sudah enggak terampil lagi mengemudikan mobil manual. Saking berapa tahun terakhir ini pakai mobil matic (automatic transmission/bertransmisi otomatis), jadi sudah kagok rasanya nyetir mobil bertransmisi manual.

Memang sekarang kebanyakan mobil di pasaran masih bertransmisi manual. Sebagian orang masih enggan memiliki mobil matic. Karena, katanya sih lebih boros bahan bakar, biaya perawatannya besar, juga harga jual rendah sementara harga belinya lebih mahal.

Padahal enggak juga, lho! Apalagi kalau kamu sudah merasakan sendiri kenyamanan mobil transmisi otomatis ini, bakal enggan balik ke manual! Percaya deh...hehehe

Tips Menyetir Mobil Matic

Pasalnya, di tengah situasi lalu lintas yang seringkali macet, dengan transmisi otomatis ini, pengemudi akan memperoleh kenyamanan. No ribet-ribet injak kopling dan memainkan tongkat persneling terlalu sering.

Enggak seperti transmisi manual, yang saat macet di jalanan, dipastikan kaki kiri bakal pegal. Sebab sebentar-sebentar mesti injak atau tekan pedal kopling. Lalu, harus sering-sering pindah gigi, seperti dari ”N” ke “1", padahal kalau pakai matic itu enggak perlu.

Pindah gigi pada mobil matic memang enggak repot, cukup geser tongkat persneling sesuai dengan posisinya. Untuk bergerak maju sedikit pada kondisi jalanan datar, dengan persneling di D, mobil matic akan berjalan pelan atau merayap dengan sendirinya. Kalau perlu agak cepat, baru pedal gas ditekan.

Mudah dan nyamaan!

Etapiiii, bukan juga berarti ngasal nyetirnya yaa...

Meski mengemudikan mobil matic bukanlah hal yang sulit karena hanya menginjak pedal gas dan rem saja, pengemudi pemula tentu akan mengalami proses adaptasi saat pertama kali mengendarainya.

Karenanya, bagi para pemula, perlu memahami dulu cara menyetir mobil matic yang benar agar aman dalam berkendara.

Lalu, Apa Saja Tips Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula?


Well, mengendarai mobil matic memang memiliki tantangan tersendiri. Karena ada perbedaan teknis pada mobil matic yang harus dipahami. Lantaran kemudahannya mobil matic kini makin digemari di kalangan masyarakat, khususnya di daerah perkotaan dengan tingkat lalu lintas yang padat.

Tapi, kemudahan ini enggak lantas membuat cara mengendarai mobil matic dapat sangat mudah dipelajari.

Nah, berikut beberapa tips cara menyetir mobil transmisi matic yang perlu diperhatikan terutama bagi pemula:

1. Pelajari Transmisi

Tuas transmisi, menjadi hal utama yang mesti dipelajari saat belajar mengemudi mobil matic. Pelajari dan perhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi dan hafalkan sampai benar-benar menguasai.

Pelajari fungsi setiap simbol huruf pada tuas transmisi, agar tidak terjadi kesalahan saat kamu mengendarai mobil bertransmisi otomatis yang dapat merusak mesin kendaraan atau membahayakan keselamatan.

Umumnya, tuas pada mobil matic terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, yakni P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Fungsinya:

  • P (Park): untuk mengunci transmisi sepenuhnya dan digunakan saat mobil diparkir
  • R (Reverse): untuk membuat mobil matic berjalan mundur
  • N (Netral): untuk membuat hubungan roda dengan mesin dalam keadaan bebas
  • D (Drive): untuk membuat mobil berjalan maju pada kondisi jalan yang normal
  • 2 (Second): untuk membuat posisi transmisi mobil matic berada pada maksimal gigi 2
  • L (Low): untuk membuat posisi transmisi mobil ada pada posisi gigi 1

2. Kenali Fitur Mobil

Cara mengemudi mobil matic yang benar selanjutnya yaitu dengan mengenali fitur mobil. Jadi tidak hanya posisi dan perpindahan tuas transmisi yang harus dipahami. Letak tombol lampu sein, klakson, tuas wiper dan lainnya juga perlu dihafal dan dimengerti bagaimana pengoperasiannya.

Misalnya, terdapat sebuah tombol kecil bertuliskan hold pada beberapa mobil matic yang jika ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D. Jika tombol dioperasikan ketika posisi tuas berada di 'D' akan mengunci di gigi 2 dan 3 dan mampu membantu menghemat bahan bakar.

Atau fitur eco indicator sebagai pemandu berkendara agar tetap hemat bahan bakar nantinya. Fitur ini akan menyala dengan warna hijau yang bertujuan untuk memberikan informasi apakah cara berkendara sudah efisien atau belum.

mobil bekas Toyota Auto2000 Digiroom

3. Tahapan Mengendarai Mobil Matic

Langkah pertama pastikan hand brake aktif dan tuas transmisi berada di posisi P. Beberapa mobil tidak bisa dinyalakan bila tuas tidak berada di P. Lanjut, nyalakan mesin dan wajib injak pedal dengan kaki kanan saat memindahkan tuas transmisi, kemudian lepas rem tangan.

Kemudian pindahkan ke posisi D. Akan ada sedikit hentakan dan begitu pedal rem dilepas, mobil sudah langsung meluncur jalan. Setelah mulai berjalan, proses selanjutnya sama saja dengan mobil manual. Injak pedal gas untuk menambah kecepatan, dan injak pedal rem untuk mengurangi kecepatan.

Oia, gunakan D (Drive) jika berkendara dengan kecepatan normal di dalam kota. Jika berhenti di lampu lalu lintas (sekitar 10 - 20 detik) atau saat jalanan macet, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi N (Neutral).

Juga, biasakan injak pedal rem dulu saat ingin pindah tuas transmisi ke posisi 'D', agar mobil enggak melaju sendiri. Kemudian di jalan tanjakan, sebaiknya tuas transmisi dipindah pada pilihan L atau 2.

Lalu, hindari menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan karena bisa merusak transmisi matic. Operasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian saat mengemudikan mobil matic.

Dan, penting banget buat diingat, bagi pengguna mobil matic pemula, untuk selalu membebaskan kaki kirinya. Kaki kiri jangan dipakai untuk menginjak rem yaaa. Sebab, feeling saat menginjak menggunakan kaki kiri yang mungkin sudah terbiasa dengan mobil manual, dipastikan beda dengan kaki kanan.

4. Tetap Fokus Saat Mengemudi

Mengemudikan mobil matic memang terkesan lebih gampang, apalagi di jalanan datar karena hanya injak pedal gas dan rem saja. Tapi jangan juga merasa layaknya main mobil mainan anak-anak ya, karena tanpa mau banyak belajar dan mengerti seputar transmisi otomatis, malapetaka bisa saja terjadi. Banyak kasus mobil matic yang dikemudikan oleh orang yang belum mahir, terlibat kecelakaan fatal. Duh!

Dengan kemudahannya, bukan berarti nyetirnya bisa sambil itu ini. Tetaplah fokus! Ingat saat mengendarai mobil, kamu tidak sendirian di jalan. Ada pengguna jalan lainnya, seperti pengendara bus, motor, truk, sepeda dan pejalan kaki.

Jangan juga karena matic mobilnya, nyetirnya sambil balas chat WA, update status IG, kepoin trending topic di Twitter, nge-blog, atau bahkan nge-game! Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut akan membahayakan orang lain.

Karena itu, tetaplah fokus saat mengemudi mobil matic ya Guys, dan jangan sambil main HP saat nyetir, yes!

5. Teruslah Berlatih

Setelah memahami tuas transmisi dan fitur mobil matic serta paham tahapan mengendarainya, kini dirimu dapat mulai berlatih mengendarai mobilnya. Lakukan latihan secara bertahap mulai dari lokasi yang sepi hingga ramai.

Selain itu, kamu bisa berlatih mengenali medan seperti tikungan, perempatan juga menyeberang jalan. Tetap bersabar, lanjut semangat dan terus berlatih sampai mahir mengendarai mobil matic. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin terasah kemampuanmu sehingga tambah mumpuni juga kamu mengemudi

Oia, jangan lupa juga latihan parkir yaaa. Banyak orang yang dapat mengendarai mobil tapi mengalami kesulitan saat parkir. Termasuk saya, yang kadang saat parkir di parkiran gedung di Jakarta - yang irit banget tempatnya, pilih balik kanan saja, batal parkir di sana hahaha.



Alah Bisa Karena Biasa, Teruslah Berlatih Sampai Ahli Nyetir Mobil Matic-nya!


Well, untuk bisa mengendarai mobil matic dengan baik, memang diperlukan pembiasaan diri terlebih dahulu. Untuk itu latihan rutin sangat perlu.

Nah, jika kamu sudah bisa lancar mengemudikannya, jangan lupa untuk selalu merawat mobil ke layanan bengkel terdekat ya! Pilih layanan servis mobil berkualitas, yang memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk seluruh suku cadang dan perangkat mobil kamu.

Seperti di Auto2000 yang menyediakan servis perawatan berkala maupun pekerjaan perbaikan umum yang berkaitan dengan mesin, sasis/rangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh model Toyota.

Apa? Mobil matic-nya belum ada?

Cuz kepoin Auto2000 Digiroom saja!

Yes, Auto2000 Digiroom itu transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Di sini, kita dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone!

Berkonsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 Digiroom memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000. Termasuk membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​

Lengkaaap!

Dengan adanya Auto2000 Digiroom itu serasa showroom Toyota berada di saku kita, termasuk untuk mewujudkan mimpimu memiliki mobil matic tadi melalui program Certified Used Car. Yang membuatmu dapat lebih mudah memiliki mobil bekas Toyota yang bersertifikasi resmi dan bergaransi.

Tapi ingat..ingat kalau sudah ada mobilnya, jangan lupakan tips menyetir mobil matic bagi pemula dan selalu utamakan keselamatan dalam berkendara ya! See Ya!💖



Happy Sharing

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

41 komentar untuk "Tips Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula"

  1. Mantap, sudah terbiasa menggunakan mobil matic. Menyenangkan bisa menuju perubahan menggunakan mobil matic

    BalasHapus
  2. Beralih ke sesuatu yang baru memang butuh adaptasi ya... termasuk dari manual ke matic awal-awal enggan udah nyoba mah malah ternyata lebih asyik..hehe...

    BalasHapus
  3. Tapi betul lho dibandingkan yang manual, saya malah lebih mengenal yang matic ini, gegara keponakan menggunakan mobil matic juga jadinya bisa mencoba, hehehe...

    BalasHapus
  4. aku sendiri belum bisa menyetir mobil :( kemarin belajar sih tapi masih yang manual belum pernah yang matic. tapi dari kata temen menyetir mobil matic emang lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu belajar nih..hehe emang sih lebih gampang matic daripada maual..fokus di rem ama gas aja..gampangannya gitu ya..Tapi tps dari kak dian ini emang cucok banget buat belajar matic

      Hapus
  5. anak2 saya nih milih mobil matic dibanding manual

    saya pernah belajar nyetir, tapi karena epilepsi, dilarang sana sini

    akhirnya cuma bisa duduk manis, atau pesen grab/gorider ^^

    BalasHapus
  6. Pengen nih mbak belanjar nyetir mobil, apalagi udah mulai anter anak sekolah. Tapi langkah pertamanya, pengen punya mobil maticnya dulu sih, hehe. Aamiin.
    Keren ya auto2000 makin dekat dengan customernya.

    BalasHapus
  7. Katanya KLO buat perempuan lebih mudah jika belajar mobil matic ya mbak?
    Memang ya, KLO mw bisa menyetir mobil matic ya harus rutin berlatih

    BalasHapus
  8. Matic emang paling gampang dan enak ya..Tapi tetap harus hati-hati karena gak sedikit yang kebabblasan karena kemudahan si matic ini. Pengen juga belajar yang matic..

    BalasHapus
  9. Nggak perduli mau mobil manual atau matic ya, Kak. Fokus tetaplah menjadi hal penting saat berkendara di jalanan. Karena keselamatan diri dan pengguna jalan lain tetaplah yang utama.

    Kalau kata sepupu-sepupuku, emang lebih mudah mengendarai mobil matic. Katanya kalau mau belajar nyetir mobil sebaiknya belajar yang manual dulu.

    Karena kalau udah bisa mengendarai mobil manual maka mengendarai mobil matic bukan hal yang sulit. Gitu katanya ya, kak. Benar nggak sih?

    BalasHapus
  10. Mengendarai Mobil Matic ini kayak naik mobil-bobilan kalau aku. Hahaha. Enggak ribet, enggak pegel. Mudah-mudahan akhir tahun nanti kalau tabungan kekumpul pengen nyari mobil matic eui

    BalasHapus
  11. Wah masyAllah makasih banyak ilmunya mba Dian. Suami aku tu kepikiran beli mobil. Suruh aku belajar mobil biar bisa antar jemput anak sekolah. Soalnya Erysha tahun ini mulai sekolah. Cuma aku takut mba dian belajar mobil. Aku baru liat bannya aja yang gede udah deg degan 😂. Aduh cocok ga ya aku yang mungil gini bawa mobil. Oh ya mba Dian ada ga sih kursus mobil tapi latihannya mobil matic gitu? Soalnya ga mau aku latihan mobil manual tapi pakenya mobil matic. Nanti aku belajar ulang

    BalasHapus
  12. Saya termasuk salah satu orang yang belum bisa mengendarai mobil loh Mbak, sampai kadang diledeki sama teman-teman saya. Tapi untuk mengendarai mobil dan motor memang yang terpenting adalah keberanian dan kepercayaan diri dulu, sementara saya belum punya itu. Jadi saya coba ngumpulkan nyali dulu, hihihiii.

    BalasHapus
  13. Apa aku sebaiknya belajar nyetir mobil matic aja yah?
    Sejak SMA aku tu udah belajar nyetir mobil manual, Mba.
    Tapiiii gagal mulu ihhh, tauk dah cemen banget aku
    Padahal, Sby kan ngga separah Jkt macet dan ruwet lalin-nya.
    Baca artikel mb Dian bikin aku jd pengin belajar nyetir dah ;)

    BalasHapus
  14. pernah denger ada yg beli mobil bekas tapi mesinnya udah dibongkar. nah, kalau mobil bekas ada sertifikasinya jadi lebih aman dalam transaksi ya mba. ga bakalan "membeli kucing dalam karung"

    BalasHapus
  15. Awal mula belajar nyetir pake mobil manual. Beberapa tahun kemudian alhamdulillah bisa beli mobil matic. Sejak itu bye bye manual... matic lebih hemat energi sih...

    BalasHapus
  16. Kalau biasa pake manual trs jadi matic kayak bom bom car gas rem gas rem doang mudah banget Dan bikin mager. Jakarta yg macet cocok ya pake matic tidak capekk pegel di kaki makk

    BalasHapus
  17. Wuah, saya baru tahu nih ada juga mobil matic dan kayaknya jauh lebih asyik dibandingkan manual. Berasa no ribet deh jadinya. Bisalah nih direncanain ya kan dalam pemilihan mobil ke depannya.

    BalasHapus
  18. Betul sekali, perlu dipelajari dan dipahami dengan seksama perihal mobil matic. Kalau saya sendiri lebih suka pakai manual, Kak. Bisa gerakin Kaki :D

    BalasHapus
  19. Menyetir mobil matic bagi pemula sepertinya (dan kabarnya sih) mudah banget hehehe. Kalau dulu kan masih serba manual ya, jadi berasa ada kesulitan, padahal mah kalau sudah terbiasa sama aja hihi. Urusan beli mobil matic kini di Auto2000 Digiroom udah makin praktis banget. Servis, suku cadang, aksesoris dan sebagainya kompliiiiiiit deh. Ceki2 website-nya ah :D

    BalasHapus
  20. Saya masih gunakan mobil manual saja mbak..lebih simpel dan kalau mogok bisa didorong ga perlu panggil tukang derek hahaha...tapi emang kalau untuk perempuan mobil matic lebih mudah ya penggunaannya.

    BalasHapus
  21. Saya belum pernah nyetir pakai mobil matic. Tetapi, memang nyetir termasuk yang harus rutin diasah, ya. Udah lama juga gak nyetir. Kayaknya yang manual pun bisa bikin saya agak kagok lagi :D

    BalasHapus
  22. Aku bisanya nyetir boom boom car aja. Pengen banget bisa nyetir mobil. Semoga bisa kesampean deh ngambil kursus dulu nih.

    BalasHapus
  23. Wah lengkap nih tips menyetir mobil matic bagi pemula
    Aku save ah, siapa tahu aku someday mauu belajar nyetir mobil matic
    Meski masih belum berani, hehe

    BalasHapus
  24. noted nih Mbak, semua tipsnya, saya emang tahun ini pengen banget bisa mengendarai sendiri, walau kendaraan di rumah manual sih, tapi kali aja nanti bisa menyetir mobil matic juga kali ya baru bisa pintar *eh hihih

    BalasHapus
  25. Aku emang merasa lebih nyaman pakai yang matic. NGgak ada capek capeknya deh kalau nyetir matic. Hehehe.. Tapi ya gitu, jadi kagok pastinya kalau menyetir manual. Harus sering dilatih juga nih belajar nyetirnya

    BalasHapus
  26. Aku pertama belajar mobil pake manual dulu kata papaku klo manual udh jago matic pasti lebih gampang dipelajari. Sekarang si udah kenal mobil matic pilih yv enak2 aja hahahha

    BalasHapus
  27. Aku juga mobil dan motor lebih menguasai manual sih mba, kalau motor juga terbilang baru bisa yang matic tapi masih kagok. Mobil sama sekali belum pernah nyobain yang matic

    BalasHapus
  28. Mobil matic emang lebih cocok dipakai perempuan ya, mbak? Karena relatif lebih gampang daripada yang manual. Wah kudu ngapalin simbol huruf tuas plus sering praktek, biar bisa lekas mahir menyetir mobil matic.

    BalasHapus
  29. Pengen belajar nyetir, tapi belum ada mobilnya akutu mbak haha. Bolehlah kepoin Auto2000 Digiroom buat cari mobilnya ya, walau mobil bekas tapi bersertifikasi resmi dan bergaransi. Jadi aman yaah.

    BalasHapus
  30. Duh mau banget deh ini bisa nyetir. Jangankan yang matic, yang manual aja aku gak bisa, Mbak. Huhu aku mah cemen orangnya. Penakut banget dengan kendaraan. Jadinya ke mana2 kudu pake sopir deh. Wkwkwkwk..

    BalasHapus
  31. Eh bener nih. Belajar mengendarai mobil matic jg harus perhatiin fitur2 lainnya biar ga salah2. Kelihatannya sepele tp bikin ribet jg ya mbak

    BalasHapus
  32. Memang lebih mudah menggunakan yang matic dibandingkan dengan yang manual ya, Mbak. Kalau pakai yang manual kadang suka lupa posisi gigi yang harus dipindahkan hihihi.
    Apalagi kalau pakai matic, bisa lebih santai kalau ada di jalanan yang macet, ya.

    BalasHapus
  33. Jadi teringat belajar menyetir mobil sendiri itu nggak mudah. Tapi, menyetir mobil matic, sepertinya lebih mudah

    BalasHapus
  34. Dulu aku belajarnya manual, belum pernah samsek mengendarai matic haha
    Kalau motor aku malah kagok naik matic, kalau mobil kyknya sih enak matic gk nginjek berat2 gasnya haha, Noted nih cara mengendarai mobil maticnya, kali suatu saat entah kapan punya kesempatan nyetir mobil matic :D

    BalasHapus
  35. saya nih mbak, udah belajar mobil dari yang manual sampai matic, masih aja enggak berani nyetir sendiri. Jadi sampai sekarang saya masih jadi penumpang aja heehe belum berani bawa mobil sendiri. Butuh latihan terus menerus memang ya mbak agar terbiasa

    BalasHapus
  36. Oalaahh ternyata gitu to fungsi masing2 huruf yang ada di persneling heheee ..baru tau nih
    Belum pernah sih soalnya mengendarai mobil matic.

    BalasHapus
  37. Katanya kalau menyetir itu bukan hanya teknik, tapi juga sense.
    Bener loo..kalau asal nyetir, bawaannya gak enak. Tapi kalau pakai sense, nah bisa smooth dan bikin penumpang nyaman.
    **ini testimoni driver anter-jemput anak, yakni aku.
    hihii...

    BalasHapus
  38. sama mba, aku juga saking kebiasaan matic wes beneran lupa pake yang manual hahaha emang enaknya itu matic ga capek juga ya..tapi harus hati2 juga ya mba

    BalasHapus
  39. Pengen banget bs nyetir mobil suatu hari.. Etapi mama pernah nyaranin aku buat belajar yg non matic dulu katanya. Tp pas baca ini positif mau belajar langsung matic

    BalasHapus
  40. Aku malah gak bisa nyetir mobil matic. Gak punya soalnya 🤣🤣🤣 padahal katanya lebih gampang ya dibanding manual

    BalasHapus