Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Welcome July, Surprise Me!

 New month, new hope, new spirit! Welcome July, please be nice to me!

Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan Juli di tahun ini. Berarti setengah tahun dari 2023 sudah kita lalui dengan segala suka, duka, tawa dan air mata...Eh, itu saya ya haha. Pasti berbeda dengan teman-teman. 

Namanya juga makhluk sosial yang berinteraksi dengan yang ada di depan belakang kanan dan kiri, wajar jika ada drama di sana-sini. Tapi, teteup dong ada banyak hal yang bisa kita syukuri setelah melalui setengah tahun yang luar biasa ini..

Jadi, bagaimanapun perjalananmu, mari ucapkan Alhamdulillah untuk yang sudah-sudah, dan semangat menempuh langkah baru yang Insya Allah lebih berkah! 

Bismillah!

Welcome July, Suprise Me!

Good Bye June, Welcome July!

Lalu, untuk setengah tahun berikutnya apa rencanamu? 

Kalau saya sih, sudah adaaaa... Bukan yang rencana gimana-gimana sih sebenarnya, cuma sekadar pengingat diri bahwa (khususnya) di bulan Juli ini saya ada rencana ini:

1. Nyiapin si Adik ke Polandia

Jadi anak bungsu saya - biasa dipanggil Adik - akan mengikuti XXXIII International Folklore Meetings Lublin 2023 di Lublin, Polandia awal bulan ini, selama 14 hari (termasuk perjalanan pulang pergi).

Bersama rombongan sekolahnya, si Adik dan tim akan menampilkan 7 tarian di mana anak laki-laki (9 orang) jadi pemusik gamelan, dan anak perempuan (19 orang) jadi penari. Tariannya sendiri ada 7, yaitu: Tokecang, Yapong, Greget Jawara, Enggang Balian, Tari Piring, Saman dan Kareppa. Oia, Adik akan main alat musik gendang dan suling (ganti-ganti).

Selama 7 hari penuh Adik dan grupnya akan berada di Polandia untuk mengikuti International Folklore Meeting/International Folklore Festival yang dalam bahasa Indonesia disebut Festival Cerita Rakyat. 

Kegiatan ini rutin digelar di kota-kota tertentu di berbagai negara, dan diikuti oleh peserta dari banyak negara di mana masing-masing peserta akan mengikuti pawai budaya, menampilkan budaya asal negaranya, juga mengikuti kegiatan kebersamaan yang bermisi budaya.

Lalu, 5 hari berikutnya, rombongan akan mengikuti West Europe Tour dengan rute: Prague, Munich, Salzburg, Venice, Milan, Engelberg, Lucernie, dan Zurich.

Sebuah pengalaman yang saya (dan keluarga) harapkan bakal berkesan bagi Adik dan seluruh peserta yang Insya Allah akan menambah wawasan, ilmu, juga insight baru untuk kehidupan mereka ke depan.

Semoga semua kegiatannya nanti berjalan lancar jaya, sehat selamat hingga tiba kembali di Indonesia. Aamiin...


2. Operasi Gigi Bungsu si Mas yang Kedua

Jadi, pada akhir bulan Mei, anak sulung saya -biasa dipanggil Mas- menjalani operasi gigi bungsu di Dental Aesthetic Clinic/Instalasi Gigi dan Mulut, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, bersama drg. Ahmad Zulkifli, Sp.BM

Jadi ceritanya, si Mas mengalami pertumbuhan gigi bungsu yang tumbuh tidak normal atau disebut dengan impaksi gigi. FYI, gigi bungsu memang terkadang bisa tumbuh hanya sebagian, miring ke depan atau ke belakang, melintang, atau tersangkut dengan gigi lainnya. 

Di mana ini dapat memicu rasa sakit yang tak kunjung hilang dan menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, infeksi jaringan lunak gigi, infeksi bakteri di sekitar mulut, abses, atau kista gigi, sehingga dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu.

Karenanya, dokter spesialis bedah mulut melakukan foto rontgen gigi untuk menentukan tindakan medis yang dapat membantu memvisualisasikan penyakit gigi dan jaringan di sekitarnya yang tidak dapat dilihat dengan pemeriksaan mulut sederhana.

Nah, setelah ada hasil foto rongen gigi dan diperiksa, diperlukan 2 tindakan operasi untuk 2 impaksi gigi di bagian kiri dan kanan. Di mana operasi gigi bungsu yang pertama sudah dilakukan pada Jumat, 27 Mei 2023, dan yang kedua sebenarnya sebulan setelahnya. Tapi, karena akhir bulan Juni ada libur panjang Iduladha which is, libur semua, jadi saya tunda nyiapin operasi gigi bungsu si Mas yang kedua di bulan Juli ini.

Dan karena, ini sudah yang kedua, deg-degannya sudah enggak ada. Tapi meski begitu, tentu doanya operasi gigi bungsu yang kedua nanti juga sukses tanpa kendala seperti halnya yang pertama. Aamiin.

3.  21st Anniversary

Saya dan suami menikah pada bulan Juli 2002. Artinya tahun ini pernikahan kami sudah 21 tahun usianya...

Sebuah usia yang menurut Kompilasi Hukum Islam sebagai batas umur anak yang mampu berdiri sendiri atau dewasa (sepanjang anak tersebut tidak bercacat fisik maupun mental atau belum pernah melangsungkan perkawinan). Atau menurut Pasal 330 KUHPerdata: dewasa yaitu telah berusia 21 tahun atau telah menikah.

Jadi, kalau diibaratkan manusia usia pernikahan saya sudah masuk kategori dewasa. Meski, masih panjaaaang perjalanan, semoga ke depan terlampaui silver anniversary, golden anniversary, diamond anniversary (seperti pernikahan Bapak Ibu saya) dan seterusnya.

Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Nah, aslinya sih saya dan suami (juga ke anak-anak) terbiasa tidak merayakan ulang tahun. Bahkan anak-anak sejak kecil ultahnya enggak pernah kami rayakan dengan ngadain pesta/undangan. 

Biasanya saya dan Bapaknya belikan mereka hadiah (sesuai usia tentunya) lalu kami makan bersama sekeluarga. Kadang makan dengan menu istimewa di rumah atau pergi ke restoran yang boleh dipilih oleh yang bersangkutan. Jadi sekeluarga saja ngerayainnya sebagai simbol syukur dan doa agar berkah usia. 

Karenanya, di momen 21st anniversary ini, rencananya juga tak ada perayaan yang istimewa. Makan berempat kemana gitu saja atau staycation boleh juga, mengingat libur sekolah kali ini kami enggak kemana-mana, sebab Adik padat jadwal latihannya.

Lalu biasanya saya dan suami mengulang lagi cerita jodoh pasti bertemu versi kami yang hanya jumpa 3 kali, bersanding di pelaminan dan melewati perjalanan selama 21 tahun iniSebagai pengingat diri bahwa masih butuh perjuangan untuk menjaga keutuhan pernikahan ini. Apalagi di depan sana masih banyak persimpangan yang harus dilewati, tikungan tajam yang musti ditaklukkan, belum lagi jurang menganga di kiri kanan yang membutuhkan kehati-hatian saat menyeberang.

Tapi kami tetap berusaha dan berdoa, semoga bisa terus melewatinya, tumbuh dewasa berdua, menua bersama, menjalani pernikahan yang sakinah, mawaddah, warahmah, hingga tiba saatnya Tuhan memisahkan saat memanggil kami pulang pada-Nya.

hello July, be amazing!


Hello July, Surprise Me!

Well, awal bulan sering kali dianggap sebagai kesempatan untuk memulai kembali, menetapkan tujuan baru, dan mengejar mimpi. Di sini ada beberapa harapan yang bisa kita miliki untuk membuka awal bulan yang baru:


✔Kesehatan: semoga kita dapat menjaga kesehatan fisik dan mental dengan jadwalkan waktu olahraga, makan makanan bergizi, tidur cukup, dan lakukan kegiatan yang membantu jaga keseimbangan hidup kita.

Produktivitas: semoga Juli ini menjadi bulan produktif bagi kita. Jangan lupa tetapkan tujuan dan lakukan langkah-langkah konkret untuk mencapainya. Bikin jadwal yang efisien dan manfaatkan waktu dengan bijak.

Bertumbuh dan Berkembang: isi bulan ini dengan bertumbuh dan berkembang sebagai individu. Cari peluang untuk belajar hal-hal baru. Terbuka pada pengalaman baru dan berusaha menjadi versi terbaik dari dirimu.

Hubungan: berusaha jaga hubungan dengan keluarga, teman, dan orang-orang terdekat. Luangkan waktu untuk berkabar, berkumpul, berbagi cerita, dan memberikan dukungan satu sama lainnya. 

Keterampilan dan Karir: asah keterampilan dan majukan karier. Tetapkan tujuan yang spesifik dalam pekerjaan atau bisnis dan cari peluang untuk berkembang melalui pelatihan, proyek baru, atau networking.

Keseimbangan Hidup: yuk, jaga keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan waktu pribadi dengan memberikan waktu yang cukup untuk setiap aspek kehidupan kita!


Baiklah, ingat..ingat.. harapan-harapan ini adalah panduan, dan apa yang menjadi prioritas masing-masing dari kita itu individual sifatnya. Jadi, tetaplah berfokus dan berkomitmen pada tujuan kamu, dan gunakan awal bulan yang baru sebagai kesempatan untuk mewujudkan impian dan cita-citamu. 

Selamat menjalani bulan yang baru! Semoga sukses selalu!💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina














Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

23 komentar untuk "Welcome July, Surprise Me!"

  1. Aamiin. Semoga terkabul semua harapannya yaa, mak. Juli ini aku lagi pengen banget ngurangi durasi main gadget tanpa tujuan, alias sekedar scrolling medsos. Huhu, waktu habis di situ doang rasanya.

    BalasHapus
  2. Waaa, masyaallah... happy 21st anniversary, Mbak Dian dan suami...
    Selamat juga buat Adik yg mau ke Polandia, semoga sukses dan lancar performnya.

    All the best buat rencana-rencana baiknya ya, mbaak!

    BalasHapus
  3. Bulan Juni saya berakhir biasa-biasa saja. Biasa untuk banyak yang harus disyukuri. Selamat menyiapkan keberangkatan Ananda untuk Festival Foklor ya Mbak. Pastinya selain rasa senang ada kekuatiran juga, maklum memberangkatkan anak tercinta ke tempat jauh itu membetot rasa kuatir di dada. Senangnya, Si Adek bakal banyak dapat pengalaman baru :)

    BalasHapus
  4. Wah diriku juga surprise baca tulisan mbak Dian ini, mau ucapin selamat buat adek yang mau ke Polandia bareng timnya. Semoga bisa membawa nama Indonesia lewat budaya yang dibawakan ya. Pastinya ini akan jadi pengalaman berharga untuk anak. Selamat juga atas usia pernikahan yang memasuki 21 tahun. Awet dan langgeng selalu jadi keluarga samawa ya mbak.

    BalasHapus
  5. Mba Dian baru ketemu 3x sekarang usia pernikahan yg ke 21. Masya Allah tabarakallah mba sekeluarga. Itu adik juga ke Polandia ya, mirip2 anaknya mba sepupuku, ada pentas gitu juga malam ini berangkat. Moga acaranya lancar ya adik.
    Operasi si mas juga. Aku baru ngeh deh udah setengah tahun kita di 2023 hehe. Jadi mau cek2 tujuan2 di tahun ini

    BalasHapus
  6. Happy 21st anniversary ya mak. Hadiah utamanya Adik ke LN insyaallah utk menghatumlan nm ÌNA dan pastinya membahagiakan ortu. Semiga disusul dengan kebahagiaan2 yg lbh gereget lg ya Mak siapa tau diem2 sang pak Su ngajak honeymoon yg ke sekian x ke LN nyusul Di adek. Aamiin, YRA

    BalasHapus
  7. Keren banget Adik kegiatannya bisa sampai berkelana ke Polandia dan lain2. Pasti bahagia dan bangga yach. Mantapnya lagi mbak Dian dan suami bakalan ultah ke-21 pernikahan nih cieeee :D Buat si mas kesayangan mamah, semoga sukses operasi giginyaaaa. Aku pun banyak yang dipikirkan dan diusahakan soal anak2 yang masuk SMA dan kuliah nih wkwkwkwk.

    BalasHapus
  8. Ikut bahagia atas usia pernikahan Mba Dian yang ke 21 dan bahagia untuk si bungsu perjalanan ke Polandia. MasyaAllah ikut bahagia atas segala berkah yang Allah berikan ke Mba Dian sekeluarga/ Sehat selalu mbaa

    BalasHapus
  9. Masyaallah, ikut berbahagia atas umur pernikahan Mbak Dian ke 21 tahun ini, semoga segala sesuatu yang direncanakan dapat terlaksanakan, selamat juga buat adik kamu keren banget masyaallah bisa menampilkan keberagaman Indonesia di Polandia,. Semoga Mbak Dian sekeluarga sehat wal afiaat amiinn

    BalasHapus
  10. Masya Allah tabarakallah, happy annivers yhaa mba. Semoga samawa selalu. Sehat2 juga sekeluarga. Adik lancar semua acaranya saat tampil, bisa nambah insight belajar budaya di sana. Mas juga sukses operasinya. Semoga hal2 baik juga terwujud yaa. Aamiin. Congratsss one again, mba Dian!

    BalasHapus
  11. InsyaAllah bulan Juli semakin bahagia ya, Mbak. Apalagi bulan wedding anniversary. Sakinah mawaddah warahmah. Aamiin Allahumma aamiin

    BalasHapus
  12. Wah, excited banget ya mba sekeluarga menyambut Juli ini semoga lancar semua urusan dan makin sehat serta berbahagia sekeluarga. Asyik ya adik mau berangkat ke Polandia bakal jadi pengalaman berharga untuk adik dan teman-temannya

    BalasHapus
  13. Wah, usia pernikahan kita agak dekatan ya. 22 tahun adalah waktu yang sangat panjang, dan bisa melaluinya dengan tetap menjaga rasa sayang itu sebuah capaian. Saya jadi pengen bikin postingan gini bulan Februari nanti.....
    Welcome July..... bulan ini harus banyak kejutan bahagia untuk kita

    BalasHapus
  14. Masya Allah semoga apa yang direncanakan berjalan baik sesuai dengan harapan. Tetap semangatebab saya pun punya banyak surprise di bulan July

    BalasHapus
  15. Happy anniversary, mbak. Semoga pernikahannya langgeng sampai kakek nenek yaa dan semoga perjalanan putranya juga lancar

    BalasHapus
  16. Masya Allah, hal yang baik datang di bulan Juli ini. Adik akan berangkat ke Polandia, anak operasi gigi bungsu, semoga lancar dan cepat pulih.

    Ye, annivesary kita sama, di bulan Juli. Semoga menjafi keluarga yang selalu bahagia ya Mbak..

    BalasHapus
  17. Masya Allah July yang penuh moment Indah. Ada acara adik ke Polandia mewakili Indonesia. Mudah-mudahan bisa mengharumkan nama Indonesia do sana. Ada juga anniversary yang ke-21. Selamat ya Mba Dian. Semoga selalu diberkahi dan langgeng. Mudah-mudahan operasi Gigi Mas juga lancar.

    BalasHapus
  18. Sudah ada beberapa rencana di bulan Juli semoga apa yang direncanakan bisa berjalan lancar ya mbak. Masya Allah... anniversary ke 21, semoga Allah terus berikan kebahagiaan untuk mbak Dian dan keluarga.

    BalasHapus
  19. Ikut aminin doa-doanya. Orang-orang dulu tuh kaya sat set gitu ya kalau berhubungan dan langgeng pula. Semoga kita tetap bisa menjalani hari-hari dengan bahagia

    BalasHapus
  20. Apapun yang terjadi selalu bersyukur ya mbak. Good ide dilist begini rencana di bulan juli sebagai pengungat. Seru juga ya perjalanan adiknya ke Polandia membawakan kesenian tradisional di sana.
    Wah mbak Diah bulan ini Anniv langgeng selalu ya mbak

    BalasHapus
  21. Semoga sukses selalu sesuai harapan. Aamiin...
    Saya sebagai orang Sunda merasa bangga Si Adik mau membawakan Tokecang di luar negeri. Salut juga Si Adik memainkan suling, yang dikenal sebagai alat musik tiup tradisional khas Sunda ..
    Semoga sukses Adik dan Ibunya. Beserta keluarga pastinya

    BalasHapus
  22. Masya Allah, barakallah mak. Semoga samawa ya mak. Seneng baca cerita2 kayak gini. Ikut mengaminkan juga untuk doa-doa yang dipanjatkan. Semoga dikabulkan

    BalasHapus
  23. MasyaAllah, sudah 21 tahun saja pernikahannya. Doa terbaik ya buat Mak dan sekeluarga☺️

    BalasHapus