Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mortgage Calculator, Tempat Anak Bermain dan Belajar Literasi Keuangan

Mortgage Calculator Money Games adalah tempat yang tepat bagi anak untuk bermain game sekalian belajar literasi keuangan. Pasalnya, situs Mortgage Calculator Money Games tidak hanya menawarkan lusinan video games online untuk anak-anak yang menyenangkan, gratis, dan bebas iklan, tapi juga memiliki berbagai kategori pilihan. Sebut saja, ada Real Estate Games, Grocery Store Games, Business Simulation Games, Money Games, ...dan masih banyak lagi permainan yang lainnya.

Seruuuuu! 

Yup, website Mortgage Calculator Money Games dengan aneka games tentang literasi keuangan cocok dimainkan anak-anak terutama di saat momen liburan seperti sekarang. Apalagi, hari gini mengenalkan literasi keuangan sejak dini pada anak-anak penting sekali. Mengingat untuk menjadi pribadi yang melek finansial, anak sebaiknya mengetahui segala hal tentang uang dan melengkapi diri dengan solusi yang dibutuhkan agar mampu membuat keputusan keuangan yang baik di masa depan.

Mortgage Calculator, Tempat Anak Bermain dan Belajar Literasi Keuangan

Manfaat Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini 

Well, saat ini seringkali kita temui, anak muda yang sudah memiliki penghasilan sendiri tapi enggak punya tabungan, punya banyak hutang, dan tak peduli pada investasi. Penghasilan yang diterima hanya sekadar lewat saja, nyaris habis untuk membayar cicilan plus bunga, sisanya ambyar entah kemana! 

Hal ini tentunya akan mengakibatkan adanya risiko finansial yang akan dihadapi oleh generasi ini di masa nanti. Karenanya, belajar literasi keuangan sejak dini penting adanya, mengingat manfaatnya:

1. Mengembangkan kebiasaan positif

Mengajarkan literasi keuangan sejak dini membantu mengembangkan kebiasaan positif anak, terutama tentang nilai kerja keras, disiplin, tanggung jawab, dan keberanian untuk mengambil keputusan finansial yang bijaksana. Sebuah keterampilan dan nilai-nilai yang penting untuk kesuksesan keuangan di masa depan mereka.

2. Memupuk sikap hemat

Anak yang diajarkan literasi keuangan sejak dini cenderung memiliki sikap yang lebih hemat. Sebab mereka belajar pentingnya menabung, membuat pilihan cerdas dalam pengeluaran, menghindari perilaku boros, juga lebih menghargai nilai uang.

3. Pembelajaran keterampilan finansial

Dengan belajar literasi keuangan, anak akan belajar keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengelola uang mereka sendiri, belajar tentang pengeluaran, menabung, penganggaran dan investasi. Sebuah pembekalan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola keuangan di masa mendatang.

4. Mendorong kemandirian finansial

Mengenalkan literasi keuangan sejak dini membantu anak-anak untuk menjadi lebih mandiri secara finansial. Mereka akan belajar mengatur uang sendiri, membuat keputusan tentang bagaimana menggunakan atau menabungnya, juga memahami konsekuensi dari setiap pilihan yang mereka buat. Hal ini akan membantu anak-anak menjadi lebih mandiri secara finansial saat dewasa.

5. Mencegah masalah keuangan di masa depan

Belajar literasi keuangan sejak dini, akan membangun dasar yang kuat untuk mengelola keuangan anak di masa nanti. Anak akan belajar bagaimana menghindari hutang yang berlebihan, mengelola pengeluaran, dan memahami pentingnya memiliki tujuan keuangan. Semua ini bisa membantu mencegah masalah keuangan yang mungkin timbul di kemudian hari.

Cara Mengenalkan Literasi Keuangan Sejak Dini

See, banyak ya manfaat belajar literasi keuangan sejak dini. Aseliii, ini adalah langkah penting untuk membantu anak-anak memahami konsep keuangan, mengembangkan kebiasaan pengelolaan uang yang bijaksana, dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik secara finansial. 

Jadi, yuk kita lakukan dengan cara:
  • Berbicara secara terbuka pada anak tentang pentingnya uang, konsep bekerja untuk dapat uang, gunakan uang dengan bijak,  menabung, bersedekah, dan lainnya.
  • Menyediakan celengan untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, membagi uang mereka ke dalam beberapa bagian, seperti tabungan, pengeluaran, dan donasi.
  • Mengajarkan perbedaan antara kebutuhan (seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal) dan keinginan (seperti mainan atau camilan), agar anak bisa mengutamakan kebutuhan dan membuat keputusan bijaksana dalam pengeluaran. 
  • Melibatkan anak dalam anggaran keluarga dan pengambilan keputusan keuangan sehari-hari, seperti pendapatan digunakan untuk bayar tagihan, beli kebutuhan, menabung, dan berinvestasi.
  • Membaca buku dan menonton konten tentang literasi keuangan, sebagai cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, nikmati keseruannya lalu diskusikan isi cerita/kontennya.
  • Ajarkan konsep dasar tentang investasi kepada anak-anak, seperti menabung di bank, juga investasi jangka panjang, seperti membeli saham atau reksa dana.
  • Contohkan perilaku keuangan yang baik dengan menunjukkan bagaimana kita membuat keputusan bijaksana dalam pengeluaran, menabung, dan berinvestasi.
  • Bermain permainan edukatif tentang keuangan, misalnya monopoli atau video games online seperti Mortgage Calculator Money Games, yang bisa membantu anak-anak memahami konsep pendapatan, pengeluaran, investasi, dan risiko.
  • Bantu anak menetapkan tujuan keuangan, misalnya menabung dulu untuk membeli mainan tertentu. Lalu, berikan penghargaan ketika mereka bisa mencapai tujuan.

Bermain Game Sekalian Belajar Literasi Keuangan di Mortgage Calculator Money Games


Well, dunia anak adalah dunia bermain. Oleh sebab itu, meski kita ingin mengajarkan literasi keuangan pada mereka jangan sampai juga membuat mereka bosan atau bahkan merasa tertekan. Nah, cara yang menyenangkan adalah melalui bermain video games online yang sederhana dan mudah dipahami oleh mereka. Di antaranya deretan games online menarik dari Mortgage Calculator berikut ini!

Money Games

Aneka permainan menghitung uang, sebuah cara menyenangkan untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, perkalian, sambil belajar tentang uang dan bonusnya berlatih bahasa Inggris! Di antaranya:
Treze Coins adalah permainan penambahan uang sederhana di mana anak-anak menambahkan koin untuk disetorkan ke gumball machine. Permainan ini membuat anak belajar mengenali denominasi uang dan memilih sesuai dengan yang diminta. Juga, sekaligus belajar bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis yang menjadi bahasa pilihannya.


Mortgage Calculator Games
Games 'kasir-kasiran' di mana anak-anak akan belajar mengoperasikan mesin kasir di grocery store. Sebuah games yang seru dan menyenangkan, karena anak akan belajar konsep dasar uang dengan menghitung barang, menjumlahkan harga, memberikan kembalian, dan menyerahkan struk belanja yang harus dilakukan secara tepat, sebab akan berpengaruh pada perolehan score yang didapat.


Mortgage Calculator Money Games
Cash Back adalah permainan di mana pemain memberikan kembalian yang benar kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin. Di sini anak-anak akan belajar konsep penjumlahan dan pengurangan juga memilih kombinasi uang yang berbeda sesuai dengan jumlah kembaliannya pada waktu yang telah ditentukan. Semua harus dilakukan secara cepat dan tepat, sebab akan berpengaruh pada perolehan sales yang didapat.


Cash Back Games Mortgage Calculator

Restaurant Simulation Games

Game Simulasi Restoran di mana anak-anak belajar menjalankan kedai kopi, kios burger, atau pizzaria. 

Di antaranya game Pizza Cafe, sebuah permainan simulasi restoran di mana anak-anak harus dengan cepat melayani setiap pesanan pengunjung kafe pizza persis seperti yang mereka minta. Di sini mereka akan berlatih manajemen restoran mulai dari mengetahui pesanan pelanggan, memastikan resep pizza, menyiapkan pesanan dengan benar, menyajikan, dan memesan bahan yang kurang, sehingga pelanggan puas dengan layanan restoran. Karena jika tidak, pelanggan akan pergi dan kecewa. 

Beneran seruuuu, sebab anak bakal mengenal konsep mendapatkan uang dengan bekerja/berwirausaha dengan tekun, cepat dan tepat sehingga pelanggan puas dengan produk/jasa mereka. 

Pizza Cafe Restaurant Simulation Games

Environmental Games

Lingkungan kerja adalah bagian dari lingkungan alam. Sebagian besar bisnis bergantung pada sumber daya alam sebagai bagian dari rantai pasokan atau distribusi mereka. Maka penting kiranya untuk mengenalkan lingkungan alam pada anak melalui permainan seperti game Wind and Solar

Sebuah permainan energi berkelanjutan di mana pemain menyesuaikan penempatan kincir angin dan panel surya untuk memaksimalkan produksi energi. Di sini anak akan belajar tentang energi berkelanjutan dan menyesuaikan pilihan sumber daya yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.


Wind and Solar Mortgage Calculator Games

Real Estate Games

Sebuah permainan tentang jual beli properti, bikin kota LEGO yang berkembang pesat, dan membersihkan kekacauan juga kuman. Salah satunya adalah game The Loud House Germ Skirmish yakni game desinfektan rumah di mana anak-anak akan membantu Lincoln Loud membersihkan rumah dan mencegah terjadinya terinfeksi virus berbahaya di sekitarnya. Dengan 3 mode game yang ada mereka akan belajar untuk peduli dan melindungi diri dari kuman, menjaga kebersihan dan kesehatan, 

mortgagecalculator money games the loud house germ squirmish

Bermain dan Belajar Literasi Keuangan di Mortgage Calculator

Well, mengajarkan literasi keuangan sejak dini pada anak-anak adalah investasi jangka panjang yang berharga. Semua ini akan membantu mereka membangun pondasi yang kuat dalam mengelola keuangan, menghindari masalah yang ditimbulkan, dan menjadi lebih mandiri secara finansial di masa dewasa.

Nah, konsep bermain dan belajar yang tersedia melalui aneka game seru di Mortgage Calculator Money Games bisa jadi solusi untuk pengenalan literasi keuangan sejak dini. Bahkan tidak hanya cocok untuk anak, bermain games yang ada di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ pun pas buat emak, bapak,...dan semua! 

Jadi, selamat bermain dan belajar ya! Oia, ingat untuk tetap bijak saat memainkannya dan selalu dampingi putra-putri kita! 💗


Salam

Dian Restu Agustina
















Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

41 komentar untuk "Mortgage Calculator, Tempat Anak Bermain dan Belajar Literasi Keuangan"

  1. Wow 😍 nampaknya game ini bagus banget buat mengajarkan cara mengelola keuangan kepada anak dengan cara yang menyenangkan!
    Nama lengkap gamenya apa ya? Aku searching di play store, banyak banget aplikasi yang serupa. Jadi nggak tahu yang mana yang ditulis di blog ini

    BalasHapus
  2. Cashback ini permainan yang bagus banget untuk mengedukasi anak soal kembalian. Jadi si anak bagus dalam menghitung. Memang semua permainan dalam mortgage menarik untuk dimainkan anak agar lebih pandai dalam keuangan.

    BalasHapus
  3. Cashier simulator gampang banget dipraktikan dan bisa jadi ide permainan untuk anak-anak biar lebih paham berhitung dan paham alur jual beli, seru nih gamenya

    BalasHapus
  4. Wah, dp main games yg bisa nikin kecanduan tanpa segi pisitifnya maka Mortgage Calculator Money Games ini sangat banyak segi posififnya mengajarkan anak utk mengenal banyak ya senses yg hrs dicamkam dlm hati dan pikiran a.l. sense of responsibility dll. Tmp memang hrs dimulai sedini mungkin sejalan dengan pendampingan dari para ortu mungkin ya.

    BalasHapus
  5. Aku langsung tertarik sama Cashier Simulator dan Pizza Cafe hahaha :D Bagus ya Mortgage Calculator Money Games ini buat anak2, melatih dan mengenalkan mereka pengelolaan keuangan sejak dini. Permainannya seru semua tuh, tinggal pilih aja mau main yang mana. Real Estate Games juga ga kalah asyiknya ya. Kasih tau anak2ku ah :D

    BalasHapus
  6. Iyaps..alangkah baiknya jika anak dikenalkan perihal literasi keuangan sejak dini. Apalagi lewat cara menyenangkan misalnya lewat games
    Dari kebiasaan simpel ini, anak perlahan akan bisa memahami konsep keuangan dan belajarmengolah agar lebih bijak

    BalasHapus
  7. Dulu belajar keuangan paling dari jualan ya, uang palsu bahkan pakai daun. Sekarang bisa pakai game. Beneran ngikutin perkembangan zaman. Jadi lebih mudah juga ya memahaminya

    BalasHapus
  8. Membuat anak-anak ini memiliki keterampilan dalam mengatur keuangan sejak dini ini penting sekali diajarkan ya.. Karena akan membawa ke karakter sang anak dalam menghargai uang. Seperti diperoleh dari mana dan dihabiskan untuk apa saja.
    Dan dengan menggunakan Mortgage Calculator Money Games, maka anak akan terbantu memahami konsep keuangan dengan lebih mendetail.

    BalasHapus
  9. Aku tandai nih ma buat anak,biar liburan kali ini main game ini ajalah sebab banyak di rumah otomatis gak ada alasan gak main hp, hahahaha. Cocok nih mainannya buat ngajarin anak soal keuangan

    BalasHapus
  10. Saya setuju dengan konsepnya nih. Mengajari anak tentang keuangan melalui game. Saya save dulu saja kalau pas moment-nya anak pas, bisa mengenalkan ke mereka.
    Dulu si si anak 1 dan 2 saya kenalkan game berjualan lemon, tapi kalau dipikir-pikir bagusan ini.

    BalasHapus
  11. Bermain game juga ternyata banyak manfaatnya ya mbak, salah satunya meningkatkan keterampilan literasi finansial anak . Memang harus selektif sih yaa. Thanks infonya ya mbak

    BalasHapus
  12. Iya mbak
    Aku juga ajak anak anakku main game Mortgage Calculator Money Games ini
    Mereka paling suka yang game kasir itu

    BalasHapus
  13. Aku tertarik dengan Cashback buat main dengan anak. Biasanya sambil antre di kasir kami tebak-tebakan jumlah belanjaan dan uang kembaliannya. Main juga ah ke mortgage calculator.

    BalasHapus
  14. Game mortgage calculator ini memang cocok buat belajar tentang literasi keuangan. Game ini buat anak-anak juga cocok karena tidak rumit, bahkan gamenya simple.

    BalasHapus
  15. Belajar dengan cara yang fun begini pastinya akan mudah sekali diterima oleh anak-anak. Dan bersama Mortgage Calculator Money Games, anak bisa mengenal konsep keuangan sedari dini.

    BalasHapus
  16. Seru juga ya games tentang literasi keuangan. Jadi belajar sambil fun. Bole juga untuk dimainkan si kecil ya

    BalasHapus
  17. Games sederhana, bisa dimainkan segala usia dan punya manfaat yang ciamik. Jadi bisa mengajarkan anak tentang literasi keuangan melalui hal yang mereka sukai yaitu main game. Kereeen

    BalasHapus
  18. Saya juga sudah buka Mortgage Calculator ini, Mbak .... saluut ... banyak banget game yang bisa mengajari anak keterampilan manajemen atau tentang keuangan dan bisnis.

    BalasHapus
  19. Di mortgage calculator saya paling suka main restoran dan cafe.
    Anak saya suka yang membangun kota itu.
    Saya lupa nama gamesnya

    BalasHapus
  20. wahhh mortagage ini ada games keuangannya jg ya, jd fiturnya byk nih. bgs bgt bs memberikan literasi keuangan sjk dini

    BalasHapus
  21. Terima kasih referensi nya.. bagus banget nih apalagi lagi libur jadi pingin kenalin ke anak-anak

    BalasHapus
  22. nah, ini yg asyiiikk ya mba.

    anak2 anggapnya lagi main main ajaaa

    padahal belajaarrrr ttg literasi keuangan secara fun

    BalasHapus
  23. Sepertinya yang Real Estate Games itu seru dan mengasyikan. Jadi penasaran pengen nyoba juga. Lagian nggak harus download di Playstore juga jadi lebih sat set.

    BalasHapus
  24. Wah ini gamenya seru-seru banget ya mbak, jadi pingin main juga, sekalian bisa main sama anak ya... aku pelan2 juga mulai mengajarkan literasi keuangan pd anak, tips2 di atas bagus sekali mba, jadi masukan buat sharing bersama anak, terima kasih

    BalasHapus
  25. Motagage menghadirkan permainan tentang keuangan keren keren nih. Fiturnya juga lengkap. Ini bukan anaknya aja yang seneng, aku pun juga penasaran pengen coba main hehe

    BalasHapus
  26. ada banyak cara ya, mbak untuk mengajarkan ilmu financial kepada anak termasuk lewat game di mortgage calculator ini

    BalasHapus
  27. mortgage calculator ini emang seru
    Aku sudah ajak anak anakku mencoba beberapa permainan di game ini mbak

    BalasHapus
  28. Game ini seru banget karena bisa diakses via browser, ya, Mba. Apalagi tak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga pembelajaran keuangan. Ohya, saya udah coba yang Wind and Solar. Langsung terpikat pengen ngegame terus. Hahaha.

    BalasHapus
  29. Naah gini nih permainan yang keren. Aku langsung kasih link tulisan ini ke adikku biar dia bisa instal permainan yang cocok yang bisa dimainkan oleh ponakanku. Untungnya ponakanku masih jauh dari kecanduan gadget. Tapi paling gak kalau nanti akan diperkenalkan ke permainan, bisa pilih salah satu atau beberapa permainan yang mbak Dian ulas ini.

    BalasHapus
  30. Bagus nih. Jadi main game juga ada manfaatnya bahkan ini ilmunya bisa diterapkan saat sudah memasuki dunia kerja dan rumah tangga.

    BalasHapus
  31. asyik asyiiikkk

    ini sarana efektif utk ajarkan literasi financial ke anak ya mba.
    bisa belajar dgn fun💯😍

    BalasHapus
  32. Keren banget ada Mortgage calculator money games. Ini bisa juga jadi sarana edukasi dan pengenalan awal tentang money math untuk anak-anak.

    BalasHapus
  33. Solutif banget Mortgage Calculator ya?
    Karena jangankan anak-anak, orang dewasa pun banyak yang minim literasi keuangan
    Dengan adanya Mortgage Calculator Money Games, setiap orang bisa belajar dan melatih literasi keuangan dengan happy

    BalasHapus
  34. Nah ini nih aplikasi bermanfaat. Sembari bermain, anak-anak belajar tentang literasi keuangan. Saya setuju dengan pernyataan di atas, anak-anak harus mengenal hal ini justru sejak/sedari muda. Supaya mereka tahu asal usul pendapatan, betapa berharganya nilai dan makan uang, bagaimana mengatur keuangan, menata hingga keuangan bisa menghargai makna uang, Salut banget untuk yang menciptakan program ini.

    BalasHapus
  35. Coba gamesnya ah....penasaran nih dengan money games gini...izin coba ya....

    BalasHapus
  36. Ada games terang resto juga..
    Wah ini sih menyenangkan main games di Mortgage ini. Terbilang lengkap dan bisa sekaligus belajar tentang keuangan juga ya

    BalasHapus
  37. Seru banget ya kak di Mortgage Calculator banyak pilihan games yang bisa memperkenalkan literasi keuangan ke anak-anak dengan cara yang menyenangkan

    BalasHapus
  38. Utamakan konsep mengenal uang dari mulai hal sederhana yang bisa dimainkan di Mortgage Calculator Money Games yaa.. Setelah itu, tidak lupa mengenalkan makna bersedekah agar balancing lyfe.

    BalasHapus
  39. Bermain dan belajar yang seru ya, apalagi buat anak yang lagi doyan banget main gane dengan gawai. Cocok nih

    BalasHapus
  40. wah seru sih kalau belajar sambil main game gini.. tapi perlu pengawasan ortu tetep ya, biar ga keterusan main gamenya xD hihihi

    BalasHapus