Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesanan Dibatalkan Tokopedia tapi Barang Sudah Diterima

Jadi ceritanya, saya ada pesan Bedak Dingin Astagina di Tokopedia. Status toko aktif dan melakukan pengiriman barang dari Jakarta Utara. Saya pesan pada 10 Mei 2022 dan memilih pengiriman reguler yang disebutkan akan sampai keesokan harinya.

Esoknya saya sempat cek di notifikasi pesanan masih diproses. Sore hari, kurir datang membawa pesanan saya. Karena sibuk ini itu saya enggak lihat lagi apa status pemesanan, yang penting barang sudah di tangan, pikir saya besok aja kasih ulasan.

Tanggal 12 Mei, saya dapat notifikasi, penjual membatalkan pesanan, karena telah melewati waktu pengiriman barang.

Lah, saya bingung dong...secara itu bedak dingin sudah mendarat dengan selamat bahkan sudah saya coba dan suka, kok malah dibatalkan keterangannya.

Saya pun tunggu dulu, ada notifikasi apa lagi setelahnya, apa iya uang saya kembali, kan status batal pesan. Benar ternyata, ada masuk ke Gopay senilai pembayaran saya dengan keterangan pengembalian dana.

Waduuuh...padahal saya sudah terima barangnya, eh uang saya balik juga. Gimana nih? Kan ini haknya seller, nilai Rp 80.400 itu juga sesuatu tuh....

Memang saya pesan apa sih itu?

Berastagi Bedak Dingin Astagina

Tentang Pesanan Saya: Berastagi/Bedak Dingin Astagina

Jadi ceritanya pas mudik lebaran kemarin, saya tuh nostalgia sama Mbak-Mbak saya (kakak saya ada 5 perempuan semua, saya bungsu). Kami ngobrol ngalor ngidul dan sampai ke bab perawatan diri di masa itu.

Kami berenam tuh termasuk hidup prihatin sedari kecil. Agar bisa sekolah sampai tinggi, Bapak saya yang guru dan Ibu seorang ibu rumah tangga, beneran menerapkan hidup sederhana. 

Karenanya kami biasa pakai yang ada kalau untuk urusan perawatan. Apalagi dulu belum ada aneka skincare/bodycare di pasaran. Jadi malah alami, pakai bahan yang ada sehari-hari buat merawat diri.

Seperti saat nyuci beras, airnya dipakai maskeran. Terus bikin bedak dingin sendiri buat merawat wajah, bakar merang padi dipakai keramas, nyiapin lidah buaya buat olesan kulit kepala, bikin jamu kunyit asam sepanci buat atasi bau badan dan bikin tubuh segar..dan lainnya.

Pokoknya kami berenam perempuan itu ada aja seseruannya..Nah, nostalgia lah pas ngumpul begini cerita-cerita. Kalau dibandingkan sekarang mungkin pada mager ya, bebikinan sendiri begini. Secara semua ada, asal ada dananya tinggal beli.

Terus pas balik Jakarta saya kok keingetan sama bedak dingin. Dulu saat remaja, kulit wajah halus mulus terawat karena bedak dingin ini. Apalagi kulit saya termasuk sensitif, pakai produk macam-macam gitu belum tentu masuk tuh..

Saya pun cari-cari di marketplace, dapatlah Berastagi/Bedak Dingin Astagina ini (next saya review ya hasilnya).

Saya akhirnya pesan deh...Eh, ternyata ada drama, barang tiba, uang saya pun balik juga.

Pengalaman Pesanan Dibatalkan Tokopedia tapi Barang Sudah Diterima

Jika Pesanan Dibatalkan Tokopedia dan Barang Sudah Terima Harus Bagaimana?

Nah, akhirnya saya chat seller Berastagi/Bedak Dingin via fitur chat di Tokopedia, nama tokonya: Eka Prima Bersaudara. Saya sampaikan jika pesanan sudah saya terima tapi kok uang dikembalikan. Lalu saya bilang mesti ditransfer kemana uangnya. 

Kemudian ada jawaban dari penjual, jika pihaknya lupa input resi, sehingga enggak tercatatlah transaksi. Karena batas waktu pengiriman barang sudah lewat, oleh pihak Tokopedia dianggap batal. Maka langsung uang dikembalikan. 

Nah, seller ini kemudian memberi saya nomor rekening untuk pembayaran. Begitu dapat nomor tujuan, saya langsung transfer via mobile banking dan berkabar jika sudah transfer. Seller pun konfirmasi dan berterima kasih karenanya. Saya juga lega akhirnya...

Karena bagaimanapun itu bukan uang saya, jadi mesti dikembalikan ke yang berhak, ya enggak?

Saya pernah baca, ada seller yang complaint ke pihak marketplace karena dia sudah ngirim barang pesanan tapi oleh sistem disebut dibatalkan. Padahal barang sudah diterima pembeli. Penjual pun mengajukan bukti. Tapi uang belum bisa langsung kembali. 

Sementara pembeli membayar dengan kartu kredit jadi saat dihubungi seller-nya dia ingin memastikan dulu apakah uangnya sudah terpotong atau belum. Maka mesti nunggu prosesnya baru dia mau bayar ke penjual senilai yang sama. Duh, ribet yaa...

Pesanan Dibatalkan Tokopedia tapi Barang Sudah Diterima

Pesanan Dibatalkan Tokopedia tapi Barang Sudah Diterima

Penutup

Ada aja drama saat belanja online begini. Meski saya sih banyakan happy. Cuma pernah suami dua kali beli barang pas flash sale gitu, tripod dan sikat gigi elektrik (dalam waktu berbeda)- eh ada bagian dari alatnya yang tidak ada di kemasan. Jadi enggak bisa digunakan. 

Mau complaint dia mager, karena barangnya harga recehan nanti ribet urusan, akhirnya dia ikhlaskan. Cuma jadi milih belinya pas harga biasa aja, kadang kalau banting harganya kebangetan kuatir ternyata sisa-sisa atau barang reject, sehingga enggak lengkap, ada bagian yang enggak masuk kemasan..

Nah, kalau teman-teman punya enggak pengalaman belanja online yang bikin happy, ada drama atau malah ngeselin warbiyasaa?💗


Happy Shopping

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

12 komentar untuk "Pesanan Dibatalkan Tokopedia tapi Barang Sudah Diterima"

  1. Betapa bersyukurnya itu seller pasti ya, Kak Dian. Secara mungkin dia udah hopeless gitu bakal balik duitnya. Dia mungkin udah merasa rugi. Tapi malah ditransfer sama pembeli. Alhamdulillah banget

    BalasHapus
  2. Baru tau kalo yang dipakai maskeran adalah endapannya
    Saya pernah lihat teman kost menggunakan air cuci beras untuk cuci muka, saya pikir itu kan kotor :D
    Eniwei belanja online ternyata lebih murah ya?

    BalasHapus
  3. iya suka degdegan klo beli barang yg elektronik gt mba, khawatir ada yg ketinggalan partnya atau bau dan benda2 kecil lainnya. klo sy dulu kasusnya barang udah dikirim tapi masih status belum dikirim dr apliaksinya , deg2an sy sebagai penjual

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ketemu pembeli yang baik dan jujur seperti Mbak Dian. Pernah tuh saya dengar cerita dari seseorang yang kemudian ngomong "Ya salah penjual sendiri dong. Berarti ini rezeki saya" Aiihh tega banget ngomong begitu. Padahal kan tinggal nge-WA buat mengklarifikasi dan mengurus pembayaran secara langsung.

    BTW, penasaran dengan testinya Mbak Dian. Saya juga pengen nyobain ih. Dulu pernah nyoba bedak dingin milik sepupu, efeknya adem banget di wajah. Kulit wajah jadi lembut gitu. Tapi sayangnya aku gak simpan bungkusnya. Jadi gak bisa search lagi untuk beli.

    BalasHapus
  5. Memang begitu sih kalau transaksi melibatkan pihak ketiga, ya. Prosedurnya lebih panjang demi keamanan secara keseluruhan juga.

    BalasHapus
  6. Jadi ada bagusnya juga ya kalau belanja online sebaiknya bukan pakai kartu kredit, biar kalau ada kejadian seperti yang mbak Dian alami bisa mudah diselesaikan.

    BalasHapus
  7. Bedak dingin, ini dulu juga selalu jadi andalan saya mbak, murah meriah hehehe....

    Untung ada kontak sellernya ya mbak, jadi bisa menghubungi langsung untuk konformasi dan menyampaikan haknya dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kontaknya, Mbak..tapi di fitur chat yang ada di Tokopedia

      Hapus
  8. wah mbak satu orang dari 1000 yang baik hati gini yang masih mau berusaha buat bayar kembali. emang seru-seru sih kalau baca drama online shop, apalagi kalau COD itu lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  9. Serunya punya pengalaman belanja online di marketplace. Akhirnya kedua belah pihak sama ketemu penyelesainnya.

    BalasHapus
  10. aku pernah juga beli di Tiktokshop, barangnya emank lama sampai aku lupa, ketika barang sudah sampai aku mau konfirm ke aplikasi Tiktok, malah ternyata dari Pihak Tiktok udah ngebatalin dari kemarin marin dan uangku juga udah direfund. aku hubungi penjual dan aku trf uangnya ..takut enggak berkah

    BalasHapus
  11. Aku pernah nih ngalamin yg begini, pesen sabun mandi dari lineation Bandung, barang udah aku trima, tapi status dibatalin 🤣. Dia lupa update. Mana bayarnya pake CC. Dan sabun nya itu sedang promo. Tapi pas ketahuan cancel promonya udh lewat.

    Jadi dia bikin link baru mba. Aku pura2 ya beli lagi. Dia tetep kirim kotak, tapi kosong isinya. Ada2 aja memang.

    Bbrp kali sempet ngalamin BRG kurang lengkap lah. Kalo cuma murah aku ga masalah, tapi kalo mahal aku komplain pastinya.

    Yg lucu pak suami. Pernah beli rollerblade Ama pelindung lutut. Eh yg dikirim pelindung lutut ajaaa, rollerblade ya ga 🤣🤣🤣. Sialnya lagi ga divideoin pas unboxing.

    Tek tok Tek tok an Ama sellernya lama. Krn ga ada bukti. Salah kami karena ga video. Tapi seharusnya mereka ada melakukan balancing toko dong. Barangnya surplus pasti. Lah belum dikirim. Awalnya mereka ga mau kirim. Tapi suami akhirnya bilang, sampe mati ga bakal ikhlasin. Itu hutang mereka 😂. Ntah gimana ceritanya, mereka akhirnya kirim sih. Sejak itu, kami selalu video tiap unboxing

    BalasHapus