Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan

Gaess, apakah kamu seorang karyawan dan berniat mencari uang tambahan? Tak perlu kuatir, karena sekarang ini sebenarnya ada banyak cara bisa dilakukan untuk mencari uang tambahan bagi karyawan. Sehingga kamu tetap bisa bekerja, dan mendapatkan tambahan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan lain yang belum tercukupi.

Maklumlah yaa..harga-harga melambung tinggi, sementara sebagai karyawan gaji setiap bulan jumlahnya sudah pasti, kecuali (amit-amit) jika kamu korupsi. Jangan ya Gaes ya...

Ingat tetap jujur dan amanah kalau bekerja. Karena rezeki yang halal itu utama. Lantaran bakal berkah buat diri dan keluarga.

Nah, balik lagi ke uang tambahan tadi, menariknya, beberapa sumber uang tambahan ini sangat mudah untuk ditekuni. Dari mana saja sumbernya?


Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Karyawan

Well, berikut beberapa diantaranya:

1. Menjadi Freelancer

Rekomendasi pertama adalah menjadi freelancer atau pekerja lepas, yang sangat populer belakangan ini. Sebab banyak situs membantu masyarakat untuk mendapatkan job atau proyek yang bisa dikerjakan secara fleksibel. 

Misalnya Sribulancer, Fiverr, dan lain sebagainya. Adapun proyek yang bisa didapatkan juga beragam mulai dari menulis, copywriting, penerjemah, desain grafis, dan lain-lain. Tinggal sesuaikan saja dengan skill-mu, lalu niatkan untuk berburu cuan tambahan dari situ.

2. Jualan Online

Suka atau punya bakat jualan? Pertimbangkan untuk jualan online sebagai solusi mencari uang tambahan ditengah rutinitasmu sebagai karyawan. Apalagi toko online bisa dikelola secara fleksibel karena bisa menjalin komunikasi dengan pelanggan kapan saja, sedangkan untuk memproses pesanan bisa dilakukan selepas jam kerja. Penghasilannya juga lumayan jika ditekuni dengan sepenuh hati.

3. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Khusus untuk para karyawan yang ragu menjual produk brand sendiri karena ada risiko tidak laku. Maka bisa mencoba menjadi reseller, sehingga cukup stok produk orang lain dan dijual secara mandiri.

Atau jika dirimu tidak ingin keluar modal, bisa mempertimbangkan peluang menjadi dropshipper yang hanya mempromosikan produknya dan produk akan dikirim oleh pemilik mereknya. Dropshipper sangat cocok untuk para karyawan karena lebih aman.

4. Membuka Jasa Penerjemah

Kamu memiliki penguasaan bahasa asing yang baik? Pertimbangkan untuk mencari uang tambahan dengan membuka jasa penerjemah. Ada banyak penerbit yang membutuhkan penerjemah profesional untuk menerjemahkan buku-buku best seller dari berbagai negara. 

Belum lagi job penerjemah lepasan dari perseorangan dan perusahaan lainnya, sehingga potensi cuannya bagus. Selain itu bisa dikerjakan di rumah selepas pulang kerja kan?

5. Sewa Kendaraan Pribadi

Punya kendaraan pribadi? Jika tidak terpakai atau sering menganggur di hari kerja, pertimbangkan untuk disewakan. Sehingga lebih bermanfaat dan kendaraan tersebut tidak hanya terpajang di garasi. 

Pelajari sistem sewa kendaraan yang baik seperti apa untuk mencegah risiko kehilangan atau bentuk kerugian lainnya. Atau bisa juga disewakan lewat jasa penyewaan, sehingga penghasilannya nanti akan lebih pasti  

6. Menjadi Blogger

Punya hobi atau menguasai keterampilan menulis secara kreatif? Coba deh bikin blog dan menjadi blogger. Utamakan memakai website berbayar agar profesional supaya kesempatan mendapatkan uang dari blog pribadi lebih besar. 

Btw, menjadi blogger cukup potensial untuk yang mencari uang tambahan bagi karyawan. Memang butuh waktu untuk pengerjaannya, tapi kelebihannya adalah fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja. 

Apalagi enggak cuma cuan, kita juga bisa dapat banyak manfaat dari ngeblog ini, mulai dari menulis buat terapi juga sebagai sarana berbagi. Seperti blog dari teman saya, seorang penulis Balikpapan, Mba Aisyah Dian, Travel Blogger Balikpapan yang karyanya banyak menginspirasi. 

7. Menjadi Vlogger

Suka berbagi apa saja? Ada baiknya mencari uang tambahan dengan menjadi vlogger di Youtube. Istilah lainnya adalah menjadi Youtuber, sebab video yang diunggah jika sudah memenuhi ketentuan akan di-monetize

Sehingga ada tampilan iklan, iklan ini jika ditonton oleh siapa saja yang menonton video akan memberi pemasukan bagi kamu. Lalu kalau ramai, menyusul ada job untuk review...Wah, cuan deh!

8. Mulai Melakukan Investasi

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang tambahan bagi para karyawan adalah dengan berinvestasi. Saat ini semakin banyak produk investasi bisa dipilih dan dikenal mampu memberikan profit yang maksimal, di antaranya pasar saham, obligasi, reksadana, investasi emas dan lainnya.

Tapiii, bagaimana jika tidak memiliki modal cukup? Berhubung keuntungan investasi akan terasa jika nilai investasi cukup tinggi. Apabila terbentur modal yang minim, pertimbangkan mengajak teman dekat atau keluarga sendiri untuk investasi gabungan. 

Nilai investasi bisa disamakan agar lebih mudah membagi profit. Namun, pastikan untuk belajar lebih dahulu ya, jangan belajar tanpa peta atau kompas, dan hindari memakai uang panas!

Penutup

Jadi gimana, tertarik untuk mencoba salah satu cara mencari tambahan uang bagi karyawan yang mana?
Well, selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak cara mencari uang tambahan bagi karyawan bisa dilakukan. 

Banyaknya pilihan membuat para karyawan bisa memilih yang sekiranya paling sesuai. Baik dari segi modal, fleksibilitas pengelolaan, risiko, dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!💜


Salam Semangat

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan"

  1. Walau aku bukan karyawan tapi aku udah nyobain 3 dari 7 tips diatas jadi freelance, jual online dan vlogger

    BalasHapus
  2. Jadi inget youtuber story telling, si Hirotada Radifan, awalnya karyawan sambilan bikin channel. Terus lama-lama channel nya berkembang, jutaan subs eh dia resign, hihihi. Lebih banyak cuannya di sana dan dia bisa memenuhi tuntutan subs nya yang nyuruh dia bikin konten seseriing mungkin

    BalasHapus
  3. Banyak pilihan dan peluang ya agar bisa peroleh uang tambahan selain gaji bulanan. Jualan online juga cakep asal konsisten.

    BalasHapus
  4. Bagi bunda tambahan cuan cuma dari #6. Ya, sebagai blogger sering dpt CP tp itu pun seblm masa2 Pandemi. Paling asyik kl dpt dari Traveloka karena cuasnnya lumayan. Sebagai Freelancer tertarik juga tp usia tdk mengizinkan hehe karena ada persyaratan usia, biasanya usia maksimum.45 misalnya. sementara ini lg bljr bikin postingan sja dl deh.

    BalasHapus
  5. Jadi kebayang sekarang kak Dian bahwa ada uang bisa dimanfaatkan untuk memutar modal dengan cara di atas. Yang paling happy kalau bisa investasi sih yaa.. Meski sedikit demi sedikit belajarnya, lama-lama bisa terasa.

    BalasHapus
  6. Tips ini pas juga untuk para honore ya mbak. Menjadi blogger bisa tuh jadi alternatif keren untuk cari uang tambahan.

    BalasHapus
  7. Bener banget nih menjadi blogger memang nyata adanya dapat penghasilan tambahan, apalagi kalau diseriusi betul pastinya akan jadi profesi dengan penghasilan yang lebih besar dari karyawan

    BalasHapus
  8. sepakat mbak, jangan sampai deh korupsi, rejeki itu yang penting halal biar berkah buat keluarga.
    Memang ya, jaman sekarang karyawanpun bisa dapat penghasilan selain dari gaji, asal tekun mengerjakan pekerjaan sampingan

    BalasHapus
  9. Banyak juga ya pilihan untuk mendapatkan tambahan pemasukan.. Kayaknya bisa jadi pemasukan utama juga nih ..hehe

    BalasHapus
  10. Bukan karyawan juga mau deh aku cari uang tambahan :)
    Kalau ada niat & kemauan Insya Alalh selalu ada jalan untuk mencari uang tambahan ya meskipun di rumah juga

    BalasHapus
  11. Masya Allah ya jaman sekarang mau cari tambahan penghasilan ada banyak cara. Dengan memaksimalkan gadget bisaa asal telaten, tidak patah semangat.

    BalasHapus
  12. Semoga di buka,dimudahkan,dilancarkan,pintu rejeki dari segala penjuru buatku dan semua blogger disini,aamiin hehehe

    BalasHapus
  13. Alhamdullilah ya sekarang sudah banyak jalan untuk mencari tambahan penghasilan, ngak hanya untuk karyawan tapi juga ibu rumah tangga, bahkan suami istri pun bisa bekerja sama dari rumah untuk mencari tambahan penghasilan...harusnya bikin semua orang makin semangat!

    BalasHapus
  14. Peluang untuk mendapat uang tambahan itu banyak ya... Tinggal pilih mana yang sesuai dengan potensi yang dimiliki...

    BalasHapus
  15. Dari semua jenis pekerjaan yang menghasilkan uang tambahan, ternyata banyak yang dilakukan secara online ya mbak, berarti memang sekarang semua udah go digital. Semangat cari cuan :D

    BalasHapus
  16. Pertama, jadi karyawan sudah merupakan anugerah yang patut di syukuri. Kedua, sekarang makin banyak jalan untuk nambah penghasilan ya mba. Keren.

    BalasHapus