Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon

Sahabat saya, seorang ibu tunggal, akhirnya bisa saya ajak ngopi di tengah kesibukannya sebagai pelaku UMKM sembari mengasuh sendiri ketiga putra-putri. Entah mengapa reunian setelah bertahun lamanya kami tak berjumpa, sungguh membekas di hati saya. 

Mendengar cerita bagaimana ketika awal pandemi ia dirumahkan, sementara ada 3 bocah di rumah yang butuh makan, sungguh bikin nyesek hati saya. Betapa di luar sana begitu banyak yang terdampak akibat virus yang bikin hampir seluruh dunia nyaris tak berdaya. 

Sama halnya dengan sahabat yang dulu jadi tempat curhat saat kami satu kos di Bali. Demi mengais rezeki, ia pun berjualan aneka kuliner bikinan sendiri dan jadi reseller beberapa produk lainnya.

Alhamdulillah, akhirnya dari rumah ia masih bisa mendapatkan rupiah! Karena kegigihannya dengan memanfaatkan kanal digital sebagai sarana pemasaran, usaha yang dirintisnya pun bisa berjalan. 

Berkat mengoptimalkan berbagai lini media sosial yang berbiaya lebih hemat, ia bisa mendapatkan sarana pemasaran yang dahsyat. Hal yang selama ini enggak pernah terpikirkan bisa dia lakukan. Sungguh, selain menyisakan kepedihan, pandemi mengajarkan juga banyak pelajaran.

Kolaborasi JNE Bersama UMKM Cilegon

Hikmah Pandemi Bagi Pegiat UMKM


Well, pandemi telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia untuk mengenal kanal digital dan memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran, juga melakukan terobosan baru melalui kolaborasi. 

Ya, kolaborasi, sebuah proses bekerja sama untuk menelurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama menuju visi bersama.

Banyak lini usaha yang kolaps akibat pandemi. Seperti cabang perusahaan tempat bekerja sahabat saya yang merumahkan sekian puluh karyawan demi efisiensi. 

Nah, tak hanya dengan inovasi dan beradaptasi pada perubahan, kolaborasi menjadi bagian penting bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjaga eksistensinya. 

Ini pula yang harus diterapkan untuk membangkitkan UMKM di tengah pandemi, juga meningkatkan perekonomian rakyat pasca pandemi mereda.

Well, memang ya perlu strategi jitu bagi pelaku usaha agar UMKM terus maju, di antaranya:


1. Perkuat identitas brand

Pegiat UMKM harus mengoptimalkan pemasaran untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan media sosial dan platform e-commerce. Dengan perencanaan yang matang terkait identitas brand dan produk yang ingin dipasarkan, strategi pemasaran dapat dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

2. Pahami pasar

Posisikan diri sebagai konsumen lalu lakukan riset pasar secara berkala agar dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

3. Terbuka dengan inovasi dan kolaborasi 

Membuka diri dengan inovasi, sesuaikan produk dengan tren terkini agar bisnis berkembang dan berkelanjutan. Juga, manfaatkan momentum kolaborasi dengan berbagai pihak untuk kemajuan usaha.

Alfaza Store
Jualan teman saya di toko online " ALFAZA" di antaranya: Nasi Campur Bali dan jual aneka kurma premium

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon 


Tak terkecuali yang dijalani sahabat saya tadi, para pegiat UMKM Cilegon juga berupaya menghasilkan terobosan baru melalui kolaborasi. 

Tidak hanya melibatkan UMKM saja, kolaborasi yang dilakukan UMKM Cilegon juga melibatkan sektor ekspedisi. Misalnya JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. 

Enggak itu saja, dalam rangka mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang, JNE Cilegon menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar.

JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, mengusung tagline Connecting Happiness, kita tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat”. ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon, pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Rabu(18/5).
 
Oia, JNE Cilegon juga kerap melakukan program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama. JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. 

Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” papar Herry lagi.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon


JNE menggelar JNE Goll..Aborasi Bisnis online dalam rangka mendukung para UMKM, semoga dengan adanya acara JNE Goll..Aboras online ini bisa menjadi inspirasi untuk para UMKM dan kita semua.” jelas Herry

Nah pada gelaran ini, JNE menghadirkan dua pelaku UMKM, salah satunya Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon)

Kartika mengaku tak luput dari berbagai kesulitan, seperti angka penjualan beberapa produknya sempat mengalami penurunan drastis saat pandemi.

Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya COVID-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana supaya UMKM kita tetap berjalan."

"Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborsasi di sana, usaha kita yang di masa pandemi krisis menjadi stabil lagi.” 

Pandemi ini tak membuat pihaknya patah semangat, berbagai strategi terus ditekuni Kartika.

Sebagai sosok yang bergerak di industri perhotelan, Ia menilai pentingnya mampu menjalin hubungan kepada para customer. 

Kita percaya loyalitas ke customer itu penting, kita selalu menerima komplain lalu kita catat dan evaluasi untuk jadi lebih baik. Kita juga sering memberikan reward kepada pelanggan seperti kartu ucapan. Pembeli akan merasa dihargai dan terus repeat order.” ujarnya.

Senada dengan Kartika, hadir pula Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT yang sepakat bahwa media sosial berperan penting pada kesuksesan UMKM. 

Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak dari pandemi, dulu sehari kita bisa mendapatkan order 40-80 paket. Saat pandemi produk kami hanya terjual 4 paket

Menjawab persoalan tersebut, Linda menyatakan, 

Waktu itu masyarakat heboh mencari masker dan kita mencoba membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Kita jual di marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omzet-pun melejit.” 

Selain itu Linda juga memberikan tips and trick untuk para UMKM agar sukses dalam bisnisnya:
  • Jangan malas untuk buat konten
  • Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original
  • Jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon, Tingkatkan Perekonomian Rakyat Pasca Pandemi


Penutup

UMKM merupakan salah satu komponen penting dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Kolaborasi berbagai pihak terus dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi.

Karenanya, gelaran JNE jalin kolaborasi bersama UMKM Cilegon, melalui JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon, untuk tingkatkan perekonomian rakyat pasca pandemi ini tentu bermanfaat sekali. Sebab akan mendukung UMKM seperti usaha sahabat saya dan yang lainnya makin berkembang, pun bisa menjadi inspirasi untuk pegiat UMKM lainnya dan kita semua. 

Semoga makin sukses JNE dan UMKM Indonesia!

Oia, setelah Kota Cilegon, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022. Berikutnya kota mana? Tungguin di kotamu tercinta yaaa...!💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

21 komentar untuk "JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon"

  1. Setelah Pasuruan berharap bakalan mampir di Cianjur hihi ...
    Berharap aja ga apa kan ya... Meski ntar nyatanya kolaborasi JNE nya hadirnya malha bisa di Bandung, Bogor bahkan Sukabumi.

    BalasHapus
  2. Pandemi ya, merubah hidup banyak orang. :'(
    Banyak orang terdampak, tapi lebih banyak orang/pihak yang masih mau untuk berkolaborasi untuk bangkit bersama.

    Salut deh buat JNE, semoga ga hanya di cilegon, tapi merata ke kota kota lain di Indonesia, ya ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di artikel Kak infonya, JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Online akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

      Hapus
  3. JNE berkolaborasi sama UMKM ini sesuatu banget sih buatku

    karena pembelian online itu kan biar gimana juga butuh cepat - sampai dalam kondisi rapi jali si kemasannya

    BalasHapus
  4. Selain mampir di Cilegon, JNE mau mampir ke kota mana lagi mba?
    Moga mampir ke Jawa Timur juga agar UMKM di daerah Jatim juga bisa maju.
    Tapi kalau 60 kota, mungkin Jatim udah masuk listnya.

    Seneng deh, liat UMKM mulai bangkit perlan pasca pandemi sekarang. Moga makin membaik dan ngga ada virus lain yang menyerang.

    BalasHapus
  5. Tetap berpikir positif dan penuh semangat meski pandemi menghantam yaa, kak..
    Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan bisa menjalankan semuanya dengan bahagia. Termasuk berkolaborasi dengan sesama UMKM dan ekspedisi terbaik di INdonesia, JNE begini.
    Salut dengan webinar yang dilakukan JNE.

    BalasHapus
  6. Di era sekarang ini, kolaborasi adalah kunci ya mbak
    Kolaborasi bisa membuat kita sukses bersama, seperti yang dilakukan oleh JNE ini.
    Gandeng kolaborasi bersama para pelaku UMKM

    BalasHapus
  7. Aku setuju dengan Mbak Linda, bahwa untuk sekarang ini, daripada mati-matian berkompetisi, lebih baik kita berkolaborasi. Aku sendiri menganggap bahwa kolaborasi tu semacam katalisator. Udah terbukti kok, dari kolaborasi itu produk kita bahkan bisa dikenal lebih luas. Kita pun bisa berkembang sama-sama, dengan lebih cepat.

    BalasHapus
  8. Nah ini pengalamannya kayak adikku cowok, kena PHK saat awal pandemi. Perusahaan besar yang tadinya produknya diekspor, saat itu jadi kolaps karena semua pengiriman ditunda.
    Hikmahnya yang tangguh akan bangkit untuk menjadi pengusaha UMKM dimulai di rumah ataupun nyewa kios kecil dengan modal dari uang pesangon.

    Aku kemarin sempat mau ikutan Ngobol Online yang diadakan di Semarang. Sayangnya waktunya barengan dengan aku lagi keluar rumah. Padahal pengen dengerin sharing narasumber seperti yang diadakan di Cilegon ini

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Semoga JNe makin jaya dan bisa membantu umkm di negeri kita

    BalasHapus
  11. UMKM termasuk income negara paling besar ya Mba, jadi memang harus banyak parties yang bisa mendukung UMKM biar terus berkembang plus membantu perekonomian rakyat. Salut untuk JNE yang mengambil inisiatif ini dan merangkul UMKM Cilegon.

    BalasHapus
  12. Sedih juga ya mba ketika awal pandemi banyak perusahaan yang kolaps. Berbagai masalah ekonomi pun datang bertubi-tubi. Salut dengan mereka yang punya jiwa bisnis dan kreatif, menerobos badai permasalahan ini dan bangkit dengan perkasa. JNE luar biasa nih, memberikan support maksimal bagi para pemilik UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
  13. Salut dengan JNE yang terus melakukan inovasi, termasuk mengadakan kerjasama dengan UMKM, agar membantu para pengusaha tersebut bisa mengembangkan usahanya. Keren JNE

    BalasHapus
  14. wah hebat JNE semakin bersinar dan bermanfaat
    kebetulan beberapa waktu lalu sering ke Cilegon untuk tugas
    dan memang banyak UMKM di sana
    dengan bantuan JNE pastinya omzet mereka bakal meningkat

    BalasHapus
  15. Salut dengan JNE, pengirimannya tepat waktu, makin bersinar deh ... JNE menggandeng UMKM yang dapat membantu pengiriman dengan cepat

    BalasHapus
  16. Kolaborasi memang diperlukan agar saling menguatkan satu sama lain sehingga bisa bertahan di tengah pandemi ini.
    Dan tentunya kudu siap-siap nih UMKM yang kotanya akan digelar roadshow JNE tentunya jadi langkah baik untuk join ya

    BalasHapus
  17. Dulu ad pengalaman nggak menyenangkan dari JNE sih, tapi sekarang memang sudah lebih baik apalagi mendukung UMKM. Tentunya jadi langkah yang baik. Keren!

    BalasHapus
  18. JNE senantiasa memberikan program bagus untuk pelanggan dan calonnpelanggan sehingga menginspirasi

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah aku senang kalau banyak yang bergerak untuk ukm. Siapa lagi kalau bukan dari kita untuk kita yaa.. keren nih jne

    BalasHapus