Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Parfum

Gaiss, sebelum ngobrolin tips memilih parfum, saya ingin cerita dulu tentang Parfum ONE Jessica Mila yang kembali menyedot perhatian saya saat pernikahan Jessica Mila dan Yakub Hasibuan menjadi trending topic dimana-mana. 

Ya, mengikuti berita pernikahan mereka, selain membuat saya teringat akan kiprah Jessica Mila di dunia entertainment, juga jadi terkenang dengan parfum ONE, brand parfum yang dirilis oleh Jessica Mila pada September 2021 lalu.

Well, Jessica Mila meluncurkan ONE, merk parfumnya sendiri, sebuah wewangian yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan karakternya, yang telah menjadi impiannya sejak lama. 

Nah, saat peluncuran itu, saya termasuk salah satu blogger yang berkesempatan mencoba parfum ONE, yang untuk memastikan kualitas terbaiknya, Jessica Mila terlibat langsung dalam setiap tahapan proses penggarapannya. Termasuk memilih sendiri bahan-bahan yang berasal dari Italia, mempekerjakan pembuat parfum terbaik dari Perancis, dan menggandeng ahli parfum dari Jerman dengan segudang penghargaan.

Karenanya, parfumnya jadi istimewa!

So, saat heboh acara married Jessica Mila-Yakub Hasibuan, saya jadi teringat wanginya ONE dan pengin pakai lagi parfum ini. Saya lalu googling cari info bisa beli dimana. Dan nemu akun IG resminya ONE (@byjessicamila), yang kasih pilihan link official olshop salah satunya ke akun 'Beautynow Official' di toko ijo langganan saya. Saya klik dan lihat ada promo 'Buy 1 Get 1 Free' Full Size (50 ml) seharga 499K...,  check out deh!

[Beli dua? Haha, gapapa, yang satu buat Ibu saya! πŸ˜€]

Tips Memilih Parfum

Tips Memilih Parfum Sesuai Kepribadian


Well, kalau soal parfum saya tuh termasuk yang loyal. Jadi kalau suka sama satu wewangian tertentu, ya bakal setia pakai itu. Kalaupun coba yang lain lagi dan ada yang sreg di hati, ya nanti-nanti beli..

Nah, memilih parfum yang tepat memang susah-susah gampang karena banyaknya pilihan. Biar enggak kebingungan berikut ini beberapa tips memilih parfum yang saya lansir dari berbagai sumber, yang dapat membantu kamu dalam memilih parfum favoritmu!

1. Kenali jenis aroma yang kamu suka, misalnya floral (bunga), fruity (buah), woody (kayu), oriental (timur), atau fresh (segar). Dari sini kamu bisa saring pilihan parfum yang cocok dengan preferensimu. 

2. Ketahui komposisi parfum, di mana ada tiga "notes" yang terbentuk seiring waktu pemakaian, yaitu notes atas (top), tengah (middle), dan dasar (base). Top note itu aroma yang pertama kali tercium saat menyemprotkan parfum, middle note, aroma yang muncul setelah beberapa saat, dan base note adalah aroma yang bertahan lama. Perhatikan komposisi, pastikan dirimu menyukai semua tiga notes itu. 

3. Uji sebelum beli. FYI, setiap parfum akan berinteraksi berbeda dengan kulit dan dapat berbau berbeda pada setiap individu. Maka coba dulu saja, misalnya pas di mall mintalah paper perfume tester atau perfume sampel untuk dicoba sebelum memutuskan membelinya.

4. Sesuaikan dengan suasana dan acara. Kalau untuk kegiatan sehari-hari, kamu bisa pilih parfum yang ringan dan segar. Sementara untuk acara formal  pakai parfum yang lebih intens dan elegan. 

5. Pilih yang cocok dengan kepribadian sebab parfum bisa jadi cerminan dirimu. Maka pilih yang sesuai dengan gaya dan suasana hatimu, apakah dirimu pribadi ceria, terbuka, misterius, sesuaikan aromanya!

6. Pertimbangkan anggaran, karena parfum bervariasi harganya. Coba cari promo penawaran diskon atau promosi yang mungkin tersedia. 

7. Konsultasi dengan sang ahli. Kalau dirimu masih bingung juga, coba tanya-tanya saja pada Mbak/Mas sales assistant yang ada di gerai parfum, pasti dirimu bakalan dibantu menemukan wangi yang cocok dengan preferensi dan kebutuhanmu

 
Parfum ONE Jessica Mila
Jessica Mila saat peluncuran parfum ONE, Sept 2021

Tentang Parfum ONE Jessica Mila


Nah, balik lagi ke Parfum ONE Jessica Mila ya...

FYI, nama parfum ONE Jessica Mila ini, diambil dari diversity in one, karena filosofi parfum yang mengambil tema keberagaman. Yang mana beragam bahan dipakai oleh parfum ONE, yang berasal dari latar berbeda yang menjadi indah saat disatukan.

Nah parfum ONE Jessica Mila, untuk top note beraroma jeruk bali dan leci, berpadu dengan middle note beraroma mawar dari selatan Perancis dan melati dari Jawa. Sementara di bagian base note, adalah campuran aroma anggrek vanili Sumatra, biji tonka Afrika, oakmoss Perancis yang sensual, dan ambergris Bahama.

Jadi kebayang kan uniknya! Tahan lama pula wanginya!

Oia, ONE ini termasuk kategori Eau de Parfum (EDP) yang memiliki konsentrasi wangi yang lebih tinggi dibanding Eau de Toilette (EDT) maupun cologne, ya...Jadi aromanya memang kuat dan lebih melekat, sehingga untuk sehari-hari (di rumah) kurang tepat.

Karenanya saya biasa pakai saat jalan bareng keluarga di akhir pekan, juga kalau ada kegiatan. Meski terkadang pakai juga sih di rumah sambil dasteran kwkw. Gapapa kan, kalau lagi pengin mood booster, diri yang wangi meskipun sambil nyuci itu bakal meningkatkan rasa percaya diri dan terhempaskanlah si moody!

Sayangnya, parfum ONE Jessica Mila ini kemasannya gede (50 ml), jadi enggak travel friendly. Mesti dibawa pakai traveling bag, kalau di hand bag ya bakal rebutan tempat sama dompet. Kalau mau yang unyu, dirimu beli yang paket Gift Box ONE (50 ml EDP Intense + 5 ml EDP Travel) yang ada ukuran mininya.

Well, last but not least, ingat..ingat... tentang tips memilih parfum, pemilihan parfum adalah hal yang sangat subjektif. Apa yang bekerja untuk orang lain belum tentu cocok untuk kamu. Percayalah pada instingmu dan pilihlah parfum yang membuat kamu merasa percaya diri dan nyaman seperti adanya dirimuuuuu! 

Oia, dirimu suka wewangian apa? Aroma floral, fruity, woody, green, musk, citrusy....atau apa nih?πŸ’—


Salam

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Tips Memilih Parfum"

  1. Urusan parfum memang gak boleh salah pilih ya mbak.
    Soalnya biar tetap semerbak wanginya. Apalagi kan kalau tahan lama tuh memang bikin PD. Parfum One ini bisa jadi rekomennya

    BalasHapus
  2. Baca reviewnya jadi pingin
    Saya penyuka parfum Mbak Dian, karena dulu ibu saya bilang bahwa perempuan harus wangi
    Apalagi parfum Jessica ini perpaduan aroma bunga dan buah
    Jadi bisa dipakai sehari-hari

    BalasHapus
  3. aku lagi nonton series 'mariage with benefit' yg dibintangi jessica mila.
    dan baca artikel ini kebayaangggg betapa endeus aromanyaaa
    karrna jessica tuh asyiikk bgt orangnya yha

    BalasHapus
  4. Kalo lihat ingredientsnya berarti ONE ini campuran antara beberapa range bahan dasar ya. Percampurannya tentu sangat unik dan tak mudah menemukan pecintanya. Karena sebagian besar orang Indonesia biasanya fokus pada satu materi inti saja.

    Baca ini mendadak ingat delapan tahun kerja di produsen fragrance & flavour essence sebelum saya pensiun. Ngutak-ngatik raw materials di ruang aplikasi tuh asik banget. Duduk bisa berjam-jam sembari melatih dan menguji penciuman. Salah satu kegiatan di kantor yang paling saya sukai. MashaAllah. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan.

    Kalau saya pribadi lebih suka essence buah. Rasanya segar banget. Sepertinya layaknya kita menikmati buah-buahan.

    BalasHapus
  5. keren ya, Jessica Mila mengeluarkan parfum produk sendiri bernama parfum ONE. Pastinya Jessica Mila sudah melakukan riset dan percobaan, sehingga mendapatkan aroma parfum yang pas ya, Mbak. Hanya mungkin, bisa dibuat lagi yangb ukuran mini, agar bisa dibawa traveling.

    BalasHapus
  6. Kalau saya suka yang fruity, Mba. Suka yang cenderung segar atau sporty itu, bukan yang cenderung feminin :-D
    Baca ingredients-nya parfum ONE ini beneran sesuai dengan nilai yang diangkat tentang keberagaman dan justru bikin menarik sekaligus penasaran untuk nyoba..

    BalasHapus
  7. Penasaran nih ama parfumnya Jessica Milla yang One ini. Sewangi apa ya parfumnya. Saya senengnya yang nuansa floral gitu Mba. Memang kalau pilih parfum harus disesuaikan kepribadian, tiap orang seleranya beda soalnya

    BalasHapus
  8. Wah penasaran gimana bau parfumnya, campuran antara aroma jeruk dll gitu dari bahan beda2 jd satu kyk nama brandnya.
    GPP mbak 50 ml masih bisa dimasukin tas hihihi. Yang penting pas traveling tetep wangi yaa :D
    Keren banget mbak jesmil punya parfum, moga sukses niihh :D

    BalasHapus
  9. Yes pakai parfum selain bikin harum juga bikin kita bahagia ya mbak ga ada deh tuh mudi²an lagi heheeπŸ˜ƒ

    BalasHapus
  10. Kalau dari penjelasan kak Dian, wangi parfum Jessica Mila ini seger yaa..
    Rasanya menambah semangat sehari-hari dengan kesegaran buah dan bunga. Tapi ada beberapa wewangian yang aku gak paham, kaya di base notenya yakni biji tonka Afrika, oakmoss Perancis, dan ambergris Bahama.

    BalasHapus
  11. Soal parfum prefer beli ditempat bukan lalui onlinshop, karena aku sendiri tidak sebegitu paham soal nama nama.pewangian. lebih suka mencium harumnya langsung menusuk ke hidung

    Tapi kalo parfumnya artis pasti wangi mewah dan pastinya tahan lama kan. Cocok lah sama harganya

    BalasHapus
  12. Kebetulan banget nih aku lagi cari parfum. Cobain ah, beli parfum One by Jesica Milla. Penasaran banget sama aromanya yanghasil campuran dari berbagai bahan. Terpenting wanginya tahan lama, karena memang aku pakai parfum pas di luar rumah doang.

    BalasHapus
  13. Selain tips di atas, saya masih ada satu lagi pertimbangan mbak, yaitu aman untuk dipakai anak-anak juga. Abis biasanya walaupun udah disembunyikan bisa saja mereka ketemu terus ikutan pakai, hadeh, hehehe

    BalasHapus
  14. Yang mini berapa harganya tu mba Dian?

    Saya termasuk yang selektif kalo milih parfum. Tapi saya juga bukan pemakai parfum di keseharian.
    Belum pernha beli parfum, biasanya dioleh-olehin adek.
    Saya punya parfum favorit, dulu adek sepupu saya yang punya.
    Saya tanya merknya, dan coba beli di market place. Tapi kok aromanya gak sama kayak yang adek saya punya. Padahal saya beli yang ori juga. Akhirnya tak jual lagi parfum itu. hiks...

    Saya pengen nyobain parfumnya jessica mila. Beli yang kecil gift box ONE ok kali ya...

    BalasHapus
  15. milih parfum buatku bisa makan waktu lama dan bisa dibilang susah gampang nyari aroma yang cocok
    aku sendiri suka yang wangi sporty ala cowok, seger, kadang manis juga tapi ini jarang banget

    BalasHapus
  16. Mantap sekali tips pilih parfumnya. Benar memang pilih parfum harus sesuai dengan karakter pribadi masing2, supaya bisa menjadi ciri khas. Bagaimanapun menggunakan parfum sangat penting supaya menjaga diri agar tetap nampak fresh.

    BalasHapus