Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia!

Buibuuu...siapa yang putra-putrinya kini mengikuti bimbingan belajar (bimbel) online seperti anak saya? Cung! 

Gimana? Anak-anak happy mengikutinya? Apakah Ibunya juga jadi lebih tenang dan jarang mengaum lagi kayak singa? Eh..

Memang solusi ya bimbel online ini, apalagi di saat pandemi yang membuat semua-semua dibatasi. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum berjalan sepenuhnya, sehingga anak-anak kurang mendapatkan materi pelajaran sesuai waktunya. Sementara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ya gitu deh, durasinya enggak lama dan anak-anak banyak distraksinya, sehingga enggak maksimal proses belajarnya.

Memang sih saya bukan tipe orangtua yang mematok nilai akademis tertentu pada anak. Tapi jika apa yang dipelajari segitu-gitu, sungguh sia-sialah waktu. Sementara, mau ngajar anak sendiri semua materi, bukanlah kapabilitas saya. Yang ada, saya jengkel sama anak karena dijelaskan enggak ngerti-ngerti, dan teriaaak sendiri! Hihihi

Nah, ikut bimbel adalah solusinya, meski yang metode bimbelnya konvensional masih khawatir juga.

Karenanya, saya memilih mengikutkan anak-anak bimbel yang sifatnya fleksibel, sehingga mereka bisa memilih waktu dan tempat belajar yang menurutnya paling nyaman, di mana dan kapan saja! 

Ini Dia Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia!

Keunggulan Bimbel Online


Well, bimbingan belajar merupakan kegiatan pembelajaran informal yang bertujuan untuk membantu kesulitan yang dihadapi anak atau pembelajaran tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

Dengan ikut bimbel, anak akan tambah wawasan. Seperti metode atau cara menyelesaikan soal yang berbeda dengan yang diberikan guru di sekolah. Membuat belajar anak jadi lebih variatif, bisa mengasah keaktifan, memudahkan menerima pelajaran juga terbantu menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

Nah, bimbel online sendiri berbeda dengan bimbel offline. Beberapa keunggulan dimiliki bimbel online di antaranya:

1. Fleksibel

Bimbel online kekinian hadir dalam versi aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan gadget. Sehingga anak-anak bisa belajar dengan fleksibel, di mana saja dan kapan saja di tempat yang paling nyaman dan mengatur waktu yang tepat untuk belajar. Membuat anak tidak merasa kelelahan dan tertekan saat mulai membaca materi pelajaran.

2. Hemat

Bimbel online menawarkan materi pelajaran dalam paket-paket tertentu yang bisa dibeli dengan sekali bayar. Enggak ada lagi biaya tambahan, seperti transportasi ke tempat bimbel dan alat tulis untuk mencatat materi yang diberikan, juga uang jajan!

3. Lengkap 

Materi pelajaran tersedia lengkap, mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA, bahkan SMK. Juga biasanya dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang semakin memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Oia, tak hanya materi pelajaran, setelah selesai belajar, anak-anak juga akan mendapatkan soal latihan, bahkan soal try out untuk UNBK dan SBMPTN secara gratis.

4. Menyenangkan

Setelah di-download, anak bisa membaca materi pelajaran itu berulang kali, di mana pun dan kapan pun. Ini memudahkan anak dan bisa mulai membiasakan diri untuk belajar sendiri dan mandiri. Juga di aplikasi bimbel online ini, anak Anda akan mendapatkan video animasi dan infografis sehingga belajar bisa lebih menyenangkan. Dengan tampilan visual, anak akan lebih mudah mengingat materi pelajaran.

5. Kontrol Orangtua

Saat anak di sekolah atau mengikuti bimbel konvensional, orangtua tidak bisa mengawasi kegiatan belajar mereka juga tidak mengetahui sejauh apa perkembangan kemampuan anaknya. Pada bimbel online orangtua bisa memantau: durasi belajar anak, jumlah video yang sudah mereka tonton, latihan soal yang telah dikerjakan, dan rekomendasi materi pelajaran untuk meningkatkan kemampuan.

Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia!

Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia


See, bimbel online banyak keunggulannya ya? Apalagi ada beberapa pilihan aplikasi bimbel online terbaik di Indonesia! Apa saja?

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. 

Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

2. Ruangguru

Enggak perlu khawatir jika anak ketinggalan materi pelajaran di sekolah atau belum paham materinya. Belajar di aplikasi bimbel online Ruangguru bisa jadi solusi. Di aplikasi belajar online ini anak akan lebih siap dalam menghadapi PTS, PAS, UTBK, hingga Ujian Mandiri. 

Diajar oleh Master Teacher dan dukungan fitur berbasis teknologi yang canggih, siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar online lebih seru. Aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru punya beragam fitur dan produk unggulan sesuai dengan kebutuhan belajar, dan menyediakan materi dalam bentuk video, kuis, dan infografis sehingga lebih mudah dipahami. 

Ruangguru menyajikan materi pelajaran dalam bentuk yang berbeda, dengan bantuan tampilan visual, anak pun bisa lebih mudah mengingat materi. Video berkualitas dapat menjadi pengganti guru di rumah hingga bikin belajar lebih betah. Untuk mencoba, download di sini deh aplikasinya!

3. Zenius

Belajar di aplikasi bimbel online yang bisa bantu fokus persiapan ujian mandiri (SIMAK UI, UM UGM, dll). Juga persiapan PTS dan PAT bareng tutor-tutor terbaik di bidangnya. Atau mau nonton video pelajaran yang dikemas dalam bentuk animasi? Semua ada di Zenius, yang juga menyediakan fitur menarik dalam proses belajar, seperti bank soal, ujian berbasis komputer, analisis dan rekapitulasi, video dan latihan soal, hingga ada laporan belajarnya dari setiap siswa.


Nah, beberapa pilihan aplikasi bimbel online tadi bisa dipilih untuk mendapatkan ilmu tambahan selain dari sekolah. Ada berbagai fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh masing-masing bimbingan belajar online tersebut. 

Dengan mengikuti bimbel online, membuat siswa bisa mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar yang menyenangkan, kapan saja dan dimana saja. Kesulitan memahami materi dan mengerjakan PR saat belajar di rumah pun, dapat diatasi hanya dengan bermodal gadget serta kuota internet!💙


Salam Semangat

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "Ini Dia Daftar Aplikasi Bimbel Online Terbaik di Indonesia!"

  1. Semakin lama semakin banyak ya aplikasi buat bimbel online, anak atau orang tua tinggal pilih sesuai kebutuhan dan budget

    BalasHapus
  2. Inget dulu pas kuliah pernah ngelesin anak-anak SD sambil nunggu interview haha.
    Jaman now mah bener banget, belajar sekarang semakin mudah dan fleksibel. Mau belajar apapun sekarang tinggal pilih dan klik saja.

    BalasHapus
  3. Anakku juga kelas 9 SMP, dan prefer ikutan BimBel online gini mba
    lebih efektif dan efisien.
    pilihan brand bimbel online-nya juga banyaaakkk, yang jelas makin gampil utk memilih ya.

    BalasHapus
  4. dunia digital memudahkan ya, dulu belum ada jadi yang menjamur adalah lembaga les, sy termasuk murid dan pernah mengajar di salah satu lembaga, semuanya tentu mempunyai sisi menariknya ya

    BalasHapus
  5. Zaman sekarang belajar via online memang sangat memudahkan ya Mbak. Hampir semua kegiatannya bisa difasilitasi oleh penyedia jasa, mulai dari materi, tanya jawab, soal-soal latihan..semua ada.. Kebetulan dulu pernah coba cek2 sedikit tentang ruangguru, menarik juga ternyata ya. Referensi untuk nanti nih ketika anak-anak sudah mulai perlu tambahan..

    BalasHapus
  6. Sistem belajar yang menyenangkan dan bikin anak nyaman itu yang membuat orang tua banyak memilih memberikan kesempatan kepada anak untuk ikut bimbingan belajar. Secara belajar di rumah saja, atau di sekolah saja, anak susah untuk berkembang dan kadang diakui anak memang jenuh

    BalasHapus
  7. Benar-benar fleksibel tapi belajar secara langsung tetap yang terbaik

    BalasHapus
  8. Wah iyaa aku juga udah cobain Zenius dlu buat balapan pushrank bareng adek wwwkkw, keren sih ini emangg, jadi trpacu untuk terus belajar apalagi pertanyaannya untuk asah otak banget

    BalasHapus
  9. Dulu di zamanku trennya masih offline. Setelah ada ruang guru dan aku iseng pernah coba ternyata lebih enak pakai itu. Coba dulu zamanku ada yang online seperti ruang guru, jadinya lebih fleksibel hihi

    BalasHapus
  10. Bimbel online makin diminati ya mbak dengan kemudahan yang ditawarkan. Aku produk bimbel offline, agak lelah sih jika waktu pulang sekolah dengan jadwal bimbel mepet nggak bisa istirahat gitu. Tapi, seneng karena ketemu teman-teman, hehe

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang baru nyoba Ruangguru aja sebentar, Mbak. Tapi anaknya lebih suka bimbel offline. Tapi mungkin kalau sudah SMA bakal coba bimbel online lagi nih. Bakal coba salah satu dari ketiga daftarnya Mbak Dian.

    BalasHapus
  12. Makin lama segalanya yang tidak mungkin didigitalkan jadi digital, ya
    Jadi ingat zaman sekolah mau bimbel aja perjuangan karena lumayan jauh dr rumah

    BalasHapus
  13. sekarang aplikasi buat belajar sudah banyak banget ya, jadi kalau kepo tentang sesuatu bisa langsung dicari dan dipelajari, semakin mudah untuk belajar dan tingkatkan skill

    BalasHapus
  14. Bimbel online emang jadi solusi saat ini ya mbak
    Apalagi banyak juga aplikasi bimbel online yang bisa dipilih

    BalasHapus
  15. Bimbel online memang sangat bermanfaat, apalagi di era pandemi ini, kebetulan saya juga pake jasa bimbel online untuk anak saya, saya pake jasa Cerah untuk bimbel bahasa inggris. Kalo ketiga yg di atas blm pernah coba, mungkin next bisa dicoba juga. Thankyou for sharing mba.

    BalasHapus
  16. Pembelajaran di masa pandemi ini rasanya memang tidak maksimal mba. Selama 2 tahun sekolah online, baru akhir2 ini aja kan ada pertemuan tatap muka, itu pun kurang banget untuk pemberian materinya. Memang harus ditambah dengan bimbingan belajar seperti ini.

    BalasHapus
  17. Sekarang mau belajar apapun semakin dimudahkan dengan perkembangan teknologi ya mba, bimbel aja sudah ada yang online. Dulu zaman kita kalau mau bimbel harus ke luar kota dulu bagi yang tinggal di daerah hihihi. Good sharing, Mba.

    BalasHapus
  18. belum ngerasain nih saya masa-masa mengaum seperti singa karena ngajarin anak 😄 semoga makin banyak bimbel online yg memudahkan mak emak yaa

    BalasHapus
  19. Cuung, yang anak bimbel waktu sekolah.. hihihi.
    Sekarang mah udah gampang banget yaa ikut bimbel bs dari rumah aja, jadi hemat ongkos dan efisien waktu.

    BalasHapus