Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Game Edukasi Anak Terbaik

"Liburan sekolah jadi tambah deh durasi screen time-nya anakku, pusing akutuu! Beneran nge-game ini bikin anak lupa waktu, dan enggak peduli ini itu. Serius, siapa yang nemuin game ini dulunya ya. Sungguh enggak ada bagus-bagusnya!"

Relate dengan keluhan serupa? Kalau iya, berarti dirimu adalah orang yang kesekian juta. Padahal ya, game diciptakan seperti pada umumnya sebuah penemuan tentu ada baik buruknya. Tinggal kita bisa mengambil kebaikannya dan menghempaskan keburukan yang ditimbulkannya.

Susah? Pastiiii! Sebuah tantangan tak hanya untuk anak, orang tua tapi juga kita semua. Bagaimana agar meski anak mengenal screen time termasuk game di dalamnya tapi masih dalam batasan waktu yang wajar saja. 

Jadi anak akan mendapatkan manfaat darinya dan tak berujung kecanduan karena kebablasan.

Caranya? Kenalkan dengan game edukasi yang kini banyak tersedia sehingga mereka bisa bermain sambil belajar di waktu yang bersamaan!

Rekomendasi Game Edukasi Anak Terbaik

Manfaat Game Edukasi Anak


Well, jangan selalu hubungkan game dengan hal-hal yang buruk. Game edukasi misalnya yang bisa menjadi media pembelajaran yang bersifat mendidik. Karena dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif, mengembangkan keterampilan dan potensinya dengan proses belajar yang bisa membuat otak anak menjadi jauh lebih rileks dan tidak tegang.

Meski teteup ya, anak masih harus diawasi ketika bermain game edukasi. Juga perhatikan durasi karena jika berlebihan rentan bikin kecanduan.

Oia, sejatinya manfaat game edukasi anak ini apa sih yaaa?

1. Mengasah Kemampuan Berpikir

Saat nge-game anak akan menghadapi berbagai tantangan yang harus dia selesaikan sebelum beranjak ke level lebih tinggi. Hal ini membuat mereka belajar berpikir kreatif dan kritis yang akan berguna saat menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari.

2. Memperkuat Memori

Dalam bermain game ada tindakan pengulangan yang dapat membantu terbentuknya memori yang kuat di dalam otak anak. Sehingga pemahaman yang berhubungan dengan konsep diperoleh anak selama bermain dan bisa bertahan di dalam memorinya.

3. Mendukung Berkembangnya Gaya Belajar

Permainan game edukasi yang sesuai dengan minat dan ketertarikan anak akan dicatat oleh sistem secara real-time berdasarkan jenis permainan yang sering dimainkan. Sehingga akan ada rekomendasi game yang bisa dipilih sesuai dengan ketertarikan mereka yang dapat mendorong kemandirian anak nantinya.

4. Menstimulasi Motivasi

Game edukasi disajikan dalam berbagai fitur yang menarik seperti umpan balik dan efek suara dari karakter juga bentuk animasi interaktif . Ini akan menumbuhkan motivasi dan ketertarikan anak untuk belajar dan membuat belajar jadi lebih menyenangkan.

5. Mengasah Ketrampilan Berbahasa

Ayo, siapa yang heran anaknya belum sekolah eh sudah cas cis cus ngomong dan nyanyi dalam bahasa Inggris? Yes, lewat game edukasi kemampuan anak dalam berbahasa—selain bahasa ibu juga bisa makin terasah. Dari game ini anak bisa mengenal dan belajar bahasa baru yang menjadikannya mampu menjadi multibahasa tanpa harus keluar biaya lagi untuk kursus. Lumayan, kan?

Game Edukasi Anak

Rekomendasi Game Edukasi Terbaik untuk Anak


Nah, kita bisa mengunduh game edukasi di ponsel pintar yang kita miliki. Enggak usah khawatir, biasanya ada pilihan kok baik versi iOS maupun Android-nya. Jadi apapun tipe sistem operasi smartphone-mu ayo ajaaa!


Lalu apa saja rekomendasi game edukasi anak terbaik? Ini dia:

Baby Games

Baby Games merupakan game edukasi yang ditujukan kepada balita usia 2, 3, dan 4 tahun dan menyediakan sekitar 15 permainan. Ada game menebak warna, menebak gambar, berhitung, dan lainnya. Tampilannya sederhana namun menarik sehingga anak tidak bosan untuk memainkannya. Selain itu, game ini juga tanpa iklan sehingga membuat nyaman.

Lingokids

Next, ada game Lingokids yang selain bikin anak terhibur juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Pasalnya ini adalah game edukasi yang berbahasa Inggris. Ada sekitar 750 permainan yang bisa dimainkan anak secara gratis. Oia, game ini juga bebas iklan dan sudah mendapatkan sertifikasi dari COPPA, sehingga anak-anak aman bermain sendirian. Tapi meski begitu, lebih baik orang tua tetap melakukan pengawasan.

Coloring and Learn

Game yang ditujukan untuk anak yang ingin menuangkan kreativitasnya dalam bentuk gambar karena di aplikasi Coloring and Learn ini anak bisa menggambar apapun sesuai keinginannya. Tak hanya itu saja, ada media atau gambar yang bisa diwarnai dan ada fitur menyimpan jika belum selesai. Oia, semua kontennya juga gratis yaa...

Teka Teki Kata

Sebuah game edukasi tebak kata yang dapat dimainkan oleh anak-anak yang cara memainkannya dengan menemukan kata-kata tertentu pada huruf yang sudah diacak. Dikembangkan oleh Fingerlab, game edukasi ini sudah didownload oleh lebih dari 5 juta pengguna di Google Play Store hingga saat ini dan memiliki lebih dari 2000 stage yang bisa dimainkan di sini.

Game Anak Edukasi Hewan & Buah

Game yang dikembangkan oleh Marcel Bermain ini dapat melatih anak mengenal hewan dan juga buah-buahan. Cocok dimainkan oleh anak PAUD dan TK, yang pastinya mudah dan menyenangkan. Tampilan gambarnya apik sehingga membuat anak menjadi tertarik. Total ada sekitar 10 game anak edukatif dengan latar lagu anak-anak yang populer.

Baby Phone for Toddlers - Numbers, Animals & Music

Selanjutnya ada Baby Phone for Toodlers dari GunjanApps Studio. Sebuah permainan musik untuk anak-anak yang ingin belajar tentang angka, hewan, dan juga musik/lagu. Ditujukan untuk balita usia 1-5 tahun game Baby Phone for Toodlers ini sungguh menghibur dan mengedukasi. Ada beberapa kategori permainan berbeda yang bisa dimainkan oleh anak yang hingga kini sudah lebih 10 juta kali diunduh via Google Play Store.

Piano Anak - Musik dan Lagu

Sebuah permainan musik yang sangat menyenangkan yang membuat anak bisa belajar memainkan instrumen lagu. Aplikasi ini mempunyai empat mode yaitu instrumen, lagu, suara, dan putar. yang secara tampilan penuh dengan warna yang cerah sehingga akan disukai oleh anak-anak. Game edukasi ini ini dapat membantu mengembangkan memori, konsentrasi, kreativitas, serta keterampilan motorik anak dan sangat cocok dimainkan oleh anak usia 5-8 tahun.

Khan Academy Kids

Game edukasi anak yang dikembangkan oleh Khan Academy dengan banyak sekali kegiatan dan permainan yang dapat membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengeja, matematika, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dapat dimainkan oleh balita, anak prasekolah, dan taman kanak-kanak. Merupakan materi pembelajaran namun dikemas dalam bentuk permainan sehingga anak tidak bosan mempelajarinya. Sayangnya, ukurannya tergolong besar yaitu 128 MB sehingga tidak pas untuk smartphone dengan memori yang kecil.

Quick Brain

Cung siapa yang beranggapan Matematika adalah pelajaran yang menakutkan. Nah, coba untuk mengenalkan Matematika pada anak sejak dini dengan belajar matematika atau berhitung melalui aplikasi Quick Brain ini. Akan ada soal matematika baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian yang harus dijawab dengan cepat dan benar yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak dan kemampuan berhitungnya.

Marbel Kebiasaan Baru - Game Edukasi Kesehatan

Meski pandemi sudah terbilang mereda tapi kesehatan tetap harus dijaga. Karenanya, pas jika anak memainkan game edukasi kesehatan untuk pembiasaan hidup sehat. Nah, Educa Studio menghadirkan suatu permainan edukasi yang ditujukan kepada anak-anak mengenai kebiasaan cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Melalui permainan, anak tertarik untuk mengikuti dan membiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

LogicLike : Games for Kids

LogicLike merupakan game logika untuk anak-anak dengan lebih dari 4500 permainan yang bisa membantu anak meningkatkan keterampilan berpikir. Beberapa game yang tersedia antara lain yaitu catur khusus pemula, sudoku, number snail, odd one put, puzzle jigsaw, matematika sekolah dasar, serta masih banyak lagi yang lainnya.

ABC Song Rhymes Learning Games

Game pembelajaran ini tersedia dalam bentuk lagu dan video. Ada banyak sekali permainan yang tersedia mulai dari angka, abjad, buah, kendaraan, bentuk, alat musik, dan lainnya. Namun berbeda dengan game sebelumnya, game ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet. Jadi bisa menghemat kuota internet pastinya. 


Game edukasi anak

Kesimpulan


Nah itulah dia rekomendasi game edukasi anak terbaik yang dapat dimainkan. Saat bermain, jangan lupa tetap awasi anak-anak sehingga mereka enggak buka-buka aplikasi yang lain yaaa. 

Apalagi jika mereka menggunakan ponsel orang tua yang bisa saja jadi terbuka chat WA dan dikirimkannya foto atau video yang diambilnya ke sana. Huwaa..., dan akhirnya bikin Emaknya minta maaf di grup karena anaknya nyepam foto!

Juga, pastikan durasi nge-game/screen time-nya sesuai usia. Jadi anak masih melakukan aktivitas harian lainnya seperti biasa dan tidak sampai kecanduan nantinya. Dan, akan lebih baik lagi jika Ibu (atau Ayah) mendampingi sehingga bisa menjelaskan apa yang dimainkan di game edukasi ini. 

Terus me time Ibu kapan dong, kan pengin nge-drakor? Bisaaa, pas mereka boci di antaranya, karena biar bagaimana juga kewarasan Ibu mesti tetap terjagaaaa!  

Terus kalau bingung mau nonton Drama atau Film Korea apa, ikuti saja blog review drakor milik Kak lendyagassy yang selalu update informasinya, yang bisa jadi referensi nonton drama atau film apa nanti!πŸ’œ



Salam Semangat

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

31 komentar untuk "Rekomendasi Game Edukasi Anak Terbaik"

  1. Hwaaaa banyak banget rekom nya kak Dian. Kayaknya semua seru nih. Apalagi game buah itu. Bisa nambah referensi kosakata buat toddler dan juga nambah pengetahuan dia.

    BalasHapus
  2. Senang banget jadi banyak rekomendasi game bermanfaat untuk keponakan nih. Memang ya selama diawasi orang tua, games bisa jadi sarana belajar yang sangat bermanfaat kok

    BalasHapus
  3. Iya nih, kalau di keluargaku, liburan malah bikin dapur terus ngebul karena keluhannya lapar, Ma..
    Mereka lagi seneng-senengnya explore lingkungan sekitar rumah.

    Tantangan tersendiri untuk mengtur jadwal me time, tapi semoga blog review drakor nya bisa jadi referensi saat bingung mo nonton drakor apa yang lagi sesuai sama mood yaa..
    Terimakasih kak Dian.

    BalasHapus
  4. Wah asik nih dapat banyak rekomendasi game buat anak-anak. Meskipun screen time nya pas libur ini anakku juga cukup kebanyakan, tapi kalau mainnya dialihkan ke game yg bermanfaat why not. Asal dibatasi juga waktunya.

    BalasHapus
  5. Keren banget rekomendasi game edukasinya Mba.. Aku mau kenalkan ke anak aku ah.. Terima kasih ya ^^

    BalasHapus
  6. Keren2 rekom game-nya mbaaak.. masalahnya anak2 tu jg uda punya preferensi game sendiri. Apalagi kalau bukan game yg bisa buat mabar sama geng-nya :D. Tapi aku mau ulik bbrp game yg direkomendasikan mb dian.

    Aku masih berjuang soal screentime ini. Apalagi anak2ku skrg kan homeschooling ya..jd ga terbantu sama jam sekolah formal hehehe.

    BalasHapus
  7. banyak sekali rekomendasi game edukasi untuk anak, tinggal dipilih deh mana yang sesuai atau yang dibutuhkan atau anak suka sama game-nya

    BalasHapus
  8. Nggak harus menyalahkan game kalau anak lagi males belajar, karena game pun bukan hanya penghalang keseluruhan anak malas belajar...ada banyak game edukasi mewarnai otak anak anak

    BalasHapus
  9. Iyeeess! Sejujurnya saya seneng sih dengan konten tentang game edukasi. Karena ketika anak-anak saya masih kecil, kebanyakan masih memandang game itu sesuatu yang gak berfaedah. Padahal game kan sebetulnya juga banyak macamnya. Bahkan yang mengedukasi pun ada. Makanya saya gak pernah melarang anak untuk nge-game. Paling ngawasin aja sama disiplin dengan screen time

    BalasHapus
  10. Ternyata banyak sekali ya games atau permainan yang bisa dimainkan anak tanpa khawatir
    Pastinya memang selalu harus dalam pengawasan sih ya
    Bagi kami games itu selingan agar anak tidak stress juga diajarkan hal-hal wajib sebagai anak

    BalasHapus
  11. Belajat emang ngga cuma duduk, menulis, berhitung yang monoton. Justru sistem gamification ini bis alebih merangsang belajar anak. Apalagi game edukasi yang sesuai dengan minat dan ketertarikan anak.

    BalasHapus
  12. game online untuk anakku waktu TK dia suka main Khan Academy Kids. Emang bagusss dan menarik. Sekarang sih dia udah ngikut anak SD. Tetep ku batasi screen time dan balance dengan kegiatan fisik di outdoor.

    BalasHapus
  13. Noted bangettt mba Diaann

    Anakku ya suka gaming. Ntar deh aku arahkan supaya doi pilih games yg sarat faedah, biar emaknya tenang pas drakoran πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  14. makin banyak ya game yang ternyata bisa bermanfaat juga untuk anak :) ya asal gak waktu bermainnya sesuai aja sih, aku oke hihi

    BalasHapus
  15. Hahaha sering terjadi tuh mbak di WA grup komplek dan kelas anakku tiba-tiba ada kiriman spam foto dari game. Pada kaget banyak banget. Ibunya ga sadar pula. Setelah berjam-jam ibunya muncul sambil minta maaf karena HP nya disabotase anaknya wkwkwk.

    Baik buruk main game ada, tergantung gimana kita mengatur anak bermain. Kalau udah agak gedean, biasanya udah bisa ngatur dirinya sendiri, kita tinggal mantau sambil ngingetin. Kalau sejauh ini, tinggal anakku yang cewek yang main gamenya masih agak sering. Kalau yang cowok udah jarang banget,karena udah sibuk ama tugas kuliah. Pas senggang main sih, malah ikut kompetisi segala :))

    BalasHapus
  16. Games juga tidak melulu buruk yah, games edukasi gini bagus untuk motorik anak yah. Makasih mbak sharingnya.

    BalasHapus
  17. Catet ya game edukasi ini. Keponakan nanti bisa main sambil belajar. Terus aku juga pernah main yang piano. Asyik bener padahal aslinya gak paham musik, hehehe

    BalasHapus
  18. Pas banget mampir kesini
    Kadang bingung, kalau anak minta main game
    Takut salah pilih game gitu
    Sekarang aku jadi tahu game yang emang pas buat anak-anak

    BalasHapus
  19. Game itu gak selalu jelek ya mbak sebetulnya asal bisa memilih game yang sesuai dengan anak & mengandung edukasi pastinya. Dari games juga anak bisa belajar banyak hal betul banget otak juga bisa rileks. Aku tertarik sama Lingokids nih mbak untuk belajar meningkatkan kemampuan bahasa anak

    BalasHapus
  20. Tapi aku suka loh sekarang makin banyak game yang ada edukasinya, nggak kayak jaman anak-anakku masih kecil dulu. Jadi aku juga seneng waktu lihat ponakan gada nge-game, kayak ada juga yang main tapi belajar matematika.

    BalasHapus
  21. Waah rekomendasi games edukatif banyak makasih maaak. Memang ya mak kita harus putar otak meski libur dirumah saja tapi memastikan anak2 bermain yg bisa mengasah otak mereka.

    BalasHapus
  22. makasih mak rekomendasinya kumplit nih. Membantu banget nih untuk para orangtua untuk memberikan list ke anak-anak saat ingin mai game

    BalasHapus
  23. Hihii..anakku juga sering capture gamesnya yang dimainkan dan aku gak tau buat apa yaa..?
    hehhe, kadang diceritain sih, kalo uda dapet apa dan apa, aku juga excited, tapi sayangnya gak bisa mabar, soalnya aku penyuka games lawas sejenis tetris dan pacman.
    Huhuu~

    BalasHapus
  24. Lingo kids ini game favoritku sama bocil mbak. Suka banget dia game game berbahasa InΔ£gris seperti itu.

    BalasHapus
  25. Quick Brain aku sering main game ini bareng ponakan dan aku nya justru yang paling semangat mainin game nya 😁

    BalasHapus
  26. Anakku di rumah tinggal 3 yang cowok, semua suka game online. Harus diarahkan dan didampingi sekali-sekali. Alhamdulilah masih game yang wajar juga. Makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  27. Banyak pilihan nih bagi kita untuk menyediakan game edukasi yang terbaik bagi anak. Yang penting jangan lupa diawasi, namanya juga anak-anak kaaann... kadang pengin berlama-lama menggunakan gadget. Padahal kita sebagai ortu maunya membatasi screen time mereka.

    BalasHapus
  28. Jika dimanfaatkan dengan maksimal games juga berdampak positif ya mbak.. Yang penting kita sebagai ortu memberi pendampingan ke anak

    BalasHapus
  29. Makasih mbak, udah dikasih rekomendasi untuk macam-macam games edukasinya.
    Bermanfaat banget buat diberitahukan ke anak-anak supaya screem timenya juga tetap bermanfaat

    BalasHapus
  30. Aku sangat butuh artikel ini huhuhu akhirnya jodoh. Jadi kemarin saya ngobrol sama anak-anak bermaksud menghapus beberapa game di hape yang tidak cocok untuk mereka. Seperti free fire, mobile legend. Saya jelaskan juga tentang rating umur. Tapi saya juga belum banyak nemu game yang cocok untuk semua umur eh pas baca ini tercerahkan

    BalasHapus
  31. Belajar sambil bermain, konsep yang sangat disukai anak. Anak mendapat banyak stimulasi dan keterampilan diri. Beberapa udah aku coba, beberapa belum. Jadi penasaran sama yang belum nih. LogicLike jadi pengen cobaaaaa.

    BalasHapus