Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Hari Minggu yang diliputi perasaan haru! Begitulah yang saya rasakan kemarin, ketika menyaksikan kekhidmatan acara Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang dihelat secara hybrid, sebagian offline/hadir ke tempat acara dan sebagian lagi mengikuti secara online dari rumahnya. 

Ya, wisuda menjadi sebuah momen istimewa yang ditunggu setelah sekian waktu oleh seorang mahasiswa setelah berjuang menyelesaikan pendidikan tinggi di kampus yang dijadikan tempat belajarnya. 

Sebuah momen bahagia atas pencapaian setelah berhasil menuntaskan pendidikan, buah ikhtiar yang dijalankan beriringan dengan doa yang tak berkesudahan yang dipanjatkan oleh diri, kedua orangtua juga orang-orang tercinta.

Sehingga tak heran pada acara yang mewisuda total 297 wisudawan ini, nampak wajah-wajah lega berselimut bahagia. Tak hanya dari peserta wisuda tapi juga dari orang tua, para dosen pengajar juga hadirin yang mengikuti acara, termasuk saya. 

Apalagi, meski berlangsung offline dan online, selebrasi yang dihelat di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar Bandung ini tetap berjalan dengan meriah namun khidmat. Dan yang paling haru tuh saat ada momen ucapan terima kasih ke orang tua. Duh, ikutan mewek saya jadinya....

Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Lalu, Apa Saja Acara pada Wisuda XVI Program Sarjana (S1) STT Bandung Ini?


Sebagai ucapan selamat datang, ditampilkan tari Jaipong Makalangan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan menyanyikan Mars Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

"Kehadiran STT Bandung sebagai perguruan tinggi di bidang Teknologi dan Desain semakin mendapat sambutan positif dan antusias berbagi kalangan baik Nasional  maupun Internasional," demikian paparan dari Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. saat mengawali 'Laporan Ketua STT Bandung' pada acara wisuda.

Ini dibuktikan dengan adanya kerjasama antara STT Bandung dengan Institusi Pendidikan Tinggi di India pada tahun lalu dan bekerja sama dengan LITHAN Academy Singapore terkait program magang mahasiswa STT Bandung di Singapura pada tahun ini. 

Juga adanya kerjasama dengan JPY International untuk kesempatan magang mahasiswa STT Bandung di Jepang, serta kerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa dan alumni STT Bandung untuk bekerja di luar negeri.

Tentu program-program seperti ini membuat mahasiswa dan alumni makin percaya diri dan siap terjun ke dunia kerja sesuai dengan apa yang dicita-citakannya. 


STT Bandung

Oia, rata-rata masa tunggu alumni STT Bandung juga tak lama lho..

Mereka hanya memerlukan waktu maksimal 45 hari untuk memasuki dunia kerja maupun dunia wirausaha. Apalagi ditunjang dengan keberadaan Unit Career Development Center di kampus yang menangani bimbingan karir, informasi dan konsultasi seputarnya.

Enggak itu saja, sejak 2017, STT Bandung melalui Forum Human Capital Indonesia telah bekerja sama dengan 108 BUMN dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang telah dilaksanakan sebanyak 5 gelombang yang diikuti sekitar 200 mahasiswa. 

Juga, program magang hingga direkut jadi karyawan tetap di perusahaan lain yang membuktikan STT Bandung terus dipercaya sebagai pencetak SDM berkualitas baik secara hard competency maupun soft competency.

Tak heran, salah satunya juga ditunjang oleh kinerja mumpuni 170 orang Dosen yang 96% - nya sudah memenuhi ketentuan minimal pemerintah, berpendidikan Strata 2 dan Strata 3. 

Yang terbaru, tahun 2021 ini sekitar 10 Dosen Tetap sedang dan akan menempuh studi Doktoral baik di dalam maupun luar negeri.

Oia, terkait penelitian dan pengabdian masyarakat, Dosen STT Bandung juga meraih beberapa prestasi membanggakan, di antaranya:

  • 2 tahun berturut-turut 3 Dosen STT Bandung menerima Hibah Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi, senilai Rp 161.392.000 (tahun pertama) dan Rp 152.070.000 (tahun kedua)
  • 3 Dosen Program Studi Teknik Industri menerima Hibah Kedaireka senilai Rp. 198.693.000
  • 7 Dosen lolos jadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Kemendikbudrsitek
  • 8 Dosen lolos Program Digital Talent Scholarship dan Digital Leader Academy
  • Menggelar Program 1000 vaksin bagi Mahasiswa, Alumni dan Masyarakat Umum
  • Melakukan aneka kegiatan, seperti: Workshop pembuatan website, Diskusi/Webinar online
  • Salah satu Dosen, Bapak Muahammad Sabar meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu pada cabang atletik PEPARNAS 2021 di Papua

Wisuda VXI STT Bandung

Sementara, untuk Organisasi Mahasiswa ada 17 unit, dengan 523 kegiatan di sepanjang 2021 dengan beragam prestasi yang diraih seperti:

  • 2 Mahasiswa Teknik Informatika terpilih dalam Program Petani Milenial
  • 3 Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika meraih juara 1 Innovation Technology Competition yang diadakan Universitas Kristen Satya Wacana 
  • 1 Mahasiswa Teknik Informatika dinobatkan jadi Jajaka Kememeut Kabupaten Bandung 2021
  • 11 Mahasiswa lolos pada Program Bangkit Kemendikbud 2021 
  • 136 Mahasiswa terpilih dalam Program magang dan Studi Indepedensi Bersertifikat (MSIB) DIKTI Kemendikbudristek

Nah, dengan terus tumbuh dan berkembangnya STT Bandung, dan atas niatan untuk memajukan institusi ini, pihak pengelola telah mengusulkan permohonan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menjadi Universitas. Apalagi kini fasilitas sudah bertambah dengan adanya gedung baru di sebelah kampus. 

Semoga harapannya segera terwujud ya...Aamiin!

STT Bandung

Tentang Wisudawan pada Wisuda XVI Program Sarjana (S1) STT Bandung


Nah, Alhamdulillah kali ini STT Bandung berhaisl mewisuda 297 orang mahasiswa yang terdiri dari Program Studi:

  • Teknik Industri 134 orang
  • Teknik Informatika 100 orang
  • Desain Komunikasi Visual 63 orang 

FYI, mereka berhasil menempuh kuliah dengan rata-rata waktu 4 tahun, sehingga sampai wisuda keenambelas ini, alumni STT Bandung berjumlah 2.200 orang. 

Sementara terkait prestasinya:

Wisudawan Terbaik pada Wisuda VXI STT Bandung diraih oleh:

  • Teknik Industri: Yuniar Dita Anggraeni, S.T.
  • Teknik Informatika: Kevin Christianto, S.Kom.
  • DKV: Annisa Mawardini, S.Ds.

Sedangkan untuk skripsi terbaik pada Wisuda Angkatan XVI diraih oleh:

  • Teknik Industri: Regita Ernawati, S.T., Sandi Riyanto, S.T., Egi Septian Yuli Prasetyo, S.T.
  • Teknik Informatika: Marha Shabilla Gumilang, S.Kom, Syahidan Arrizaldy Sidik, S.Kom, Ihsan Nurhakim Asiz, S.kom
  • DKV: Andini Yudhistyaningrum, S.Ds, Gusty Wijaya, S.Ds, Septian Riyadus Solihi, S.Ds

Sementara, Penghargaan Pemenang Innovation Challenge Day 2021:

  • SKUT Bandung
  • VABUS BOT APPS
  • LAUNDRYKU

Dan Juara Favorit  Innovation Challenge Day 2021 jatuh pada: Albi Mudakar Nasyah, Rudianto, Reza Herdiansyah, Firlie Muhamad Ghifar, dan Muhammad Dila yang mengusung judul Aidertech.


STT Bandung wisuda VXI


Kemudian, pada kesempatan ini juga hadir Pembina Yayasan LPPI Bandung, Prof. Dr. I Made Bandem, MA dalam sambutannya menyebutkan, "Hikmah dibalik pandemi COVID-19 ini adalah kebersamaan, fleksibilitas, kreativitas di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini banyak terbukti bahwa “Technology Does Save The World”.

"Lulusan Teknologi Informasi dan Komunikasi terbiasa dengan produktivitas dan multitasking. Serta lapangan pekerjaan dan usaha yang berkaitan dengan teknologi akan terus berkembang. Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi pilar penting di masa yang akan datang," tegasnya.

Sementara, Perwakilan LLDIKTI Wilayah IV, M. Ikrar Budi Jaya , S. Sos., M.Si, mendukung sepenuhnya status Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang ingin diubah menjadi Universitas. 

Disampaikannya, wisudawan harus mampu bertekad menjadi pribadi yang cerdas, terampil dan berkarakter, sehingga berorientasi pada Long Life Education. 

Pembelajaran adalah sebuah peristiwa mental atau proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon. Belajar menjadi dorongan mental yang harus diniatkan untuk membantu sesama.” pungkasnya.

Oia, acara wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung pun dilengkapi dengan penandatangan MUO dengan perwakilan dari PT. Len Industri dan Perwakilan PT. Jamkrindo. Lalu ada sambutan dari perwakilan wisudawan, Rani Sumarni (mahasiswa magang di PT. Jamkrindo) dan janji wisudawan yang dipimpin oleh Dewanta Aryaputra Rurut. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa dipimpin Drs. Muslim Arief, M.Pd.I.

Di akhir acara, ada momen para wisudawan memberikan apresiasi pada orang tua yang telah  memberikan yang terbaik untuk keberhasilan untuk putra-putrinya. Terharu membayangkan beberapa tahun lagi saya berada di posisi yang sama...Wah!

Akhirnya mengutip kata penutup pada sambutan Pak Naseer,

"Hari ini merupakan hari yang berbahagia untuk kita semua karena merupakan acara yang dinanti-nanti oleh para wisudawan dan keluarganya. Pandemi memang sangat mengganggu, namun mahasiswa STT Bandung terbukti tangguh dan adaptif terhadap perubahan sehingga mampu selesai dalam kondisi saat ini. 

"Kami sangat bangga dan salut  atas segala usaha yang telah dilakukan, setelah acara selesai kami akan menyebut saudara bukan mahasiswa lagi, tapi kami akan menyebut saudara dengan sebutan alumni.

"Wisuda bukanlah sebuah akhir. Wisuda adalah momentum dimulainya cerita baru, pengalaman baru dan perlu dijadikan sebagai pendorong serta motivasi untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran yang tiada henti (long life learning). 

"Teruslah berjuang dimana saja, kapan saja dengan siapa saja sehingga alumni STT Bandung menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti belajar, tidak pernah berhenti bekarya, berfikir, berinovasi dan tidak pernah berhenti berimprovisasi sehingga dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, lingkungan maupun bagi masyarakat yang membutuhkan"

Selamat untuk para wisudawan Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Semoga ilmu yang didapatkan berkah, dan sukses menyertai di setiap langkah!💖



Salam Semangat
 
wisuda stt bandung 2021
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

12 komentar untuk " Wisuda XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung"

  1. Keren ya sejak tahun 2017 STT sudah bekerja sama dengan 108 BUMN dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang telah dilaksanakan sebanyak 5 gelombang yang diikuti sekitar 200 mahasiswa. Semoga makin sukses ke depannya.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung hanya butuh waktu maksimal 45 hari untuk diserap oleh lapangan kerja. Mereka mudah masuk ke dunia kerja karena memang sekolah tinggi teknologi Bandung mencetak lulusan yang berkualitas.

    BalasHapus
  3. Waaah menarik ini.. berapa ya biayanya kalau mau sekolah di sana? apakah ada beasiswa juga?

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Semoga semua yang dipelajari selama di kampus, bisa menjadi bekal yang bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
  5. Kampus yang bersinergi dengan kampus luar itu sangat bagus untuk tranfer ilmu, sebab sekarang eranya borderless. Keren STT Bandung yang bisa berkoneksi dengan Institusi Pendidikan Tinggi di India dan Singapura.

    BalasHapus
  6. Wah enak ya kalau lulus nggak pusing2 nyari lapangan kerja. Karena STT sudah banyak bekerjasama. Mantap

    BalasHapus
  7. Wah ini jadi the next PT recomended untuk temen2 yang pengin lanjutin sekolah yang langsung berorientasi sama praktik yah

    BalasHapus
  8. STT Bandung ni, STT telkom dulunya kah mba Dian?
    Yang di Dayeuh Kolot..
    Kalau bukan, alamat kampusnya dimanakah?

    BalasHapus
  9. Betul sekali mba Dian.
    Wisuda itu bukanlah akhir dari sebuah pembelajaran. Justru wisuda adalah awal dari memulai apa-apa saja belajar yang kita dapatkan di sekolah tinggi.

    BalasHapus
  10. Nambah lg nih referensi kampus yang recommended, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ya. Pasti terharu deh kl ikutan acara wisuda kampus, berasa perjuangan yang dialami selama kuliah terbayarkan ya, huhu

    BalasHapus
  11. Kalo berubah status jadi universitas berarti ada tambahan fakultas atau program studi di luar teknik ya Mba?

    Anyway, jurusan di STT Bandung ini jurusan manis yang dicari dunia kerja saat ini ya. Top markotop

    BalasHapus
  12. STT ini udah legend sih menurut sya karena udah terkenal dari berpuluh tahun lamanya. Kalau ga salah saudara saya ada yg kuliah di situ cuma sudah lulus.

    BalasHapus