Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Beli Rumah Lelang? Begini Tipsnya

Temaaan, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan hunian dengan harga yang lebih murah. Salah satunya adalah dengan mengikuti lelang rumah

Nah, rumah lelang ini biasanya disediakan oleh bank dan bisa dibeli oleh siapa saja, termasuk kamu yang saat ini sedang mencari rumah dengan dana terbatas. 

Ya, membeli rumah lelang kini memang menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan hunian impian dengan mudah. Di mana rumah yang dilelang tentunya memiliki latar belakang dan penyebab yang berbeda-beda. 

Well, rumah lelang biasanya memang bisa dibeli dengan harga murah, tetapi kamu juga perlu tahu tipsnya agar tidak kecewa ketika membelinya. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan bila ingin membeli rumah lelang.

lelang-rumah-jakarta-barat.jpg


Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya

Dalam mengikuti lelang rumah Jakarta Barat, misalnya, kamu perlu mencari informasi secara detail. Informasi seputar lelang bisa kamu dapatkan salah satunya di laman Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan alamat balailelangstar.com. 

Cari rumah yang memiliki keterangan dalam pengawasan bank dan lihat, bank apa yang melakukan penyitaan. Di website tersebut juga tersedia informasi mengenai jadwal lelang dan harga yang penawaran lengkap dengan uang jaminan yang diwajibkan. 

Oia, selain dari DJKN, kamu juga bisa mengetahui informasi lelang di berbagai website bank yaa...


Memilih Rumah Lelang

Pada saat mencari informasi terkait rumah yang dilelang pada website, kamu akan melihat juga limit harga rumah, kode lelang rumah, kelengkapan dokumen, dan penanggung jawab pelelangan rumah. 

Nah, di sini kamu perlu kecermatan dan ketelitian juga, jangan tergiur harga yang murah karena tidak semua rumah yang dilelang memiliki dokumen yang lengkap. Pasalnya, rumah yang harganya jauh dari standar yang ada, seringnya memiliki beberapa kekurangan.


Menyiapkan Uang

Perlu kalian ketahui, jika memilih membeli lelang rumah maka transaksi yang dilakukan adalah tunai. Maka dari itu, siapkan segera uang pembayaran untuk rumah bila kamu berhasil mendapatkannya. 

Juga, di dalam proses lelang, nantinya kamu akan diharuskan untuk menyiapkan uang jaminan lelang yang telah disyaratkan oleh penjual. Uang jaminan ini besarannya sekitar 20-25% dari total harga rumah dan dibayarkan pada saat proses pelelangan. 

Jika dinyatakan tidak memenangkan lelang, maka uang jaminan ini akan dikembalikan lagi. Sebaliknya, jika dinyatakan menang maka kamu akan diminta untuk membayar jumlah uang sisanya. 

Oia, selain menyiapkan uang untuk membayar rumah, kamu juga harus menyiapkan uang untuk biaya-biaya yang lain ya....


Mengecek Kondisi Rumah

Jika kamu belum yakin dengan kondisi rumah, ada baiknya cek secara langsung kondisi rumah dengan mendatanginya. Langkah ini dilakukan sebelum kamu ikut proses lelang. Periksa dengan teliti kondisi rumah yang dilelang tersebut, periksa juga kelengkapan surat dan dokumennya, jangan sampai kecewa di akhir nanti. 

Walaupun pihak bank telah memeriksanya secara detail, tidak ada salahnya jika kamu ingin menginvestigasinya sendiri.


Kunjungi Bank Terkait

Apabila kamu sudah menemukan rumah yang cocok sesuai dengan kriteria yang diinginkan, bisa langsung datang ke bank terkait, tempat debitur melakukan pinjaman. 

Datanglah ke bagian customer service untuk meminta penjelasan lebih lanjut tentang informasi lelang rumah yang diinginkan. Jika rumah memang berada dalam status bisa langsung dibeli, maka proses pembelian bisa langsung dilakukan di bank saat itu juga.


Mengurus Syarat Pembelian Rumah Lelang

Nah, setelah kamu memenangkan lelang rumah Jakarta Barat, maka selanjutnya adalah mengurus berbagai syarat pembeliannya. Setelah melunasi biaya rumah, maka kamu akan mendapatkan risalah lelang yang diberikan oleh KPNKL. 

Risalah lelang digunakan untuk menukar dokumen dari rumah yang dilelang oleh bank. Kamu juga akan mendapatkan dokumen-dokumen penting terkait rumah dari pihak bank. Kemudian, bawa dokumen-dokumen tersebut ke Badan Pertanahan Nasional untuk proses balik nama.

Nah, itu dia cara beli lelang rumah dengan aman dan nyaman. Gimana, apakah kamu tertarik membeli rumah lelang?💚


Happy Sharing

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

10 komentar untuk "Ingin Beli Rumah Lelang? Begini Tipsnya"

  1. Wah iya, pas banget aku baca ini
    Adikku lagi mencoba mencari rumah lelang nih mbak
    Kemarin sih sudah lihat lihat di bank
    Aku akan share tips membeli rumah lelang ini ke dia ah
    Makasih ya mbak

    BalasHapus
  2. Beberapa waktu yang lalu saya sempat tertarik untuk beli rumah lelang apalagi harganya dibawah pasaran. Ternyata benar kata kakak ya kita harus jeli. Karena dokumennya tidak lengkap pantes saja murah ya

    BalasHapus
  3. Tempo hari baca pengalaman orang yang seriing beli rumah lelang. Beliau sudah pengalaman sih, jadi lebih ke cerita unik seputar pembelian rumah lelang. Salah satu ceritanya adalah beli rumah lelang yang dalam kondisi berantakan. Banyak barang2 yang masih tertinggal di rumah itu. Singkat cerita, dia kemudian tahu cerita di balik penjualan rumah lelang itu. Dulunya, rumah itu milik seorang pensiunan yang maju pilkada di sebuah kabupaten di Jabar. Namun, beliau ditipu salah seorang tim suksesnya, juga kalah di pilkada. Gagal menang plus bangkrut dan ditagih utang oleh banyak orang. Sebab itu, dia buru-buru meninggalkan rumahnya dan kemudian pindah ke sebuah kontrakan sempit. Sedih baca ceritanya...

    BalasHapus
  4. Wah aku jd ada sudut pandang baru tentang hunian (maklum lagi otw untuk cari-cari rumah juga nih mba Dian hihi) Dan kalau rumah lelang itu harus dipastikan semua-muanya dengan jelas ya, apabila ada yg kurang dari dokumennnya bisa jadi bermasalah d kemudian hari atau jd remponggg

    BalasHapus
  5. Makasih mbaa dian sharingnya, berarti harus sedia uang cash ya. Aku kira bisa ikut lelang dan pembiayaan alias KPR ke bank.

    Informasi tentang rumah lelang ini tidak banyak di ketahui.

    BalasHapus
  6. aku pernah dengar nih mak, tentang jual beli rumah lelang tapi masih bingung gimana caranya. karena selama ini biasanya lihat teman dan keluarga kalau beli rumah antara rumah baru dan rumah second. Ternyata aman juga beli rumah lelang ya mak, yang penting kitanya yang harus cermat ya.

    BalasHapus
  7. Nah ini dia harus benar-benar detail dokumennua ya beli rumah lelang dan harus tahu tahapannya.

    BalasHapus
  8. Catet! Aku belum kepikiran buat beli rumah lelang. Jatuhnya memang lebih murah ya. Yang penting siapin duit dulu. Siapa tahu rumahnya cocok di kita. Jadi bisa langsung bayar

    BalasHapus
  9. Jadi ingat dulu temen dapat rumah lelang juga dan masih bagus. Memang bener ya harus cari informasi dulu itu penting dan periksa kondisinya, supaya aman.

    BalasHapus
  10. dulu ada teman kantor yang pernah beli rumah lelang. kayaknya seru ya ikutan lelang begini soalnya main tinggi-tinggian harga. kalau beruntung kayaknya bisa dapat rumah yang oke dari lelang rumah begini

    BalasHapus