Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Nasi Mandhi Lezat di Balesere Express

Hari Raya Idul Fitri 2022 - hari ketiga, saatnya balik ke Jakarta setelah mudik ke Kediri selama 5 hari. Mudik selama 10 hari yang kali ini memiliki 2 misi. 

Misi utama selama 5 hari, adalah sowan ke Orang Tua saya di Kediri,  nyekar ke makam Bapak Ibu Mertua di Madiun dan silaturami ke sanak saudara. Sedangkan misi tambahan, 5 hari sisanya adalah Wisata Kampus dengan mengunjungi kampus-kampus PTN yang ada di kota yang sedang kami kunjungi. Tujuannya, untuk mengenalkan anak-anak saya yang sudah remaja, universitas apa saja yang ada di negeri ini.

Well, bertolak dari Kediri, tujuan pertama kami adalah kota Surabaya. Mengapa Surabaya? Karena jarak tempuhnya hanya sekitar 3 jam-an saja dari Kediri, dan juga karena kami akan bertandang ke rumah Mbak Ipar saya di Jombang.

Nah, dalam perjalanan ke Surabaya, makan siang kami lakukan di rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) km 725A Tol Surabaya - Mojokerto (arah Surabaya).

Di tengah panas yang cetarrr, sempat kebingungan mau makan apa, di antara pilihan outlet makanan yang ada di sana. Akhirnya, mata terpaku ke nama Balesere Express, setelah membaca ada pilihan nama menu di depan beserta gambar yang menggoda.

Ya, yang bikin saya tertarik di Balesere Express adalah karena ada Menu Arab - Beras Basmatinya!

Rest Area KM 725 Tol Mojokerto-Surabaya

Balesere Express Rest Area Km 725A


Jadi restonya punya luasan sedang saja, ada tempat duduk di bagian luar dan dalam. Karena panas yang 'hot potato-potato', jadi kami pilih makan di dalam. Sekalian ngadem, kan...Oia, pilihan menunya beragam, selain menu Arab ada juga menu Indonesia otentik lainnya seperti sate maranggi, sate ayam, sate kambing, sup buntut, sup iga, juga variasi kopi!

Tapi karena, kami sedang dalam perjalanan dan baru saja mulai, dan berencana sudah makan lanjut jalan, maka kami pilih menu yang cepat saja. Yakni: Nasi Mandhi Kambing porsi rame-rame (Rp 190.000), yang kata si Mbak crew Balesere bisa untuk 5 orang. 

Sementara minumnya meski pilihan kopinya sungguh menggoda, tapi sekali lagi kami hanya ingin rehat singkat, maka pilihannya Es Lemon Tea saja (Rp 15.000).

Aslii, pilihan kopinya lumayan lengkap, apalagi ada berjejer aneka gelas kopi yang sesuai, sampai saya heran juga, untuk ukuran di rest area, yang orang duduk ngopi enggak banyak biasanya. Seringnya ishoma, ngopi secukupnya, ..atau tidur. Maka, konsep Balesere Express termasuk beda. Semoga lain kali kalau lagi santai lewat lagi sini, bisa coba kopiii.

Dan ternyata sesuai dengan namanya, express, jadi enggak perlu waktu lama makanan tersaji di meja, dan saya excited melihatnya. Penampakannya sungguh menggoda! Setampah Nasi Mandhi Kambing siap dikembul alias disantap rame-rame...

Terus gimana dengan rasanya?

Balesere Express Km 725A

Nasi Mandhi Kambing di Balesere


Jadi....berasnya Nasi Mandhi ini asli beras basmati, beras aromatik asal India yang memiliki tekstur khas dan hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi. Karenanya, harga beras basmati lebih mahal dari harga beras biasa....

Beras basmati ini ada dua, yang putih memiliki kandungan arsenik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras lainnya. Arsenik adalah logam kuat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sementara Beras basmati coklat mengandung indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Kandungan glikemik yang rendah ini dapat menjaga kadar gula darah agar tidak cepat naik. 

Nah, awalnya benih beras basmati dibawa langsung dari Pakistan dan diujicoba di kebun percobaan BB Padi, benih tersebut tidak bisa dibudidayakan karena tidak adaptif dengan lahan di Indonesia. Tapi kabar baiknya, kini beras basmati ternyata sudah bisa diproduksi alias bisa ditanam di lahan lokal dan sudah diluncurkan oleh Kementerian Pertanian pada Februari 2019.

Ya, Kementan melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah berhasil menciptakan varietas beras basmati yang dapat ditanam di dataran rendah, tanpa menghilangkan ciri khas ukuran beras basmati yang lebih panjang dibandingkan beras pada umumnya. Bahkan produktivitas varietas basmati yang dikembangkan di Sukamandi, Subang, lebih tinggi dibandingkan varietas asli.

Semoga saja makin meluas pembudidayaannya sehingga makin terjangkau harga beras basmati yang memang paling sesuai untuk menu masakan India dan Arab dan juga lebih sehat ini.

Nah, balik ke Nasi Mandhi Balesere Express yang rempah di nasinya terasa banget, condimentnya pas untuk pendamping, yakni ada acar, timun, tomat dan emping. Tapi ada yang kurang di gambar menu ada daun selada, yang saat disajikan enggak ada - kata si Mbaknya habis stoknya, maklum Lebaran ya. 

Daging kambingnya empuk, sepertinya pakai kambing muda yang segar, enggak prengus baunya dan bumbu rempah meresap ke dagingnya. Oia, potongan dagingnya juga besar ya, jadi memang benar kalau dibilang untuk setampah Nasi Mandhi ini bisa untuk 5 orang. Karena kami berempat beneran kenyang!!

rest area km 725A

Beras Bumbu Al Mumtazza Family Pack


Hal ini bikin saya tergoda untuk coba masak sendiri dan saat bayar ke kasir, sekalian beli family pack aneka varian Nasi Timur Tengah Al Mumtazza: Nasi Biryani, Nasi Kabsah dan Nasi Goreng Mesir, buat dimasak di rumah. Harganya @Rp. 45.000. (Bisa juga dibeli di marketplace Al Mumtazza official - info dari Mbaknya)

Oia, saya kepoin di sosmednya,

AL MUMTAZZA adalah produk makanan dalam bentuk mentah yaitu beras basmati+bumbu rempah ala Timur Tengah yang diproduksi oleh PT. BALESERE MAHARASA yaitu perusahaan yang menaungi dan mengoperasikan “balesere resto dan cafe” dan “balesere express” yang menjual menu-menu AL MUMTAZZA dalam bentuk siap santap (matang).
Saya sudah masak di rumah ketiganya, sudah lengkap beras basmati+bumbunya di family pack ini. Tinggal nambah daging/ayam dan pelengkapnya saja.

Ada beras sudah berbumbu juga ada bumbu sasetan di dalam family pack ini. Ikuti aturan masak yang ada di kemasan, lebih kurang sama, kita masak dulu bumbu beserta daging/ayam sampai matang, baru masak nasi di rice cooker, airnya menggunakan campuran ini.

Dan tadaaa...Nasi Timur Tengah yang menggoda yang lezat dengan singkat terhidang di meja!

Balesere Express Rest Area 725A
sumber: FB balesereexpress

Ngepoin Balesere di Akun Sosial Medianya


Karena penasaran, saya pun lanjut ngepoin Balesere di sosial media IG @balesereexpress, dan nemu kalau di balesere banyak varian nasi Timur Tengah yang komplit yang tersedia di:

  • Balesere Sidoarjo - Ruko Pondok Mutiara blok L no 13 - 14 Sidoarjo 07.00 - 21.30
  • Balesere Express -  Rest Area KM 725A  Tol Mojokerto - Surabaya 07.00 - 22.00
  • Al Mumtazza Surabaya -  Food Court Masjid Agung Al Akbar Surabaya 09.00 - 17.00 
  • Al Mumtazza Klampis - Klampis Anom I/32. Wisma Mukti F9 Klampis Ngasem Sukolilo 09.00 - 21.00
  • Al Mumtazza Rungkut - Rungkut Asri 12 No. 13 (dalam pempek farina) Rungkut Kidul, Rungkut Surabaya 09.00 - 21.00
Di salah satu akun FB grup Balesere: Bale Sere Cafe & Resto, saya ketemu info menarik juga, diantaranya info beda masing-masing variasi nasi, yakni:

1. Nasi Kebuli
Menu khas Betawi-Arab, merupakan menu yang lahir di kalangan masyarakat Betawi keturunan Arab dan sudah lama tinggal di daerah Betawi (Jakarta). Bercita rasa gurih dan lezat.

2. Nasi Biryani
Menu khas India dengan bumbu rempah yang lebih ringan. Citarasa dan aroma kayu manis cukup dominan dengan sedikit rasa hangat lada dan cabe.

3. Nasi Mandhi
Menu khas Arab yang populer di kerajaan Arab Saudi. Citarasa kari lebih dominan berpadu dengan kayu manis dan rempah-rempah yang lain.
 
4. Nasi Kabsah
Menu khas Arab yang juga cukup populer bahkan katanya merupakan menu favorit salah satu raja Arab. Nasi Kabsah memiliki citarasa kari dan rempah yang lebih ringan dibanding Nasi Mandhi.

5.Nasi Bukhori
Variasi menu lain khas Arab yang cukup banyak digemari. Paduan lada hitam dan asam manis tomat membuat Nasi Bukhori memiliki cita rasa yang cukup berbeda dengan menu yang lain.
 
Nasi Goreng Mesir Al Mumtazza
Saya masak Al Mumtazza Nasi Goreng Mesir (ayam)
  

Penutup

Memilih tempat makan di rest area memang kadang di luar dugaan. Maka, biasanya saya pilih rumah makan ternama yang sudah standar rasanya, jadi di mana saja kurang lebih sama. Tapi, kalau ada rumah makan setempat yang terlihat menggoda, enggak ada salahnya dicoba. Seperti Balesere Express yang ternyata enggak bikin kecewa. 

Next time kalau lebih luang waktunya, saya pengin juga coba menu lainnya atau berkunjung ke outlet Balesere non express. 

Oia, kalau dirimu dekat dengan lokasi, Balesere recommended buat dicoba ini, apalagi ada juga opsi delivery..

Baiklah, saya mau menikmati Nasi Goreng Mesir dari family pack Al Mumtazza yang saya beli di Balesere dulu yaa. Terima kasih sudah membaca. Eiyaaa.., kalau dirimu suka Nasi Mandhi, Biryani, Kebuli......, Nasi Timur Tengah yang varian apa?💝


Happy Culinary

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Makan Nasi Mandhi Lezat di Balesere Express"

  1. Lho kok bagus banget mbak, ada menu menarik gini di rest area tol, Nasi Mandhi di Balesere Express. Bisa di coba nih suatu saat kalau lewat tol Mojokerto-Surabaya.

    Saya tuh biasanya kalau mampir rest area sepanjang surabaya-Klaten, menu makannya kalau nggak soto ya rawon. Noted lah Rest Area 725A ini, mesti diampiri dan masuk ke balesere Express.

    BalasHapus
  2. Balesere express menu variasinya khas dan menarik dicoba jika ada kesempatan. Nasi kebulinya boleh dicoba.

    BalasHapus
  3. Waaahhh ada juga di Masjid Agung, bakalan mampir ah kalau ke sana.
    Bikin ngiler aja nih Mba Dian :)

    Gara-gara pernah makan nasi berempah gini, jadi ketagihan pengen nyoba lagi, harus dicoba nih, paling dekat dari tempat saya yang di Masjid Agung :)

    BalasHapus
  4. Udah pernah buat Juga mba... Nasi mandhi cuma yg Susah dn rada Mahal memang beras basmati sekarang praktis bisa beli bumbunya Juga...

    Next kalau travellingan ke daerah Sana mau coba Juga kulineran Dan Cobain menunya

    BalasHapus
  5. Auto ngeces deh, pinginnn....
    Beli mentahannya aja di @balesere ya, supaya bisa makan sepuasnya

    BalasHapus
  6. Saat ini menjamur tempat kuliner timur tengah ya mba, sebelum puasa aku sempat coba ayam bakar khas Pakistan dan enak sih, cuma plating nya ga secantik itu

    BalasHapus
  7. Lezat banget ya, sering nonton di acara kuliner.
    Kapan kapan boleh coba nih.

    BalasHapus
  8. Jadinya kalau mau coba bikin di rumah, gak susah ya.
    Ah ini sih bisa menyiapkan stok banyak nih, soalnya rasanya tentu nikmat, dan bisa disantap rame-rame bareng keluarga

    BalasHapus
  9. Dari lihat foto Nasi Mandhi Kambingnya di IG Mbak Dian, berulangkali saya ngences gak putus-putus. Foto yang juga saya forward ke suami dan anak-anak. Biar sama-sama tersiksa hahahaha. Karena kami sekeluarga memang hobi dan sangat suka dengan menu ini Mbak.

    Biasanya, setidaknya 3-4 kali sebulan kami mampir ke salah satu resto ala Arabican yang letaknya tak jauh dari rumah. Suami dan anak-anak milih ayam sebagai lauknya, sementara saya lebih memilih kambing. Duuhh mendadak jadi pengen kesana.

    Kapan ah, saat bisa melok suami dinas ke Surabaya, saya pengen bersengaja mampir ke BASELERE. Wajib coba ini sih.

    BalasHapus
  10. Wah, Nasi Mandhinya terlihat sangat menggoda, tempatnya juga cukup cozy. Ternyata disana banyak pilihan kuliner timur tengah ya mbak. Saya juga suka kuliner timur tengah, rempahnya rich banget

    BalasHapus
  11. Outletnya banyak juga ternyata ya, dan semuanya di Jatim. Gak ada di Tangsel gitu, biar aku samperi dan nyobain juga :D

    BalasHapus
  12. waktu awal pandemi, beras basmati ini laris manis banget sampai kehabisan pas mau cari. soalnya pada banyak usaha rumahan yang jualan nasi mandhi.. duh balesere gak mau buka cabang di Palembang yaa aku pengen coba.

    BalasHapus
  13. Waahh yummy banget ini, kemarin pas puasa aku nyari yag jualan nasi mandhi. Eh baru sekarang baca info ini haha, harus kucobain next time yeay!

    BalasHapus
  14. Aku nggak terlalu suka kambing sih. Tapi melihat tampilan menu yang dipesan mbak dian dan keluarga menggoda banget. Bikin ngiler dan pingin.

    BalasHapus
  15. Selalu suka menu2 timur tengah ini ❤️❤️. Apalagi yg bumbunya medok, kuat. Pernah makan nasi mandi di salah satu restoran timur tengah di Jaktim, rasanya tapi mengecewakan. Hambar. Trus pembayaran cuma mau cash, padahal gedeee bgt restorannya. Hari gini cash, ketinggalan zaman bgt dah. Kapok makannya.

    Tapi kalo bisa bikin sendiri, memang enak bikin ya mba. Biar sesuai selera 😁.

    BalasHapus
  16. praktiss, aku suka nasi biryani. Di kotaku susah nemuin kayaknya, ada beberapa tempat makan yang ala timur tengah, tapi rasanya nggak kayak kalau pas ke luar negeri hahaha

    BalasHapus