Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Minuman Harian yang Menyehatkan

Temaaan, bijak dalam memilih minuman harian akan membantu menentukan kualitas kesehatan. Pasalnya, sama seperti makanan, apa yang kita minum juga akan langsung memberi pengaruh pada badan. Oleh sebab itu, selain rutin berolahraga, kita juga bisa memaksimalkan hal tersebut dengan memilih minuman yang hendak kita konsumsi.

Apalagi, seringkali, kita hanya menjaga asupan melalui makanan saja dan melupakan bahwa sehat dari minuman juga diperlukan. Nah, jika kamu ingin mulai menjaga asupan minumanmu, kamu dapat memulai dengan minum minuman yang sehat dan mampu mendatangkan banyak manfaat.

Apa saja itu?

Rekomendasi Minuman Harian yang Menyehatkan

Rekomendasi Minuman Harian yang Menyehatkan


Well, sebagai rekomendasi, berikut beberapa jenis minuman yang terbukti baik dan aman diminum setiap hari:
 

1. Air Putih

Air putih tentu saja adalah minuman yang paling banyak direkomendasikan. Air putih menjadi juara dalam daftar minuman sehat dan aman diminum setiap hari bahkan direkomendasikan oleh para ahli. 

Kandungannya murni sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh. Selain itu tidak mengandung kalori sama sekali dan memiliki rasa yang tawar, sehingga tidak memperparah rasa haus ketika diminum. Berbeda sekali dengan minuman manis kesukaanmu seperti: boba, kopi kekinian, soda,..., yang setelahnya bisa membuat rasa haus semakin menjadi-jadi.

Oia, menurut Kemenkes RI, orang dewasa idealnya minum 2 liter air putih atau setara 8 gelas per hari. Sudahkah kamu memiliki kebiasaan ini? Jika belum, jangan ditunda, yuk dimulai sekarang juga!


2. Air Kelapa

Sebagai negara tropis Indonesia menjadi salah satu negara tempat dimana pohon kelapa tumbuh dengan suburnya. Hal ini patut disyukuri, sebab dari pohon inilah kita bisa mendapatkan minuman harian yang menyehatkan, yakni air kelapa.

Ya, air kelapa yang diketahui mengandung kalium yang tinggi sehingga efektif menstabilkan pH di tubuh kita. Selain itu, air kelapa juga dikenal mengandung elektrolit sehingga efektif mengatasi rasa haus. Nilai tambah lainnya adalah rasa yang segar karena memiliki rasa manis yang tipis dan pas di lidah orang Indonesia.

Apalagi air kelapa yang menyehatkan tidak hanya dari kelapa muda saja, bahkan air kelapa tua juga direkomendasikan.


3. Susu Sapi Maupun Susu Kambing

Suka minuman harian yang sehat dan tidak tawar? Selain air kelapa, ada satu lagi minuman sehat yang memiliki rasa manis dan gurih, yakni susu, baik itu susu sapi maupun susu kambing.

Indonesia memiliki hasil susu sapi dan kambing yang berlimpah dan keduanya adalah pilihan baik. Kandungan kalsium dan nutrisi lain di dalamnya mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak cukup hanya dipenuhi dari makanan sehari-hari. Jadi susu pas sebagai opsi minuman harian yang menyehatkan.


4. Seduhan Rempah

Indonesia juga kaya akan aneka jenis rempah dan beberapa di antaranya bisa diseduh lalu airnya diminum. Masyarakat Indonesia sejak zaman dulu bahkan rutin minum jamu yang merupakan minuman hasil olahan rempah-rempah. Ada jamu kunyit asem, beras kencur, pahitan, sinom, dan lainnya.

Jika saat ini kesulitan mendapatkan jamu tradisional maka kamu bisa menyeduh sendiri irisan jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan lain-lain. Setiap jenis rempah punya manfaat tersendiri untuk kesehatan. Jahe misalnya, kandungan antioksidan dan efeknya mampu menghangatkan badan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Minuman Harian yang Menyehatkan


5. Jus Buah dan Sayuran

Kemudian, rekomendasi minuman harian yang menyehatkan selanjutnya adalah jus buah dan sayuran. Jus sayuran maupun buah-buahan mengandung banyak serat, mineral, dan aneka jenis vitamin yang tentu dibutuhkan oleh tubuh. Jika jus sayuran terasa kurang pas di lidah maka bisa dicampur dengan buah-buahan agar ada rasa manisnya. 


6. Air Perasan Jeruk

Beberapa jenis buah mengandung air yang berlimpah dan bisa diperas kemudian diminum rutin. Salah satu rekomendasinya adalah jeruk, dimana jenis tertentu memang bisa dijadikan minuman jeruk peras.

Rasa manis dan asam yang berpadu ternyata selain menyegarkan juga baik bagi kesehatan. Minuman ini tentu aman diminum setiap hari, dan akan lebih sehat jika tanpa tambahan gula.

Penutup

Nah, di antara contoh minuman harian yang menyehatkan itu, yang manakah favoritmu?

Well
, memulai hidup sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi asupan yang bernutrisi untuk kesehatanmu. Dengan minuman sehat ini, kamu akan berinvestasi pada tubuhmu di hari tua nanti. Maka, yuk ganti minuman kurang sehatmu dengan minuman harian yang menyehatkan!

Minuman yang menyehatkan tubuh yang akan memberikan efek positif, badan menjadi lebih bugar, pikiran segar sehingga diri terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu penting untuk membiasakan diri minum minuman harian yang sehat seperti rekomendasi di artikel ini.💚


Salam Sehat

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "6 Rekomendasi Minuman Harian yang Menyehatkan"

  1. Bener banget nih
    Terkadang kita lebih fokus pada asupan makanan daripada minuman, padahal keduanya haruslah diperhatikan
    Untuk menyiasati ketidaksukaan penghuni rumah dengan air putih, saya sering membuatkan infuse water, agar kebutuhan cairan tetap mereka terpenuhi, jadi mereka mendapatkan manfaat dari air putih dan ada rasa dari buah-buahan yang direndam di dalamnya
    Selain itu juga saya jadi rajin membuat macam-macam jus buah agar mereka tidak bosan

    BalasHapus
  2. Setuju, minuman juga merupakan hal yang krusial agar tubuh kita selalu sehat.

    Saya suka semua minuman yang ada di list mbak. Tapi untuk minuman tertentu, lebih suka yang dingin. Air kelapa salah satunya.

    BalasHapus
  3. Sejak hampir sebulan dan ini lagi, flu, batuk, demam menyerang bergantian anggota keluargaku Mbak, duh rasanya pengin bikin ramuan rempah gitu juga.

    Bisa jadi ni aku buat juga ah... Kalau air putih pasti, kelapa iya tapi gak sering. Minuman rempah biar aku dan anak² juga suka untuk daya tahan tubuh

    BalasHapus
  4. Wah semua daftarnya memang kesukaan saya semua nih. Setiap Minggu, Alhamdulillah wajib nih minum minuman ini. Tapi yang agak kurang air kelapa.

    BalasHapus
  5. waaaa ini yang kucari nih mbak, auto langsung kubintangin dan kucatat di buku untuk bahan-bahannya. apalagi cuaca pancaroba gini, butuh minuman yang tak hanya penghilang dahaga saja, tapi kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

    BalasHapus
  6. Nah iya nih.. ingin sekali hidu sehat dengan konsumsi makanan dan minuman sehat agar kualitas hidup juga meningkat.
    Konsisten minum perasaan lemon setiap pagi, misalnya.

    BalasHapus
  7. Setuju nih, dulu saat hamil juga sering minum air kelapa muda atau kalau di daerahku sering disebut degan

    BalasHapus
  8. Wah iya, banyak juga minuman harian yang enak untuk dinikmati sehari-hari ya mbak
    Selain air putih, aku suka minum air rebusan rempah

    BalasHapus
  9. Semuanya aku suka kecuali minuman rempah mbak. Entah kenapa tiap mau minum udah merinding duluan. Padahal khasiatnya bagus ya.

    BalasHapus
  10. Hampir semua sudah saya minumhanya susu kambing yg belum pernah. Jamu ibu saya jualan jd hampir tiap hari saya minum

    BalasHapus
  11. favorit saya air putih, selanjutnya adalah jus buah, kalau susu dan air kelapa jarang minum sih

    BalasHapus
  12. Lagi sering minum jus nih, ikutan paksu biar sehat, tepatnya smoothie sih, biasnya sayur am buah dicmpur trus diblender sama air atau susu, enak dan bikin kenyang

    BalasHapus
  13. Kalau saya merutinkan minum air hangat plus perasaan jeruk nipis ditambah madu. Enak banget ke badan. Saya minum ini tiap pagi. Dulu sering juga sih bikin minuman rempah, sekarang udah jarang

    BalasHapus
  14. Susu kambing belum pernah nyobain, kalau yang lainnya sukaaa. Memang minuman menyehatkan gini lebih kerasa nyaman di badan ketimbang yang manis-manis atau perbobaan.

    BalasHapus
  15. Aahh,, saya juga suka semua nih list minuman ini.. Kecuali untuk susu kambing.. Mungkin belum terbiasa saja ya dengan bau nya.. Kalo susu kambing murni duh gak kuat baunya deh.. Mungkin kalau udah diolah jd bubuk gak terlalu bau ya.. Hehee,, tp memang sehat semua sih ini tu..

    BalasHapus